10 Karakter Anime yang Berubah Menjadi Dewa!

Sudah lama tidak menulis tentang karakter anime, jadi untuk artikel kali ini Otamegane menghadirkan sebuah tema yang unik yaitu ‘Dewa’. Karena karakter anime yang menjadi dewa sangat banyak, jadi saya memutuskan untuk mempersempit kategorinya yaitu ‘karakter anime yang awalnya biasa kemudian berubah menjadi dewa’.




Untuk mencari karakter seperti itu tidaklah mudah, saya harus menyeleksi puluhan karakter anime yang menjadi dewa tapi karakter yang menjadi dewa tersebut sebelumnya bukanlah dewa tapi manusia biasa atau karakter yang tidak mencolok.

Setelah saya pilih, pertanyaan selanjutnya adalah seperti apakah wujud dewa itu? Mungkin jawaban untuk pertanyaan ini lumayan luas jadi bisa kita bilang dewa yang saya  maksud di sini adalah karakter yang memiliki kekuatan yang absolut atau keberadaannya yang seperti dewa. Jadi tidak perlu karakter yang dianggap dewa dalam animenya karena kita lah yang akan memutuskan apakah dia pantas disebut dewa atau tidak.

Akhirnya, setelah melakukan penyeleksian berdasarkan kategori di atas, berikut ini daftar karakter-karakter anime yang awalnya biasa kemudian berubah menjadi dewa  versi Otamegane.

10. Mitsue Shijo (Kamichu!)

Sebagai pembuka kita akan memulai dari anime yang ringan, Kamichu! Yurie Hitotsubashi adalah seorang siswi SMP yang tinggal disebuah kota kecil bernama Onomichi dan anime ini mengambil latar waktu pada 1980-an. Yurie menjalani kesehariannya sebagai gadis biasa yang menghabiskan waktunya untuk belajar dan bermain. Dia juga selalu berusaha untuk menarik perhatian laki-laki yang dia sukai, Kenji.

Tiba-tiba ketika waktu makan siang, dia memberitahu temannya Mitsue bahwa dia adalah dewa/dewi. Asal usul bagaiamana dia berubah menjadi dewi tidak diketahui karena terjadi secara langsung. Pada akhirnya dia menggunakan kekuatannya untuk menyelamatkan keluarganya dari bankrut. Dia juga membantu teman-temannya dengan mewujudkan keinginan mereka, menyembuhkan, dan bertemu dengan alien.

9. Otosaka Yuu (Charlotte)

Charlotte merupakan salah satu anime yang populer tahun 2015 silam, menceritakan tentang meteor yang jatuh ke bumi dan memberikan kekuatan supernatural kepada anak-anak tertentu. Salah satu karakter yang mendapatkannya adalah Yuu yang menjadi tokoh utama dalam anime ini.

Yuu adalah remaja SMA yang digambarkan sebagai sosok remaja yang penuh percaya diri dan pintar. Tapi dibalik kepintarannya, dia adalah laki-laki yang cerdik karena menggunakan kekuatan supernaturalnya untuk mencontek dan melakukan pelecehan kepada para gadis.

Awalnya Yuu mengira kalau kekuatannya adalah mengendalikan tubuh seseorang selama 5 detik tetapi ternyata dibalik keisengannya menggunakan kekuatannya tersebut, dia menemukan bahwa kekuatannya bukanlah untuk mengendalikan pikiran tetapi untuk mengambil kekuatan pengguna supernatural lainnya.

Ketika dunia mulai kacau balau karena banyak pengguna yang menyalahgunakan kekuatannya, Yuu, akhirnya menjadi seorang pahlawan dengan mengambil semua kekuatan dari pengguna diseluruh dunia sehingga membuatnya bisa menggunakan banyak kekuatan supernatural yang berbeda sekaligus dan membuatnya menjadi karakter terkuat dengan kekuatan seperti dewa.

8. Keima Katsuragi (Kami nomi zo Shiru Sekai)

Keima adalah tokoh utama dalam anime The World God only Knows. Menceritakan tentang seorang remaja SMA yang kerjaannya hanya bermain game RPG yang menaklukan hati para gadis. Meskipun seorang gamer yang bahkan di kelas pun bermain game sampai-sampai dibenci oleh gurunya, tapi dia selalu mendapatkan nilai sempurna dalam semua mata pelajaran hingga gurunya menyerah untuk melawannya.

Keima sudah memainkan ratusan game dan tidak ada game yang tidak bisa ditaklukannya bahkan untuk game yang memiliki bug sekalipun. Tapi bagaimana jika dia diminta menklukan hati para gadis di dunia nyata?

Suatu hari ketika dia bermain game, dia mendapatkan tantangan dan menerimanya tetapi siapa yang tahu ternyata tantangan tersebut merubah jalan hidupnya yang membosankan menjadi lebih penuh tantangan karena kali ini dia akan bermain game di dunia nyata. Setelah dia menerima tawaran tersebut, seorang dewi muncul di depannya dan meminta Keima membantunya membasmi para iblis yang bersemayam di hati para gadis. Dan untuk melakukannya, gadis tersebut harus jatuh cinta terlebih dahulu suapaya iblis dari hatinya keluar.

Awalnya Keima menolak, tapi sebuah kalung yang dipasang dilehernya siap untuk meledak dan terpaksa dia harus malakukannya.  Tidak hanya karakter dalam game, karakter dalam dunia nyata pun bisa dia taklukan dengan beberapa trik membuat semua tipe gadis jatuh cinta padanya mulai dari yang pendiam, tsundere, sampai cewek karate pun bisa ditaklukan. Dengan kata lain membuat para gadis jatuh cinta tanpa membuat dirinya jatuh cinta pada mereka. Oleh karena itu, pantaslah jika kita menganggap Keima sebagai ‘Dewa Penakluk Wanita’.

Plot dalam animenya sendiri sangat seru untuk diikuti, saya sendiri menontonnya sampai season le-3 saat Keima akhirnya menyadari kalau dia sudah jatuh cinta pada seorang gadis yang menjadi korbannya. Sayangnya anime ini tidak mendapatkan season ke-4-nya sebagai penyelesaian jadi terpaksa harus melanjutkan ceritanya dengan membaca seri manganya.

Baca Juga: 10 Anime Movie Terbaik yang Dirilis Tahun 2016 Versi Otamegane

7. Sengoku Nadeko (Monogatari Series)

Dari beberapa forum yang saya kunjungi, tidak ada satu pun yang menyebutkan nama Nadeko sebagai karakter yang berubah menjadi dewa. Dan sebagai salah satu penggemar Monogatari Series, saya rasa Nadeko masuk ke dalam kategori manusia biasa yang berubah menjadi dewa.

Nadeko adalah seorang siswi SMP yang memiliki penampilan yang imut dan cantik. Dia menyukai Araragi, siswa SMA, meskipun dia tahu Araragi sudah punya pacar. Dalam keputusasaannya, dia bertemu dengan Ougi yang memberitahukannya sebuah benda keramat yang bisa mengubahnya. Setelah mengikuti saran tersebut dank arena pengaruh dari keganjilan yang ada dalam dirinya akhirnya dia mengambil benda tersebut dari rumah Araragi sehingga merubahnya menjadi dewa atau dewi ular.

Tetapi perubahannya sebagai sosok dewa tidak berlangsung lama karena Kaiki mampu menipu Nadeko dengan trik tipuannya. Meskipun terkenal sebagai penipu, cara Kaiki mengembalikan Nadeko ke wujud manusia bisa dibilang sangat menyentuh karena baginya kejujuran dan kebohangan sama saja. Akhirnya Nadeko kembali menjadi manusia biasa dan walaupun kembali setidaknya dia pernah menjadi seorang dewa sehingga membuat namanya ada dalam list ini.

6. Akihiko Kayaba (Sword Art Online)

Kayaba bukanlah karakter utama dalam anime SAO, tetapi dia memiliki peran penting yang mempengaruhi alur ceritanya. Kayaba adalah seorang pengembang teknologi Nerve Gear yaitu teknologi baru yang bisa membuat penggunanya masuk dan hidup di dalam dunia virtual yang disebut Sword Art Online.

Setelah versi betanya berakhir, para pengguna game SAO semakin bertambah dan mimpi Kayaba pun terwujud. Dia ingin menciptakan sebuah dunia virtual dimana di sana dia berperan sebagai game master yang kekuasaannya seperti dewa dalam dunia tersebut. Untuk mewujudkannya, dia memutuskan hubungan SAO dengan dunia nyata sehingga para pemain yang masih online terjebak di dalamnya.

Meskipun Kayaba dikalahkan oleh Kirito tetapi dia digambarkan tetap hidup di dalam dunia tersebut sebagai dewa yang menonton para pemain di dunia virtual.

5. Saitama (One Punch Man)

Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan karakter Saitama, si kepala plontos yang memiliki kekuatan sekali pukulan untuk mengalahkan musuhnya. Karakter utama dalam anime One Punch Man ini sudah tidak diragukan lagi kepantasannya untuk masuk ke dalam daftar mengingat karakter Saitama aslinya adalah seorang manusia biasa yang menjadi sangat kuat setelah melakukan olahraga teratur dan mengasahkan dengan pertarungan-pertarungan melawan monster.

Saking kuatnya, saya sampai berpendapat kalau dia lebih kuat daripada Goku karena saya tidak bisa membayangkan bagaimana Saitama bisa kalah sekuat apapun musuh yang dilawannya. Jadi jika Saitama adalah seorang dewa maka dia adalah dewa terkuat dari segi kekuatan fisik.

Sebenarnya alasan utama saya memasukan ke dalam daftar ini, karena dia bisa mengalahkan raja laut dan penguasa alam semesta. Bayangkan saja, dia sudah membunuh penguasa alam semesta tanpa membuat dirinya terluka sedikitpun! Bahkan musuhnya sendiri mengatakan kalau Saitama masih belum serius melawannya. Jadi tidak ada kata yang pantas untuk menjuluki Saitama selain dewa dengan mengesampingkan penampilan dan kesehariannya yang biasa-biasa saja.

4. Kurono Kei (Gantz)

Untuk anime selanjutnya, saya tidak menyarankan untuk menontonnya karena selain genrenya yang gore dan aneh, anime ini terlalu keras sehingga mungkin berdampak buruk pada psikologi seseorang. Bukan meremehkan tapi setidaknya kita menghindari seseuatu yang tidak layak untuk dikonsumsi.

Alasan saya memasukkan karakternya adalah karena live actionnya. Animenya sendiri saya tidak menonton sampai selesai karena alasan yang saya sebutkan di atas, tapi untuk live actionnya sendiri sangat keren.

Dalam animenya, Kei tidak digambarkan sebagai seorang dewa atau semacamnya dan cerita dalam animenya pun berakhir ‘gantung’. Oleh karenanya, dibuatlah live actionnya yang menjadi kelanjutan cerita dalam animenya. Mungkin karakter ini tidak cocok untuk dimasukan karena tidak menjadi dewa dalam animenya tetapi saya memasukannya ke dalam daftar karena Kei Kurono sangat pantas dengan tema yang sedang kita bahas sekarang dan tentunya karena live actionnya masih berkaitan dengan animenya.

Kei adalah seorang remaja biasa yang meninggal karena ditabrak kereta api bersama dengan temannya Maseru. Kemudia mereka tiba-tiba muncul di sebuah dunia yang aneh dan memiliki dimensi yang berbeda dengan dunia nyata. Di sana mereka bertemu dengan orang-orang yang sudah meninggal dan sebuah bola misterius yang disebut Gantz. Gantz memberikan mereka kesempatan untuk hidup kembali dengan menjalani misi untuk membunuh alien dan setiap misi yang diselesaikan mereka akan mendapatkan poin.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya kalau cerita animenya berakhir gantung dan live actionnya lah yang melanjutkan kisah Kei sampai akhir. Live actionnya dibagi menjadi 2 seri dan pada seri terakhir Gantz: Pefect Answer menjadi babak dimana Kei bertarung habis-habisan dan hampir mati. Sebelum mati Kei berhasil mendapatkan poin penuh sehingga bisa mengabulkan keinginannya yaitu hidup kembali atau menghidupkan orang yang dia cintai.

Diakhir cerita Kei memutuskan untuk menghidupkan semua orang dalam dunia Gantz dan mereka yang dihidupkan melupakan keberadaan dari Kei termasuk sahabat dan wanita yang sangat dia cintai. Dan Kei sendiri menggantikan Gantz menjadi Gantz yang baru sebagai seorang dewa.

Akhir cerita dalam live actionnya sangat ‘mengharukan’ karena Kei mengorbankan diri untuk menyelamatkan mereka yang dia cintai dan pada akhirnya Kei dilupakan sepenuhnya. Kadang- kadang saya bertanya, bisakah seseorang di dunia nyata melakukan hal demikian, mengorbankan diri seperti Kei, yang menurut saya sebuah akhir yang lebih buruk dari kematian karena dilupakan sama saja berarti tidak pernah ada?

Baca Juga: 21 Anime Paling Sedih yang Akan Membuat Kalian Menangis

3. Kaname Madoka ( Mahou Shoujo Madoka★Magic)

Karakter utama dalam anime Puella Magi menjadi karakter selanjutnya yang berubah menjadi dewa.  Mahou Shoujo Madoka★Magica atau biasa disebut Puella Magi merupakan salah satu anime dengan tekanan psikologi yang kuat ditambah dengan banyaknya simbolisme dalam anime ini membuatnya terlihat sangat gelap. Awalnya saya mengira cerita dalam anime ini akan biasa-biasa saja karena penampilan karakternya yang memakai gaun dan loli. Tetapi ternyata cerita dan gambarnya membuat saya tertarik menontonnya sampai akhir.

Mungkin kalian tidak akan mengira kalau seni dari Negara Ceko berkontrubusi besar dalam pembuatan dalam anime ini dimana dunia para magi melawan musuhnya adalah dunia yang aneh dan penuh dengan simbol-simbol yang membuat atmosfir dalam anime ini gelap. Ceko juga mempengaruhi gaya cerita dalam anime atau manga Monster karya Naoki Urasawa yang membuat plot ceritanya sangat mencekam dengan tekanan psikologi yang berat.

Karakter Akemi Homura merupakan kunci dalam cerita dalam Puella Magi. Akemi memiliki kekuatan untuk melakukan time-leap ke masa lalu untuk menyalamatkan Madoka. Tapi di awal-awal cerita Akemi terlihat dingin dan cuek kepada Madoka, dan tentunya dia memiliki alasan tersendiri. Setelah mengalami banyak pertempuran, roda takdir dari Madoka tidak bisa berubah dimana pada akhirnya Madoka mati menyelamatkan Akemi. Akemi tidak bisa menerima takdir tersebut dan kehilangan sahabatnya sehingga dia telah melakukan banyak time-leap untuk menyelamatkan Madoka. Tapi pada akhirnya semua usaha Akemi sia-sia.

Di akhir episode, keduanya bertarung habis-habisan melawan musuh mereka yang kuat tetapi tidak bisa menang. Kemudian Madoka memutuskan untuk merubah dunia dengan sihirnya, membuatnya menghilang dari dunia dan membuat keberadaannya menjadi seperti dewa. Tidak seperti Kei yang dilupakan oleh semua orang, Madoka, meski dilupakan setidaknya Akemi masih mengingat bahwa Madoka pernah ada bersama dirinya dan akan selalu ada karena Madoka hidup abadi memperhatikannya dari sudut pandang dewa.

2. Light Yagami (Death Note)

Death Note dianggap sebagai anime genre psikologi terbaik sampai sekarang karena plot cerita yang menarik dengan menggabungkan konsep dunia nyata dan dunia spiritual. Anime ini menceritakan tentang buku kematian dimana siapa saja yang namanya ditulis dalam buku tersebut akan mati. Buku kematian tersebut tidaklah berasal dari dunia nyata tetapi dari dunia dewa kematian.

Light Yagami adalah tokoh utama antagonis dalam anime ini yang mendapatkan buku tersebut. Awalnya kehidupan Light sangat membosankan karena hidupnya yang sempurna dan mudah mendapatkan apapun yang diinginkannya. Tetapi satu-satunya yang mengganggu Light adalah ketidakadilan disekelilinginya sehingga mendapatkan buku kematian adalah anugrah terbesar dalam hidupnya.

Akhirnya, Light menggunakan buku tersebut untuk membunuh para pelaku kriminal yang tidak tersentuh oleh hukum dan membuatnya menjadi dewa kematian yang melebihi dewa kematian sebenarnya.

1. Iwakura Lain (Serial Experements Lain)

Pernahkah kalian berfikir bisa menjadi dewa dan hidup abadi? Mungkin secara logika, hal tersebut tidaklah mungkin. Tapi setelah kalian menonton anime ini, persepsi kalian tentang dewa dan keabadian mungkin akan berubah karena anime ini menjelaskan bagaimana seseoang bisa menjadi dewa secara rasional! Karena dibahas secara masuk akal, itulah alasan utama saya menjadikan Lain berada di posisi pertama.

Serial Experements Lain bisa kita kategorikan sebagai anime lawas dan anime lawas adalah yang terbaik jika menyangkut masalah psikologi. Meskipun gambarnya tidak sebagus anime yang sekarang tetapi ceritanya sangat dalam dan mungkin saja akan membuat kalian ‘gagal paham’ karena istilah dan plot cerita yang rumit.

Walaupun anime lawas, tapi tema yang diangkat dalam anime ini adalah dunia dimana teknologi sudah berkembang. Wired adalah teknologi sejenis computer dalam anime ini dimana mereka yang menggunakannya bisa berkomunikasi di dunia maya.

Di dalam anime ini dijelaskan bahwa kesadaran manusia hanyalah aliran listrik di dalam otak dan tubuh manusia hanyalah sebagai penegas keberadaannya sehingga memasukkan kesadaran manusia ke dunia virtual sangatlah mungkin. Ada beberapa tokoh di dalamnya yang rela membunuh diri demi hidup abadi di dunia wired.

Lain sendiri adalah karakter utama dalam anime ini digambarkan sebagai seorang siswi SD yang kehidupannya sangat normal. Awalnya Lain adalah anak yang gaptek tapi kehidupannya berubah ketika dia meminta dibelikan teknologi wired baru kepada ayahnya. Dan dari sinilah, saat Lain mulai mendengar suara-suara aneh dalam pikirannya dan ternyata dia bisa tersambung ke dunia wired secara offline.

Di akhir cerita, kehidupan lain bercampur antara dunia nyata dan dunia maya. Pada saat itu, Lain mulai kebingungan dan mulai meragukan keberadaannya di dunia. Sampai pada suatu hari dimana dia bisa mengendalikan dunia nyata dan maya sehingga dia bisa berada dimana saja secara bersamaan dan kapan saja entah itu di masa depan atau masa lalu. Itulah membuat keberadaanya menjadi dewa sesungguhnya.

Penutup

Setelah membaca artikel di atas jangan sampai berfikir yang aneh-aneh ya karena semuanya dari nomer 10 sampai 1 hanyalah fiksi belaka dan sebagai penonton kita hanya bisa menikmatinya bukan mencobanya hehe...

Bagi kalian yang mau menambahkan karakter baru, bisa menulisnya di kolom komentar besarta alasannya sehingga bisa saya pertimbangkan untuk saya masukan ke dalam daftar di atas. Semoga artikelnya bermanfaat dan menghibur teman-teman semua. Jaa ne!


EmoticonEmoticon