21 Anime Jepang yang Paling Populer di Amerika

Otamegane.com - Pengaruh anime di dunia hiburan sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Kepopulerannya tidak hanya di negeri sendiri, Jepang, tapi juga bisa sampai mancanegara. Di Asia sendiri, Indonesia sudah tidak asing lagi dengan hiburan Jepang yang satu ini bahkan budayanya pun sudah tersebar luas di nusantara seperti cosplay misalnya. Begaimana dengan Negara-nagara di barat?

Di barat pun anime sudah menjadi hal yang lumrah. Walaupun notabene orang-orang di sana memiliki hiburan yang berbeda tapi tidak sedikit dari orang barat yang menyukai anime. Amerika adalah salah satunya.

Negara yang terkenal dengan Negara super power ini ternyata memiliki banyak  sekali penggemar anime. Bahkan situs-situs maupun video review di youtube juga banyak yang dibuat oleh orang-orang Amerika. Jadi, tidak perlu minder atau dianggap kekanakan karena menonton anime karena orang-orang dewasa di Amerika saja banyak yang menjadi otaku sejati. 

Berbicara tentang negeri Paman Sam, kali ini Otamegane membuat sebuah list tentang anime-anime yang paling popular di sana. List ini disusun berdasarkan informasi tepercaya jadi bukan asal nebak aja. 

Langsung saja ya, kita lihat daftar anime terbaik dan paling disukai berdasarkan fans anime di Amerika.
21. Yu Yu Hakusho

Adalah sebuah manga Jepang yang diadaptasi menjadi anime series pada tahun 1990. Yu Yu Hakusho adalah anime yang menceritakan tentang kisah remaja nakal bernama Yusuke Urameshi yang pada suatu hari meninggal karena ditabrak oleh sebuah truk ketika mencoba menyelamatkan nyawa seorang anak.

Ketika diberikan kesempatan untuk bisa menjani kehidupan lagi, dia ditunjuk untuk menjadi seorang detective di dunia bawah dan melakukan investigasi terhadap kasus-kasus yang bersangkutan dengan iblis dan roh yang mengancam kesetabilan bumi.
20. Robotech


Robotech adalah anime tv series yang dirilis tahun 1982. Meskipun memiliki genre mecha yang identik dengan robot, tapi anime ini juga kental dengan cerita romance antara ketiga pemeran utamanya. Di sisi lain, anime ini juga menceritakan tentang pertempuran antara manusia dengan alien.

Sebenarnya judul asli anime ini adalah Dimension Fortress Macross akan tetapi, di Amerika, lebih popular dengan judul Robotech  yang dipopulerkan oleh seorang artis Amerika bernama Linn Minmay sehingga sampai sekarang pun nama Robotech tetap popular.
19. Code Geass


All Hail Lelouch! All Hail Britania! Itulah slogan yang dipopulerkan oleh anime Code Geass. Anime Code Geass diadaptasi dari manga dengan judul yang sama. Banyak orang yang meremehkan anime ini karena memiliki genre mecha, tetapi faktanya ceritanya lebih berfokus kepada tokoh utamanya yang bernama Lelouch, seorang pengeran keturunan Britannia Raya, yang berusaha membebaskan Jepang dari penjajahan bangsanya sendiri.

Menariknya, Lelouch yang tidak memiliki kekuatan apapun untuk merubah keadaan mendapatakn kekuatan Geass dari seorang penyihir misterius bernama C.C. Akhirnya, bersama dengan C.C, Lelouch berjuang mewujudkan impiannya yaitu menciptakan dunia baru yang tidak ada peperangan.

Tidak hanya fans Amerika, saya pribadi sangat menyukai anime ini karena plot ceritanya yang sangat bagus bahkan saya menganggap kalau anime Code Geass adalah anime terbaik yang pernah saya tonton selama ini. Bagi kalian yang belum menontonnya, saya sangat merekomndasikan anime yang satu ini.
18. Dragon Quest


Dragon Quest aslinya adalah sebuah permainan Nintendo yang diadaptasi menjadi anime pada tahun 1989. Anime ini memiliki 43 episode dan karakter-karakternya disesuaikan berdasarkan karakte-karakter yang ada di permainannya.

Dari judulnya saja, kalian pasti sudah punya bayangan seperti apa plot dari anime ini. Untuk alasan kenapa orang Amerika menyukainya, lebih baik kalian tonton langsung saja semua episodenya. Lumayan kan buat ngisi waktu luang hehe….
17. Mushishi


Manga Mushishi dibuat dan diilustrasikan oleh Yuki Urushibara yang kemudian diadaptasi menjasi anime series pada tahun 2005. Seperti namanya Mushishin, anime ini membahas tentang makhluk supernatural bernama Mushi yang digambarkan sebagai makhluk yang lebih murni dari makhluk hidup lainnya. Pemeran utama dari ceritanya bernama Ginko, seorang pemuda yang memiliki kekuatan yang membuatnya  bisa meilhat dan berinteraksi dengan Mushi. 

Anime ini disajikan dengan cara episodic yang dimana antara satu episode dengan episode yang lain memiliki plot cerita yang berbeda karena aslinya Ginko adalah seorang pengelana yang mencari keberadaan mushi-mushi yang mempengaruhi kesetabilan hidup manusia. Jadi, bagi kalian yang suka dengan tema adventure mungkin cocok untuk menonton anime ini. 

Menurut yang saya baca, orang Amerika menyukai anime ini karena di dalamnya terkandung nilai filosofi yang tinggi terlebih lagi karena alur ceritanya yang berjalan pelan dan menenangkan hati.
16. Future Boy Conan


Future Boy Conan pertama kali dirilis di Jepang dan China tahun 1987 dengan judul Conan, Anak Masa Depan. Walaupun dirilis pada tahun 70’an, latar waktu dalam cerita anime ini berada pada tahun 2008 dimana umat manusia hampir diambang kepunahan. Hmm… Bayangan orang dulu tentang masa depang seram juga ya, padahal di tahun 2008 bumi masih aman-aman saja hehe.

Kepunahan umat manusia bisa terjadi bukan karena bencana alam tapi karena peperangan antara 2 negara super power yang memilki senjata mutakhir (mungkin yang dimaksud Uni Soviet dan Amerika). Pada akhirnya senjata-senjata tersebutlah yang membawa manusia diambang kepunahan sampai hanya ada 3 orang yang selamat dari bencana tersebut termasuk juga pemeran utamanya, Conan.
15. D Gray-Man


Untuk anime yang satu ini kayaknya sudah tidak asing karena di tahun 2016 lalu D. Grey Man mendapatkan sequel terbarunya dengan judul D. Grey Man HALLOW. Katsura Hoshino adalah otak dibalik karya ini.

Dalam manganya, yang sudah diadaptasi menjadi anime, menceritakan tentang serorang pemuda bernama Allen Walker salah satu anggota Exorcist. Exorcist sendiri adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk bertarung melawan Millenium Earl dan Akuma, sebutan bagi pasukan-pasukan iblis.
14. Serial Experiments Lain


Selanjutnya adalah Serial Experiments Lain, anime series dengan plot cerita yang lumayan berat untuk dikonsumsi bagi otaku awam. Disutradarai oleh Ryutaro Nakamura, Serial Experiments Lain pertama kali dirilis di Tokyo, Jepang pada tahun 1998 yang mengadaptasi cerita dari sebuah permainan dengan judul yang sama. Anime ini membahas tentang eksistensi dari keberadaan manusia dan konsep filosofis tentang identitas diri. 

Sebenarnya saya tidak terlalu menyarankan untuk menonton anime ini karena alurnya yang berat dan tidak sesuai dengan selera orang kebanyakan. Tapi bagi kalian yang sudah berpengalaman dalam dunia anime dan ingin mencoba sesuatu yang baru maka kalian bisa mencoba anime yang satu ini.
13. Planetes


Masih dengan plot cerita yang berat, kali ini  datang dari anime yang diadaptasi dari manga karya Makoto Yukimura berjudul Planetes. Sesuai judulnya, latar tempat dari anime ini adalah luar angkasa yang mengisahkan tentang pertualangan tim antariksa yang menumpangi pesawat luar angkasa bernama Toy Box.

Sedangkan untuk latar waktunya lumayan jauh dari masa sekarang tepatnya tahun 2075. Di tahun tersebut peswat luar angkasa yang ditumpangi beberapa awak diluncurkan untuk mencegah kehancuran dari satelit bumi. 

Kalau dilihat dari sinopsisnya, cerita anime ini mirip dengan fim barat yang berjudul Gravity. Atau mungkin Gravity memang terinspirasi dari anime ini?

Baca Juga: 24 Anime Movie Terbaik yang Bukan Karya Studio Ghibli
12. Mobile Suit Gundam Wing


Gundam, salah satu anime genre mecha yang paling popular sepanjang mas mengingat anime inilah yang menginspirasi banyak perusahaan mengembangkan mainan berdasarkan anime ini. Tidak hanya mainan, permainan mulai dari game sederhana sampai PS2 juga banyak yang dibuat berdasarkan cerita dalam animenya. Anime Gundam memiliki banyak sekali seri, tetapi yang paling favorit di Amerika adalah seri Mobile Suit Gundam Wing.

Di dalam gundam seri ini, lebih identik dengan aliansi dari para pilot-pilot gundam yang jarang ditemukan dalam seri lainnya. Anime ini memiliki total episode sebanyak 49. Jadi kalian yang berniat untuk menonton anime ini sepertinya membutuhkan pengeluaran yang cukup besar untuk download anime ini. Supaya lebih efisein, saya sarankan untuk minjem wifi temen aja untuk download biar greget hehe…
11. Naruto


Sepertnya semua orang sudah tahu anime Naruto bahkan sampai emak-emak di pedesaan  saja tau kalau ini Naruto.  Anime ini adalah adaptasi manga karya Masashi Kishimoto yang berakhir tahun 2015 lalu setelah menemani para otaku selama kurang lebih 15 tahun. Di tahun 2015, manga naruto menjadi manga dengan ending terbaik ke-2 setelah Tokyo Ghoul.

Hal ini tentu diluar dugaan para fans tapi Tokyo Ghoul juga lumayan bagus ceritanya jadi tidak perlu dipermasalahkan. Anime ini dibagi menjadi 2 seri yaitu Naruto (Heroes) yang menceritakan masa kecil Naruto dan Naruto Shippuden yang menceritakan pertualangan Naruto ketika dewasa sampai meraih cita-citanya yaitu menjadi seorang Hokage di desanya, Konoha.
10. Fullmetal Alchemist


Fullmetal Alchemist adalah salah satu anime yang pernah bertengger diposisi pertama sebagai anime dengan rating tertinggi selama beberapa tahun sampai di tahun 2016 mulai digeser oleh Gintama dan Kimi no Nawa. Dan mungkin banyak yang tidak akan menyangka kalau orang dibalik cerita Fullmetal Alcehmist yang pernah menjadi anime terbaik ini adalah seorang wanita bernama Hiromu Arakawa. Jadi jangan sampai mengira kalau hanya laki-laki saja yang bisa menjadi mangaka.

Fullmetal Alchemist digambarkan dengan keadaan setelah revolusi industry di Eropa. Ceritanya berfokus kepada 2 orang alkemis bersaudara bernama Edward dan Alphonse Elric yang bertujuan untuk mencari batu legendaris bernama batu philosopher. Batu yang memiliki kekuatan yang kuat bahkan bisa membuat penggunanya abadi.

Tapi keduanya tidak mencari keabadian dalam batu tersebut tapi ingin menggunakannya untuk mengembalikan tubuh dari Alphonse yang hilang dijadikan tumbal setelah keduanya melakukan ritual untuk menghidupkan ibu mereka yang meninggal.
9. Saint Seiya


Saint Seiya adalah anime popular lainnya selain Naruto. Tapi kejayaan anime ini mulai redup karena banyaknya anime-anime baru yang dirilis. Setidaknya Saint Seiya punya masa kejayaannya bahkan pernah ditayangkan di salah satu stasiun tv Indonesia, Spacetoon. Anak-anak yan lahir tahun 90’an pasti tau anime ini. 

Seint Seiya adalah judul dari sebuah manga Jepang yang diadaptasi menjadi anime pada tahun 1986 sampai 1989. Ceritanya tentang para kesatria yang memiliki kekutan dari jubah suci. Para kesatria tersebut dipilih untuk melindungi renkarnasi dari Athena dan membantunya bertarung melawan para dewa yang berkeingingan untuk menguasai bumi.

Mungkin alasan orang Amerika suka dengan anime ini karena temanya yang penuh dengan mitologi Yunani dan sejarah-sejarahnya. Ada banyak simbolisme dan unsur humanisme dari Yunani dalam anime ini. Jadi kita tidak hanya mendapatkan hiburan saja tapi juga ilmu pengetahuan khususnya tentang peradaban kuno, mitologi, dan dewa-dewi Yunani.
8. Last Exile


Bagi kalian yang suka dengan genre fiksi,  maka Last Excile patut untuk kalian coba. Di Indonesia anime ini tidak terlalu popular tapi di Amerika, Last Excile termasuk ke dalam salah satu anime popular di sana. Anime ini menggamarkan tentang dunia fiksi bernama Prester, dimana peswat terbang menjadi kendaraan yang sangat populer.
7. Samurai Champloo


Berbeda dengan anime-anime sebelumnya yang cenderung bertema futuristic, Samurai  Champloo mengambil latar waktu dan tempat pada masa Edo di Jepang dengan karakter-karakter unik yang bergaya kekinian.

Samurai Champloo membahas tentang seorang ahli samurai bernama Mugen dan seorang gadis muda pemberani bernama Fuu yang meminta Mugen untuk menemaninya ke Jepang untuk mencari seorang “Samurai yang memiliki harum bunga marahari.” Maksudnya? Lebih baik nonton saja langsung karena bisa dibilang anime ini juga termasuk worth-watching anime (anime yang pantas untuk ditonton).
6. Death Note


Nah ini dia anime dengan genre psikologi dan misteri paling popular yang tidak hanya di Amerika tapi juga di seluruh dunia, Death Note. Adalah sebuah anime series yang memfokuskan ceritanya pada 2 orang pemeran utamanya yaitu Light Yagami (antagonis) dan L (protagonist).  Anime ini menggambungkan antara konsep dunia nyata dan dunia spiritual dimana seorang mahasiswa yang awalnya memiliki kehidupan yang membosankan, Light, menemukan sebuah buku kematian yang dijatuhkan oleh dewa kematian bernama Ryuk.

Siapapun yang namanya ditulis dalam buku tersebut akan mati, dan Light menggunakannya untuk membunuh para penjahat yang tidak dihukum secara adil. Pembunuhan yang terus-menerus terjadi menarik perhatian seorang detektif terkenal bernama L. Akhirnya keduanya bertarung untuk membuktikan siapakah yang memiliki ideology keadailan sejati.

Pertama kali saya menonton anime ini adalah ketika SD dan saya langsung menyukainya. Sampai sekrang pun anime ini masih berkesan jadi pantaslah jika banyak yang menganggap kalau Death Note adalah salah satu anime terbaik sepanjang masa. Kalau saya sih, menganggapnya kedua terbaik karena yang pertama adalah Code Geass hehe…

5. Fist of the North Star


Diilustrasikan oleh Tatsuo Hara dan ditulis oleh Buronson, Fist of the North adalah anime series berlatarkan dunia yang sudah mengalami kehancuran karena perang nuklir. Pemeran utama dalam anime ini adalah Kenshiro, seorang petarung sekaligus pewaris dari seni bela diri Hokuto Shinken. Protagonis tersebut mendedikasikan hidupnya hanya untuk bertarung demi membela mereka yang lemah dan tidak bersalah atau dalam kata lain ‘pembela kebenaran’.
4. One Piece


Dari semua yang ada di daftar ini, hanya One Piece yang animenya masih berjalan sampai sekarang (ongoing). Saking panjangnya cerita One Piece, banyak yang menganggap kalau anime ini tidak akan bisa diakhiri oleh pengarangnya, Eiichiro Oda. Hal tersebut memang masuk akal karena dunia bajak laut yang menjadi tema anime ini benar-benar kompleks dan sudah tidak terhitung berapa banyak karakter yang telah diciptakan oleh pengarangnya. Bagaimanapun juga, karena ceitanya yang kompleks tersebut One Piece menjadi anime yang memiliki penggemar terbanyak di seluruh dunia.

Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan pemeran utamanya yaitu Luffy D. Monkey atau juga terkenal dengan nama si Topi Jerami. Seorang bajak laut yang memiliki kekuatan karet setelah memakan buah setan. Luffy berpetualang bersama teman-temannya demi mewujudkan impian masing-masing dan Luffy sendiri ingin menjadi raja bajak laut.

Saya berharap Eiichiro Oda lebih fokus ke tujuan utama One Piece daripada memperbanyak arc yang tidak terlalu penting karena saya juga mulai pesimis anime ini tidak akan bisa selesai dan misteri dari harta karun One Piece akan menjadi misteri selamanya.
3. Cowboy Bebop

Anime ini pertama kali muncul pada tahun 1998 dan dianggap sebagai sebuah mahakarya dalam industri animasi (masterpiece).  Cowboy Bebop memiliki jumlah total 26 episode. Anime ini menjadi salah satu anime paling berpengaruh di Amerika karena ceritanya yang penuh dengan konsep filosofis, eksistensi, kesepian hidup, dan nihilism. 

Jika kalian mencari anime rekomendasi terbaik versi orang barat, biasanya kalian akan menemukan anime ini di dalam daftar.  
2. Neon Genesis Evangelion


Dengan alur yang berat dan sulit untuk dimengerti, Evangelion adalah anime selanjutnya yang akan kita bahas. Tidak perlu heran mengapa anime ini memiliki plot yang rumit dengan tekanan psikologis yang tinggi karena pengarang dari ceritanya membuat karya ini setelah keluar dari rumah sakit jiwa. Kok bisa? Ya bisa saja, selama seseorang memiliki keinginan. Hebatnya lagi, movie anime ini menjadi salah satu pemenang penghargaan tahunan sebagai anime terbaik dalam setahun.

Dibuat oleh studio Gainax, Shin Seiki Evangelion, atau lebih popular dengan judul Neon Genesis Evangelion menceritakan tentang sebuah organisasi pemerintahan yang bertujuan untuk menjaga keamanan dan mencegah kepunahan umat manusia dari serangan makhluk luar angkasa bernama Angels. Untuk melawan Angel, organisasi tersebut menciptakan sebuah robot yang mirip dengan manusia (evangelion). Dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa menjadi pilot evengelion.

Sulit untuk menggambarkan alur sebenarnya dari anime ini karena seperti yang sudah saya katakan di atas kalau ceritanya rumit dan terdapat banyak simbolisme yang menambah kesan gelap dalam anime ini.
1. Dragon Ball Z


Akhirnya kita sampai di posisi pertama. Anime yang menempati posisi ini adalah Dragon Ball Z yang ceritanya diambil dari manga karya Akira Toriyama. Berada di posisi pertama sepertinya bukanlah hal yang perlu diherankan karena anime ini menjadi salah satu anime yang paling banyak ditonton dalam pertelevisian di seluruh dunia.

Anime ini sebenarnya terinspirasi oleh sebuah novel klasik China berjudul Journey to the west (sudah diadaptasi juga dalam bentuk movie China),  yang menceritakan perjalanan Son Goku dalam mempelajari ilmu bela diri dari kecil hingga dewasa. Dia pergi berkeliling ke seluruh dunia untuk mencari ke-7 bola naga yang memiliki kemampuan untuk mengabulkan semua keingingan jika semua bolanya terkumpul.

Penutup

Dari anime-anime di atas kita bisa menyimpulkan kalau selera anime orang Amerika memang berbeda dengan Asia khususnya Indonesia yang lebih tertarik dengan anime moe, loli, dan harem. Sedangkan di Amerika, orang-orang di sana lebih memilih tontonan yang memiliki nilai lebih sepeti ilmu pengetahuan, filosofi dan psikologi.

Sebagai otaku sejati, kita sebaiknya meniru mereka dalam hal ini, atau lebih tepatnya menyeimbangkan konsumsi anime kita yang tidak hanya anime romance yang penuh dengan karakter loli tapi juga anime-anime berat lainnya seperti Psycho Pass dan anime dalam daftar di atas.

Jangan lupa meninggalkan jejak ya dengan berkomentar di bawah. See you around!


EmoticonEmoticon