16 Anime Action Terbaik Tahun 2016 yang Tidak Boleh Kalian Lewatkan

Otamegane.com - Akhirnya kita sampai dipenghujung tahun 2016. Selama 12 bulan terakhir kita sudah menyaksikan banyak sekali anime-anime baru mulai dari yang bergenre romance, comedy, sports, adventure dan lain-lain. Teman-teman pasti memfavoritkan beberapa anime tertentu dan menjadikan mereka anime terbaik di tahun ini. Supaya tidak bingung mau menoton yang mana karena banyaknya anime tahun  yang dirilis tahun ini, maka Otamegane merangkum daftar anime-anime action terbaik tahun 2016 ke dalam satu artikel yang singkat ini. Atau lebih tepatnya daftar rekomendasi anime action terbaik tahun 2016 yang sudah dipilih khusus bagi kalian supaya tidak ketinggalan anime bergenre action terbaik tahun ini. Berikut ini daftar anime action terbaik tahun 2016 yang sudah disusun berdasarkan musim penayangannya supaya lebih mudah dalam membaca.

Let’s check it out!
WINTER 2016
1. Hai to Gensou no Grimgar 


Ketakutan dan naluri untuk bertahan hidup. Itulah yang akan terjadi ketika  mereka  dikirim ke dunia yang asing tanpa ingatan sama sekali dan pegetahuan tentang dunia dimana mereka berada, yang mereka rasakan hanyalah 2 emosi tersebut. 

Di dunia yang disebut Grimgar, mereka yang masuk ke dunia ini hanya diberi pilihan hidup yaitu dengan mengikuti sebuah misi yang dimana mereka akan diberi bayaran setalah sukses menyelesaikan misi tersebut

Di dunia Grimgar, setiap orang memiliki skill dan kemampuan unik  sehingga mereka akan membentuk sebuah Party yang berisi orang-orang yang memiliki skill yang berbeda supaya saling melengkapi satu sama lain.

Manato, seorang pemimpin karismatik dan pendeta; Haruhiro,  dengan skill mencuri ; Yume, seorang pemburu ; Shihoru,  seorang penyihir; Mogzo, seorang prajurit perang; dan Ranta, kesatria kegelapan membentuk sebuah party  yang walaupun anggota mereka tidak sekuat yang lain tapi mereka mengandalkan kerjasama tim  selama melakukan misi. 

Grimgar bukanlah dunia permainan karena setiap karakter yang mati tidak akan bisa hidup lagi. Itulah mengapa anime ini menjadi salah satu anime terbaik tahun ini karena ceritanya yang menyuguhkan tentang sifat primitif dari manusia yaitu ketakutan dan naluri untuk bertahan hidup.  

2. Divine Gate


Ketika Gerbang Ilahi terbuka, dunia dimana manusia hidup, langit, dan dunia bawah menjadi terhubung, menciptakan sebuah kekacauan dan konflik  yang tiada henti.  Untuk mengembalikan keadaan dunia maka sekelompok orang membentuk sebuah dewan demi menjaga dunia supaya terhindar dari kekacauan.  Akhirnya Divine Gate menjadi sebuah legenda yang tidak banyak orang mempercayai keberadaanya.

Laki-laki dan perempuan yang memiliki kekuatan Devine Gate akan dibawa oleh para Dewan demi mencegah mereka menggunakan kekuatannya untuk sesuatu yang bersifat pribadi.

Mereka akan dilatih menggunakan kekuatannya dan digunakan untuk sesuatu yang baik seperti melawan para pengguna kekuatan lain yang menggunakan kekuatannya untuk menghancurkan dunia

Apa sebenarnya yang ada di luar pintu gerbang?  Akankah mereka mengubah dunia ketika mencapai gerbang? Apakah akan masa lalu yang berubah, atau masa depan? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang akan muncul ketika menonton anime yang satu ini.
SPRING 2016
3. Re:Zero kara Hajimeru Isekai Seikatsu


Ketika Subaru Natsuki keluar dari sebuah toko, itulah saat-saat terakhir ketika  dia berada di dunianya karena tiba-tiba dia berada di dunia asing yang tidak pernah dia lihat dan jauh berbeda dengan dunia dimana dia tinggal. Di sana dia bertemu dengan gadis misterius bernama Stella yang menyeamatkannya ketika dikroyok oleh beberapa orang jahat.  

Karena telah membantunya akhirnya Subaru memutuskan untuk membalas kebaikan dari Stella dengan mencari sebuah lencana yang telah dicuri dari Stella. Pada suatu malam, Subaru dan Stella memasuki sebuah gubuk tua dimana sang pencuri tinggal dan ketika memasuki sebuah rumah mereka berdua dibunuh secara brutal oleh wanita misterius.

Apakah semuanya berakhir? Tentu tidak, seperti judulnya, “Memulai kehidupan dari nol di dunia yang asing.”  Dan supaya tidak penasaran bagimana ceritanya lebih baik langsung tonton saja animenya karena kalian akan disuguhkan dengan action yang penuh dengan tekanan psikologis dan cerita yang mengagumkan.

4. Boku no Hero Academia


Di dunia yang dipenuhi oleh pahlawan-pahlawan super, Izuku Midoriya terlahir tanpa memiliki kekuatan apapun. Meskipun demikian dia memiliki impian ingin menjadi seorang pahlawan hebat suatu hari nanti.

Nasib yang tidak adil Izuku ini meninggalkan dia mengagumi pahlawan dan membuat catatan pada Suatu hari, dia bertemu pahlawan terkuat, All Might, yang sangat dia kagumi. Ketika dalam pertarunga All Might melihat kegigihan yang dimiliki Midoriya sehingga memutuskan untuk memberikan kekuatan yang dimilikinya.

Dan ketika  Midoriya masuk ke sebuah sekolah khusus pahlawan, SMA UA, dia menjadi salah satu murid yang paling mengejutkan karena kekuatan supernya. Terlebih lagi, teman kelasnya ketika SMP mulai penasaran bagaimana dia mendapakan kekuatan tersebut karena Midoriya terkenal sebagai anak terlemah dan tidak memiliki bakat.

Baca Juga: 4 Pengarang Manga dan Novel Paling Jenius

5. Koutetsujou no Kabaneri


Ketika dunia berada di tengah-tengah revolusi industri, tiba-tiba makhluk mengerikan muncul disebabkan oleh virus misterius, yang menjangkit manusia melalui gigitan dan membuat kekacauan yang luar biasa hanya dalam hitungan hari.

Satu-satunya cara untuk membunuh makhluk ini, yang dikenal sebagai "Kabane," adalah dengan menghancurkan hati yang berlapis daging sekeras baja. Namun, jika digigit oleh salah satu monster ini, korban akan memiliki takdir yang lebih buruk daripada kematian.

Hinomoto merupakan salah satu wilayah yang terlindungi dari Kabane karena mereka membangun dinding yang tinggi sehingga tidak satupun Kabane bisa masuk. Satu-satunya jalan ke sana adalah dengan melalui jembatan rel yang menghubungkannya ke dunia luar Ikoma adalah salah seorang yang menjadi mekanik muda yang ikut dalam perbaikan dan pembangunan Hinamoto. 

Dia juga berusaha melakukan sebuah eksperimen dengan membuat senjata baru yang bisa membunuh Kabane dengan mudah. Tapi ketika penemuannya berhasil dia terjangkit virus yang membuatnya harus bertahan hidup dengan segala cara demi menyelamatkan umat manusia.

6. Bungou Stray Dogs


Selama berminggu-minggu, panti asuhan Atsushi Nakajima telah diganggu oleh harimau mistik yang hanya ia tampaknya menyadari. Dicurigai berada di balik insiden aneh tersebut,  seorang pemuda berusia18 tahun,  diusir dari panti asuhan dan menjadikannya  seorang  tunawisma  dan mengembara melalui kota untuk mencari makan.

Ketika Atsushi Nakajima berada di dekat sebuah sungai, dia melihat seorang pemuda bernama Osamu Dazai tenggelam. Anehnya, dia merupakan seorang detektif professional yang sedang mencoba bunuh diri. 

Karena Atsushi telah menyelamatkanya akhirny Dazai memutuskan untuk membantu Atsushi memecahkan masalahnya yaitu mencari identitas dari harimau yang selalu mengikuti Atsushi. Akan tetapi dari penyelidikan ini, 

Atsushi menemukan sebuah fakta yang sangat mengejutkan dan akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Dazai dan teman-temannya yang memiliki kekuatan supernatural.

7. Sousei no Onmyouji


Atau dalam bahasa inggris disebut dengan nama Twin Star Exorcist yaitu sebuah gelar yang diberikan kepada 2 orang pembasmi iblis terhebat. Rokuro Enmado dan Benio Adashino merupakan 2 pembasmi iblis tersebut walaupun pada awalnya Rokuro Enmado ingin berhenti menjadi pembasmi iblis tapi 

karena desakan untuk membantu teman-temannya akhirnya dia kembali menggunakan kekuatannya. Keduanya kemudian dijodohkan supaya suatu hari nanti mereka bisa memiliki anak yang bisa memusnahkan semua iblis yang ada. 

Akan tetapi, dari sinilah banyak kejadian lucu terjadi karena keduanya tidak menyukai satu sama lain.

8. Joker Game


Anime yang satu ini memiliki nuansa kental zaman perang dunia ke-2 dimana kekuatan terbesar suatu negate bukan lagi senjata tapi kecerdasan manusia dan potensinya menjadi mata-mata. Benar, anime yang satu ini menceritakan bagaimana para mata-mata dilatih dan menjalankan tugas profesionalnya untuk menaklukan suatu Negara. Di Jepang sendiri, dibentuk sebuah organisasi yang disebut dengan “D”.

Di bawah komando Letnan Kolonel Yuuki, delapan agen telah ditugaskan untuk menyusup dan mengamati beberapa negara yang paling kuat, melaporkan setiap perkembangan yang terkait dengan perang. 

Dalam rangka melaksanakan tugas-tugas berbahaya, orang-orang ini telah melatih tubuh mereka untuk bertahan hidup dalam kondisi ekstrim dan mempelajari berbagai bidang seperti komunikasi dan bahasa. 

Namun, kekuatan terbesar mereka terletak pada kemampuan mereka untuk memanipulasi orang untuk memperoleh informasi yang diperlukan untuk mendaptkan informasi dan memberikannya kepada negaranya. Agen-agen ini terkenal karena kesetianny, jadi banyak kejadian-kejadian mengharukan. Sebuah pengorbanan yang tidak akan pernah dikenang.

9. Magi: Sinbad no Bouken (TV)


Magi: Sinbad no Bouken adalah prequel cerita dari Magi yang khusus menceritakan kehidupan awal Sinbad yang dikenal sebagai penakluk dungeon. Jika teman-teman mengikuti cerita Magi, tentu tidak asing dengan karakter Sinbad yaitu seorang raja yang memiliki charisma dan kekuatan yang luar biasa dari 7 jin yang dimilikinya.

 Tentu bagi sebagian orang ingin tahu kisah bagaimana karakter Sinbad bisa sekuat itu. Dan untuk menjawabnya teman-teman dapat menonton kisah hidup Sinbad dari awal kelahirannya sampai dia menjadi seorang penakluk dungeon.

 Kisah perjuangannya untuk membangun suatu Negara akan membuat kita menyadari kalimat dari seorang pengawalnya, Ja’far, ketika Alibaba memuji kehebatan Sinbad pada episode 9, Ja’far mengatakan, “Kamu tidak tahu apa-apa tentang, Sin.”

 Bukan hanya Alibaba, Kita juga tidak akan tahu siapa sebenarnya Sinbad akan tetapi dengan menonton Magi: Sinbad no Bouken kita akan tahu perjuangan dari Sinbad mendapatkan kekuatan, kekayaan, kekuasaan dan kesetiaan dari pengawal-pengawalnya.
SUMMER 2016
10. Mob Psycho 100


Ada yang tau karakter utamanya ini mirip siapa? Yup, si plontos Saitama. kemiripan merek bukanlah sebuah kebetulan karena pembuatnya itu sama yaitu ONE. Terlebih lagi kemiripan karakternya tidak hanya terletak pada wajahnya saja tapi juga kekuatan mereka berdua yang sama-sama overpower hoho...

Kageyama Shigeo (alias "Mob") adalah siswa kelas 8 dengan kemampuan psikis. Dia bisa membengkokkan sendok dan mengangkat benda dengan pikirannya di usia muda, tapi ia perlahan-lahan mulai menahan diri dari menggunakan kemampuannya di depan umum karena perhatian negatif yang terus ia terima.

Sekarang, satu-satunya hal yang ia inginkan adalah bisa berteman dengan seorang gadis di kelasnya, Tsubomi. Bersama dengan teman psikisnya yang tidak memiliki kekuatan psikis, ia melanjutkan kehidupan sehari-hari, berusaha untuk mewujudkan tujuan hidupnya.

Baca Juga: 25 Anime yang Memiliki Judul Terpanjang

11. 91 Days



Cerita 91 days terjadi di Lawless, sebuah kota yang berkembang dan terkenal karena minuman kerasnya. Pada suatu hari, Avilio kembali ke kota Lawless setelah beberapa waktu tahun mengasingkan diri, setelah tragedy pembantaian keluarganya dalam sengketa mafia di sana.

Suatu hari, Avilio menerima surat dari pengirim misterius, mendorong dia untuk kembali ke Lawless untuk melakukan membalas dendam. Dia kemudian berusaha menyusup ke dalam keluarga Vanetti, yang bertanggung jawab atas pembunuhan keluarganya, dan  dan berteman baik dengan Nero yang merupakan penerus sekalagus salah satu orang yang bertanggung jawab atas kematian keluarga-keluarganya.

Sebuah cerita yang penuh rasa dendam dari Avilio mengingatkan kita dengan Sasuke yang hanya hidup untuk membunuh Itachi. Akhir cerita dari anime ini sangat dramatis tentang nasib yang dialami oleh Nero dan Avilio yang telah menjadi teman baik namun harus saling membunuh pada akhirnya.

12. Tales of Zestiria the X


Sorey adalah pemuda manusia yang tumbuh di antara seraphim, makhluk spiritual yang tidak terlihat  oleh manusia. Sorey percaya pada cerita rakyat yang mengatakan "Dahulu kala, setiap manusia bisa melihat seraphim" dan sebuah legenda yang mengungkapkan bahwa manusa dan Seraphim bisa hidup damai bersama.

Suatu hari,  Sorey mengunjungi ibu kota  untuk pertama kalinya. DI sana, ia menjadi terlibat dalam sebuah insiden di mana ia harus menarik keluar pedang suci yang tertanam dalam sebuah batu dan membuatnya menjadi seorang Shepherd, sebuah gelar untuk mereka yang bisa mencabut pedang suci dan dianggap sebagai orang yang memiliki takdir yang luar biasa. 

Saat itu pula Sorey menyadari bahwa dia ditakdirkan untuk sesuatu yang luar biasa dan memutuskan melakukan perjalanan yang penuh dengan aksi bersama teman-temannya.

13. Taboo Tattoo


Seigi,  seorang siswa SMA yang ahli dalam seni bela diri, sering menggunakan kemampuannya untuk melindungi orang-orang disektiarnya.  Suatu hari, ia menolong  seorang pria tunawisma dari beberapa punks, dan pria itu memberinya tato aneh di telapak tangan Seigi sebagai imbalan.


Ternyata  tato tersebut merupakan sebuah senjata rahasia yang dihasilkan oleh ras dari Amerika dan Serinistan Raya.

Pada suatu hari Seigi dikejar seorang misterius gadis yang kuat, menggunakan senjata rahasia yang sama, berusaha keras mengejarnya  untuk merebut kembali tato yang dimilikinya.

Keterampilan seni bela diri mungkin tidak cukup untuk membuat Seigi tetap hidup meningat musuh-musuhnya memiliki kekuatan yang luar biasa, tapi apa yang akan terjadi jika dia berhasil menggabungkan seni bela diri dengan kekuatan tato misterius yang dimilikinya?

14. Nejimaki Seirei Senki: Tenkyou no Alderamin


Dunia menjadi medan perang ketika kerajaan Katjvarna memutuskan untuk berperang melawan Republik Kioka. Ikta Solork adalah seorang pemuda cerdas, pemalas, dan membenci perperangan tapi akhirnya  dia tidak punya pilihan selain mengikuti pelatihan militer untuk mempertahankan negaranya yang sudah mulai terancam. Tidak ada orang yang akan bisa membayangkan bahwa pemuda yang selalu bermalas-malasan ini akhirnya suatu hari nanti akan menjadi seorang pahlawan yang akan menentukan takdir negaranya

“Kemalasan adalah alasan utama dari kemajuan .manusia.” –Ikta Solork
FALL 2016
15. Drifters


Drifters menceritakan kisah dari Shimazu Toyohisa, ketika sedang terlibat di dalam pertempuran Sekigahara, dia berhasil mengalahkan musuhnya akan tetapi membuatnya terluka parah. Ketika dia berjalan dalam keadaan sekarat, tiba-tiab dia dikirim ke dunia lain. Ketika dia terbangun di dunia baru tersebut, dia bertemu dengan seorang kesatria yang juga dikirim ke dunia tersebut. Akhirnya, orang-orang tersebut membentuk sebuah kelompok yang disebut sebagai “Drifters.”

16. Shuumatsu no Izetta


Pada tahun 1939 Masehi, bangsa imperialis Jerman  menginvasi Negara-negara tetangganya . Sekaligus, menyebarkan perang di seluruh Eropa. Kemudian, pada tahun 1940, serangan Jerman berubah menuju Kerajaan Elystadt, sebuah negara  yang dikelilingi pegunungan yang berlimpah dengan air yang indah dan tanah yang hijau. Ketika Jerman mulai menginvasi Elystadt,  dunia dikejutkan dengan kemunculan seorang penyihir yang melindungi kerajaan tersebut dengan kekuatan magis yang sulit diterima pada saat itu. Sebuah era dimana industri dan persenjataan mulai sudah berkembang, kemunculan seorang penyirhir menjadi sesuatu yang menggemparkan dunia. 

Itulah ke-16 anime action terbaik tahun 2016 dan tentu saja list ini disusun berdasarkan versi  dari otamegane. Jadi kalian bisa menambahkannya dengan menulis di kolom komentar. Mata ne!


EmoticonEmoticon