10 Lagu Terbaik Anime dengan Lirik Bahasa Jerman

Otamegane.comWillkommen in Otamegane und jetzt wille ich ihr meine neue Blog Artikel etwa “Anime dengan lirik bahasa Jerman” geben… Karena kali ini Otamegane akan menyuguhkan artikel yang berkaitan dengan Jerman jadi pembukaannya sedikit pakai bahasa Jerman. Isinya tetap bahasa Indonesia kok jadi tenang saja karena saya sendiri tidak terlalu bisa bahasa Jerman hehe…


Kali ini kita akan membahas tentang lagu anime terbaik, tapi karena jumlahnya yang terlalu banyak jadi saya persempit jadi lagu anime dengan lirik bahasa Jerman. Tidak bisa dipungkiri kalau Jerman memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan anime karena ada beberapa anime yang secara jelas memaparkan unsur-unsur Jermannya, sebut saja Shingeki no Kyojin, Puella Madoka, Fullmetal Alchemist dll. Sebelum kita melihat dan mendengar lagunya pertama-tama kita bahas dulu alasannya karena sayang sekali kalau artikel ini cuma berisi hiburan saja, iya kan?

Sebenarnya, saya sendiri juga sempat penasaran kenapa banyak sekali budaya Jerman yang terlihat dalam anime-anime buatan Jepang karena setahu saya antara Jepang dan Jerman itu agak jauh berbeda. Akan tetapi setelah membaca sumber dan berkunjung ke beberapa forum akhirnya saya menyimpulkan kalau ada 3 alasan yang mungkin terjadi.

1. Hubungan kenegaraan: Pada perang dunia ke-2, Jerman dan Jepang, memiliki hubungan yang erat khususnya pada era Restorasi Meiji dan juga mereka dulu adalah sekutu yang saling memperkuat satu sama lain selama perang dunia II.  Dengan kata lain, dari dulu sampai sekarang Jepang masih mengaggumi dan menganggap Jerman sebagai sahabat dekatnya.

2. Jumlah penutur bahasa: Alasan kedua adalah karena bahasa Jerman merupakan salah satu bahasa yang paling banyak digunakan di Eropa. Jadi tidak heran jika di Indonesia sendiri bahasa Jerman juga dipelajari di sekolah-sekolah.

3. Buat gaya: Yang terakhir mungkin cuma buat tempil beda saja. Tapi memang anime dengan latar tempat dan menggunakan nama-nama dari Jerman memang lebih menarik seperti Monster dan Shingeki no Kyojin.

Begitu pula dengan lagunya. Lagu anime dengan lirik bahasa Jerman memang lebih menarik untuk didengar dan tentunya lebih popular seperti lagu-lagu dalam Shingeki no Kyojin yang sarat dengan budaya Jerman.

Untuk lebih jelasnya, Otamegane telah mengumpulkan lagu-lagu anime dengan lirik bahasa Jerman dan tentunya yang terbaik. Ini dia daftarnya:

10 Lagu Anime Terbaik Bahasa Jerman

10. Flieg durch die Zeit - Anime Allstars (Inuyasha)



Mungkin ada yang tidak menyangka kalau anime Inuyasha ternyata memiliki lagu opening dengan lirik bahasa Jerman. Lagu ini dinyanyikan oleh band bernama AnimeAllstars. Judulnya, Flieg durch die Zeit, berarti “Terbang Melewati Waktu” yang tidak jauh dengan cerita dalam animenya. Sebenarnya anime Inuyasha dikategorikan sebagai anime yang memiliki tema ‘Time-Leap’ yaitu ketika Kagome jatuh ke dalam sebuah sumur dan kembali ke masa lalu di mana Inuyasha berada.

9. AL°C-@ - Cyua (Aldnoah.Zero)



Dari judulnya pasti kalian sudah tau siapa yang buat aransemen musiknya. Siapa lagi kalau bukan Hiroyuki Sawano yang terkenal karena lirik lagunya dan judulnya yang unik.  Bahkan hampir semua lagu dalam Aldnoah.Zero dia plesetkan seperti BRE@TH//LESS, MKAlieZ, 十61yard dll. 

Tapi disamping keisengannya memplesetkan lagu, dia dianggap sebagai composer sekaligus pencipta lagu terbaik di Jepang yang sering berkolaborasi dengan Mika Kobayashi. AL°C-@ sendiri adalah plesetan dari kata Allusia yaitu nama belakang dari karakter utama cewek dalam anime Aldnoah.Zero, Asseylum Vers Allusia. Bisa dibilang kalau lagu ini adalah theme song untuk puteri dari kerajaan Mars tersebut.

8. Noi! - Yuki Kaijura (Puella Magi)



Mahou Shoujo Madoka Magica adalah anime shoujo rasa Steins;gate. Anime ini dianggap sebagai anime yang penuh dengan misteri dan simbolisme dalam ceritanya. Salah satu insert song-nya yang menarik perhatian adalah Noi!, bahkan orang Jerman sendiri mengaku sulit memahami lagu ini.
Noi! Adalah insert song yang dinyanyikan oleh Yuki Kaijura. 

Kata Noi! Sendiri tidak ditemukan dalam bahasa Jerman tapi menurut berberapa orang Noi berarti No atau tidak! Dalam bahas Indonesia.

Lagu ini diputar sebagai insert song pada Mahou Shoujo Madoka Magica Movie 3: Rebellion. Jadi kalau pengen dengerin musiknya dalam animenya, bisa menonton movienya yang ke-3 tersebut. Rating dan cerita anime ini juga bagus jadi sayang jika kalian sampai tidak menontonnya.

7. Mein schatz - Meg Rock (Owarimonogatari)



Mein Schatz merupakan opening episode 7-12 dari Owarimonogatari tapi kalian juga bisa menemukan lagu ini dalam serinya Kyomimonogatari. Lagu ini bisa dibilang sebagai theme dari Kiss-shot Acerola-orion Heart-under-blade atau yang biasa kita kenal sebagai Shinobu Oushino. Jadi ketika lagu ini dimainkan biasanya Arc-nya akan menceritakan tentang karakter Shinobu.

Mein Schatz kalau dalam bahasa Indonesia berarti ‘Hartaku’. Kalau saya bilang, lirik lagunya menceritakan ending Owarimonogatari antara Shinobu dan pelayan pertamanya. Pelayannya tersebut berjuang mengumpulkan abunya selama 400 tahun sampai akhirnya dia bisa bertemu dengan majikannya, Shinobu.

Baca Juga: 18 Anime ini Ternyata Diadaptasi dari Video Games!

6. RёL – Cyua (Guilty Crown)



L itu kata plesetan dari ‘Real’ yang artinya ‘Nyata’ dan meruapakn insert song dari Guity Crown. Dari judulnya sudah kelihatan kan siapa yang jadi composernya. Itu lho, orang yang sering plesetin judul lagu.  Liriknya sendiri ditulis oleh Rei dan dinyayikan oleh Cyua. Bisa dibilang Cyua termasuk penyanyi dengan suara yang merdu dan tinggi, tapi dilagu ini dia seperti menggunakan bahasa mandarin. Mungkin karena tidak terlalu fasih dalam bahasa Jerman terlebih lagi intonasi lagunya memang lumayan cepat.

5. So ist es immer – Benjamin Anderson (Shingeki no Kyojin)



Selanjutnya adalah lagu ending dari Shingeki no Kyojin. Tidak heran jika kalian belum pernah mendengar lagu ini karena merupakan ost dari OVA 4-5 Shingeki no Kyojin yang menceritakan tentang masa lalu dari Levi Ackerman. Seperti judul lagunya So ist es immer yang artinya, ‘seperti biasanya’ tentang kehidupan Levi yang penuh kebahagian bersama teman-temannya Furlan Church dan Isabel Magnolia juga pertemuan pertamanya dengan Erwin Smith.

Lirik lagunya mencampurkan 2 bahasa yaitu bahasa Jerman dan Inggris, dan lirik bahasa Inggrisnya adalah terjemahan dari lirik bahasa Jermannya. Jadi, bagi kalian yang mengerti bahasa inggris akan dengan mudah mengerti lirik bahasa Jermannya.

4. Vogel Im Käfig – Cyua (Shingeki no Kyojin)



Atau dalam bahasa Indonesia berarti ‘Burung dalam Sangkar’, sebuah representasi dari kehidupan manusia yang hidup seperti burung yang dikeliling oleh dinding yang tinggi. Makna  lagu  Vogel Im Käfig sangat mendalam dengan lirik yang puitis,

Alles Lebendige stirbt eines Tages
Ob wir zum Sterben bereit sind oder nicht,
der Tag kommt sicher 
Semua yang hidup pasti akan mati suatu hari nanti
Entah kita siap atau tidak,
Hari itu pasti akan datang

Dan dengan suara Cyua yang tinggi dan lirik yang bervariasi membuat lagu ini terdengar damai di awal, mengharukan di tengah, dan menakutkan di akhir lagunya.

Baca Juga: 24 Anime Movie Terbaik yang Bukan Karya Studio Ghibli

3. Bauklötze – Mika Kobayashi (Shingeki no Kyojin)



Mika Kobayashi terkenal dengan lagu-lagunya yang sebagian besar memang dijadikan sebagai soundtrack dalam anime-anime besar.  Dan salah satu lagunya yang terkenal adalah Bauklötze, merupakan insert song dalam anime Shingeki no Kyojin. Kalian bisa mendengar lagu ini di episode terakhir season 1 ketika pertarungan Eren dengan Annie. Lirik lagunya tidak kalah bagusnya dengan Vogel Im Käfig dengan instrument music yang membuat adrenalin pendengarnya semakin naik teutama ketika pemutarannya dalam anime.

Bauklötze adalah nama mainan anak-anak yang bisa digabung menjadi sebuah bentuk tertentu, biasanya bangunan. Bauklötze, dalam animenya, adalah metafora dari dinding yang melindungi manusia dari para penghancur (der Zerstörer /titan).

2. Blumenkranz – Cyua (Kill la Kill)



Sekali lagi, Cyua menempatkan namanya di dalam daftar ini. Bukan bermasud pilih kasih tapi memang Cyua menjadi salah satu penyanyi lagu bahasa Jerman terfavorit yang biasa dijadikan ost anime. Dan lagunya Blumenkranz menempati posisi kedua dalam list ini. 

Blumenkranz adalah gabungan dari 2 kata bahasa Jerman yaitu ‘Blumen=Bunga’ dan ‘Kranz=rangkaian’ jadi Blumenkranz adalah rangkaian bunga yang biasa dipakai di kepala sebagai mahkota. Lagu ini sebenarnya adalah theme dari karakter antagonis utamanya yaitu Ragyo Kiryuin, menggambarkan bagaimana dia melihat dunia ini dan motivasinya menjadi yang terkuat.

Ich möchte stärker werdenWeil unsere Welt sehr grausam ist 
Aku ingin menjadi lebih kuatKarena dunia ini adalah tempat yang dipenuhi kekejaman

1. βίος – Mika Kobayashi (Guilty Crown)



Dan inilah lagu terbaik bahasa Jerman yang pantas menempati posisi pertama, Bios, sebuah karya masterpiece dari Sawano Hiroyuki dan Mika Kobayashi. Βίος/Bios sebenarnya bukanlah bahasa Jerman tapi diambil dari bahasa Yunani Kuno yang berarti ‘Kehidupan’

Kata Bios sendiri tidak ada dalam lirik lagunya (untuk yang versi original sedangkan yang di atas adalah versi lainnya), bahkan kata yang lebih sering muncul adalah Vergissmeinnicht. Jika kalian mengartikan kata ini dalam google translate akan menjadi Forget-me-not/Don’t forget me. Artinya kurang lebih seperti itu, tetapi Vergissmeinnicht bukanlah kata yang harus kita artikan karena sebenarnya Vergissmeinnicht adalah nama bunga berwarna biru yang tumbuh di Jerman.

(Vergissmeinnicht: Blume der Treue)

Bunga ini sendiri dipercaya sebagai simbol kesetian (Blume der Treue) seseorang kepada pasangannya bahkan ada 2 versi cerita cinta tentang asal usul bunga ini yang bisa kalian baca di google.

Secara keseluruhan, lirik lagu ini menceritkan anime Guity Crown atau bisa dibilang rangkumannya dan vergissmeinnicht adalah symbol kesetian cinta antara Shuu dan Inori. Dan bersamaan dengan lirik dan instrument yang apik membuat lagu ini pantas menjadi lagu anime terbaik dengan lirik bahasa Jerman.

Penutup

Dari sekian banyak lagu anime yang berbahasa Jerman sebagian besar komposernya adalah Sawano Hiroyuki yang dinanyikan oleh Cyua dan Mika Kobayashi. Jadi pantaslah jika kita menyebut Hiroyuki sebagai composer lagu yang jenius. Untuk penyanyinya sendiri, saya lebih memfavoritkan Mika Kobayashi karena selain memiliki suara yang bagus dia juga menguasai bahasa Jerman, bahasa Inggris dan bahasa ibunya, bahasa Jepang.

Itulah ke-10 lagu anime terbaik dengan lirik bahasa Jerman, semoga artikelnya bermanfaat dan menghibur teman-teman semua. Tschüss!




EmoticonEmoticon