Inilah Daftar Anime Peraih Penghargaan Anime of The Year

Otamegane.com - Anime of the year adalah sebuah penghargaan tahunan yang diberikan pada sebuah anime terbaik selama satu tahun. Penghargaan ini diberikan oleh Tokyo Anime Award yang sudah berlangsung sejak tahun 2002. Kandidat anime yang mendapatkan penghargaan adalah anime-anime yang tayang 1 tahun sebelumnya misalnya anime of the year 2002 maka kandidatknya adalah anime-anime yang tayang tahun 2001 dan kategori anime yang diberi penghargaan ini ada 2 yaitu film dan serial TV.  Pasti teman-teman penasaran kan siapa saja anime peraih penghargaan yang bergengsi ini karena siapa pun yang mndapatkannya maka dia layak disebut sebagai yang terbaik dari puluhan anime yang disiarkan dalam 1 tahun. Langsung saja inilah para pemenang anime terbaik tahunan dihitung sejak tahun 2002.

TOKYO ANIME AWARD

1. Sprited Away (2002)


Anime yang rilis pada tanggal 20 Juli 2001 ini adalah anime pertama yang meraih penghargaan bergengsi ini. Tentu kemenangannya bukan tanpa alasan, karena sampai sekarangpun anime yang bisa dikategorikan sebagai anime lawas ini masih hangat diperbincangkan. Dari salah satu situs yang pernah saya baca, anime ini sangat sarat dengan nilai moral dan pesan positif. Mungkin itu yang menjadi alasan mengapa anime ini menjadi anime of the year tahun 2002.

2. No Awards (2003)

Tidak ada penghargaan anime terbaik tahunan untuk tahun 2003. Hal ini mengkin disebabkan oleh bencana gempa yang menimpa Jepang tapatnya di pulau Hokkaido.

3. Mobile Suit Gundam Seed (2004)


Pasti sudah tidak asing lagi dengan judul anime yang satu ini. Anime yang identik dengan robot ini memiliki banyak seri dan jika tidak salah seri pertamanya adalah Mobile Suit Gundam serial TV yang diproduksi tahun 1979. Mobile Suit Gundam Seed adalah satu-satunya seri dari gundam yang meraih penghargaan ini. Kalau ingin tau perbedaan seri ini dengan seri lainnya lebih baik langsung tonton saja ya.

4. Howl's Moving Castle (2005)


Lagi-lagi studio Ghibli menunjukan kehebatannya setelah sukses dengan Sprited Away kali ini pada tahun 2005 studio ini memproduksi film animasi yang juga berhasil mendapatkan penghargaan anime of the year. Film animasi ini diadaptasi dari novel inggris karya Diana Wynne Jones menceritakan tentang pertualangan gadis berusia 18 tahun bernama Sophia yang dikutuk menjadi nenek tua berusia 90 tahun. Kombinasi dari gadis yang pemberani dan sosok ibu pasti membuat ceritanya menarik dan patut untuk ditonton.

Baca Juga: Hal Ini Hanya Akan Disadari Setelah Menonton Shigatsu wa Kimi no Uso 2 Kali

5. Fullmetal Alchemist the Movie: Conqueror of Shamballa  (2006)


Anime yang menceritakan tantang kisah kakak beradik Elric  dan Alphonse ini sudah memiliki nama yang besar di dunia anime. Berdasarkan myanimelist, Fullmetal Alchemist adalah anime yang bertengger di posisi pertama dengan rating tertingga selama beberapa tahun mengalahkan semua anime yang pernah ada! Tetapi, tahun ini posisi pertama direbut film animasi Kimi no Na Wa. Mungkin ada yang tidak menyangka kalau ternyata pembuat Fullmetal Alchemist adalah seorang wanita! Namanya Hiromu Arakawa, keren kan? Mengenai Fullmetal Alchemist, peraih penghargaan tahunan itu movienya bukan serinya. Kalau serinya Mengenai Fullmetal Alchemist: Brotherhood tayang tahun 2009-2010 menjadi anime dengan rating tertinggi selama beberapa tahun sedangkan filmnya Fullmetal Alchemist the Movie: Conqueror of Shamballa tayang tahun 2005 dan meraih penghargaan anime terbaik tahun 2006. Dua-duanya sama-sama hebat jadi bagi kalian yang belum nonton wajib hukumnya nonton anime ini.

6. The Girl Who Leapt Through Time (2007)


Seperti judulnya anime ini menceritakan tentang seorang gadis yang bisa melompati waktu. Anime dengan tema time-leap sangat popular belakangan ini dan yang terbaru adalah Re: Zero Kara Hajimeru Isekai Seikatsu dan anime yang mengangkat tema ini cenderung mendapatkan rating dan popularitas yang tinggi seperti Boku dake ga Inai Machi (ERASED) dan Steins;Gate. Akan tetapi, setiap anime di atas memiliki cerita melompati waktu yang berbeda-beda dan The Girl Who Leapt Through Time lebih cenderung mirip dengan Time-Leap-nya Re: Zero yang di mana sang tokoh utama akan kembali ke waktu tertentu sebelum ada musibah yang minampanya di masa depan. Sampai sekarang pun film animasi yang satu ini masih ramai dibicarakan karena alur ceritanya yang bagus, bahkan di tahun anime ini dirilis pun (2006) disambut dengan hangat oleh para penontonnya. Jadi, kalian jangan sampai kelewatan untuk menonton anime yang satu ini ya.

7. Evangelion: 1.0 You Are (Not) Alone (2008)


Nah ini dia anime mecha kedua yang mendapatkan penghargaan setelah Gundam. Alur cerita dari anime ini mungkin yang paling berat daripada anime-anime di atas jadi sebelum menonton film animasi alangkah baiknya kalian menonton seriesnya terlebih dahulu. Film animasi Evengalion terdiri dari 4 bagian yaitu:
•           Evangelion: 1.0 You Are (Not) Alone
•           Evangelion: 2.0 You Can (Not) Advance
•           Evangelion: 3.0 You Can (Not) Redo
•           Evangelion: 3.0+1.0
Udah keliatan kan yang mana menjadi anime of the year? Sedikit saja, film animasi ini bertemakan Apocalypse tentang kehidupan manusia yang hampir punah karena serangan dari makhluk luar angkasa yang disebut Angel. Umat manusia akhirnya mendirikan sebuah oganisasi yang bernama NERV dan menciptakan robot-robot yang hanya bisa dikendalikan oleh orang-orang terpilih.

8. Ponyo (2009)


Judul film animasi yang satu ini mengkin kedengaran agak aneh dan tidak menarik tapi jangan salah karena walaupun namanya terdengar jadul tapi dia menjadi film animasi terbaik tahun 2009. Dalam bahasa inggris anime ini dikenal dengan nama  Ponyo on the Cliff by the Sea menceritkan tentang seekor ikan yang digambarkan seperti seorang gadis, hidup bersama keluarganya di bawah laut. Anime ini sebenarnya agak mirip dengan Finding Nemo yang dimana seorang anak kehilangan kontak dengan sang ayah dan kemudian sang ayah mencari keberadaan dari anaknya. Itu hanya gambaran saja, karena ceritanya tidak mungkin sesimpel itu. Bagi kalian yang penasaran dengan cerita selengkapnya lebih baik langsung ditonton aja karena film animasi peraih penghargaan tahunan pastinya tidak akan mengecewakan.



 9. Summer Wars (2010)


Summer Wars adalah film animasi yang digarap oleh studio Madhouse yang kualitas anime-animenya sudah tidak diragukan lagi seperti anime yang dibuat beberapa tahun terakhir yaitu Parasyte dan One Punch Man. Terlebih lagi, Film animasi sebelumnya yaitu The Girl Who Leapt Through Time juga menjadi anime terbaik tahun 2007, hebat bukan?  Untuk animenya sendiri  menceriatakan tentang keehidupan pemuda bernama Kenji Koiso yang sangat jenius dalam bidang matematika. Suatu hari dia menerima e-mail yang mencurigakan yang berisi soal matematika dan kemudian dia memecehkannya. Akan tetapi, dia sebenarnya dimanfaatkan memecahkan soal tersebut demi keuntungan orang tidak dikenal. Akhirnya, dia dituduh melakukan hacking yang menyebabkan kerugian yang besar. Dari situlah pertarungan di musim panas terjadi.

10. The Secret World of Arrietty (2011)


Film animasi ini adalah karya yang kesekian dari studio Ghibli. Mengisahkan tentang seorang anak yang bertemu dengan makhluk kecil berbentuk manusia yang disebut The Borrowers. Walaupun berbeda dengan manusia akan tetapi tubuh The Borrowers.mirip seperti manusia hanya saja ukurannya saja yang kecil. Cerita dari anime ini hampir mirip dengan film animasi barat, EPIC, yang dimana ada  makhluk kecil berbentuk manusia yang hidup menyembunyikan keberadaannya dari manusia. Arriety adalah nama dari salah satu The borrowers yang tertangkap basah oleh sang anak dan pada akhirnya menjalin persahabatan.

11. From up on Poppy Hill (2012)


From up on Poppy Hill ditayangkan pertama kali pada tanggal 16 Juli 2011 di Jepang dan langsung mendapatkan respon yang sangat positif dari para penonton. Genre dari anime yang satu ini berbeda dengan kebanyakan anime pemenang di atas karena genrenya adalah romance murni. Umi Matsuzaki, seorang siswi SMA di kota Yokohama sekitar tahun 1960-an, setiap pagi Umi selalu mengibarkan signal flag yang berisi pesan "I pray for safe voyages" (Aku berdoa semoga pelayarannya selamat) untuk mengenang ayahnya yang meninggal dalam perang Korea. Di sekolah Umi berinisiatif untuk menghidupkan lagi sebuah klub surat kabar tua dan dari sana lah dia bertemu dengan Shun Kazama yang lama kelamaan saling memendam rasa cinta satu sama lain. Akan tetapi, cerita masa lalu mereka yang kelam menjadi penghalang dari hubungan mereka. Bagi kalian yang suka baper maka tidak salah untuk mencoba film animasi yang satu ini.

12. Wolf Children (2013)


Ada yang sudah menonton film animasi yang satu ini? Sekarang kita sudah tidak lagi membahas anime-anime lawas karena 2013 bukanlah waktu yang lama, juga banyak sekali anime-anime booming di tahun ini. Melihat persaingan yang sangat ketat apa yang menyebabkan Wolf Children menjadi anime terbaik di tahun itu? Anime ini bergenre romance yang ceritanya sangat menyentuh. Berbeda dengan plot anime yang lain, anime ini menceritakan tentang seorang ibu yang membesarkan 2 orang anak setengah srigala. Kok bisa? Awal ceritanya sang Ibu, Hana, menikah dengan seorang pemuda manusia srigala yang pada akhirnya memiliki 2 orang anak bernama Yuki (salju) dan Ame (hujan). Keluarga mereka ditimpa musibah, sang ayah meninggal dunia sehingga memaksa Hana merawat dan membesarkan kedua anaknya sendirian. Sebuah perjuangan mencari jati diri, mungkin tema yang paling tepat untuk menjelaskan anime yang satu ini yang di mana Hana yang masih berusia sangat muda harus belajar menjadi ibu yang baik terlebih lagi membesarkan anak-anaknya yang setengah serigala. Bagaimana perjuangan Hana menjadi seorang ibu seutuhnya? Langsung nonton saja ya

TOKYO ANIME AWARD FESTIVAL

N.B: Sejak tahun 2014, pemenang anime terbaik tahunan dibagi menjadi 2 kategori yaitu kategori TV dan Film sehingga dalam 1 tahun ada 2 pemenang.

13. -The Wind Rises (2014) kategori film


Atau dalam bahasa Indonesia berarti “Angin Berhembus” adalah sebuah film yang mengenai perang tetapi bukanlah film perang hanya saja mengisahkan semangat juang dari seorang anak, Jiro Horikoshi, yang bermimpi untuk menerbangkan pesawat dengan latar belakang militarism Jepang pada abad ke-20. Jiro adalah anak yang gigih dalam mengejar cita-citanya sampai-sampai dia pergi ke Tokyo untuk menjadi seorang insinyur pesawat terbang. Pada akhirnya penemuan-penuamannya memajukan perusahaan sehingga dia dikirim ke Jerman untuk melakukan pengembangan lebih lanjut. Jika dilihat-lihat, ceritanya agak mirip ya dengan presiden kita yang ke-3 B.J Habibie. Ngomong-ngomong, film ini sangat cocok untuk ditonton buat kalian yang anak Teknik hehe…

-Attack on Titan (2014) kategori TV


Sie sind das essen und wir sind die J├Ąger! Setelah menulis dari pemenang tahun 2002 sampai 2014 akhirnya ketemu juga anime favorit saya. Anime dengan judul asli “Shingeki no Kyojin” ini sangat booming tahun 2013 silam dan sampai sekarang pun (2016) masih banyak fans-nya yang menunggu season 2-nya yang dijadwalkan akan rilis tahun 2017 nanti. Bagi kalian yang belum tahu tentang Attack on Titan, sebaiknya langsung bergegas menonton anime yang satu ini karena inilah salah satu anime action terbaik yang pernah ada! Menceritakan tentang perjuangan manusia yang hidup di dalam tembok demi melindungi diri dari Titan yang memangsa manusia sehingga menyebabkan hampir punahnya ras manusia. Anime ini juga sudah saya review dan masukan ke dalam Daftar Anime yang Tidak Membosankan Ditonton Berkali-kali. Jadi bagi kalian yang masih penasaran bisa membaca review saya di atas.

14. -Frozen (2015) kategori film


Lah kok Frozen masuk list bukanya dia film animasi barat? Saya juga bingung kenapa bisa masuk jadi pemenang anime of the year di Jepang padahal Frozen adalah animasi barat yang diproduksi Walt Disney. Tapi memang inilah faktanya entah Frozen buatan barat atau Jepang, tetap saja dia yang menjadi pemenang anime of the year kategori film. Lagi pula, film animasi ini memang tidak perlu diragukan lagi kepopulerannya, yang tidak hanya menyabet penghargaan anime of the year tapi juga menyabet penghargaan bergengsi tingkat Internasional, Oscar. Kayaknya saya tidak perlu menjelaskan terlalu detail tentang film animasi yang satu ini karena kayaknya semua orang sudah menontonnya dan bagi kalian yang mungkin belum menonton karena telat lahir, kalian langsung aja ke TKP untuk menonton filmnya.


-Ping Pong the Animation (2015) kategori TV


Bisa dibilang anime yang satu ini kurang diminati di Indonesia karena mayoritas pecinta anime di Indonesia sendiri lebih tertarik dengan animasi yang gambarnya bagus. Lalu bagaimana dengan Ping Pong sendiri? Bisa dikatakan grafik dari anime ini jelek, bukan ingin merendahkan tapi itulah kenyataannya jika dibandingkan dengan anime-anime lain. Terus kok bisa menang? Alasannya sederhana, karena alur ceritanya memang bagus, seperti yang kita ketahui bahwa penilaian dari penghargaan tahunan ini tidak hanya terletak pada grafik saja tapi lebih ke cerita atau moral yang terkandung di dalamnya. Sebelum menonton, kalian mungkin akan berfikir bahwa anime ini hanya bermain ping pong saja seperti anime-anime sport lainnya, padahal anime ini lebih berfokus kepada kehidupan pribadi dari 2 karakter utamanya yaitu Smile dan Peco. Smile dan Peco adalah 2 karakter protagonist dalam anime ini yang berjuang untuk mencari jati diri dan memperbaiki kehidupan mereka yang buruk. Ada banyak pesan moral yang bisa didapatkan dari anime ini, jadi akan lebih baik jika kalian menilai bagus tidaknya setelah menontonnya.

15. -Love Live! The School Idol Movie (2016) kategori film


Tidak terasa akhirnya kita sampai juga di penghujung tahun. Tentunya teman-teman tidak akan asing lagi dengan pemenang-pemanang ini karena bisa dibilang anime ini adalah anime kemarin sore. Serial TV dari anime ini lebih dulu dirilis, dan film animasinya digarap tahun 2015 silam. Sama seperti AKB48, Anime dengan genre music ini bisa dikatakan memiliki penggemarnya tersendiri bahkan sebelum dirilispun filmnya sudah ditunggu-tunggu oleh para pecinta anime. Cerita di film animasinya lebih erat dengan cerita season ke-2 dari serinya. Menonton anime ini mungkin akan mengobati rasa rindu kalian kepada anime K-ON karena entah dari segi plot maupun genre sangat mirip dengan K-ON. Jadi jangan sampai melewatkan film animasi yang satu ini ya.

-Shirobako (2016) kategori TV


Penasaran dengan proses pembuatan anime? Maka anime ini sangat cocok untuk kalian. Shirobako merupakan anime yang membahas tentang bagaimana anime itu dibuat. Wah lucu juga ya, anime kok menceritakan anime. Tapi itulah keunikan dari anime ini, dan memang dari tema yang diangkat maka tidak heran Shirobako menjadi anime of the year bahkan berita pembuatan anime ini saja mendapat respon yang sangat positif. Wajar saja, bagi kita pecinta anime tentu penasaran dengan bagaimana anime itu bisa dibuat. Anime ini sangat sarat dengan ilmu pengetahuan jadi sangat cocok bagi semua orang entah mereka menyukai genre sport, action, ataupun romance.

Owh iya, saya juga membuat list saya sendiri karena banyak anime yang menurut saya pantas menjadi pemenang tapi sayangnya tidak menang. Berikut daftarnya:
1. Code Geass
2. Death Note
3. Monster
4. Sidonia no Kishi
5. Oregairu
6. Shigatsu wa Kimi no Uso

Walaupun tidak menang tapi anime-anime di atas menurut saya sangat bagus. OK, sekian ulasan dari saya ,semoga list yang sudah saya tulis di atas dapat membantu teman-teman sekalian. Ditunggu ya daftar pemenang tahun berikutnya. Jaa ne…



EmoticonEmoticon