Kamis, 01 September 2016

Apakah Lelouch Masih Hidup?

Otamegane.com - Mungkin sebagian orang bertanya-tanya mengapa saya mengangkat tema ini untuk ditulis karena masih banyak yang menganggap kalau pertanyaan ini bukanlah hal yang penting. Tapi, alasannya sederhana karena sejak pertama kali dirilis tahun 2006 sampai sekarang pertanyaan ini masih saja dilontarkan oleh para fans Code Geass entah karena mereka tidak bisa menerima ending-nya atau konspirasi yang terus muncul dan juga karena karakter Lelouch adalah salah satu karakter anime terbaik sepanjang masa yang tidak akan pernah dilupakan oleh para pecinta anime.



Lelouch merupakan karakter utama dari anime Code Geass. Nama lengkapnya adalah Lelouch vi Britannia adalah seorang siswa normal pada umumnya akan tetapi dia menjadi seorang revolusioner setelah mendapatkan kekuatan Geass yang diberikan oleh seorang wanita misterius bernama C.C. Lelouch merupakan salah seorang keturunan kerajaan Britannia Raya ( sebuah Negara yang sekarang pecah menjadi 4 negara Inggris, Wales, Skotlandia, & Irlandia Utara) yang di mana pada saat itu Britannia sedang menginvasi wilayah Jepang. Walaupun seorang keturunan Britannia, dia adalah seorang yang pro terhadap Jepang karena tidak menyukai ketidakadilan yang dilakukan Britannia sehingga dia ikut bertempur dengan menyamar sebagai ketua teroris, , memakai topeng dan dikenal dengan sebutan Zero, memberontak dan berjuang demi melakukan kudeta.

Kematian Lelouch


Kematian Lelouch adalah salah satu kematian yang paling menyentuh (right in the kokoro) karena saat kematiannya lah kita akan menyadari pengorbanan yang dilakukannya demi menegakkan keadilan. Kemungkinan besar orang akan berfikir bahwa, walaupun karakter utama, dia adalah karakter antagonis yang dimana dia mengorbankan banyak nyawa demi meraih kemenangan seperti yang pernah dikatakannya, “You can’t change this world with beautiful words alone”. Akan tetapi, diakhir cerita terjadi plot twist yang sangat dramatis yaitu saat dia meminta temannya, Suzaku, membunuhnya dengan menyamar sebagai pria pahlawan bertopeng, Zero yang dimana akhirnya Zero hanyalah sebuah simbol keadilan tanpa banyak yang tahu identitas asli dari Zero sendiri. Alasan Lelouch melakukan kematian seperti itu karena tujuannya yang sebenarnya adalah membuat dirinya menjadi pusat kebencian semua orang sehingga dunia tidak perlu membenci siapapun lagi kecuali dirinya dan ketika dia mati nanti, dia berharap kebencian semua orang akan hilang bersamanya. Walaupun di dalam cerita animenya dia dikenal sebagai sosok penjahat tapi bagi siapapun yang menonton animenya akan setuju bahwa dialah sesok pahlawan yang sebenarnya .

Baca Juga: Daftar Anime yang Tidak Membosankan Ditonton Berkali-kali

Kalau Lelouch sudah pasti mati terus kenapa masih dipermaslahkan? Kita masih mempermasalahkannya karena masih banyak orang yang percaya kalau Lelouch masih hidup dengan beberapa gambar sebagai barang bukti.


Jika teman-teman menonton Code Geass sampai detik-detik terakhir teman-teman pasti melihat C.C yang berada diatas kereta kuda (wagon) dan diendarai oleh seorang pria misterius yang bermasker. Konspirasinya adalah sebagian fans Code Geass percaya bahwa pria tersebut adalah Lelouch dengan alasan diakhir monolognya C.C mengatakan, “iya kan, Lelouch?” seolah-olah Lelouch sedang mendengarkannya berbicara. 


Alasan kedua yang lebih autentik, adalah sosok Lelouch yang muncul dalam anime movie Code Geass: Code Geass: Boukoku no Akito. Dia terlihat bersama-sama dengan Suzaku sedangkan Suzaku sendiri di dalam anime Code Geass adalah orang yang membunuh Lelouch. Jadi banyak orang yang semakin percaya bahwa Lelouch masih hidup dan aksi bunuh diri yang dilakukannya hanyalah rekayasa saja.

Baca Juga: Di Balik Dinginya Sifat Levi

Klarifikasi 

Mungkin saja teman-teman tidak setuju dengan apa yang akan saya sampaikan akan tetapi inilah jawaban yang paling rasional atas pertanyaan konspirasi di atas. Apakah Lelouch sudah mati? Jawabannya adalah IYA. Walaupun sebenarnya saya sendiri masih berharap kalau Lelouch masih hidup, tetapi faktanya Lelouch memang sudah mati sebagai seorang pahlawan dan mungkin itu lebih baik, “You Either Die A Hero, Or You Live Long Enough To See Yourself Become The Villain. Fakta ini saya simpulkan setelah mengunjungi beberapa situs-situs dan forum-forum di internet. Pertama, konspirasi pria yang memakai masker pada akhir episode Code Geass bukan lah Lelouch karena tidak ada satu pun bukti yang bisa membenarkan ini. Saya beranggapan bahwa para fans fanatic Code Geass hanya mencari-cari alasan untuk membuktikan bahwa karakter favorit mereka masih hidup dan tidak bisa dipungkiri bahwa pria bermasker yang mengendarai kereta kuda adalah satu-satunya orang paling bisa dicurigai tapi tetap saja ini adalah alasan yang tidak ada bukti sama sekali. Kemudian, ketika C.C melakukan monolog seakan-akan berbicara kepada Lelouch hanyalah monolog biasa, dia memang menucapkan kata-kata tersebut kepada Lelouch karena dia percaya bahwa Lelouch pasti bisa mendengarkannya di atas sana (surga). Kedua, tentang Code Geass: Code Geass: Boukoku no Akito hanyalah masalah kesalahpahaman karena sebenarnya setting cerita dari Code Geass: Code Geass: Boukoku no Akito adalah antara Code Geass season 1 dan season 2. Jika teman teman-teman lebih mencermati akhir cerita dari Code Geass season 1, teman-teman pasti menyadarinya yaitu ketika kedok Lelouch sebagai Zero akhirnya bisa diketahui oleh temannya, Suzaku. Bukti lain yang menguatkannya adalah ketika Suzaku menembak topeng dari Lelouch sehingga membuat wajahnya berdarah, itulah yang menjadi alasan mengapa pada movie Code Geass: Code Geass: Boukoku no Akito, Lelocuh terlihat memakai topeng untuk menutupi setengah wajahnya yang terluka karena tembakan Suzaku. Ketiga, apakah teman-teman masih ingat dengan Shirley, karakter cewek yang mencintai Lelouch? Bagi sebagian fans mungkin lebih memilih jika Lelouch mati dan hidup di surga bersama Shirley daripada masih hidup dan menjalaninya bersama C.C, yah walaupun tidak terdengar berlogika tapi saya juga berharap demikian karena saya mengira keduanya saling mencintai satu sama lain. Terakhir, inilah alasan terpenting mengapa Lelouch sudah mati yaitu karena seorang pahlawan sejati memang haruslah mengorbankan diri demi meneggakkan keadilan. Jika Lelouch masih hidup itu artinya dia telah lari dari tanggung jawabnya mengingat dia telah mengorbankan banyak nyawa demi mewujudkan kedamaian dan Lelouch bukanlah karakter pengecut seperti itu dan jika teman-teman berpendapat sama dengan saya maka teman-teman harus setuju dengan saya kalau Lelouch memang sudah mati sebagai seorang pahlawan  demi mempertanggungjawabkan semua perbuatannya.

Suasana kehidupan Lelouch yang damai sebelum perperangan

Meski pertanyaannya sangat singkat tapi jawabannya lumayan panjang, bukan? Saya berharap teman-teman memberikan komentar di bawah tidak masalah kalian setuju atau tidak setuju setidaknya bisa saling berbagi pikiran. Cheerio!!!




EmoticonEmoticon