Selasa, 30 Agustus 2016

Pesan Tersembunyi di Balik Anime Death Note

Tags

Otamegane.com - Siapa yang tidak tahu dengan anime yang satu ini. Anime yang bisa dikatakan sebagai salah satu karya masterpiece sepanjang sejarah karena sampai sekarang pun masih banyak orang yang membicarakan anime ini karena masih banyak hal-hal yang belum terpecahkan dan masih menjadi perdebatan sampai sekarang. Oleh karena itu, saya berinisiatif untuk menulis pesan-pesan tersembunyai di balik anime ini. Berikut ini daftarnya:

1. Keadilan Sejati Akan Selalu Menang


    Kedua tokoh utamanya L dan Kira sama-sama memiliki keadilan masing-masing yang saling bertentangan. Sebagai seorang detektif, L menganggap bahwa keadilan sejati adalah dengan menangkap para pelaku kejahatan sedangkan Kira menganggap bahwa keadilan sejati hanya bisa diwujudkan dengan memusnahkan para pelaku kejahatan sehingga yang tersisa hanya lah orang-orang baik  saja. Dan siapakah diantara keduanya yang memiliki ideologi keadilan sejati? Mari kita lanjutkan  Peratarungan yang dilakukan keduanya bukanlah dengan adu fisik akan tetapi dengan adu strategi  yang dimana diceritakan bahwa siapa yang pertama identitasnya terungkap akan kalah. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, keduanya menjadi teman/rekan kerja walaupun demikian mereka tetap menyembungikan identitas masing-masing dan saling mencurigai sehingga perang dingin antara keduanya berlangsung dengan apik. Pada episode ke-25, Silence, adalah akhir dari pertarungan keduanya tapi bukan akhir dari segalanya. Pada episode ini, L mati dibunuh oleh dewa kematian sesuai dengan rencana mulus dari Kira  dan bisa dikatakan episode ini adalah salah satu episode anime yang paling menyentuh, akhir dari sang legenda. Kemenangan Kira tidak berlangsung lama karena penerus L yaitu Near dan Mello melanjutkan misi penangkapan Kira. Akhirnya, pada episode 36, 1.28 (adalah tanggal hari pertemuan Kira dan Near), menjadi akhir dari perjuangan Kira menegakan keadilannya karena pada episode ini Kira dibunuh oleh kelompok Near dengan bantuan dari pengorbanan Mello. Walaupun L telah mati, akan tetapi hasil perjuangannya dan keadilan yang dia anggap benar akhirnya bisa terwujud melalui penerusnya Near dan Mello sehingga saya berpendapat bahwa keadilan sejati dimiliki oleh L dan keadilan sejati akan selalu menang.

Baca Juga: Daftar Anime yang Tidak Membosankan Ditonton Berkali-kali

2. L dan Kira Adalah Cermin Kepribadian Manusia


   Kira pernah mengatakan bahwa manusia dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok baik dan kelompok jahat. Dia juga mengatakan bahwa banyak orang yang sering menempatkan diri berpura-pura baik di depan publik padahal itu bukanlah watak aslinya (bermuka dua). COntohnya saja ketika kita ditanya di dalam kelas apakah membuang sampah sembarangan adalah perbuatan buruk, pasti semua murid di dalam kelas akan mengiyakannya padahal faktanya mereka lah yang sering membuang sampah sembarangan. Hal ini juga tercermin dari perdebatan hukuman mati bagi para koruptor yang tidak ada henti-hentinya ada yang setuju dan ada yang tidak setuju karena setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda-beda tentang keadilan. Seperti halnya L, ada banyak orang diluar sana yang berjuang menegakkan keadilan tanpa mengharapkan balas jasa dengan menyembunyikan identitas asli mereka dan sebaliknya ini juga berlaku bagi mereka yang berprilaku seperti Kira yang manis diluar tapi buruk di dalam. Itu lah nilai moral yang bisa kita dapatkan dari L dan Kira, jangan menilai sesuatu dari luar karena ada beberapa orang yang berprilaku baik tapi sebenarnya jahat seperti Kira dan ada beberapa orang yang terlihat jahat dan tidak disukai banyak orang tapi faktanya mereka adalah orang yang baik.

3. Apakah L dan Kira Berteman?


   Jujur saja ini adalah pertanyaan tersulit yang pernah saya temukan mengenai Death Note. Alasannya karena tidak ada bukti kuat apakah pertemanan mereka benar-benar ada atau tidak walaupun di dalam beberapa episode L menegaskan bahwa dia menganggap Light adalah temannya karena hanya dia yang mengerti jalan pikirannya. Pertanyaannya adalah apakah yang dimaksud teman oleh L adalah teman sejati atau hanya teman berdasarkan tingkat kecerdasan saja? Apapun itu, saya berpendapat bahwa L benar-benar menganggap Light adalah teman sejatinya karena L selalu merasa kesepian dan Light adalah orang pertama yang mengerti jalan pikirannya. Hal ini di dukung dengan apa yang ada pada episode ke-25 saat kematian L yang di mana sebelum kematiannya L membasuh kaki Light dan mengucapkan salam perpisahan kepada Light seakan-akan menunjukkan rasa terima kasihnya kepada Light yang telah mengisi kekosongannya selama ini.

Baca Juga: Apakah Lelouch Masih Hidup?

4. Siapakah yang Lebih Pintar L atau Kira?


   Dan inilah yang menjadi inti perdebatan hebat yang tiada usai tentang siapakah yang lebih pintar apakah L atau Kira. Saya akan mengulas permasalahan ini secara objektif tentang siapakah yang lebih hebat anatara mereka berdua.  Bagi sebagian orang mungkin menganggap bahwa Light (Kira) lebih hebat dan pintar dibandingkan L karena bisa mengalahkannya. Akan tetapi, pada episode ke-25 (silence) L, sebelum kematiannya, bertanya kepada Light, "Apakah sejak kamu dilahirkan sampai sekarang pernah berkata jujur?".  Menurut apa yang saya cermati, ada pesan tersembunyi dari pertanyaan ini semacam tanda bahwa L tidak pernah percaya dengan apapun yang dikatakan oleh Light. Pertanyaan ini sebenarnya menunjukan bahwa sejak awal L sudah yakin 100% bahwa Light adalah Kira dan dia tahu bahwa Light selalu berbohong kepadanya akan tetapi L tidak bisa menemukan barang bukti, bukan untuk menguatkan tapi agar orang lain percaya padanya bahwa Light adalah Kira. Kutipan ini menjelaskan bahwa L memang tidak pernah salah tentang teori-teorinya bahkan dia tahu bahwa dia akan mati pada hari itu (silence) sehingga dia mengucapkan salam perpisahan kepada Light. Bagaimanapun juga, hal ini sudah menjelaskan kemampuan dari L sekaligus menempatkan dirinya menjadi karakter anime terpintar sepanjang masa.

"Aku Punya Dua Aturan: Pertama, Aku Tidak Pernah Salah. Kedua, Jika aku Salah Maka Kembali Ke Aturan Pertama." -L




                      "Apakah sejak kamu dilahirkan sampai sekarang pernah berkata jujur?" -L


This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon