10 Anime Movie Terbaik yang Dirilis Tahun 2016 Versi Otamegane

Setelah menulis tentang anime action terbaik tahun 2016, kali ini Otamegane menghadirkan daftar anime movie terbaik di tahun 2016.

Mungkin tidak banyak otaku yang menonton anime movie atau film karena lebih menyukai anime series tapi tidak sedikit juga yang menyukainya  termasuk saya sendiri.


Anime di bawah ini adalah yang terbaik dari yang terbaik versi otamegane dan tentunya saja penilaiannya tidak hanya berdasarkan rating saja.

Tapi juga kepopuleran bahkan ada anime yang menorehkan sejarah baru sebagai anime dengan rating tertinggi dan pendapatan tertinggi. Kalian tentu tau yang saya maksudkan.

Dan inilah daftar 10 anime movie terbaik yang diputar selama tahun 2016.

BACA JUGA :  24 Anime Movie Terbaik yang Bukan Karya Studio Ghibli

1. Kimi no Nawa

Tidak perlu diragukan lagi kalau Kimi no Nawa menjadi anime movie terbaik yang wajib kalian tonton di tahun 2016.

Mengingat torehan prestasi dari segi rating dan pendapatan, anime ini lah yang terbaik sampai sekarang.

Anime ini mengisahkan tentang kehidupan gadis SMA yang hidup di desa atau lebih tepatnya dipinggiran kota yang tidak ramai dengan penduduk.

Ayahnya sendiri jarang berada di rumah karena pekerjaannya, dan Mitsuha hanya tinggal bersama adiknya yang masih SD dan juga bersama dengan neneknya.

Berbeda dengan Mitsuha, karakter laki-laki dalam anime ini bernama Taki yaitu seorang siswa SMA yang tinggal di pusat keramaian Tokyo.

Kesehariannya sangat biasa yaitu bermain bersama teman-temannya, bekerja paruh waktu di sebuah restoran Italia, dan banyak menghabiskan waktu di dunia seni rupa dan arsitektur.

Pada suatu hari, keduanya mendapatkan sebuah mimpi yang aneh dimana keduanya saling bertukar tubuh.

Awalnya Taki terkejut ketika dia menyadari kalau dia berada di sebuah desa terpencil dengan tubuh seorang gadis yang asing.

Begitu juga dengan Mitsuha yang tiba-tiba melihat dirinya dengan sosok seorang pemuda SMA yang hidup di Tokyo.

Jadi genre utama dalam anime ini adalah supernatural dan romance dimana kisah pencarian antara keduanya untuk mencari identitas masing-masing pun di mulai.

2. Koe no Katachi

Anime ini diadaptasi dari sebuah manga karya Ouma Yoshitoki dengan judul yang sama. Koe no Katachi mengisahkan tentang penyesalah dari seorang remaja bernama Ishida Shouya.

Ketika dia masih SD, Shouya mem-bully teman kelasnya yang mengalami masalah dengan pendengarannya dan dia juga mengajak teman-temannya melakukannya.

Kehidupan Nishiya Souko yang selalu dibully membuat banyak orang menjadi empati kepadanya dan balik menghina perlakuan Shoya.

Akhirnya Shoya juga di-bully oleh teman-temannya sehingga dia tidak punya teman untuk diajak bicara.

Ketika lulus dari SD, mereka tidak pernah saling menyapa dan berbicara satu sama lain sampai akhirnya mereka berdua dipertemukan oleh takdir.

Penyesalan Shouya semakin menjadi-jadi setelah bertemu lagi dengan Souko sehingga dia memutuskan untuk meminta maaf.

Dan membayar semua kesalahan di masa lalunya dengan mengajak Souko berteman dengannya. Berhasilkah?

Anime ini dianggap sebagai salah satu anime movie tersedih di tahun 2016. Jadi bagi kalian yang menyukai cerita yang sedih dan membuat menangis maka kalian patut mencoba Koe no Katachi.

3. The Red Turtle

Studio Ghibli merupakan studio terbaik yang pernah ada.

Meskipun studionya sudah ditutup, tapi karya-karyanya yang penuh dengan pesan moral dan inspiratif akan selalu dinikmati oleh para pecinta anime.

Bersamaan dengan ditutupnya studio Ghibli, Hayou Miyazaki yang terkenal sebagai pencipta anime terbaik juga memutuskan untuk pensiun.

Tetapi ada kabar kalau Miyazaki kembali lagi membuat anime dan kabar tersebut tidak hanya rumor belaka.

Pada tahun 2016, Hayou Miyazaki kembali lagi membuat sebuah anime bekerja sama dengan perusahaan film Prancis Wild Bunch dengan judul The Red Turtle.

The Red Turtle mengisahkan tentang seorang laki-laki yang terdampar di sebuah pulang asing. Di pulau yang terisolasi tersebu.,

Dia harus berjuang untuk bertahan hidup dalam kerasnya dunia liar. Sampai suatu hari, dia bertemu dengan seekor penyu yang mengubah kehidupannya.

Anime ini mengajarkan kita tentang bagaimana kerasnya hidup dalam kesendirian hanya dengan insting untuk bertahan hidup saja.

Tentu seperti biasanya, ada banyak pesan moral dalam anime yang sudah menjadi ciri khas dari anime buatan Miyazaki jadi tidak perlu khawatir kalau ceritanya akan membosankan.

Terlebih lagi anime ini juga dianggap sebagai salah satu anime movie terbaik tahun 2016.

Baca Juga: 21 Anime Paling Sedih yang Akan Membuat Kalian Menangis

4. Detective Conan: The Darkest Nightmare

Anime movie berikutnya adalah movie dari Detective Conan yang merupakan adaptasi dari manga karya Aoyama Gasho.

 Detective Conan: The Darkest Nightmare  adalah movie ke-20 dari serinya  yang diangkat dari menganya yang berjudul “Case Closed”.

Alasan utama mengapa saya memasukan movie ini adalah karena kesuksesannya meruap untung sampai 6,3 miliar yen.

Dan menduduki peringkat 6 sebagai anime movie paling laris di Jepang tahun 2016.

Pada movie yang kali ini menceritakan tentang seorang mata-mata yang menyusup ke dalam badan kepolisian Jepang.

Dan kemudia mencuri beberapa file penting dari intelejen dunia seperti M16 (Inggris), BDN (Jerman), dan CIA (Amerika).

Ketika kekacuan itu berlangsung, Conan mendapat misteri baru yang harus dipecahkan yaitu menyembuhkan wanita yang terluka.

Dan mengalami amnesia sehingga Conan pun berjanji akan membantu wanita tersebut mendapatkan kembali ingatannya.

5. One Piece Film: Gold

Anime movie One Piece yang dirilis tahun 2016 ini dianggap sebagai salah satu karya terbaik jika dibandingkan dari seri sebelumnya.

Karena para fans One Piece merasa puas dengan action dan alur cerita di dalamnya. Awal cerita dalam anime ini adalah ketika Luffy dan Nakamana-nya

Pergi liburan ke sebuah kapal pesiar yang megah bernama Gran Tesoro dimana kapal tersebut dilapisi oleh emas dan menjadi tempat permainan seperti kasino dan hiburan lainnya.

Keadaan menjadi kacau setelah mereka bertemu dengan kapten kapan yaitu Gild Tesoro yang kekuasaannya dan kekuatannya tidak tersentuh oleh hukum pemerintah.

Karena kekayaannya yang melimpah setelah bisa mengendalikan emas setelah memakan buah bernama Goru Goru no Mi.

Akhirnya mereka terjebak hutang dan tidak bisa keluar dari kapal tersebut.

Movie One Piece yang satu ini meraih keuntungan sampai 5,1 miliar Yen dan menduduki peringkat 8 sebagai anime movie terbaik di Jepang.

6. Kono Sekai no Katasumi ni

Movie ini dirilis pada 12 November 2016 yang dianggap sebagai salah satu yang terbaik di tahun tersebut dengan mengangkat tema sejarah Jepang ketika Perang Dunia II.

Di tahun yang serba modern ini, tentu tema seperti ini sudah sangat jarang kita lihat lagi tapi dengan dirilinya anime ini, sekali lagi kita bisa melihat sejarah peperangan di Jepang.
.
Pada tahun 1944, Suzu Urano pindah ke sebuah desa terpencil bernama Kure di Hiroshima dimana dimana dia menikahi seorang pemuda bernama Shuusaku Houjou.

Tinggal bersama keluarganya, Suzu menjadi seorang perempuan yang ulet dan ahli dalam urusan rumah tangga seperti menyiapkan makanan dan sebagainya.

Pada tahun 1945, Amerika melakukan penyerangan ke Hiroshima dan membuat desa temapat Suzu tinggal menjadi hancur.

Saat itu pula, kehidupan damai dari Suzu berubah sepenuhnya, tapi seiring berjalannya waktu dia terus melanjutkan hidup dalam penderitaan dan kekacauan yang ada.

Baca Juga: 41 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa

7. Zutto Mae kara Suki deshita

Sinopsis dari anime ini agak ribet jika ditulis tapi intinya anime movie ini adalah salah satu yang terbaik tahun 2016 ini.

Banyak orang yang menunggu kehadirannya karena cerita romance dalam anime ini berbeda dari yang lainnya.

Karakter utama dalam anime ini adalah Natsuki Enomoto seorang siswi kelas 3 SMA Sakuragaoka.

Dia memiliki perasaan terpendam kepada teman kecilnya, Yuu Setoguchi, tapi tidak memiliki keberanian untuk menyatakan perasaaannya.

Akhirnya Natsuki berpura-pura meminta Yuu sebagai teman latihannya untuk menyatakan perasaannya kepada orang lain dan tentu saja ini Cuma modus.

Karena yang disukai Natsuki adalah Yuu sendiri. Tapi dengan cara ini, Natsuki bisa melatih dirinya menyatakan perasaannya kepada Yuu tanpa harus berpura-pura lagi.

Entah Natsuki bisa menyatakan perasaannya atau tidak langsung ditonton aja ya animenya.

8. Garo Movie: Divine Flame

Leon, seorang kesatria yang memiliki gelar kesatria emas ‘GARO’ memutuskan untuk melatih kesatria Makai sebagai penerus generasi di masa depan.

Bersama dengan pangeran Alfonso dari Kerajaan Valiante. Kemudian, mereka mendapatkan perintah untuk membasmi ‘Vazelia’.

Pada waktu yang sama, tiba-tiba kesatria Makai diculik orang orang yang tidak dikenal. Leon yang berusaha mencarinya tidak bisa menemukan apa-apa,

Dia bahkan harus bertarung dengan musuh-musuhnya sampai titik darah penghabisan. Dalam pertarungannya melawan musuh,

Leon diselamatkan oleh seorang kesatria Makai bernama Dario dan membawanya kembali ke kerajaan. Setibanya di sana, Leon bertemu dengan seseorang yang tidak pernah dia duga sebelumnya.

9. Kingsglaive: Final Fantasy XV

Bagi para gamer, nama Final Fantasy bukanlah sesuatu yang asing lagi karena game ini dianggap sebagai game RPG terbaik di Jepang bahkan di dunia.

Saking terkenalnya, game ini diadaptasi menjadi anime dengan versi 2D dan 3D dan di tahun 2016 ini,

Final Fantasy kembali lagi mendapatkan adaptasi terbarunya yang berjudul Kingsglaive: Final Fantasy XV.

Selama bertahun-tahun, kerajaan Niflheim dan kerajaan Lucis berperang satu sama lain. Nifleim berhasil memojokan Lucis.

Dan hampir menguasai dunia Eos dan merebut kekuatan dari Kristal yang berada di ibu kota kerajaan Lucis, Insomnia.

Untuk melindungi rakyatnya dari serangan, King Regis Lucis Caelum CXIII menggunakan kekuatan dari Kristal untuk melindungi kota Insomnia dengan dinding sihir.

Bersamaan dengan dinding sihir yang mengelilingi kota Insomnia, para elit militer yang dikenal dengan sebutan Kingsglaive juga berusaha melakukan perlawanan kepada musuh.

Salah satu anggota Kingsglaive bernama Nyx, yang dianggap sebagai pahlawan dalam timnya karena selalu melindungi dan menyelamatkan anggotanya yang mengalami masalah.

Karena keras kepalanya, dia memilih untuk tidak mematuhi ketuanya dan memilih untuk melindungi teman-temannya dan perselisihan internal dan serangan dari luar membuat keadaan menjadi lebih rumit.

10. Pop in Q

Sebenarnya masih ada beberapa anime movie bagus lainnya di tahun 2016, tetapi saya memutuskan untuk memasukan Pop in Q ke dalam list ini.

Alasannya sederhana, supaya lebih membuat list anime dalam artikel ini lebih berawarna karena cerita dari Pop in Q jauh berbeda dengan anime-anime movie di atas.

Cerita dalam movie yang terakhir ini bermula saat hari sebelum perayaan kelulusan dimana lima orang gadis sedang sibuk dengan kegiatan keseharian mereka.

Mereka bertemu di sebuah dunia fantasi setelah dikirim secara tiba-tiba oleh kekuatan misterius. Di sana mereka belajar tentang krisis yang sedang dihadapi oleh dunia.

Untuk menyelamatkan dunia mereka harus menyatukan hati mereka. Dan untuk melakukannya mereka harus mengenal kepribadian satu-sama lain.

Meskipun mengalami kesulitan, mereka harus berjuang demi menyelamatkan dunia yang sedang mengalami krisis.

Meskipun terdengar aneh, tapi cerita dalam anime ini tidak seaneh sinopsis yang saya tulis jadi untuk bisa lebih tahu lebih lanjut ceritanya mending langsung tonton saja.

Penutup

10 anime movie mungkin tidak cukup bagi kalian tapi setidaknya bisa sedikit memberikan referensi baru bagi kalian.

Sebenarnya anime movie di tahun ini tidak sebanyak di tahun-tahun sebelumnya jadi tidak terlalu sulit juga memilih mana yang terbaik.

Jika kalian merasa ada anime movie yang kalian favoritkan dan tidak masuk ke dalam daftar, silahkan tulis di kolom komentar ya dan tentu saja akan saya pertimbangkan untuk dimasukan ke dalam list. Dewa Mata!


EmoticonEmoticon