Rabu, 30 November 2016

9 Anime Terbaik Adaptasi Novel

Otamegane.com - Yahalo minna!  Pada artikel kali ini saya ingin merekomendasikan beberapa anime yang diadaptasi dari light novel karena anime-anime yang diambil dari novel tidak kalah saing dengan anime-anime yang diadaptasi dari manga. Oleh karena itu, saya berinisiatif untuk menulis anime-anime adaptasi novel yang pernah saya tonton. Tapi, tidak semuanya akan saya tulis karena mungkin penilaian bagus setiap orang berbeda-beda jadi saya hanya akan merekomendasikan anime-anime yang tidak hanya bagus menurut saya tapi juga yang mungkin akan teman-teman sukai. Sepertinya saya tidak perlu menulis pembukaan yang panjang karena inti artikel ini ada pada list-nya. Berikut ini daftarnya:

9. Toradora


Bagi kalian yang suka dengan karakter tsundere+moe maka Toradora cocok untuk kalian tonton.  Yang menarik dari anime ini adalah 2 pemeran utamanya  Ryuji Takasu dan Taiga Aisaka memiliki penampilan yang bertolak belakang dengan sifat asli mereka. Ryuji memiliki penampilan yang sangat ditakuti disekolahnya bahkan dianggap preman sekolah padahal aslinya dia adalah laki-laki yang lembut dan memiliki hobi memasak sedangkan Taiga yang karakternya loli malah memiliki karakter yang keras seperti preman seperti namanya Taiga yang artinya macan. Karena anggapan –anggapan yang salah tersebut, Ryuji merasa frustrasi dan pesimis bisa mendapatkan pacar di tahun keduanya di SMA begitu juga Taiga yang memiliki karakter tsundere mengalami kesulitan mendekati laki-laki yang disukainya. Menariknya, mereka berdua akhirnya membentuk aliansi dan saling membantu satu sama lain mendapatkan pacar dan dari sanalah cerita yang unik dan lucu bermulai antara Ryuji dan Taiga.

8. Chuunibyou Demo Koi ga Shitai


Pernah mendengar istilah Chunnibyou? Chunnibyou atau dalam bahasa Indoensia berarti ‘sindrom kelas 2 SMP’ adalah sebuah gejala yang dimana si penderita terlalu terobsesi dengan cerita fantasi yang dilihatnya dan memperaktikannya di dunia nyata seperti misalnya menucapkan mantera-mantera atau jurus-jurus yang pernah dilihatnya. Bagi sebagian remaja yang telah menonton anime sejak kecil pasti pernah mengalami yang namanya Chunnibyou entah yang masih biasa-biasa saja sampai yang benar-benar gila. Chuunibyou demo koi ga shitai mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Togashi Yuuta  yang ingin melupakan masa lalunya yang penuh dengan sindrom kelas 2 SMP. Karena prilakunya yang aneh, tidak ada yang mau berteman dengannya dan dijuluki ‘Dark Flame Master’. Akhirnya, ketika dia masuk SMA, dia memutuskan untuk menghilangkan semua kebiasaanya tersebut dan berusaha menjadi orang normal. Akan tetapi usaha Yuuta untuk melupakan semua masa lalunya terhalangi setelah bertemu dengan Takanashi Rikka. Rikka sendiri adalah gadis pengidap sindrom chunnibyou dan sangat mengagumi karakter dari Dark Flame Master yang tidak lain adalah Yuuta sendiri. Karena ingin melupakan masa lalunya, Yuuta mencoba menjauhi Riika akan tetapi Rikka merupakan gadis yang satu apartemen dan sekolah dengannya sehingga terjalinlah sebuah pertemanan yang benar-benar menghibur kalian karena kekocakannya.

7. Hyouka


Hyouka menceritkan tentang kehidupan sekolah seorang pemuda yang sangat pemalas bernama Oreki Houtarou. Walaupun terbilang pemalas, dia merupakan murid yang pintar termasuk juga dalam memecahkan kasus-kasus.  Motto dari Oreki adalah “save energy”, oleh karenanya dia melakukan segala sesuatu seefisien mungkin supaya bisa menghemat energi. Pada suatu hari, Oreki menerima surat dari kakaknya yang memintanya untuk masuk ke dalam klub sastra klasik karena kakaknya, Tomoe, tidak ingin klub itu dihilangkan karena tidak memiliki anggota. Meski Oreki sangat pemalas sehingga tidak mau mengikuti kegiatan klub apapun, tetap saja dia tidak bisa menolak permintaan dari kakaknya. Dan akhirnya setelah memasuki klub sastra dia bertemu dengan seorang siswi bernama Chitanda Eru yang pada akhirnya akan merubah kehidupan Oreki selamanya.

Baca Juga10 Anime yang Bikin 'Gagal Paham'

6. Kyoukai no Kanata


Kyoukai no Kanata merupakan judul novel ringan karya Nagomu Torii yang kemudian diadaptasi menjadi anime pada tahun 2013 dengan jumlah 12 episode. Anime ini memiliki genre supernatural yang mengisahkan tentang 2 karakter utamanya, Akihito Kanbara dan Mirai Kuriyama, yang memiliki kekuatan langka . Cerita dari Kyoukai no Kanata bermula ketika seorang siswa SMU Akihito Kanbara melihat seorang gadis, yang terlihat ingin melakukan bunuh diri, dan secara insting menyelamatkan gadis tersebut yang tidak lain adalah Mirai Kuriyama. Akhito dikejutkan ketika gadis yang ingin diselamatkannya tersebut secara tiba-tiba menusuknya dengan pedang dari darah.  Setelah mengetahui korbannya tidak mati, Mirai mulai terkejut dan menyadari bahwa Akhito adalah seoarang immortal (tidak bisa mati).  Sejak hari itulah pertemuan yang sudah ditakdirkan terjadi tentang  Mirai, seorang gadis pengendali darah terakhir, yang memiliki misi untuk membunuh Akhito (setengah-youmu) yang merupakan orang yang tidak bisa mati. 

5. Baccano!


Mungkin ada sebagian dari teman-teman yang baru mendengar judul anime satu ini. Wajar saja karena anime ini dirilis tahun 2007 silam sehingga tidak banyak orang yang tahu tentang anime yang satu ini. Baccano! Diadaptasi dari light novel dengan genre thriller dansupernatural atau lebih tepatnya menceritakan kehidupan para kriminal. Dalam setiap cerita, memiliki satu atau 2 karakter utama adalah hal yang penting. Tetapi bagaimana jika karakter utamanya tidak ada? Atau memiliki banyak sekali karakter utama? Itulah Baccano! Sebuah anime dengan penyajian cerita yang unik dimana ceritanya disuguhkan dari sudut pandang yang berbeda-beda dari setiap karakternya. Latar tempat dari anime ini adalah Amerika pada masa mafia sehingga cerita dari Baccano! Penuh dengan konflik dan kegiatan criminal dimana para pencuri, preman, mafia, dan alkemis yang tidak memiliki kaitan sama sekali malah membentuk sebuah cerita yang apik. Apa yang akan terjadi jika tidak ada pemeran utamanya? Gampang saja, teman-teman hanya perlu memilih karakter kesukaan kalian masing-masing.  Penyajian dari Baccano! Tidak jauh dari Durarara yang juga tidak memiliki karakter utama khusus sehingga sebagai penonton kita sendiri yang akan memilih karakter utamanya. Bagi saya pribadi, dalam anime Durarara misalnya, karakter yang paling saya favoritkan adalah Izaya Orihara.

4. No Game No Life


Ok, anime selanjutnya adalah No Game No Life yang kurang lebih artinya ‘tidak bisa hidup kalau tidak ada permainan’.  Sebelumnya, Sora dan Shiro merupakan gamers handal yang tidak pernah kalah oleh siapapun dan terkenal dengan nama Kuhaku walaupun nama mereka adalah Kuhaku tetapi Kuhaku sendiri artinya ‘tanpa nama’.  Cerita anime ini bermula ketika mereka mendapatkan surat tantangan dari orang yang tidak dikenal. Dan ketika mereka menerimanya, mereka bermain sampai berhari-hari untuk mengalahkannya. Ketika mereka menang, tiba-tiba mereka dikirim ke dunia yang penuh dengan permainan (semua hal ditentukan dengan bermain game). Dari sanalah, mereka mengetahui bahwa yang mengirim mereka adalah seorang dewa yang berasal dari dunia tersebut dan pertarungan sebenarnya Kuhaku melawan dewa pun dimulai.

Baca Juga: Inilah  Daftar Anime Peraih Penghargaan Anime of The Year

3. Fate/Zero


Fate memiliki beberapa seri anime yang berbeda dan yang terbaru adalah Fate/stay night: Unlimited Blade Works. Akan tetapi inti dari semua seri dari anime Fate adalah perebutan  cawan suci atau Holy Grail , sebuah benda supernatural yang bisa mewujudkan semua keinginan pemiliknya.  Mereka yang terpilih saja yang bisa ikut memperebutkan cawan suci dan hanya ada 7 orang terpilih untuk bertarung habis-habisan dengan membunuh satu sama lain demi mewujudkan keinginannya. Setiap 7 orang tersebut bisa memanggil servant  atau roh pahlawan dari zaman dahulu untuk membantu mereka dalam pertarungan. Berikut ini ke-7 servant tersebut:

1. Saber (kelas pengguna pedang)
2. Archer (kelas pengguna panah atau serangan jarak jauh)
3. Lancer (kelas pengguna tombak)
4. Rider (kelas penunggang)
5. Caster (kelas pengguna sihir)
6. Assassin (kelas pembunuh)
7. Berserker (kelas pengamuk)

Biasanya para pemanggil tidak mengetahui siapa servent yang akan didapatkannya sehingga memiliki kekuatan sendiri juga merupakan salah satu cara mengalahkan musuh karena faktanya setiap servent tersebut memiliki tipe kekuatan yang berbeda-beda. Dari ke-7 servent yang paling ditakuti karena kekuatannya adalah Saber dan Archer (Gilgamesh).

2.  Sword Art Online


Anime ini merupakan anime game virtual pertama yang mengalami overrated atau bisa dibilang kesuksesan anime ini menginspirasi pembuatan anime-anime dengan genre yang sama seperti Accel World, Log Horizon, No game no Life dll. Buktinya setiap kali teman-teman search di google, pasti kebanyakan kata kunci yang bakal ditemukan adalah ‘Anime yang Mirip dengan Sword Online’ atau ‘Anime like Sword Art Online’ dan sebagainya. Anime ini mengambil latar tahun 2022 dimana masuk ke dalam dunia game virtual adalah sesautu yang mungkin. Nerve Gear adalah nama alat yang dipakai untuk memasuki game virtual SAO, sebuah alat berbentuk helm yang sudah dihubungkan ke server. Bagi para gamer, anime Sword Art Online adalah dunia yang selalu diimpikan ketika mereka bisa memasuki dunia game dan langsung menjadi karakter utamanya. Mungkin itu alasan mengapa anime ini mengalami over-rating. Pemeran utamanya bernama Kirito yaitu singkatan nama aslinya Kirigaya Kazuto adalah seorang gamer yang menghabiskan waktunya di dunia game bahkan sebelum Sword Art Online diluncurkan , dia sudah memainkannya sebagai beta tester sehingga pengetahuannya tantang dunia SAO melebihi apa yang ada di buku penduan. Ketika game ini resmi diluncurkan, semakin banyak pemain yang masuk ke dalam dunia SAO. Akan tetapi sebuah keganjilan terjadi ketika tombol Log Out menghilang dari menu. Akhirnya para pemain yang masih online tidak bisa Log Out dan terperangkap di dalam dunia virtual termsuk juga Kirito dan untuk bisa keluar harus menyelesaikan semua level yang ada dalam dunia tersebut.

1. Steins;Gate


Bisa kembali ke masa lalu dan memperbaiki setiap kesalahan yang pernah diperbuat adalah impian dari semua orang. Begitu juga dengan karakter utama dari anime yang satu ini yaitu Okabe Rintarou, seorang ilmuwan yang tergila-gila dengan mesin waktu (time travelling). Walaupun dikenal memiliki karakter yang aneh, akan tetapi Okabe adalah seaorang yang jenius terutama dalam teori-teori tentang mesin waktu. Pada episode pertama, tekanan dari anime ini sudah terasa jadi tidak perlu berlama-lama menunggu sampai ada konflik terjadi. Ceritanya bermula ketika musim panas tahun 2010, Okabe menghadiri sebuah seminar yang bertemakan mesin waktu dan dibawakan oleh seorang wanita bernama Kurisu Makise. Pada hari itu, semuanya berjalan dengan damai akan tetapi diakhir cerita sebuah kejadian aneh terjadi dimana Okabe tiba-tiba kembali ke masa lalu. Karena menyadari keganjilan ini, Okabe akhirnya memutuskan untuk lebih fokus mengerjakan mesin waktunya ditemani teman hacker-nya, Itaru "Daru" Hashida dan teman masa kecilnya Mayuri Shiina. Dari kejadian itu, tanpa mereka sadari, pembuatan mesin waktu untuk memperbaiki masa lalu adalah awal dari malapetaka yang tidak akan bisa mereka perbaiki lagi. Bisa dikatakan plot dari anime ini sangat rumit karena membahas tentang mesin waktu dan teori-teorinya akan tetapi alur ceritanya benar-benar epic terutama dengan endingnya yang sulit untuk ditebak. 

Itulah ke-9 daftar anime adaptasi novel terbaik menurut saya. Bagi teman-teman yang mau menambahkan boleh menulisnya di kolom komentar siapa tahu bisa menjadi pertimbangan untuk merevisi artikel ini hehe…

OK, sekian dari saya semoga artikelnya bermanfaat. Aloha


EmoticonEmoticon