Selasa, 13 September 2016

Fenomena Overrated Anime

Otamegane.com - Sudah tidak asing lagi kan dengan istilah overrated anime? Fenomena ini sebenarnya sudah sering terjadi hampir setiap tahun ketika anime-anime baru tayang dan memberikan efek yang sangat besar bagi para pecinta anime sehingga membuat ratingnya naik dengan pesat dalam hitungan hari saja. Misalnya saja anime One Punch Man yang mengalami overrated hanya dalam beberapa minggu penayangannya. Di tahun 2015 sendiri, anime ini meraih banyak sekali penghargaan entah dari segi grafik maupun alur ceritanya yang bagus. Tapi pernahkan teman-teman bertanya apa alasan sebuah anime mengalami overrated padahal banyak sekali anime-anime yang bagus tapi ratingnya biasa-biasa saja? Tentu ada beberapa rahasia mengapa sebuah anime mengalami lonjakan rating yang sangat pesat, tidak hanya dengan mengandalkan unsure intrinsic tapi juga unsure ekstreinsik ikut berperan dalam menentukan kesuksesan sebuah anime. Dan kali ini, saya akan mengulas tentang alasan-alasan mengapa sebuah anime mengalami fenomena overrated.

1. Fresh Story Line


Alur cerita yang bagus merupakan kunci utama sebuah anime mengalami overrated karena percuma saja memiliki gambar yang bagus tanpa alur cerita yang bagus. Fresh story line bukan hanya berarti alur cerita yang bagus tetapi juga alur cerita yang baru atau anti-mainstream. Alur cerita yang benar-benar out of box akan memberikan hiburan dan ketertarikan tersendiri bagi siapa saja menontonnya. Contohnya saja anime Shingeki no Kyojin yang sangat fenomenal di tahun 2013, anime ini menyajikan jalan cerita yang benar-benar baru dari anime-anime sebelumnya yaitu tentang hampir punahnya umat manusia karena titan sehingga mereka harus hidup di balik dinding demi melindungi diri dari titan. Apakah ada alur cerita seperti ini sebelumnya? Bahkan yang mirip pun tidak ada, sehingga itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dari anime tersebut. Tentu tidak hanya Shingeki no Kyojin yang berhasil karena alur ceritanya yang berbeda, ada banyak contoh lain seperti One Punch Man, Tokyo Ghoul, Sword Art Online dll. Anime yang memiliki kemiripan dengan anime lain cenderung memiliki kesempatan yang sedikit menjadi overrated contohnya saja anime-anime yang mirip dengan SAO seperti Log Horizon dan Ixion Saga yang memiliki kemiripan dengan SAO yang menceritakan kehidupan di dunia virtual. Pada akhirnya kedua anime di atas hanya bayangan saja dari kepopuleran SAO.

Baca Juga: Di Balik Dinginya Sifat Levi

2. Grafik yang Bagus


Walaupun memiliki cerita yang bagus tapi rasanya kurang lengkap tanpa dibarengi dengan gambar yang bagus. Studio anime menjadi salah satu penyebab sebuah anime mengalami overrated. Biasanya anime yang diproduksi oleh studio-studio tertentu akan ditunggu oleh para pecinta anime karena kualitas gambar yang disuguhkan sangat memanjakan mata. Salah satu studio yang sudah terkenal dengan animasi-animasi high quality adalah Ufotable. Fate/stay night: Unlimited Blade Works adalah satu dari banyak karya yang dibuat dengan grafik yang luar biasa dan walaupun bukan termasuk ke dalam overrated anime tetap Fate/stay night: Unlimited Blade Works menjadi salah satu anime terbaik tahun 2015 yang juga menyabet penghargaan sebagai anime yang memiliki grafik terbaik. One Punch Man merupakan contoh yang pas, karena tidak hanya memiliki alur cerita yang fresh tapi juga grafik yang epic. Jadi, pantas lah banyak  yang mengatakan kalau One Punch Man adalah anime of the year tahun 2015.

3. Promosi


Mengiklankan suatu produk merupakan salah satu cara paling efektif meningkatkan penjualan produk tersebut. Pengenalan suatu anime sebelum tayang secara resmi adalah cara yang efektif mendongrak ratingnya. Ada banyak cara untuk mempromosikan anime dan salah satunya yang biasa dilakukan adalah dengan menayangkan trailer walaupun trailer biasanya hanya berdurasi beberapa menit akan tetapi ini merupakan langkah awal yang tepat untuk mempromosikan suatu anime.  Biasanya trailer akan dipublikasikan beberapa bulan sebelum penayangan anime full version supaya lebih banyak orang yang menonton trailernya karena jangka waktu yang cukup lama. Tidak hanya trailer yang meberikan efek positif terhadap kesuksesan suatu anime, tapi juga para pecinta anime yang secara sadar atau tidak sadar menulis gambaran alur cerita dari anime yang belum tayang di blog-blog mereka dan mereka yang membaca ulasan mereka akan tertarik dengan kehadiran anime tersebut.

Baca Juga: Inilah Alasan Mengapa Kalian Harus Menjadi Otaku

4. Unik


Setiap anime memang memiliki keunikan tersendiri akan tetapi terkadang ada keunikan yang benar-benar menonjol yang membuatnya menjadi pusat perhatian entah itu berbentuk ucapan, penampilan, maupun kekuatan. Lihat saja anime-anime overrated belakangan ini, mereka pasti memiliki sesuatu yang menjadi viral di kalangan pecinta anime contohnya saja Saitama yang kepalanya pelontos, Kuroko dengan misdirection-nya, Kaneki dengan topengnya, dst. Keunikan-keunikan tersebut membuat mereka mudah utuk dikenal dikalangan pecinta anime.

5. Ending yang Bagus


Pasti teman-teman bertanya kenapa ending bisa berpengaruh pada rating sebuah anime padahal tayangnya paling akhir. Mau gimana lagi memang itulah yang benar-benar terjadi sekarang.Secara pribadi saya menganggap kalau ending sebuah anime berperan penting bagi kesuksesan sebuah anime karena tidak penting sebagus apa jalan ceritanya kalau endingnya mengecewakan pasti mencoreng nama baik anime tersebut. Bukan ingin menjelekan, sebagai contohnya saja manga Bleach yang mengecewakan banyak fansnya yang mayoritas berharap kalau Ichigo bisa berpasangan dengan Rukia tapi malah sama Inoue. Dari yang saya lihat juga, anime yang memiliki sad ending berkemungkinan besar mengalami overrated seperti Code Geass, Clanned: After Story, Shigatsu wa Kimi no Uso, Death Note, Angel Beats!, Ano Hana, dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa alasan mengapa anime bisa overrated dan tentunya masih banyak lagi alasan-alasan lain yang tidak bisa saya sampaikan dalam artikel yang singkat ini. Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya ya… Tschüss!



EmoticonEmoticon