Sabtu, 24 September 2016

10 Anime yang Bikin 'Gagal Paham'

Otamegane.com - Tujuan utama anime memang untuk menghibur, akan tetapi terkadang ada beberapa anime yang sulit untuk dimengerti jalan ceritanya. Bukannya menghibur malah bikin pusing. Faktanya, semua anime sudah dipersiapkan sedemikian rupa terlebih lagi plot ceritanya jadi jika kita gagal paham bukan karena animenya yang salah, mungkin kita saja yang kekurangan IQ hehe… Kali ini saya akan membagikan beberapa daftar anime yang memiliki alur cerita yang rumit sehingga membuat sebagian besar penontonnya gagal paham.

1. Subete ga F ni Naru


Atau dalam bahasa Indonesia ‘Semuanya Berubah Menjadi F’, maksudnya? Nah, itulah yang membuat anime yang bergenre misteri ini menjadi sulit untuk dipahami. Berbeda dengan anime-anime yang bergenre misteri lainnya yang notabene mimiliki atmosfir yang mencekam, tapi Subete ga F ni Naru memiliki alur yang pelan dan santai.  Walaupun memiliki alur yang lambat tapi cerita misteri yang ingin dipecahkan di dalam anime ini benar-benar membingungkan. Shiki Magata adalah seorang programer genius yang tinggal disebuah pulau dan mengisolasi dirinya di dalam sebuah ruangan. Dia bahkan tidak pernah keluar dari ruangan tertutup itu selama bertahun-tahun, dan hanya berkomunikasi dengan orang luar hanya melalui computer. Souhei Saikawa dan Moe Nishinosono adalah 2 karakter protagonis yang mengaggumi sosok dari Shiki Magata, memutuskan untuk menemuinya di pulau tersebut. Dari sana lah, banyak misteri-misteri yang rumit dan sulit dijelaskan dengan logika mulai bermunculan.

2. Monogatari Series


Mungkin masih banyak dari para otaku yang belum menonton anime ini, mengingat serinya yang begitu banyak membuatnya sulit untuk diikuti bahkan yang ingin menonton pun bingung harus memulai dari mana. Untuk lebih mudahnya teman-teman bisa melihat urutan serinya berikut ini:

1. Bakemonogatari (2009-2010)
2. Nisemonogatari  (2012)
3. Nekomonogatari: Kuro (2012)
4. Monogatari Series Second Season (2013)
5. Hanamonogatari (2014)
6. Tsukimonogatari (2014)
7. Owarimonogatari (2015)
8. Kizumonogatari I: Tekketsu (2016)
9.  Kizumonogatari II: Nekketsu & Kizumonogatari III: Reiketsu (?)

Banyak kan? Tapi yang membuat kita gagal paham bukan karena serinya yang banyak tetapi penyajian dari anime ini. Bisa dibilang penyajian dari Monogatari benar-benar unik, sesuatu yang tidak akan kalian temukan di anime-anime lain. Banyak yang mengatakan bahwa penyajiannya sangat aneh, tapi menurut saya pribadi ini merupakan karya seni yang benar-benar imajinatif. Anime ini juga berisi dengan percakapan yang tiada henti, mungkin akan membuat sebagian orang bosan untuk menontonnya. Kelebihan dari Monogatari series adalah karakter-karakternya yang ditampilkan dengan benar-benar apik karena setiap dari karakternya digambarkan begitu hidup dengan memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Bagi yang ingin menonton anime dengan suasana yang berbeda maka saya merekomendasikan anime ini, dan saya sarankan menontonnya mulai dari awal supaya tidak gagal paham.

Baca Juga:  Anime ReLIFE Bikin Nostalgia Masa SMA

3. Durarara!!!


Bisa dibilang kalau anime yang satu ini sangat unik karena konsep ceritanya menggabungkan dunia nyata dan fantasi di mana Dullahan, geng berandalan, seorang psycho, dan dokter gila hidup dalam sebuah kota bernama Ikebukuro. Terlebih lagi si Dullahan bekerja sebagai kurir pengantar barang! Hampir semua karakternya memiliki latar belakang yang kontras akan tetapi cerita dari anime ini disusun menjadi sesuatu yang layak untuk ditonton. Banyak sekali yang mengkritik anime ini karena penyajiannya terlalu membingungkan seperti menggunakan alur mundur, flashback yang tidak tentu, dan tidak ada karakter utama! Sama seperti anime Baccano, DRRR! Sama sekali tidak memiliki karakter utama seolah-olah ingin memberikan kesempatan kepada penonton untuk memilih karakter utamanya sendiri. Ada banyak sekali karakter di dalam anime ini, tapi tenang saja karena setiap karakter mendapatkan bagian ceritanya masing-masing terlebih lagi anime ini sampai 4 season sehingga kalian akan punya banyak waktu untuk mengenal satu per satu karakternya. Karakter favorit saya dalam anime ini adalah Izaya Orihara seorang psycho yang mencintai semua manusia kecuali Shizuo.

4. Ghost in The Shield


Anime ini menceritakan tentang kehidupan dengan teknologi yang sangat mutakhir di mana banyak manusia diprogram seperti robot (cyborg). Jika ingin menonton anime ini, sebaiknya baca dulu sinopsisnya karena selain menggunakan bahasa-bahasa yang sulit dipahami alur ceritanya pun sangat berat. Dengan setting waktu di masa depan, Ghost in The Shield menceritakan tentang seorang cyborg wanita bernama Matoko Kusanagi bertugas sebagai polisi dan menangkap para pelaku kejahatan yang berhubungan dengan teknologi canggih. Seperti layaknya seorang cyborg, Kusanagi juga memiliki tubuh superhuman yang dilengkapi peralatan-peralatan canggih.  

5. Another


Banyak yang menganggap kalau anime dengan genre horor tidak akan bisa menakuti penonton karena gambar 2D tidak bisa menampilkan suasan horror yang sesungguhnya. Jika ada yang masih berfikir demikian itu artinya mereka belum menonton anime dengan genre horror yang satu ini. Bisa dibilang anime dengan genre ini sangat jarang ada, bahkan jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Alasannya mungkin genre horor tidak terlalu diminati di pasaran. Another bisa dibilang anime horror paling sukses, bahkan anime ini juga diadaptasi menjadi live action. Kata Another bisa diartikan menjadi dunia lain atau roh dari dunia lain, menceritakan tentang misteri kematian Misaki Yomiyama yang meninggal karena kecelakaan. Akan tetapi, semua orang di sekolah tersebut percaya bahwa Misaki masih hidup dan kemudian mereka membiarkan bangkunya tetap kosong. Kepercayaan ini terus berlanjut dari tahun ke tahun sampai pindahnya seorang remaja bernama Sakakibara Koichi. Setelah masuk ke sekolah itu, dia bertemu dengan gadis misterius bernama  Mei Misaki. Dia menemukan banyak sekali keganjalan-keganjalan di sekolah tersebut termasuk juga pada diri Mei Misaki. Akhirnya dia memutuskan untuk mencari tahu kebenaran tentang misteri kematian Misaki Yomiyama. Saya sudah menonton anime ini dua kali, tapi belum bisa juga paham sepenuhnya. Beberapa teman saya juga mengatakan kalau alur dari anime ini sangat sulit untuk dipahami. Itulah alasan saya memasukkannya ke dalam daftar. Bagi yang belum pernah menonton anime dengan genre horror, bisa mencoba anime yang satu ini.

6. Neon Genesis Evangelion


Mungkin tidak terlalu banyak orang yang menyukai anime ini. Walaupun genre mecha yang sama seperti Gundam tapi ceritanya jauh berbeda. Setelah saya survey, ternyata banyak sekali orang yang mengatakan bahwa cerita dari anime ini sangat ‘berat’. Alih-alih menceritakan pertempuran antara robot yang banyak disukai anak-anak, malah menyajikan konsep Apocalypse yang bahkan orang dewasa pun akan sulit untuk memahaminya. Anime ini menampilkan tema-tema psikologis, simbolisasi, dan juga misteri yang digabung menjadi satu sehingga memberikan kesan yang sangat dalam. Menurut berita, sang pengarang yaitu Anno Hideaki pernah masuk rumah sakit jiwa lantaran depresi. Uniknya, pada situasi itulah dia mendapatkan inspirasi dalam mengarang Evangelion yang akhirnya menyelamatkan studio animasi Gainax yang hampir bangkrut. Karena keberhasilannya, movie dari anime ini, Evangelion: 1.0 You Are (Not) Alone meraih penghargaan anime of the year pada tahun 2008 silam. Plot dari anime ini lebih fokus kepada kepribadian para tokohnya terutama pemeran utamanya yang bernama Ikari Shinji. Shinji mengalami depresi berat karena ditakdirkan menjadi salah satu pilot EVA (robot) terlebih lagi dia memiliki sifat yang pengecut dan penakut. Akan tetapi, tidak selamanya dia bisa lari dari takdirnya karena pada akhirnya, ketakutannya dikalahkan oleh keputusasaannya mengingat tanggung jawabnya yang besar yaitu menjadi salah satu orang yang bisa menyelamatkan manusia dari kepunahan.

7. Psycho-Pass


Tidak berbeda jauh dengan cerita Ghost in The Shield, setting cerita anime ini juga di masa depan yang dimana semua orang sudah hidup bedampingan dengan teknologi canggih. Bahkan di dalam dunia kepolisian pun digunakan teknologi-teknologi untuk menghukum para pelaku penjahat. Dengan bantuan sebuah pistol canggih yang disebut dominators, para polisi menghukum para penjahat atau lebih tepatnya hukuman tersebut berasal dari Sibyl Sistem. Sibyl system adalah sebuah sistem canggih yang bisa mengukur tingkat kejahatan yang dimiliki seseorang entah yang sudah dilakukan maupun belum dilakukan karena konsep dari system ini adalah mengukur tingkat kemungkinan seseorang akan melakukan kejahatan. Plot ceritanya focus kepada Akane Tsunemori, seorang inspektur baru yang bertugas memimpin pasukannya. Saat pertama kali bertugas Tsunemori merasa ada yang salah, karena dia berfikir tidak seharusnya menghukum seseorang karena kejahatan yang belum dilakukan. Walaupun terdengar rumit, cerita dari anime ini sangat bagus. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkan anime yang satu ini.

Baca Juga: Inilah  Daftar Anime Peraih Penghargaan Anime of The Year

8. Monster


Saya belum menonton animenya tapi saya sudah membaca manganya. Plot dari Monster benar-benar sempurna dari awal sampai akhir disusun dengan sangat rapi bahkan saya tidak menemukan celah kekurangan dari ceritanya. Judul dari anime ini hanya lah kiasan karena monster yang dimaksud bukanlah sosok yang bepenampilan seperti siluman akan tetapi seorang lelaki yang bernama Johan yang keberadaannya di dunia lebih berbahaya dari monster yang sesungguhnya. Jujur saja, itu pertama kalinya saya merinding ketika membaca manga karena ceritanya yang sangat suram dan menyeramkan. Sosok dari sang antagonis bagaikan malaikat berhati iblis yang keberadaanya seperti angin, bisa dirasakan tapi tidak bisa dilihat. Bisa dikatakan cerita dari Monster benar-benar kompleks, jadi untuk bisa memahaminya harus benar-benar fokus dari awal sampai akhir. Anime ini menceritakan tentang  seorang dokter bernama Dr. Kenzo Tenma asal Jepang yang bekerja disalah satu rumah sakit ternama di Jerman. Suatu hari, dia mendapatkan seorang pasien anak kecil dan menyelamatkannya dari kematian. Tetapi itulah kesalahan terbesar yang disesali dari Tenma karena anak tersebut adalah Johan. Akhirnya Tenma memutuskan berhenti dari rumah sakit dan menghabiskan hari-harinya untuk mencari dan membunuh Johan. Saya sangat merekomendasikan anime yang satu ini karena ceritanya sebanding dengan Death Note.

9. Suzumiya Haruhi no Shoushitsu


Berbeda dengan anime-anime di atas karena yang satu ini adalah anime movie. Tidak banyak hal yang bisa saya jelaskan tentang anime ini karena saya sendiri gagal paham dengan alur ceritanya hehe... Rating dari anime ini sendiri lumayan tinggi yaitu 8.82, hampir menyentuh 9. Animenya diadaptasi dari light novel yang lebih dulu popular sehingga tidak heran banyak yang menyukainya. Mungkin alasan saya gagal paham dengan anime ini karena belum menonton seriesnya terlebih dahulu apalagi sinopsis. Ceritanya berawal ketika seorang remaja bernama Kyon bertemu dengan gadis biasa bernama Haruhi. Mereka berteman cukup dekat dan pada akhirnya mereka mendirikan sebuah klub SOS di sekolah. Walaupun klub tersebut didirikan hanya untuk memenuhi keinginan dari Haruhi, seiring berjalannya waktu anggota dari klub tersebut samakin bertambah dengan masuknya Yuki Nagato, Asahina Miruku, dan Koizumi Itsuki menjadi anggota klub. Mungkin akan terdengar aneh, akan tetapi tujuan utama dari anggota klub SOS adalah supaya Haruhi tidak merasa bosan karena jika dia bosan dunia akan hancur. Kok bisa? Alasannya karena Haruhi adalah dewa!! Kalau penasaran dengan cerita selengkapnya langsung ditonton aja ya.

10. Mekaku City Actors


Ini adalah anime terakhir yang saya masukan ke dalam daftar. Mekaku City Actors mungkin tidak seterkenal anime-anime di atas, kalaupun terkenal itu karena keanehan dan sulitnya memahami plot ceritanya. Bagaimana tidak, anime ini menceritakan tentang seorang pemuda bernama Shintaro Kisaragi yang hanya mengurung diri di dalam kamar selama 2 tahun (hokikomori). Hanya bermodalkan komputer, dia tinggal sendirian di dalam kamar jauh dari orang-orang. Suatu hari dia bertemu dengan Ene, sebuah program yang berwujud gadis. Shintarou sendiri, walaupun seorang NEET, tidak tahu asal usul dari Ene dan bagaimana dia bisa masuk ke dalam komputernya. Yang pasti dia setiap hari mengganggu kesibukan dari Shintarou sampai suatu hari dia menghilang secara misterius. Itu hanya sepenggal dari sinopsisnya saja karena ceritanya tentu lebih kompleks daripada yang saya jelaskan di atas. Sebenarnya tidak hanya plot cerita saja yang membuatnya sulit untuk dipahami, tapi juga karena penyajiannya. Gambar dari anime ini cenderung hanya berfokus pada pemain-pemainnya saja sehingga actor figuran digambar tanpa warna atau wajah, begitu juga dengan background-nya.

Tingkat kepahaman setiap orang itu berbeda-beda, jadi mungkin ada sebagian orang yang mudah memahami anime-anime di atas dan ada juga yang sulit. Penilaian saya terletak pada penggemar anime yang sudah menonton anime-anime tersebut, dan kebanyakan dari mereka memang gagal memahami alur ceritanya. Mungkin ada yang bertanya-tanya kenapa saya tidak memasukkan Death Note ke dalam daftar, alasan saya sederhana karena penggemar dari anime Death Note sangat banyak. Ini membuktikan kalau Death Note mudah untuk dipahami.


Sekian dulu ya. Bagi teman-teman ingin mencoba suasana baru, kalian bisa mencoba menonton anime-anime di atas dan semoga saja tidak sampai gagal paham hehe..  Mata ne!


EmoticonEmoticon