Minggu, 01 Januari 2017

41 Anime Romance Terbaik yang Paling Bikin Baper

Rekomendasi anime romance terbaik merupakan salah satu informasi populer yang dicari oleh para otaku di Indonesia. Mengingat genre romance/romantis adalah salah satu genre terfavorit selain action, comedy, atau school life.

Jika dibandingkan dengan genre lainnya, romance memiliki kelebihan tersendiri seperti berkesan di hati para penonton sehingga bikin baper dan sulit untuk dilupakan entah itu karena ceritanya atau karena pemeran yang ada di dalamnya.

Tidak jarang juga kita termuakan anime romance yang bisa membuat penontonnya menangis karena ceritanya yang sedih atau berakhir dengan sad ending.

Dan inilah 41 anime romance terbaik sepanjang masa versi otamegane.

1. Shigatsu wa Kimi no Uso 



Shigatsu wa Kimi no Uso adalah anime romance terbaik tahun 2014. Bahwa pengarang One Piece, Oda-sensei, memuji manga dari anime ini yang disuguhkan dengan luar biasa.

Anime ini menceritakan kehidupan monoton dari seorang pianis yang sangat terkenal kecil yaitu Arima.

Akan tetapi, dia berhenti bermain piano setelah ibunya meninggal dunia dan mengalami kehilangan pendengaran (tidak bisa mendangar alunan piano yang dia mainkan).

Suatu hari kehidupannya yang hanya berwarna hitam putih mulai berubah menjadi penuh warna setelah bertemu seorang gadis bernama Kaori  yang cerewet dan ahli memainkan music klasik sepertinya.

Permainan biola dari Kaori dan Piano dari Arima membuat suasana romantic dalam anime ini begitu terasa.

Akan tetapi siapa yang tahu, bahwa pertemuan mereka di bulan April adalah awal dari sebuah kebohangan yang paling indah.

2. Akagami no Shirayuki-hime



Jika kalian sedang mencari anime romance dengan cerita yang romantis dan menghangatkan hati maka anime ini cocok untuk kalian tonton.

Sebuah cerita romantis antara Shirayuki seorang gadis yang ahli ramuan herbal dan Zen, pengeran kedua dari kerajaan Clarines.

Tidak seperti anime romance lain yang banyak adegan-adegan dan perbincangan yang tidak penting, Akagami no Shirayuki-hime menyuguhkan cerita romantic yang penuh kelembutan dengan kesederhanaan.

3. Clannad: After Story


Anime Clanned memiliki 2 season dan Clanned: After Story adalah season kedua dari animenya.

Kalian sebaiknya menonton season pertama lebih dulu baru yang kedua sepaya ceritanya lebih mudah dimengerti.

Alasan kenapa bukan season pertama yang ada di sini adalah karena cerita dari season kedua Clanned lebih menyentuh dari yang pertama.

Dan menurut para otaku telah menonton anime ini, banyak di antara mereka menyarankan supaya menyiapkan tisu sebelum menonton anime ini.

Karena anime ini akan membuat kalian benar-benar menangis karena ceritanya yang sangat sedih dan romantis.

Tapi bagi kalian yang belum siap, lebih baik jangan menonton anime ini karena ceritanya yang mengharukan  akan membekas di hati kalian.

4. Ore Monogatari !!



Ore Monogatari!! Memberikan sebuah cerita romantis yang sangat berbeda dengan anime-anime romance lainnya.

Karena pemeran utama laki-laki dari anime ini tidaklah sesempurna yang kalian dambakan atau lebih tepatnya bukan tipe dari kebanyakan cewek, tapi di sanalah letak perbedaanya.

Takeo Gouda adalah laki-laki yang berbadan besar, punya muka pas-pasan, juga menakutkan… Tapi dibalik penampilannya yang menakutkan,

Dia memiliki hati yang sangat baik. Sebuah kisah romantis yang wajib kalian tonton karenanya ceritanya yang tidak biasa dan penuh pesan yang berharga untuk kita semua.

5. Sukitte Ii na yo



Terkadang cinta bisa hadir dari hal-hal yang konyol. Mei adalah seorang gadis yang aneh dan anti sosial bahkan tidak memiliki seorang teman pun,

Sementara Yamato adalah pemuda yang sangat popular karena penampilannya yang keren dan sifatnya yang sangat ramah.

Kedua pribadi dan latar belakang yang berbeda dari keduanya ternyata tidak menjadikan halangan untuk keduanya bisa saling mengenal dengan akrab satu sama lain.

Sebuah cerita romantis yang mengajarkan kita bahwa terkadang cinta bisa datang dengan cara yang tidak akan pernah kita duga.

6. Kimi ni Todoke


Kimi no Todoke adalah salah satu anime romance terbaik dan terpopuler, jadi pastikan untuk menonton anime ini jika belum.

Anime ini juga sudah diadaptasi menjadi live action dengan judul yang sama. Kali ini, cerita Kimi no Todoke berfokus pada sosok gadis yang bernama Sawako.

Karena namanya yang aneh tersebut, teman-temannya sering memplesetkan namanya seperti nama hantu dalam film the ring, Sadako.

Itu lho, hantu wanita berambut panjang yang keluar dari TV. Tidak hanya namanya, Sawako juga sering memperlihatkan wajah yang menyeramkan seperti hantu itu.

Sedangkan karkter utama laki-lakinya bernama Shouta yang memiliki pembawaan yang ceria dan ramah.

Shouta mengajari Sawako untuk memperlihatkan jati dirinya yang sebenarnya, bukan sebagai sosok gadis yang ditakuti tapi sosok yang anggun dan menawan.

Dari banyak kejadian, Sawako menjadi tertarik dengan Shouta dan menganggapnya sebagai sosok yang inspiratif. Tapi bagaimana dengan Shouta sendiri? Langsung ditonton saja biar tidak penasaran hehe…

7. Toradora!


Sudah bosan dengan anime romance yang jatuh cinta pada pandangan pertama? Jika demikian maka kalian sebaiknya mencoba untuk menonton Toradora.

Walaupun penampilan pemeran utama ceweknya yang loli tapi Taiga memiliki karakter yang keras seperti namanya Taiga=Macan.

Sedangkan Ryuuji yang dianggap preman disekolahnya malah memiliki hati yang lembut dan hobi memasak.

Karena hal-hal tersebut, keduanya menjadi sulit untuk akrab dengan orang lain termasuk mendapatkan pasangan.

Akhirnya mereka membentuk sebuah aliansi dimana mereka saling membantu untuk mendapatkan orang yang mereka sukai.

Dari kerjasama mereka yang penuh hal-hal kocak akhirnya membuat hubungan mereka semakin dekat.

Jadi kalian yang tidak menyukai anime romance yang tidak terlalu lebay maka bisa mencoba anime yang satu ini.

8. Kaichou wa Maid-sama!



Misaki adalah seorang osis perempuan di sebuah sekolah yang mayoritas laki-laki. Tujuannya menjadi ketua osis adalah bisa melindungi siswa perempuan yang mengalami diskriminasi.

Misaki merupakan ketua yang bersifat diktator ditambah lagi karena kemampuan bela dirinya, semua laki-laki disekolah tersebut tidak ada yang berani melawannya.

Lucunya, walaupun terkenal keras di skolahnya ternyata Misaki menyimpan rahasia yaitu dia bekerja paruh waktu di sebuah kafe maid.

Dan di sana dia harus berpakaian ala maid termasuk gaya mereka yang super imut. Sampai pada akhirnya, salah satu siswa paling popular di sekolahnya mengetahui rahasianya.

Dialah Takumi, laki-laki yang terkenal karena tampan dan sempurna dalam segala hal. Takumi yang terkenal dengan sifat dinginnya tersebut,

Ternyata menaruh perhatian pada Misaki karena dia sangat berbeda dengan gadis pada umumnya. Dari sanalah kisah romantis antara Takumi dan Misaki bermula.

9. Romeo x Juliet



Meskipun anime ini berdasarkan dari drama yang ditulis William Shakespeare, tapi tidak salah untuk mencicipi visual animenya.

Jika kalian menyukai cerita Romeo dan Juliet maka kalian harus mencoba untuk menonton animenya karena di anime ini juga disuguhkan cerita cinta yang romantis.

Dan pastinya akan banyak kejutan-kejutan yang tidak akan kalian temukan di dalam cerita aslinya.

10. InuYasha

\
Inilah salah satu anime lawas yang walaupun lebih ke genre adventurenya tapi kisah cinta yang romantis tidak akan bisa dilupakan oleh para penggemar yang sudah menontonnya.

Inuyasha adalah seorang manusia setengah siluman dan Kagome, gadis yang melompati waktu ke masa lalu.

Sebuah pertualangan menyusuri waktu, mempertemukan mereka bersamaan dengan pertualangan yang menegangkan.

Setelah Kagome bertemu dengan Inuyasha yang hidup di masa lalu, dia akhirnya membantu Inuyasha menyingkirkan siluman-siluman jahat yang ingin menghancurkan dunia.

Selama pertualangan yang menegangkan tersebut, tanpa disadari sedikit demi sedikit ikatan hubungan mereka semakin erat.

Sehingga cerita dari anime Inuyasha ini tidak hanya diwarnai dengan action belaka tapi juga kisah cinta mereka yang penuh dengan romantika.

Baca Juga: 24 Anime Movie Terbaik yang Bukan Karya Studio Ghibli

11. Byousoku 5 Centimeter


5 cm per detik adalah kecepatan bunga sakura jatuh ke tanah, sebuah metafora dari kehidupan manusia yang berjalan lambat bagaimana mereka bersatu dan perlahan-lahan dipisahkan oleh jarak dan waktu.

Anime movie garapan Makoto Shinkai ini adalah salah satu anime yang paling saya rekomendasikan bagi kalian karena ceritanya yang sangat apik dan penuh dengan drama kehidupan cinta.

Ceritanya lebih realistis daripada anime yang lain karena menceritakan ketidakberdayaan manusia ketika dihadapkan dengan jarak dan waktu.

Sebuah kisah cinta yang tak berkesudahan yang akan mengajarkan kalian makna cinta yang sebenarnya dan memberitahukan kita bahwa cinta sejati memang benar-benar ada.

12. Hana Yori Dango (Boys Over Flowers)


Bagi kalian penggemar drama korea pasti sudah tidak asing lagi dengan Boys Over Flower atau Boys Before Flower (BBF).

Salah satu drama korea yang dianggap sebagai salah satu dari yang terbaik sampai sekarang. Kok malah bahas drama korea? Saya tidak bermaksud OOT kok hehe…

Karena drama korea BBF sebenarnya mengadaptasi cerita dari manga Han Yori Dango dengan judul yang sama keren kan?

Manganya juga diadaptasi menjadi anime yang menceritakan tentang seorang gadis miskin yang masuk ke dalam sebuah sekolah elit yang berisi para orang kaya.

Karena dia miskin, gadis tersebut sering kena bully akan tetapi karena memiliki sosok gadis yang tidak biasa dan selalu sederhana, banyak laki-laki mulai tertarik padanya.

Dari sanalah, cerita cinta dari seorang gadis miskin yang diperebutkan banyak laki-laki kaya.

13. Lovely ★ Complex


Lovely★Complex sedikit berbeda dengan anime romance lainnya karena cerita yang diangkat dalam anime ini adalah masalah-masalah yang paling sensitive dari para remaja yaitu ‘penampilan’.

Dimana karakter utama ceweknya lebih tinggi dari cowoknya, di dunia nyata sendiri ini merupakan problem dari cewek-cewek yang memiliki tubuh yang tinggi sehingga sulit dapat pasangan.

Nah, di sanalah latak menarik ceritanya, sebuah cerita cinta yang mengajarkan kita tentang bagaimana kita menerima kekurangan yang kita dan orang lain miliki.

Karena cinta bukanlah tentang kelebihan tapi kekurangan sehingga kita bisa melengkapi satu sama lain.

Kalian juga bisa menonton live actionnya yang tentu saja ceritanya tidak jauh berbeda dengan animenya.

14. Toki wo Kakeru Shoujo


Makoto Konno adalah gadis SMA yang memiliki karakter yang tomboy. Dia bahkan lebih suka menghabiskan waktu luangnya dengan bermain baseball bersama 2 orang teman laki-lakinya.

Suatu hari, kehidupan biasa dari Makoto berubah seketika ketika dia menemukan benda aneh yang memberikannya kekuatan untuk kembali ke masa lalu.

Awalnya, dia hanya menggunakan kekuatannya untuk sesuatu yang sepele seperti menyelamatkan kue pudding yang dimakan adiknya beberapa hari yang lalu, menyontek ketika ulangan, dan bermain karaoke sampai 10 jam non stop!

Tapi setelah menggunakan kekuatannya terlalu sering, dia menyadari sebuah fakta yang menakutkan dan harus membuatnya mengorbankan banyak hal. Terus dimana letak romantisnya?

Sebenarnya ceritanya lebih mirip cinta segitiga antara dia dengan kedua temannya, yang akan berakhir dengan dramatis.

Saya tidak bisa menceritakan terlalu rinci karena bisa-bisa jadi spoiler wkwk… Intinya anime ini juga menyuguhkan cerita romantis yang sebagian orang mungkin akan dibuat menangis karenanya.

15. Nodame Cantabile


Nodaime Cantabile bisa dibilang sebagai versi lama dari Shigatsu wa Kimi no Uso yang dirilis hampir 10 tahun yang lalu tepatnya musim dingin 2017.

Menceritakan tentang kekuatan musik yang benar-benar bisa menghubungkan, mengobati, dan mengikat hati antara dua insan.

Sebuah cerita roman klasik antara Megumi dan Chiaki yang digambarkan dengan penuh nuansa romantis.

Walaupun sudah lama dirilis, tapi anime romance yang satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata karena ratingnya saja 8.50 yang hampir menyentuh 9!

16. Hotarubi no Mori e



Kisah romantic selanjutnya adalah kisah tentang seorang roh bertopeng penunggu hutan bernama Gin dengan seorang gadis bernama Hortaru.

Awalnya Hotaru bertemu dengan Gin ketika dia masih kecil dan menganggap Gin adalah sosok teman yang selalu bisa menghiburnya.

Setiap liburan musim panas Hotaru selalu mengunjungi hutan untuk bertemu dengannya sampai dia beranjak dewasa.

Meskipun Hotaru beranjak dewasa tapi umur dari Gin tidak pernah berubah karena dia adalah roh penunggu hutan.

Yang membuat kisahnya mengharukan adalah Gin tidak pernah menyentuh Hotaru walaupun dia ingin melakukannya karena Gin akan menghilang jika tersentuh oleh manusia.

Akhirnya setiap kali mereka berjalan bersama, mereka selalu menggunakan kayu atau kain supaya selalu bisa saling menjaga jarak.

Seperti itulah bagaimana mereka menjalani kisah pertemanan mereka yang perlahan-lahan menjadi cinta.

17. Kimi no Nawa


Bukan hanya karena bergenre romance, tapi Kimi no Nawa adalah anime terbaik dari yang terbaik karena rating dan penghasilan anime ini yang tertinggi dari semua anime yang ada.

Dan kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan  isi cerita dari anime ini.

Suatu hari, Mitsuha terbangun disebuah ruangan yang bukan miliknya dan menyadari bahwa dia sedang berada di Tokyo dengan tubuh yang bukan miliknya, tapi seorang siswa yang tinggal di Tokyo bernama Taki.

Taki sendiri melihat dirinya sebagai seorang perempuan yang tidak lain Mitsuha sendiri yang tinggal di sebuah pedesaan.

Akhirnya, untuk memecahkan fenomena yang aneh ini, mereka mulai saling mencari jati diri satu sama lain.

18. Ao Haru Ride


Futaba Yoshioka adalah seorang gadis yang popular ketika SMP, dan banyak laki-laki tertarik kepadanya.

Konsekuensinya ada banyak pula teman ceweknya yang tidak menykainya karena pepopuleran yang dimilikinya.

Tapi dia tidak pernah peduli dengan semua laki-laki yang mendekatinya karena perhatiannya hanya tertuju pada Kou Tanaka,

Seorang laki-laki pemalu tapi memiliki karakter yang manis sehingga membuat Futaba jatuh hati padanya. Pada suatu hari, Kou tiba-tiba menghilang tanpa kabar sedikitpun.

Ketika Futaba memasuki SMA, dia merubah sifatnya yang manis menjadi tipe yang tidak disukai laki-laki.

Alasannya supaya dia bisa berteman dengan banyak teman cewek di SMA. Jadi dia berusaha untuk tidak tampil feminim di depan semua laki-laki sampai suatu ketika dia bertemu dengan Kou.

Anehnya Kou yang dulu baik padanya menjadi sangat dingin dan seakan-akan tidak menganal Futaba.

Ada banyak hal yang berubah selama perpisahan mereka yang membuat jarak mereka yang dulu sangat dekat menjadi sangat jauh.

19. Kotonoha No Niwa


Setelah pembuatan 5 cm per second, film popular selanjutnya yang dibuat oleh Makoto Shinkai adalah Kotonha no Niwa.

Film ini sangat saya rekomendasikan, karena selain gambarnya yang sangat bagus tapi ceritanya romantisnya benar-benar berbeda dengan lainnya.

Pada suatu pagi hujan turun di Tokyo, Takao Akizaki, seorang siswa SMA sekaligus seorang pengerajin sepatu memutuskan untuk bolos sekolah dan memilih untuk menggambar di sebuah taman yang indah.

Di sana dia bertemu dengan Yukari Yukino, seorang wanita yang cantik dan misterius. Karena sering bertemu di sana karena hujan, mereka menjadi semakin akrab satu sama lain.

Sampai mereka tidak sadar kalau perasaan mereka perlahan lahan semakin dekat. Tapi pada suatu hari,

Takao dikejutkan setelah mengetahui siapa sebenarnya Yukari tapi fakta tersebut tidak membuatnya berhenti untuk mencintainya.

Sebuah kisah romatis dimana 2 insan dipertemukan oleh hujan dan diiringi dengan kata-kata yang menghangatkan hati.
A faint clap of thunder
Clouded skies
Perhaps rain comes
If so, will you stay here with me?
A faint clap of thunder
Even if rain comes not
I will stay here
Together with you

20. Oregairu 



Bukan karena bergenre romance, Oregairu adalah salah satu anime terbaik yang pernah saya tonton. Bahkan tokoh utamanya, Hikigaya Hachiman, saya jadikan foto profil untuk Otamegane.

Benar, saya adalah fans dari anime ini karena ceritanya dan tokohnya benar-benar luar biasa.

Ceritanya berfokus kepada karakter utamanya bernama Hikigaya Hachiman, seorang remaja sekaligus siswa yang anti sosial dan memiliki kepribadian yang unik.

Tapi jangan salah, kalian mungkin akan menganggap bahwa dia akan seperti karakter romance lainnya.

Hikigaya bukanlah seorang yang penuh dengan hal-hal berbau cinta, dia lebih ke seperti seorang filsuf yang selalu bijak dalam menentukan segala hal termasuk masalah cinta.

Tapi hidupnya yang penuh kedamaian mulai terusik oleh guru kelasnya yang memaksanya masuk ke sebuah klub relawan.

Di sana dia bertemu denga seorang gadis popular yang bisa dibilang sempurna dalam segala hal, memiliki kepribadian yang tidak jauh dengan Hiki, dingin, apatis, juga anti sosial.

Keadaan mereka yang kaku dipecahkan setelah Yuigahama dengan pembawaan yang ceria ikut bergabung dengan klub tersebut.

Akhirnya cinta segitiga dan pertemanan mereka yang aneh pun dimulai.

Anime ini tidak akan mengecewakan kalian karena ada banyak hal-hal menarik yang bisa kalian dapat dari anime ini seperti kata-kata bijak, nilai dan moral kehidupan cinta para remaja.

Di tambah lagi dengan sosok Hikigaya, akan membuat kalian jatuh hati dengan Oregairu.

Baca Juga: 16 Anime Action Terbaik Tahun 2016 yang Tidak Boleh Kalian Lewatkan

21. Chihayafuru


Chihaya Ayase, seorang gadis dengan pembawaan yang keras dan tomboy, hidup dibalik bayangan kakaknya.

Semua usahanya terasa hampa karena dia berfikir tidak akan bisa seperti kakaknya sampai dia bertemu dengan Arata Wataya.

Arata memperkenalkan dunia yang baru kepada Chihaya, sebuah dunia yang dipenuhi dengan permainan kartu.

Perlahan Chihaya mulai terbawa ke dunia Arata yang dipenuhi oleh permainan kartu tersebut.

22. ReLIFE

Arata Kaizaki, 27 tahun, keluar dari pekerjaan yang sudah dia tekuni selama 3 bulan.

Hidupnya menjadi berantakan terlebih lagi karena terus memikirkan masalah yang menimpanya sehingga dia memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya.

Dia juga tidak punya teman atau pun pacar yang bisa diminta tolong sehingga dia berencana kembali ke kampung halamannya.

Tapi suatu malam kehidupannya berubah drastic ketika dia bertemua seorang pria misterius bernama Ryo Yoake.

Yoake mengajak Kaizaki untuk ikut berpartisipasi ke dalam sebuah eksperimen bernama ReLIFE. Program ini mensyaratkan Kaizaki untuk meminum obat sehingga dia kembali menjadi muda.

Setelah itu dia dimasukan ke dalam SMA lagi dimana kehidupannya yang membosankan berubah penuh warna ketika bertemu dengan para remaja berumur 17 tahun yang penuh semangat.

Di sana pula, dia menemukan seseorang yang membuatnya jatuh cinta walaupun dia tahu bahwa dia hanya bisa muda selama 1 tahun sehingga dia menahan semua keinginannya.

Ketakutan mencintai karena mungkin akan dilupakan suatu hari nanti.

23. Mahou Tsukai no Yome


Chise Hatoru, gadis 15 tahun, adalah seorang gadis tanpa harapan dan keluarga. Dia dibeli karena uang oleh penyihir yang disebut Elias.

Walaupun dengan keraguan, dia tetap mencoba menerima dan memulai kehidupan barunya menjadi seorang istri penyihir di masa depan.

Dia akhirnya memulai kehidupan barunya yang penuh dengan hal-hal unik dan menari bersama seorang penyihir yang penuh dengan hal-hal misterius.

24. Tamako Love Story


Tomako adalah seorang siswa kelas 3 SMA yang sebentar lagi akan lulus SMA. Tidak seperti siswa-siswa yang lain yang mempersiapkan diri untuk ujian masuk universitas,

Dia lebih disibukan dengan acara festival yang sebentar lagi akan dilaksanakan karena Tamako akan menjadi penerus sebuah restoran dimana keluarganya bekerja.

Di sisi lain, Mochizou Ooji lebih berniat untuk masuk sebuah universitas di Tokyo meninggalkan keluarganya dan cinta pertama dan satu-satunya, Tamako.

Tetapi Ooji tidak pernah berani menyatakan perasaanya pada Tamako dan Tamako juga tidak peka dengan perasaan dari Ooji.

Pada akhirya, Ooji menyadari kalau dia harus berusaha menyatakan perasaannya pada Tamako atau jika tidak mimpinya dan cintanya mungkin tidak akan bisa terwujud.

25. Orange


Semua orang pasti memiliki sesuatu yang mereka sesali selama hidup dan siapapun pasti ingin kembali ke masa lalu untuk memperbaiki kesalahan yang pernah diperbuatnya.

Begitu juga dengan Takamiya Naho yang tiba-tiba menerima surat misterius dari orang yang mengaku sebagai dirinya di masa depan.

Surat tersebut memberitahukan kepada Naho bahwa pada hari itu seorang siswa baru bernama Naruse Kakeru akan bergabung dengan kelasnya.

Dan meminta Naho untuk selalu memperhatikan laki-laki itu. Tentu Naho merasa kebingungan, akan tetapi dia harus memutuskan untuk mempercayai atau tidak semua yang dikatakan surat tersebut tentang Kakeru.

Terlebih lagi, surat tersebut memperingatkannya bahwa dia akan menyesal suatu hari nanti jika tidak mengikuti apa yang dikatakan di dalam surat tersebut.

26. Nagi no Asukara


Tidak seperti romance yang lain yang cenderung menyukai lawan jenis karena penampilan yang menarik.

Sebaliknya anime ini mengajakan kepad kita bahwa mencintai seseorang apa adanya lebih berharga daripada mencintai karena penampila semata.

Cerita yang disuguhkan oleh anime ini adalah cinta segi tiga. Bagi kalian yang lebih suka dengan cerita romance yang realities bisa mencoba  anime ini karena banyak hal yang menarik di dalamnya, yang patut untuk ditonton.

27. Gekkan Shoujo Nozaki-kun


Nozaki adalah seorang remaja SMA yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai pengarang manga-manga romance.

Lucunya, walaupun dia ahli dalam bidang tersebut, dia laki-laki yang tidak peka terhadap gadis yang menyukainya.

Ada banyak kejadian-kejadian yang lucu dalam anime ini, karena gadis yang menyukai Nozaki, mati-matian memberikan kode keras supaya dia Nozaki sadar kalau dia menyukainya.

Tapi sifat Nozaki yang tidak peka level MAX tidak pernah mengerti apa yang dimaksudkan oleh gadis tersebut.

Bagi kalian yang menyukai anime dengan campuran komedi bisa mencoba anime ini yang walaupun banyak kejadian-kejadian yang kocak.

Tapi kalian akan mendapatkan kejutan yang menarik di akhir cerita.

28. Plastic Memories


 Plastic Memories adalah anime yang paling ditunggu-tunggu setelah infomasi tentang perilisannya diumumkan.

Banyak yang menggambarkan kalau anime ini akan sama sedihnya dengan salah satu legenda anime romance yaitu Clanned.

Memang benar, tidak jauh berbeda dengan cerita Clanned: After Story yang menyajikan kisah romantis antara karakternya.

Seorang remaja bernama Tsukasa Mizugaki, 18 tahun, setelah gagal memasuki ujian masuk universitas, dia memeutuskan bekerja di sebuah perusahaan dbernama SAI.

Perusahaan tersebut menciptakan sebuah alat canggih bernama “Griftia”. Sebuah alat yang bisa mewujudkan representasi dari bentuk manusia.

Tapi tidak seperti manusia, Graftia memiliki masa pemakaian yaitu 81.920 jam atau sekitar 9 tahun 4 bulan.

Tsukasa sendiri juga memiliki seorang rekan graftia yang cantik bernama Isla.

Tapi perasaan yang dimiliki Tsukasa kepada Isla tidak biasa, dia tahu bahwa Isla adalah seorang Griftia tapi dia tidak bisa berbohong dengan perasaan yang dimiliki.

Walaupun pada akhirnya dia juga tahu bahwa tidak ada hal yang abadi termasuk dengan rekan graftianya tersebut.

29. Tonari no Kaibutsu-kun


Anime ini menceritakan tentang Shizuku Mizutani, seorang gadis yang dingin dan cuek dengan teman-temannya.

Tapi sifatnya yang diingin mulai berubah ketika bertemu dengan Haru Yoshida, seorang preman yang jarang masuk sekolah.

Sebenarnya Haru tidak jauh berbeda dengan Shizuku yang dingin, dan juga tidak memiliki banyak teman.

Oleh karenanya, dia tertarik dengan Shizuku dan langsung menyatakan perasaanya kepadanya.

Karena tidak terbiasa menjalin hubungan dengan orang lain, Shizaku merasa bingung dengan hubungannya yang aneh dengan Haru.

Tapi perlahan-lahan dia mulai melihat sosok lain dari Haru selain kekerasannya pada orang lain.

Dia mulai berangsur-angsur memiliki menumbuhkan perasaan tertarik pada Haru, sebuah perasaan yang belum pernah dia rasakan sebelumnya.

30. Isshuukan Friends


Ishuukan Friends atau dalam bahasa Indonesia berarti teman satu menggu menceritakan seorang gadis yang hanya bisa mengingat hal-hal yang penting selama satu minggu saja.

Sedangkan minggu berikutnya memorinya akan terhapus kecuali memori-memori yang menurutnya tidak terlalu penting. Sampai suatu hari Kaori bertemu dengan sosok teman baru bernama Yuuki.

Yuuki adalah seorang remaja yang ingin berteman denga Kaori tapi dia terkejut dengan penyakit yang dimilikinya.

Akan tetapi Yuuki setiap minggu berusaha membuat kenangan yang indah sehingga Kaori tidak melupakan tentangnya di minggu yang akan datang.

Akankah perjuangan Yuuki bisa membuatnya diingat oleh Kaori?

Baca Juga: 4 Pengarang Manga dan Novel Paling Jenius

31. Chuunibyou Demo Koi ga Shitai!


Rikka Takanashi adalah seorang gadis yang mengidap penyakit  Chuunibyou atau biasa disebut sebagai sindrom kelas 2 SMP.

Pengidap penyakit ini akan terobsesi dengan sesuatu yang ditontonnya atau imajinasinya dan menerapkannya langsung kedunia nyata.

Yuuta Togashi adalah mantan pengidap penyakit ini yang ingin berubah ketika masuk SMA karena dia sadar jika dia terus melakukan hal-hal konyol dia tidak akan bisa memiliki teman.

Sialnya, Rikka adalah tetangga di apartemennya sekaligus teman sekelasnya alhasil Rikka selalu mengganggu Yuuta dengan melkukan hal-hal konyol di dekatnya.

Terlebih lagi Rikka sangat mengagumi sosok Yuuta yang popular dengan sebutan ‘Dark Flame Master’.

Akhirnya mereka berdua saling mencoba untuk mempengaruhi satu sama lain, Yuuta mencoba menarik Rikka ke dunia nyata yang normal.

Sedangkan Rikka mempengaruhi Yuuta supaya kembali menjadi siapa dia sebenarnya dengan tidak perlu berpura-pura jadi orang dewasa.

Pada akhirnya kisah mereka yang konyol berakhir dengan kisah romantis yang menghangatkan hati.

32. Golden Time


Karena sebuah kecelakaan, Banri Tada mengalami amnesia yang membuatnya melupakan banyak hal di masa lalu termasuk ingatan tentang kampung halamannya.

Kemudian dia memutuskan untuk pindah ke kota bersama temannya Mitsuo Yanagisawa dan memulai hidup baru dengan masuk ke sebuah universitas hukum di Tokyo.

Tapi ketika pertama kali masuk kuliah, tiba-tiba seorang gadis cantik bernama Kouko Kaga masuk ke dalam kehidupannya.

Banri berfikir bahwa keputusannya untuk masuk ke sebuah universitas, memulai kehidupan baru, dan jatuh cinta dengan sesorang ternyata hanyalah menjadi mimpi belaka.

Karena perlahan-lahan, dia mulai mengingat siapa dia sebenarnya sehingga membuatnya kebingungan karena ada beberapa hal di masa lalu yang seharusnya tidak boleh dia lupakan.

33. Bokura ga Ita


Nanami Takahashi mulai memasuki kehidupan awal masa SMA-nya dengan harapan bisa berteman dengan banyak orang.

Tapi disana dia mulai heran karena kebanyakan gadis-gadis membicarakan tentang seorang laki-laki popular bernama Motoharu Yano yang hampir 2/3 dari gadis di sana menyukainya.

Nanami semakin penasaran dengan soso Yuno yang selalu dibicarakan sampai suatu hari dia bertemu dengan Yano di sebuah koridor tanpa tahu bahwa dia adalah Yano yang sering dibicarakan.

Yano kemudian mengerjai Yano yang membuatnya melakukan hal konyol di depan kelas.  Nanami mulanya membenci Yano tapi lama-kelamaan dia mulai menyukai sosok dari Yano yang misterius.

34. Hyouka


“Jika aku tidak harus melakukannya maka aku tidak akan melakukakannya. Jika aku harus melakukannya maka aku akan melakukannya dengan cepat.”

Itulah prinsip dari seorang remaja SMA bernama Oreki Houtarou yang hidupnya penuh dengan hal-hal yang membosankan.

Terlebih lagi karena motonya ‘Hemat energi’ membuatnya malas melakukan apapun apalagi kegiatan ekskul. T

Tetapi kehidupannya mulai perlahan berubah setelah terpaksa mengikuti ekskul sastra karena dipaksa oleh kakaknya.

Di ekskul yang hampir ditutup karena jumlah anggotanya kurang tersebut, dia bertemu dengan Chitanda, seorang gadis yang penuh semangat, ceria, dengan pembawaan yang penuh keramahan.

Di sana Chitanda mulai akrab dengan Oreki dan sering menyuruhnya memecahkan misteri-misteri yang membuatnya tertarik.

Walaupun Oreka orangnya pemalas tapi dia memiliki otak yang pintar. Lama-kelamaan klub sastra yang beranggotakan 2 orang, menjadi 4 orang setelah Satoshi dan Ibara ikut mendaftarkan diri ke dalama klub sastra.

Akhirnya kehidupan Oreki yang semulanya membosankan menjadi penuh warna bersama dengan teman-teman barunya khususnya setelah bertemu sosok Chitanda.

Menurut para fans anime sendiri, mereka memasukan Oreki dan Chitanda sebagai the best couple ever! 

Jadi anime yang satu ini jangan sampai terlewatkan karena ada banyak hal-hal romantis terjadi antara Chitanda Eru yang ceria dan Oreki Houtarou yang membosankan.

35. Fruits Basket


Tooru Honda adalah siswi SMA yang memiliki banyak sekali nasib buruk.

Tidak hanya menjadi yatim piatu setelah tragedy yang membuat ibunya meninggal, tapi juga dia tidak punya tempat tinggal yang bagus untuk menetap.

Ketika dia berfikir kalau nasibnya sedang dalam keadaan yang terburuk, dia bertemu dengan keluarga Souma yang mengajaknya untuk tinggal dengan syarat membantu melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah.

Tapi setelah lama tinggal di sana, Tooru menemukan sebuah rahasia yang mengejutkan. Jika salah satu dari keluarga Souma dipeluk oleh lawan jenis, dia akan berubah menjadi hewan zodiak.

Mungkin terdengar lucu, tapi sebenarnya ada sejarah yang gelap tersimpan dibalik kutukan ini.

Tapi Tooru tetap menjaga rahasia mereka dan Souma sendiri menyadari betapa beruntungnya bisa bertemu dengan Tooru.

36. Ouran Highschool Club Host


Haruhi Fujioka adalah seorang remaja biasa yang sekolah di SMA Ouran, sebuah sekolah elit bagi anak-anak orang kaya.

Dia sendiri berasal dari keluarga yang pas-pasan. Suatu hari ketika dia mencari tempat yang nyaman untuk belajar tiba-tiba dia masuk ke ruangan Host Club.

Sebuah klub yang dipimpin oleh Tamaki, diamana klub tersebut hanya berisi orang-orang tampan dan kaya.

Ketika Haruhi mencoba keluar dari ruangan dia tanpa sengaja memecahkan vas bunga mahal dan sebagai gantinya dia harus bekerja untuk Host Club,

sebagai pelayan dengan pakaian laki-laki. Dengan penampilannya tersebut, banyak gadis-gadis menyukainya dan tidak hanya itu Tamaki sendiri mulai tertarik dengan kepribadian dari Haruhi.

37. Special A


Special A merupakan salah satu anime romance yang menarik untuk ditonton. Dimana dalam anime ini menggabungkan 3 genre sekaligus yaitu romance, comedy, dan drama.

Yang memperlihatkan karakter-karakternya saling jatuh cinta satu sama lain. Ada banyak hiburan disajikan dalam anime ini

Dan seiiring dengan kejadia-kejadian lucu tersebut, tumbuh perasaan-perasaan suka antara karakter-karakternya. Dan sampai akhirpun, anime ini menyuguhkan kisah romantis yang memukau.

Menjadi teman dan rival sejak kecil, Hikari Hanazono da Kei Takashima memiliki ikatan tersendiri yang tidak bisa memisahkan hubungan mereka yang aneh tersebut.

Dan takdir mempertemukan mereka di dalam sebuah kelas yang sama yang disebut  Special A. Kelas yang diperuntukan bagi mereka yang kaya dan jenius.

Di kelas tersebut, Hikari mati-matian berusaha supaya bisa mengalahkan Kei dan menjadi nomer 1 di kelas.

Seiring dengan persaingan mereka memperebutkan rangking 1, perasaan benci mereka perlahan-lahan berubah menjadi cinta.

38. Kokoro Connect


Pada suatu hari, Ke-5 anggota sebuah klub penelitian, Taichi Yaegashi, Iori Nagase, Himeko Inaba, Yui Kiriyama, dan Yoshifumi Aoki, menemukan sebuah fenomena yang aneh

Yaitu ketika Aoki dan Yui bertukar tubuh dan hal serupa juga terjadi kepada anggota-anggota yang lainnya.  Membuat kehidupan keseharian mereka menjadi kacau karena saling bertukar tubuh.

Awalnya, mereka menjadikan fenomena ini menjadi hal yang lucu, tapi suatu ketika mereka menjadi bisa merasakan rasa sakit yang disembunyikan oleh satu sama lain.

Dan kemudian kehidupan mereka yang damai mulai berubah.

39. ef: A Tale of Memories / Melodies


Pada malam Natal, sepeda dari Hiro Hirano tiba-tiba dibawa oleh seorang gadis yang sedang mengejar pencuri yang mengambil dompetnya.

Ketika dia mengejar gadis tersebut, dia sudah melihatnya sudah tidak sadarkan diri dan sepedanya pun sudah rusak. Nama gadis tersebut adalah Miyako Miyamura.

Ketika Miyako sadar mereka berdua pun berbincang-bincang dan akhirnya menghabiskan malam natal berdua.

Hubungan mereka pun semakin dekat ketika Hiro tahu bahwa mereka satu sekolah.

Tetapi dilain sisi, Kei Shindou, teman masa kecil Hiro yang sudah lama menykainya, menjadi cemburu dengan hubungannya dengan Miyako. Cinta segitiga pun terjadi di anatara mereka.

40. Koe no Katachi


Atau dalam bahasa inggrisnya A Silent Voice yaitu sebuah anime movie yang dirilis tahun 2016.

Menceritakan tentang anak gadis sekolah dasar bernama Shoko Nishimiya yang tuli bertemu dengan anak laki-laki bernama Shoya Ishida.

Shoya mengajak teman-temannya untuk membuli Shoko karena kekurangannya tersbut.

Akan tetapi, teman kelas mulai jengkel dengan Shoko dan akhirnya berbalik membuli  Shoya. Setelah mereka lulus dari SD, mereka tidak pernah saling sapa satu sama lain…

Sampai suatu ketika, Shoya dihantui dengan rasa bersalahnya kepada Shoko ketika SD.

Akhirnya Shoya memutuskan untuk mencari dan menemui Shoko dan meminta maaf atas perbuatannya di masa kecil mereka.

41. Zutto Mae kara Suki deshita



Natsuki Enomoto, seorang gadis SMA Sakuragaoka, memiliki perasaan yang memendam perasaan cinta kepada teman masa kecilnya, Yuu Setoguchi.

Karena tidak bisa mengungkapkan perasaannya, dia meminta Yuu untuk menolongnya sebagai rekan latihan untuk menyatakan perasaanya pada orang lain.

Tentu saja ini Cuma modus. Akankah Natsuki berhenti berpura-pura dan benar-benar menyatakan perasaanya pada Yuu? Langsung tonton saja ya cerita selengkapnya.

Penutup

Itulah ke-41 anime romance terbaik sepanjang masa versi Otamegane. Sebenarnya masih banyak lagi anime romance lainnya, seperti Nisekoi, Ano Hana, dll. Tapi saya tidak memasukkannya karena romancenya kurang lebih ke genre lain.

Sekian dulu, semoga artikelnya bermanfaat dan jangan lupa tulis komengnya ya... eh maksud saya komennya hehe... Ja ne!



EmoticonEmoticon