Mengenal 7 Macam Cinta dari Monogatari Series

“Tidak ada definisi yang lebih tepat dari cinta selain ketika bersamanya kita merasa bahagia dan ketika jauh kita merindukannya.”

Otamegane.com - Itulah definisi cinta dari seaorang sastrawan asal Syria, Ramadhan al-Buthi. Pernyataan di atas tidak salah dan juga tidak absolut karena definisi cinta akan berbeda-beda bagi setiap orang seperti yang dikatakan oleh Jalaluddin Rumi, “Apapun yang engkau katakan tentang cinta, itu hanyalah kulitnya saja”. Artinya, esensi dari cinta sesungguhnya tidak akan pernah dicapai oleh kita sebagaimana pun besarnya cinta kita untuk seseorang. Jika  memang tidak bisa mencapai esensi cinta yang sesungguhnya maka membahas kulitnya saja sepertinya sudah cukup dan inilah yang akan saya coba dalam artikel kali ini. Masih menyangkut tentang anime karena apa yang akan saya bahas ini berdasarkan anime yang sudah dikenal banyak orang yaitu Monogatari Series. Mungkin saya tidak pantas membahas tentang cinta karena saya sendiri adalah seorang jones yang tidak pernah merasakan manisnya cinta. Tapi hal tersebut tidak  membatasi saya untuk menulis tentang masalah ini walaupun sebatas konsep saja. Setiap orang pasti pernah jatuh cinta dan bagi saya sendiri pengalaman cinta mungkin bisa dirangkum oleh kutipan singkat dari Hanekawa, “Aku jatuh cinta sendiri dan aku kehilangan cintaku sendiri”.

 Baiklah inilah macam-macam cinta yang bisa kita ambil dari anime Monogatari dengan harapan bisa membantu teman-teman memahami perasaan masing-masing kepada orang lain karena cinta bisa datang dengan wujud yang berbeda. 

1. Brotherhood Love


Tipe cinta yang pertama adalah cinta kepada saudara yang memiliki hubungan darah dengan kita. Cinta kepada saudara adalah sesuatu yang pertama dirasakan oleh manusia entah itu kepada ibu, bapak, atau saudara kandung. Faktanya sebesar apapun kesalahan saudara kita, selalu ada saja jalan untuk memaafkannya atau setidaknya dengan tidak membencinya. Teman-teman yang punya saudara kandung pasti pernah mengalami kesan serupa ketika saudara kalian mengganggu setiap saat tapi pada akhirnya rasa benci kita kepada saudara kandung pasti akan kalah dengan kekuatan cinta persaudaraan. Cinta kepada saudara kandung adalah cinta yang alami dimiliki setiap manusia sejak awal kehidupan mereka sehingga menghilangkannya adalah sesuatu yang tidak mungkin. Dalam anime Monogatari, digambarkan pula kisah ikatan cinta persaudaraan antara Fire Sisters, Karen Araragi dan Tsukihi Araragi, dengan kakak mereka Koyomi Araragi. Kisah persaudaraan mereka diceritakan dalam seri Nisemonogatari ketika Araragi mengetahui fakta mengejutkan tentang adik bungsunya, Tsukihi,  yang pada akhirnya memaksanya bertarung habis-habisan melawan Ozuru Kagenui. Bahkan sebelum kepergiannya, dia berkata bahwa dia akan mengorbankan nyawanya demi  melindungi adiknya.

“Aku akan mati untuk mereka. Aku akan mati seperti vampir. Mati setiap hari sampai aku benar-benar mati.” –Araragi


Kisah persaudaraan mereka memang tidak bisa dipungkiri meskipun bertengkar setiap hari, tapi ketika saatnya tiba rasa cinta mereka kepada saudara melebihi nyawa mereka.

2. Idea Love


Idea love adalah wujud lain dari cinta dimana kita lebih mencintai ide seseorang daripada orang itu sendiri. Ide yang dimaksud di sini adalah wujud abstrak dari orang yang nyata dan dipikirkan setiap saat. Mungkin teman-teman baru mendengar cinta seperti ini yang dimana kita merasa nyaman hanya dengan memikirkan seseorang daripada berada di dekatnya. Bahkan jika berada di dekat orang tersebut malah membuat kita tidak nyaman. Mencintai ide seseorang adalah sesuatu yang langka tetapi tidak sedikit orang yang mengalami tanpa memahaminya. Oleh karena itu, ketika kalian jatuh cinta kepada ide seseorang maka kalian tidak mungkin bisa bersamanya atau menjalin hubungan dengannya, “When you fall in love with the idea of a  person, it’s over”. Kebingungan mengartikan cinta tipe ini dialami Araragi Koyomi dalam Nekomogatari: Kuro sampai-sampai dia bertanya tentang perasaannya kepada kedua adiknya. Sebenarnya ada sedikit kontroversi dan teori tentang perasaan Araragi kepada Hanekawa, dan sebagian besar pendapat mengatakan bahwa perasaan Arargi kepada Hanekawa didasari oleh dorongan S*ksual saja. Tapi bagi saya sendiri, kisah cinta Araragi kepada Hanekawa adalah contoh dari idea love karena Araragi tidak mencintai Hanekawa tapi mencintai ide dari Hanekawa. Seperti yang pernah dikatakan Araragi bahwa dia, setiap saat, selalu memikirkan tentang Hanekawa dan selalu ingin melihatnya tapi pada akhirnya dia menyadari bahwa dia tidak mencintai Hanekawa, Araragi hanya mencintai kesopoanan, kelembutan, keramahan, dan kepintaran dari Hanekawa itu sendiri.


“Suatu hari nanti aku akan jatu cinta kepada seseorang dan orang tersebut pasti bukan dirimu (Hanekawa).” –Araragi Koyomi

Baca Juga: 9 Anime Terbaik Adaptasi Novel 

3. Platonic Love


Mungkin teman-teman pernah mendengar istilah Platonic Love. Istilah ini sudah ada sejak dulu yang dicetuskan oleh salah satu filsuf besar asal Yunani yaitu Plato. Platonic Love adalah tipe cinta ideal dimana seseorang jatuh cinta dengan penuh ketulusan, kesetian, dan keikhlasan. Artinya, orang yang mengalami cinta platonik akan lebih mengutamakan kebahagian orang yang dicintainya daripada kebahagiaan dirinya atau dalam kata lain ‘cinta tidak harus memiliki’.

Cinta sejati  adalah ketika dia tidak mengenalmu, tapi kamu tetap mencintainya
Adalah ketika dia tidak mencintaimu, tapi kamu tetap mencintainya
Adalah ketika dia mencintai orang lain, tapi kamu tetap mencintainya
Adalah ketika kamu tidak akan pernah bertemu dengannya, tapi kamu tetap mencintainya
Adalah ketika kamu tahu bahwa kamu tidak akan pernah bisa bersama dia selamanya, tapi kamu tetap mencintainya

Mungkin puisi singkat  di atas bisa sedikit menggambarkan arti dari  cinta platonik. Tidak banyak orang yang pernah mengalami cinta platonik karena bisa dikatakan bahwa cinta ini adalah cinta yang paling ideal atau puncak dari perasaan cinta. Di dunia nyata sendiri, salah seorang penulis terkenal yang pernah mengalami cinta platonik adalah Dante Alighieri kepada Beatrice sehingga terciptalah salah satu karyanya yang paling agung, Divine Comedy. Siapa sangka, dalam anime Monogatari juga diceritakan kisah cinta platonik yang dialami salah seorang karakter yang mungkin tidak akan teman-teman sangka. Dialah Nadeko Sengoku, seorang siswi SMP yang jatuh cinta kepada Araragi Koyomi seorang siswa SMA, yang merupakan gambaran dari cinta tipe ini. Walaupun hanya siswi SMP, akan tetapi Nadeko mencintai Araragi sebagai seorang laki-laki bukan sebagai seorang kakak. Dalam seri Otorimonogatari, Tsukihi melakukan introgasi kepada Nadeko dan bertanya tentang perasaanya kepada kakaknya.


Nadeko mengatakan bahwa dia ingin bersama dengan Araragi sebagai kekasih walaupun dia menyadari bahwa Araragi sudah memiliki pacar, Senjougahara. Bahkan dalam beberapa dialog, Nadeko mengatakan bahwa dia tetap mencintai Araragi walaupun dia sudah memiliki pacar dan akan tetap mencintainya walaupun cintanya tidak pernah terbalas.



4. Obsession Love


Jika tadi kita membahas tentang cinta yang tidak harus memiliki, sebaliknya tipe cinta yang satu ini adalah tipe cinta yang harus memiliki. Mayoritas orang pasti setuju bahwa cinta memang harus memiliki tanpa ada batasan ruang dan waktu. Cinta tipe ini dapat menjadi hal positif dan negatif. Positifnya adalah kita memang benar-benar mencintai seseorang dan mengorbankan banyak hal demi mendapatkannya dan negatifnya dapat menyebabkan penyakit mental seperti depresi dan kegilaan jika tidak bisa mewujudkannya. Contoh cinta tipe ini adalah cinta antara Senjougahara dan Araragi. Jangan Tanya kenapa Araragi terus karena memang dia lah pemeran utamanya dalam anime ini. Kemesraan dan kekuatan cinta keduanya memang tidak perlu diragukan lagi terutama pada kisah cinta mereka yang dihadirkan dalam seri pertama Monogatari yaitu Bakemonogatari. Sifat Senjougahara yang keras akhirnya bisa diluluhkan oleh kebaikan Araragi Koyomi setelah menyelamatkannya dari keganjilan yang dimilikinya. Baik Senjougahara dan Araragi adalah cinta pertama satu sama lain karena Senjougahara tidak pernah membuka hatinya untuk orang lain sedangkan Araragi terjebak dalam kebingungan perasaannya dengan Hanekawa. Pada akhirnya keduanya tidak bisa dipisahkan satu sama lain dan rela berkorban demi hubungan mereka. Pada episode terakhir Otorimonogatari pun terlihat jelas kuatnya hubungan mereka ketika Nadeko Medusa ingin membunuh Araragi, tetapi Senjougahara malah menawarkan dirinya untuk dibunuh terlebih dahulu sebelum Araragi.


“Jangan lupakan urutannya. Jika kamu membunuh Araragi, kamu akan membangkitkan kekuatan vampire dari Kiss-Shot Acerola-Orion Heart-Under-Blade. Oleh karena itu, aku menyarankanmu untuk membunuhku terlebih dahulu, setelah itu Shinobu, dan terakhir Araragi.”
- Senjougahara kepada Nadeko Medusa

Baca Juga: Menonton Anime Lebih Puas Dengan Media Player Classic

5. Friend Love


Dari namanya sudah jelas cinta seperti apa yang akan saya bahas ini.  Cinta kepada teman maupun sahabat sepertinya sudah lumrah terjadi, tapi jangan salah paham dulu karena cinta yang saya maksud ini lebih ke cinta brotherhood love bukan obsessive love. Teman-teman sendiri pasti memiliki kenalan atau sahabat yang kalian rindukan kehadirannya setiap saat. Jika kalian mengalami demikian, berarti kalian mencintai orang tersebut sebagai seorang teman. Karakter selanjutnya yang memiliki tipe cinta ini adalah Hachikuji Mayoi kepada Araragi. Bagi Hachikuji, Araragi adalah teman yang sangat berharga karena telah menyelamatkannya dari kesepian dalam kematiannya. Seperti yang kita ketahui kalau karakter Hachikuji adalah keganjilan yang awalnya adalah manusia. Dia meninggal 13 tahun yang lalu setelah mengalami kecalakaan lalu lintas ketika sedang mencari rumah ibunya yang baru bercerai dengan ayahnya. Kisah dari Hachikuji diceritakan secara khusus dalam Kabukimonogatari, sebuah kisah dimana Araragi dan Shinobu kembali ke masa lalu dan menyelamatkan Hachikuji dari kematian. Akan tetapi, kebaikan mereka tersebut malah membawa petaka di masa depan karena ternyata hidup dari Hachikuji merupakan kunci perubahan aliran waktu di masa depan. Pada akhirnya mereka mencoba memperbaiki kesalahan yang mereka perbuat. Di akhir cerita Kabukimonogatari sendiri, Araragi bertanya kepada Hachikuji apakah dia ingin bisa hidup kembali. Kemudian Hachikuji menjawab’


“Tidak. Secara keseluruhan aku sudah bahagia walaupun tidak bisa bertemu dengan ibuku ketika aku masih hidup. Tapi berkat penyesalan saat mati tersebut, aku bisa bertemu denganmu.”
-Hachikuji kepada Araragi 

6. Fake Love


Atau cinta palsu adalah tipe cinta selanjutnya. Mungkin teman-teman tidak akan setuju jika saya memasukan cinta palsu ke dalam list, tetapi setelah mempertimbangkan eksistensi dari tipe cinta ini maka saya harus memasukkannya dan menjelaskannya. Pemikiran saya tentang nilai sebuah kepalsuan dipengaruhi oleh 2 tokoh Monogatari yaitu Shinobu Oshino dan Keiki Deishuu dalam Nisemonogatari. 

“Tidak ada alasan untuk sesuatu yang palsu tidak bisa melakukan hal yang asli bisa lakukan. Bahkan bisa saja sesuatu yang palsu tersebut bisa menjadi lebih asli daripada yang asli itu sendiri.” –Shinobu

“Sesuatu yang palsu lebih baik daripada yang asli karena dalam kesengajaanya menjadi asli, dia menjadi lebih asli dari yang asli itu sendiri.” –Kaiki

Misalnya ketika teman-teman ingin membuat produk yang mirip seperti Microsoft dan dengan kegigihan dan usaha yang kalian lakukan, kalian bisa membuat produk yang sama persis dan lebih baik daripada Microsoft yang asli akan tetapi walaupun sudah membuat produk yang mirip dan lebih baik tetap saja produkmu disebut Microsoft palsu.  Itulah yang dimaksud dalam kutipan-kutipan di atas, sebuah nilai cinta yang tidak hanya dilihat dari wujud belaka tapi dari esensi yang dimilikinya. Cinta palsu dalam Monogatari adalah yang ditunjukan oleh Tsukihi, adik bungsu dari Araragi. Dalam Nisemonogatari, Tsukihi tidak menyadari wujud asli dan keganjilan yang dimilikinya akan tetapi perasaan cintanya kepada kakaknya diwujudkan sebagaimana Karen mencintai Araragi. Mengetahui hal tersebut, Araragi malah lebih menghargai adik bungsunya dan melindunginya dengan nyawanya. Inilah kisah kepalsuan cinta yang nilainya lebih berharga dari cinta sebenarnya.

7. General Love



Adalah tipe cinta yang umum terjadi kepada banyak orang atau mungkin saya bisa menyebutnya sebagai cinta sementara dimana yang mengalaminya hanya mencintai seseorang hanya karena angan-angan belaka. Tipe cinta ini bisa hadir kepada siapa saja karena tipe ini hadir hanya untuk mengisi kekosongan hati dan kesendirian. Karena terlalu umum, bisa dikatakan kalau tipe cinta inilah yang paling rendah karena akan datang dan hilang dengan cepat. Mencoba melupakan seseorang yang pernah kalian cintai adalah ciri-ciri utama dari cinta ini karena menganggap sudah tidak ada harapan/kemungkinan untuk bisa mendapatkan pujaan hati. Oleh karena itu, melarikan diri adalah pilihan terbaiknya, dengan alasan “cintailah orang yang mencintaimu dan lupakan mereka yang mengabaikanmu”. Tidak ada alasan untuk saya menjelek-jelekan cinta seperti ini, karena pada dasarnya setiap manusia ingin bahagia dan tersakiti bukanlah pilihan. Dalam Monogatari sendiri, mungkin yang paling mendekati tipe ini adalah Suruga Kanbaru, salah satu karakter psikopat dalam anime ini.

Parahnya, orang yang dicintainya adalah Senjougahara dan bahkan beberapa kali menyatakan perasaannya kepada Araragi. Entah apa yang dipikirkannya, tetapi yang pasti perasaannya kepada Senjougahara benar-benar tulus. Pada akhirnya, saya merasa lega karena Kanbaru berhenti dan menyerah dengan perasaanya kepada Senjougahara. Mungkin akan semakin sulit dibayangkan jika Araragi harus bersaing memperebutkan hati seorang wanita dengan seorang wanita. LOL

Itulah ketujuh macam cinta yang bisa kita ambil dari anime Monogatari Series. Semoga artikel  yang sederhana ini tidak menyesatkan dan membingungkan kalian karena tujuan saya adalah untuk membantu teman-teman memahami perasaan kalian walaupun saya sendiri tidak mengerti perasaan saya sendiri hehe…

Bagimana dengan teman-teman? Tipe cinta mana saja yang pernah kalian alami dari ketujuh tipe di atas? Atau mungkin punya tipe cinta yang berbeda dari list di atas? Silahkan ditulis di kolom komentar ya. Ciao!

"Walaupun dia tidak mengatakan cinta bukan berarti dia tidak mencintaimu." -Meme Oshino


EmoticonEmoticon