Rabu, 31 Agustus 2016

Daftar Anime yang Tidak Membosankan Ditonton Berkali-kali

O, mein Freund!

Jetzt hier ist ein Sieg.

Dieses galt als Gloria.

O, mein Freund!

Feiern wir diesen Sieg, für den nächsten Kampf!

-
Otamegane.com - Sudah tidak asing lagi kan dengan potongan lirik lagu di atas? Ya, itu adalah potongan lagu dari opening ke-2 Shingeki no Kyojin, Flügel der Freiheit, yang dinyanyikan oleh Linked Horizon. Tapi, jangan salah paham dulu karena di sini kita tidak akan membahas tentang lagu tapi tentang anime yang tidak membosankan ditonton berkali-kali. Lirik lagu di atas cuma buat penyemangat saja supaya tidak bosan membaca ulasan saya di bawah ini hehe... Langsung saja ya saya urutkan berdasarkan tingkat ketidakbosanannya dan yang pertama adalah:

1. Shingeki no Kyojin


Siapa yang tidak tahu dengan anime yang satu ini. Ya, Shingeki no Kyojin merupakan anime yang menyandang gelar anime of the year tahun 2013 dengan mengalahkan para pesaingnya. Anime ini sangat booming pada tahun itu dan mengalami kenaikan rating yang sangat pesat. Pujian-pujian tersebut memang bukanlah sesuatu yang berlebihan karena anime yang diadaptasi dari manga karya Hajime Isayama merupakan anime yang sangat epic. Alasan saya meletakkannya di posisi pertama bukan karena gelar atau pun pujian yang dia dapat tapi karena plot cerita dan art-nya benar-benar mengagumkan. Plot yang frash yaitu pertarungan manusia melawan titan adalah alur cerita yang benar-benar baru bagi para pecinta anime terlebih lagi art yang disajikan benar-benar memanjakan mata. Tidak seperti anime lain, teman-teman tidak akan menemukan satu pun episode yang membosankan dalam anime ini bahkan di episode pertamanya sudah terjadi ketegangan yang luar biasa. Memacu adrenalin, mungkin itu kata yang tepat untuk menggambarkan setiap pertarungan umat manusia melawan para titan terlebih lagi teman-teman akan meilhat banyak karakter yang tidak terduga akan mati malah mati dengan mengenaskan. Hal ini benar-benar akan memicu emosi bagi siapapun yang menontonnya shingga anime Shingeki no Kyojin merupakan anime yang paling tidak membosankan untuk ditonton berapa kali pun.

Baca Juga: Pesan Tersembunyi di Balik Anime Death Note

2. Oregairu


Jika saya menampatkan anime dengan genre action di posisi pertama maka di posisi kedua adalah anime dengan genre Romance, Comedy.  Judul aslinya  adalah Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru  karena judulnya kepanjangan maka disingkat menjadi Oregairu. Anime dengan genre romance mungkin tidak sepopuler anime dengan genre action akan tetapi anime yang satu ini patut untuk diacungi jempol. Menceritakan tentang kisah kehidupan sekolah dari Hikkigaya Hachiman yaitu seorang siswa dengan pemikiran yang sangat berbeda dengan remaja seusianya. Hikki, nama panggilannya, adalah orang yang anti-sosial (tidak suka bergaul) karena dia menanggap bahwa menjalin hubungan dengan orang lain hanyalah perbuatan yang sia-sia. Eits, tapi jangan menilai Hikki hanya dari sifat apatis-nya saja karena dibalik sifatnnya yang dingin dia memiliki alasan yang sangat logis dan itulah yang membuat karakter ini berbeda dengan karakter anime apapun yang pernah kalian tonton.  Akan tetapi kehidupan remajanya yang membosankan berubah total setelah bertemu dengan 2 kartakter cewek, Yukino Yukinoshita  dan, Yui Yuigahama , yang membuat kehidupan remajanya penuh dengan konflik social. Itulah yang membuat anime ini special dan berbeda dari anime romance lainnya. Alasan yang membuat anime ini tidak membosankan untuk ditonton berkali-kali adalah karena anime Oregairu sangat sarat dengan nilai moral kehidupan pada masa remaja juga penuh dengan kutipan-kutipan bijaksana yang akan membuat kalian benar-benar jatuh hati dengan anime ini

3. Kuroko no Basuke


Sudah tidak asing lagi kan dengan nama Kuroko? Ya, anime selanjutnya yang saya pilih adalah Kuroko no Basuke (The Basketball Which Kuroko Plays). Anime ini merupakan anime sport terbaik selama beberapa tahun terakhir dengan mengangkat tema basket, sesuatu yang jarang sekali kita temukan. Tidak bisa dipungkiri bahwa Kuroko no Basuke telah memberikan efek yang positif bagi para otaku yang telah menontonnya yang semula tidak menyukai basket malah menjadi pemain basket dadakan, dari yang tidak tau aturan bermain malah menjadi yang paling ahli dalam menjawab soal penjaskes (true story). Banyak hal hebat yang bisa kita bahas dari anime ini mulai dari gambarnya yang apik, action-nya saat pertarungan, maupun alur ceritanya yang unik. KnB mengisahkan tentang seorang pemain misterius yang berasal dari klub basket terkuat tingkat SMP yang dikenal sebagai Kiseki no Sedai (generasi keajaiban). Kiseki no Sedai terdiri dari 6 pemain akan tetapi identitas dari pemain ke-6 sangat misterius dan pemain tersebut adalah Kuroko. Yang unik dari anime ini adalah sang karakter utama, walaupun berasal dari klub terkuat, bukanlah pemain yang super kuat akan tetapi dia bermain basket dengan memanfaatkan kelemahannya, lho kok bisa? Itulah uniknya, kalau penasaran mendingan nonton sendiri aksinya. Alasan mengapa anime ini masuk ke daftar adalah karena art dan action yang disuguhkan dengan benar-benar apik dan akan memanjakan mata teman-teman selama pertarungan berlangsung. Tentu bukan itu saja, plot cerita anime ini juga sangat menarik dimana sang karakter utama yang lemah berkeinginan untuk mengalahkan ke-5 Kiseki no Sedai yang lainnya sehingga membuat kita selalu merasa tidak sabaran menunggu pertarungan mereka. Tulisan ini tentu terlalu singkat unutk menjelaskan semuanya, jadi lebih baik teman-teman nonton saja langsung.

4. One Punch Man


Siapa yang tidak tahu dengan anime yang satu ini, salah satu anime yang mengalami overrating setelah beberapa minggu penayangannya. Bisa dikatakan kalau anime yang pemeran utamanya ‘Si  botak’ ini meruapkan anime of the year tahun 2015. Selain itu, anime ini juga menjadi salah satu anime yang mendapatkan banyak penghargaan tahun lalu mulai dari the best picture sampai the best fight (saat latihan Saitama vs Genos). Hoho… Luar biasa bukan? Sebenarnya antara One Punch Man dan Kuroko no Basuke sama-sama bagus tapi saya terpaksa harus memilih lagipula tetap saja keduanya termasuk dalam daftar jadi saya piker tidak masalah. Pemeran utamanya, Saitama. terkenal dengan kepalanya yang plontos (botak) dan tentunya karena pukulannya yang maha dahsyat (one punch man). Kalau Cuma sekali pukul terus apa serunya? Hmmm… Saya juga pertama berfikir seperti itu dan mayoritas orang menilai anime ini dari synopsis dan karakter utamanya yang botak. Tapi dari beberapa orang yang sebelumnya menilai anime ini jelek 99% akan berubah pikiran setelah menontonnya sampai akhir. Tentu saja penyebabnya tidak lain dan tidak bukan karena si Saitama sendiri. Saitama adalah salah seorang penduduk yang tinggal disebuah kota yang dipenuhi monster, alasannya tinggal di sana adalah karena bisa tinggal gratis sekaligus aman. Walaupun dipenuhi monster, dimanapun dia berada tetap saja aman saolnya dia adalah karakter yang paling kuat dalam animenya dan hanya perlu satu kali pukulan untuk mengalahkan musuh-musuhnya (mungkin lebih kuat daripada Goku kita akan membahasnya lain kali). Tidak ada episode tanpa pertarungan, walaupun hanya 12 episode tetapi anime ini penuh dengan pertarungan yang tiada henti-hentinya disemua episode dan tentu saja hal seperti itu sangat disukai oleh semua otaku. Tidak hanya pertarungannya saja, tetapi banyak adegan-adegan lucu yang akan mengocok perut teman-teman selama menonton anime yang satu ini. Itulah alasan singkat saya memasukan anime ini sebagai anime yang tidak membosankan untuk di-rewatch.

Baca Juga:  Apakah Lelouch Masih Hidup?

5. Tokyo Ghoul



Sebenarnya masih banyak anime yang bagus dan patut masuk ke dalam daftar, tapi saya harus menyelesaikan artikel ini karena sudah lumayan capek ngetik hehe. Jadi, saya harus memilih anime terakhir yang pantas masuk ke dalam list dan pilihan saya jatuh ke anime Tokyo Ghoul. Tidak banyak orang yang menyukai genre anime yang satu ini, Gore, mengingat gore merupakan genre diatas level horror. Tapi, itulah alasan saya memasukkan anime ini ke dalam daftar karena jika isinya Cuma anime sport dan romance saja kan tidak seru.  Sebenarnya anime ini juga dikategorikan sebagai anime action walaupun lebih ke-gore-nya karena banyak adegan pembunuhan dan kanibalisme. Tapi jangan jijik dulu, karena anime ini tidak sejelek maupun seburuk yang kalian bayangkan. Sebagai penyemangat saja, manga dari anime ini meraih penghargaan sebagai manga dengan ending terbaik tahun 2015 mengalahkan sang legenda Naruto! Tidak perlu heran memang itulah faktanya. Dari penghargaan yang didapat tentu teman-teman sudah bisa menilai sebagus apa anime ini. Tokyo Ghoul bercerita tentang seorang pemuda normal bernama Kaneki yang mengalami nasib sial bertemu dengan seorang Ghoul yang menjebaknya dan memangsanya. Akan tetapi  karena suatu alasan yang tidak ketahui Kaneki terbangun dari rumah sakit dan menyadari dirinya sudah berubah menjadi manusia setengah ghoul. Dari sinilah mulai terjadi konflik tiada henti dihadapai oleh Kaneki. Anime ini pantas masuk ke daftar karena ceritanya yang terbilang baru (fresh) membuatnya tidak jenuh-jenuh untuk ditonton. Tidak seperti anime-anime di atas, Tokyo Ghoul menyajikan pertarungan yang benar-benar berbeda (versi gore). Jadi, bagi kalian yang suka maupun tidak suka anime bergenre gore wajib mencoba anime yang satu ini.

Jika ada yang mau nambahin bisa ditulis di kolom komentar dan jangan lupa dengan alasannya ya siapa tau bisa saya tambahkan ke dalam daftar anime di atas. 


EmoticonEmoticon