Kamis, 12 Januari 2017

18 Anime ini Ternyata Diadaptasi dari Video Games!

Apakah kalian seorang pecinta anime game? Hampir semua orang pasti menyukai game atau setidaknya pernah sekali bermain game. Otaku sendiri, selain hobi menonton anime mereka juga cenderung memiliki hobi bermain game. Dan biasanya game-game popular yang dibuat versi animenya menjadi sebuah kebehagian tersendiri bagi para gamer , melihat game kesukaannya menjadi sebuah tontonan yang menghibur.

Kalian pasti sudah sering mendengar anime yang diadaptasi dari manga atau novel. Tapi kalian mungkin masih asing dengan anime yang diadaptasi dari video game.  Faktanya, ada banyak sekali anime yang diadaptasi dari game sebagaimana ditulis dalam Wikipedia tentang video game yang sudah dibuat animenya entah dalam bentu series atau movie.

Karena anime-anime tersebut terlalu banyak dan beberapa juga tidak memiliki cerita yang terlalu bagus. Akhirnya, Otamegane membuat sebuat list anime terbaik yang diadaptasi menjadi anime.

Dan inilah daftar anime-anime tersebut:

18 Anime Adaptasi Video Games

18. Choujigen Game Neptune The Animation

Selanjutnya adalah Hyperdimension Neptunia sebuah game konsol yang bertemakan perang diadaptasi menjadi anime dengan judul dan karakter yang sama. Dengan penambahan humor dalam animenya, game ini menjadi salah satu game yang memiliki adapatasi anime terbaik. Meskipun kalian tidak pernah memainkan atau pun mendengarkan game aslinya, kalian pasti tetap menyukai adpatasinya karena cerita yang dihadirkan sangat menghibur tentang pertarungan dan pertualngan untuk mweujudkan kedamaian dunia.

17. Inazuma Eleven

Game dengan tema sport adalah tema yang cocok untuk dijadikan sebuah anime. Salah satunya adalah Inzauma Eleven, sebuah anime yang diadaptasi dengan tema permainan bola. Cerita dari Inzaume Eleven tidak jauh berbeda dengan Captain Tsubasa yang menceritakan tentang perjuangan kesebelasan meraih juara kompetisi.

Mamoru Endou, seorang kipper, harus berjuang dalam membentuk timnya supaya bisa mengikuti kompetisi. Awalnya Mamoru mengalami kesulitan, tapi akhirnya dia menemukan sebuah harapan baru setelah bertemu dengan Shuuya Gouenji, seorang pemuda berbakat tapi sudah berhenti bermain bola. Dari sana, Mamoru berusaha mengajak Shuuya dan mencari teman-temannya yang lain untuk membentuk sebuah tim bola yang kuat.

16. Layton Kyouju to Eien no Utahime 

Jika terihat sekilas, Layton Kyouju to Eien no Utahime entah itu game maupaun anime terlihat membosankan. Akan tetapi, anime ini merupakan adapatasi game yang paling jarang kita temui. Di dalam gamenya, menceritakan tentang pertualangan profeor Layton dan asistennya Luke yang dibimbing oleh seorang pembicara misterius dan menawarkan kehidupan abadi kepada mereka jika berhasil menjadi pemenang. 

Dari topik game tersebut, kita bisa melihat kalau anime ini memiliki genre misteri karena secara keseluruhan, animenya memiliki cerita yang sama seperti gamenya. Cerita animenya sendiri ditulis oleh orang yang sama yaitu Akiha Hino, dengan menggambarkan tokoh utamanya, professor Layton sebagai seorang tokoh yang penuh keingintahuan untuk memecahkan misteri dalam kehidupannya, salah satunya adalah memecahkan misteri yang terdapat kehidupan abadi di dalamnya.

15. Rockman.exe (MegaMan NT Warrior)

Lan Hikari adalah seorang murid yang tinggal di dunia yang dimana internet telah menghubungkan segala aspek dalam kehidupan. Supaya tidak ketinggalan zaman, orang-orang mulai mendapatkan avatar mereka masing-masing di dunia internet yang disebut, NetNavis. Lan sendiri memiliki avatar bernama MegaMan, yang di dalam dunia internet, dia mencoba memecahkan dan menghentikan kegiatan criminal di dunia maya.

Jika dilihat dari gamenya yang tidak terlalu mencolok, animenya menghadirkan aksi-aksi yang lebih menghibur dan menantang. Kalau tidak suka bermain game lawas, mungkin animenya bisa menjadi pilihan.

14. F-Zero: Falcon Densetsu (F-Zero GP Legend)

F-Zero merupakan salah satu game balap popular di Nintendo. Meskipun game ini sudah termasuk game lawas tapi kepopulerannya mulai bangkit lagi setelah dibuat adaptasi animenya.

Detektif Rick Wheeler (Ryu Suzaku) bertugas untuk menguak identitas pemimpin sindikat yang dikenal dengan nama Black Shadow dan Deathborn. Kedua sindikat itu, melakukan operasinya dana yang disalurkan melalui hadiah bagi pemenang balapan. Akhirnya, Wheeler dan teman-temannya berjuang untuk memnangkan balapan tersebut dan menghentikan pendanaan illegal yang dilakukan dengan cara tidak biasa tersebut.

Saya menilai kalau plot cerita dari anime ini benar-benar tidak biasa karena mencampurkan antara criminal dan balapan.

Baca Juga: 21 Anime Jepang yang Paling Populer di Amerika

13. Monster Rancher

Game yang mirip tapi tidak sama dengan Pokemon karena game ini bukanlah game adventure mengelilingi dunia untuk mencari monster. Kita bisa langsung memilih monster yang kita suka dan memainkan music yang sudah kita miliki. Jadi, tidak terlalu sulit untuk bisa memainkan game ini.

Animenya bercerita tentang pertualangan seorang anak bernama Genki yang pada suatu ketika harus menggunakan kemampuannya untuk menyelamatkan dunia dari ancaman iblis Moo. Tapi, karena Moo adalah makhluk yang kuat, Genki tidak bisa langsung mengalahkannya dan , harus mencari monster Pheonex, yang hanya dengan kekuatan monster tersebutlah Genki memiliki kesempatan untuk mengalahkan Moo. 

Meski pada awalnya anime ini berjalan lambat, tetapi ketika di tengah dan akhir cerita ada banyak pengembangan yang membuat ceritanya penuh dengan emosi dan momen-momen yang bikin sedih.

12. Hoshi no Kirby (Kirby: Right Back at Ya!)

Selanjutnya adalah Hoshi no Kirby, sebuah anime yang diadaptasi dari game Nintendo. Ada banyak pertanyaan dalam game ini yang belum dipercahkan oleh mereka dan memainkannya akan tetapi setalah animenya dibuat pertanyaan-pertanyaan tersebut mulai dijawab satu persatu. 

Kirby sebanarnya adalah alien yang tinggal di sebuah negeri impian dan menjadi polisi yang menjadi kota dari raja yang jahat bernama Raja Dedede. Tidak seperti gamenya, di dalam cerita animenya ditambahkan unsure drama yang membuat ceritanya lebih menarik.
Karena merupakan adaptasi dari game anak-anak maka animenya sangat bagus untuk ditonton oleh semua kalangan usia.

11. Show by Rock!!

Game selanjutnya yang mendapatkan adaptasi anime adaah Show by Rock!!. Game yang identik dengan karakter-karakternya yang imut ini merupakan game yang sangat disukai oleh para remaja dan dewasa. Game ini berdasarkan dengan permainan music yang mirip dengan Guitar Hero.  Mungkin kita akan sulit membayangkan bagaimana sebuah anime diadaptasi dari game yang seperti itu. Faktanya animenya sudah dibuat dan mau tidak mau banyak orang yang ingin menontonnya karena penasaran bagaimana plot cerita anime adaptasi yang terbilang unik ini.

Sedikit bocoran saja, anime ini menceritakan tentang perjuangan beberapa remaja cewek yang berusaha untuk membentuk sebuah band yang terkenal. Disamping karakter-karakternya yang terbilang imut, cerita tentang persahabatan dan perjuangan mereka untuk mewujudkan cita-cita patut untuk diacungi jempol. Jadi bagi kalian yang penasaran dengan cerita selengkapnya, lebih baik langsung nonton aja ya.

10. Bomberman Jetters

Memiliki latar tempat yang sama dengan gamenya, Bomberman Jetters  menyuguhkan cerita yang lebih menarik dan menantang dalam animenya.  Karakter utama dalam animenya adalah seekor makhluk yang imut dan berkepala besar tetapi memiliki kemampuan yang meakutkan yaitu menggunakan ledakan untuk menyerang musuh atau mempertahankan dirinya. 

Jika kalian penggemar dari anime genre adventure dan pernah memainkan gam ini, maka series animenya juga pantas untuk kalian nikmati.

9. Senjou no Valkyria (Valkyria Chronicles)

Valkyria Chronicles adalah game yang mendapat rating terburuk dalam PS3. Gamenya menyajikan permainan taktik perang dan terkadang memiliki alur yang mengharukan. Walaupun mendapat sorotan yang buruk dalam dunia game, dengan hadirnya adaptasi anime membuat reputasinya tidak terlalu buruk. 

Karena berbeda dengan gamenya, cerita dalam animenya lebih hidup deng berfokus pada karakter-karakternya dari pada perangnya. Terlepas dari kalian menyukai atau tidak menyukai gamenya karena reputasinya buruk setidaknya animenya pantas untuk kalian tonton.

8. Street Fighter II V

Anak yang lahir tahun 90’an pasti pernah memainkan game yang sangat popular di waktu itu, Street Fighter. Tidak hanya di Jepang dan Indonesia, game ini sangat popular di beberapa Negara besar salah satunay adalah Amerika. Karena kepopulerannya tersebut, akhirnya game ini menarik perhatian sebuah studio animasi untuk membuat adaptasi animenya dengan judul yang sama.

Cerita dalam animenya berfokus pada salah satu karakternya yang bernama Ryu, salah satu karakter terfavorit dalam gamenya. Jika kalian pernah dan menyukai gamenya, kalian juga pasti menyukai animenya karena Street Fighter adalah salah satu anime dengan genre martial art terbaik sejauh ini.

7. Zone of the Enders: Dolores, I

Zone of the Enders  adalah game dengan genre mecha yang memiliki tema menyangkut mistologi Mesir yang penuh misteri. Setelah diadaptasi menjadi anime, Zone of the Enders mungkin akan menjadi anime genre mecha terbaik yang pernah kalian tonton. Alasannya karena anime ini menggabungnya bermacam tema dalam satu genrenya, yaitu militer, kekerasan, dan zaman pertengahan yang mengeksplorasi kehidupan manusia dan hubungannya dengan sesame. Anime ini adalah salah satu yang terbaik dari genre mecha. 

6. Persona 4 The Animation

Di sebuah kota kecil, Inaba, telah terjadi rangkaian pembunuhan yang tidak biasa. Rumor pun menyebar tentang sebuah acara TV tengah malam dan bagaimana gambar muncul di TV yang mati di tengah malam, Yuu Nurakami mencoba membuktikan rumor tersebut dan akhirnya kekuatan supernatural menariknya masuk ke dalam TV menuju dunia lain. Di dunia lain itu, dia bertemu dengan orang-orang baru dan bekerjasama dengan mereka mencari tahu misteri pembunuhan berantai yang akhir-akhir ini terjadi. 

Perbedaan mencolok antara game dan animenya terlihat pada karakter utamanya, Yuu, yang dimana di dalam game Yuu digambarkan dengan sosok protagonist yang pendiam dan tidak memiliki kepribadian. Sedangkan di animenya, Yuu direpresentasikan dengan sosok yang lebih hidup seperti kepribadian unik dari karakter tersebut.

Baca Juga: 41 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa

5. Pokemon

Pokemon, judul sebuah video game yang kembali booming di tahun 2016 ini karena game android Pokemon GO pasti sudah dikenal baik oleh semua orang. Sejak game ini memulai debutnya pertama kali di Jepang pada tahun 1996, Pokemon menjadi langsung mendapatkan perhatian lebih di dunia hiburan. Karena kepopulerannya tersebut, satu tahun setelahnya Pokemon langsung diadaptasi menjadi anime yang ditayangkan dipertelevisian Jepang. 

Berbeda dengan video game lainnya, Pokemon berfokus pada 2 karakter utamanya yaitu Ash Ketchum  dan pokemonnya Pikachu dan pertualangan mereka mengelilingi dunia untuk mengumpulkan pokemon langka. Di animenya sendiri, Ash Ketchum lebih dikenal dengan nama Satoshi yang menurut saya nama ini lebih enak didengar dan dibaca. 

Di atas itu semua, Pokemon telah menjadi sebuah hiburan yang popular di dunia entah itu permainan atau pun animenya. Bahkan di Indonesia sendiri, sampai sekrang TV Nasional masih memutar anime ini dan gamenya masih digemari anak kecil sampai dewasa.

4. Brotherhood: Final Fantasy XV

Bukan anime yang terbaik tapi berasal dari game RPG terbaik. Bahkan di tahun 2016 kemarin, reputasi dari game ini melonjak tajam karena cerita dan grafis gamenya yang sungguh memukau. Bahkan trailer gamenya saja ditonton oleh ratusan ribu sampai 1 juta lebih pengguna youtube. 

Game ini diproduksi oleh Square Enix salah satu studio penghasil game terbaik di Jepang. 
Tidak hanya Final Fantasy XV: Brotherhood yang pernah diadaptasi menjadi anime, sebelumnya juga pernah diadaptasi film animasi Final Fantasy VII: Advanced Children dan yang terbari  Final Fantasy XV Kingsglaive. Perbedaanya Final Fantasy XV: Brotherhood merupakan anime yang dibuat menjadi series sedengkan 2 lainnya adalah film movie dengan konsep 3D.

Jika kalian penggemar game RPG maka kalian harus mencoba untuk memainkan semua serinya dari FFI-FFXV. Kalau tidak suka memainkan gamenya, kalian bisa mencoba menonton animenya yang ceritanya tidak kalah dengan gamenya walaupun tidak semua seri gamenya diadaptasi menjadi anime, kalian bisa memulainya dengan menonton judul-judul yang sudah saya sebutkan di atas.

3. Gungrave

Jika berbicara tentang rating, maka Gungrave adalah yang tertinggi di dalam list ini. Karena list ini tidak berdasarkan rating tapi ceritanya maka Gunrave, menurut saya, sudah pantas berada di posisi ke-3. Anime ini menceritakan tentang dunia krimanal dimana Brandon Heat, yang sudah dibunuh oleh rekannya sendiri, dihidupkan kembali untuk membalaskan dendamnnya.

Anime yang dirilis tahun 2004 ini memiliki plot yang menegangkan karena emosi dendam, penghianatan, kriminal. dan pembunuhan bercampur aduk di dalamnya. 

2. God Eater

God Eater, di dalam gamenya, menyuguhkan permainan tentang para playaer yang bertarung melawan monster buas dan setiap kali bisa membunuh monster tersebut, player akan mendapatkan item tertentu yang bisa digunakan untuk melakukan upgrade senjata.

Dengan judul yang sama, game ini diadaptasi menjadi anime dengan setting wakti post-apocaliptic atau setelah terjadi musibah yang hampir memusnahkan manusia. Monster, di dalam anime God Eater, disebut Aragami. Makhluk buas misterius yang memiliki kemampuan untuk memangsa manusia. 

Karakter utamanya adalah Lenka Utsugi, bersama dengan teman-temannya melakukan perburuan untuk memburu makhluk yang juga memburu mereka. Dengan kata lain, tot oder toten (membunuh atau dibunuh). 

Dibandingkan dengan anime-anime adaptasi lainnya, kualitas God Eater dari segi cerita dan gambar masih bisa bersaing dan salah satu anime yang paling saya rekomendasikan di dalam list ini.

1. Tales of Zestiria the X

Walapun tanpa adaptasinya, Tales of Zestiria, sudah seperti anime di dalam gamenya. Karena ceritanya yang kompleks dan karkter yang bervariasi. Begitupun dengan alur gamenya yang sangat menarik untuk terus diikuti. 

Dengan game yang seperti itu sudah tidak perlu diragukan lagi bagaiman adaptasi animenya. Kesan pertama saya ketika menonton animenya adalah mengaggumkan. Pertama hal yang paling saya puji dari animenya adalah gambarnya yang luar biasa bagus. Grafis yang mengingatkan saya dengan Fate/Stay Night: Unlimited Blade Works. Actioannya pun tidak kalah menarik, dengan grafis yang tajam dan action yang menegangkan membuat anime ini menjadi salah satu anime action yang paling saya rekomendasikan tahun 2016.

Fantasy adalah genre utama dalam animenya yang menceritakan tentang kehidupan seorang anak manusia bernama Sorey yang hidup di antara seraphim. Jiwa pertualangan yang dimiliki Sorey suatu hari mempertemukan dengan Alisha, seorag putri kerajaan, yang menuntunnya menuju takdir setelah Sorey mencabut sebuah pedang suci yang membuatnya memiliki kekuatan sebagaimana Seraphim. Pertualangan Sorey bersama teman-temannya untuk menyelamatkan pun dimulai.

Penutup

Itulah ke-18 anime yang ternyata diadaptasi dari video games dan seperti yang saya sebutkan di awal kalau masih banyak anime-anime lain yang tidak kalah bagusnya dengan anime di atas juga diadaptasi dari video games. Kalian bisa mencari di situs-situs tertentu seperti Wikipedia.

Sekian artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat dan tentunya menghibur bagi kalian para otaku dan gamers. Sayonara!


EmoticonEmoticon