Sabtu, 25 Maret 2017

40 Rekomendasi Anime Terbaik dari 8 Genre yang Berbeda

Yahalo! kali ini saya menulis sebuah artikel yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Masih menyangkut rekomedasi anime terbaik dan terpopuler sepanjang masa tetapi dengan penyajian yang lebih lengkap, dan bervariasi.

Anime jepang seperti action, drama, fantasy, comedy, romance school, dan genre keren lainnya menjadi list wajib dalam artikel ini. Sisanya, seperti anime harem, gore, action dll, mungkin akan saya tulis dalam artikel lain supaya tidak terlalu panjang. Saya juga memasukan anime lawas sampai yang terbaru supaya lebih seru.

Dengan review dan sinopsis yang singkat, saya harapkan bisa membuat kalian lebih menikmatinya.

Jadi bagi kalian yang sudah bosan dengan rekomendasi anime yang itu-itu saja, mungkin dengan membaca tulisan ini sampai selesai akan menghibur kalian.


Saya tidak menulis semua genre anime tapi genre-genre yang saya anggap populer selebihnya akan saya jelaskan di penutup artikel ini. Genre-genre tersebut adalah Action, Post-Apocalyptic, Romance, Drama, Psychological, Romance, Fantasy, dan School Life.

Dan masing-masing genre saya masukan 5 anime yang menurut saya terbaik. Semoga saja tidak mengecewakan kalian hehe…

Ok, lebih baik langsung saja ya. Inilah 40 anime terbaik dari 8 genre yang berbeda. Selamat membaca.

BACA JUGA :  41 Rekomendasi Anime Romance Terbaik Sepanjang Masa

ACTION
1. One Punch Man


Kota Z, kota yang menjadi sumber masalah utama umat manusia karena di kota itulah penjahat dengan kekuatan super dan monster bermunculan.

Untuk mrlindungi manusia dari kehancuran, dibentuklah sebuah organisasi pahlawan yang beranggotakan pahlawan-pahlawan dengan dengan level tertantu.

Di antara pahlawan-pahlawan tersebut, Saitama, pemeran utamanya adalah salah satu dari yang terkuat. Saking kuatnya dia bisa membunuh semua musuhnya dengan sekali pukulan.
Mungkin kalian berfikir, apa serunya nonton anime yang menang sekali pukul?

Saya juga mikir seperti itu, tapi setelah menonton semua episodenya saya yakin kalian akan berubah pikiran.

Karena ada banyak adegan-adegan seru dan lucu dalam anime ini terlebih lagi setiap episode anime ini pasti ada action. Sesuatu yang tidak mungkin bosan untuk dilihat berkali-kali oleh para otaku.

Di youtube pun banyak sekali video tentang anime ini mulai dari review, AMV, sampai parodi. Saitama aslinya adalah manusia biasa seperti orang kebanyakan.

Tetapi pada suatu hari dia mencoba menyelamatkan seorang anak dari monster. Dari sana, dia mulai menentukan tujuan hidupnya yaitu mengalahkan para monster.

Dengan semangat yang membara, dia memulai latihannya dan membuatnya menjadi manusia terkuat yang pernah ada.

Awalnya dia sangat bersemangat bertarung melawan monster, tetapi lama-kelamaan dia menyadari kalau dia sudah terlalu kuat dan membuatnya bosan.

Akhirnya yang dia lakukan hanyalah bersantai-santai di rumahnya menunggu musuh yang sepandan. Dan tanpa di sadari dia menjadi seorang pengangguran dan hanya bersantai-santai di rumahnya. Sampai suatu hari dia bertemu seorang cyborg yang aneh bernama Genos.

Setelah Genos diselamatkan oleh Saitama dan melihat kekuatannya. Dia akhirnya memutuskan untuk menjadi murid Saitama.

Dan dimulailah kehidupan baru Saitama menjadi seorang pahlawan tak dikenal bersama muridnya Genos.

One Punch Man sudah popular sejak pemutaran perdananya. Bahkan di tahun 2016, anime ini masuk ke dalam nominasi untuk mendapatkan gelar anime terbaik selama satu tahun.

Untuk kalian yang suka nonton genre action dan belum menontonnya, maka kalian harus memasukan One Punch Man ke dalam daftar tontonan kalian.

2.  Fullmetal Alchemist: Brotherhood



Tidak perlu heran jika saya memasukan anime ini ke dalam daftar ini sebagai salah satu anime action terbaik mengingat torehan prestasinya yang luar biasa.

Anime ini pernah bertengger di posisi pertama sebagai anime dengan rating tertinggi di myanimelist selama beberapa tahun sampai akhirnya digeser oleh Kimi no Nawa.

Kisah dalam anime ini menceritakan tentang 2 orang bersaudara bernama Edward dan Alphonse Elric.

Mereka di kenal sebagai salah satu ahli alkemis termuda yang bekerja untuk pemerintah. Tetapi dibalik kehebatan mereka, tersimpan masa lalu yang kelam.

Ketika masih kecil keduanya mencoba menghidupkan kembali ibu mereka yang telah meninggal menggunakan ilmu alkemis terlarang.

Alhasil, mereka harus mengorbankan sesuatu yang berharga dalam diri mereka yaitu tubuh. Selain gagal melakukan reinkarnasi, mereka juga kehilangan bagian tubuh mereka.

Akhirnya mereka berpetualang mencari kebenaran dan mengembalikan tubuh mereka ke sedia kala.

Sampai suatu saat, pencarian mereka membawa mereka menuju kebenaran yang gelap dan mengerikan.

3.  Cowboy Bebop



Salah satu anime action lawas yang selalu masuk ke dalam rekomendasi anime action terbaik adalah Cowboy Bebop.

Bahkan di tahun pembuatannya saja, anime ini dianggap sebagai sebuah mahakarya dalam industri hiburan sampai-sampai popular di beberapa Negara-negara di barat khususnya Amerika.

Meskipun  membahas berjudul Cowboy, tapi sebenarnya penggambaran dari anime adalah futuristic dimana penjelajahan luar angkasa menjadi sesuatu yang lumrah terjadi.

Berdasarkan para fansnya, anime Cowboy Bebop banyak disukai tidak hanya karena hiburannya tapi juga isinya yang banyak tersirat nilai filosofis dan pesan moral.

Jadi jangan melewatkan anime ini juga karena walaupun dirilis sudah lama, 1998,

 tapi sampai sekarang anime ini menjadi salah satu anime action paling direkomndasikan dan tentunya kalian tidak akan kecewa jika menontonnya (old but gold).

4. Fate/stay night



Fate/stay night adalah salah satu anime action yang paling menghibur karena pertarungannya sangat apik.

Anime ini menggabungkan genre historical, fantasy, dan action di dalamnya dan tentu saja genre actionnya yang paling kental dalam anime tersebut.

Ceritanya tentang perebutan sebuah cawan suci yang memiliki kekuatan mistis, bisa mengabulkan keinginan siapa saja yang bisa mendapatkannya.

Ada banyak karakter di dalamnya, dimana setiap karakter yang ada memanggil roh pahlawan dari masa lalu untuk membantunya mendapatkan cawan suci.

Memiliki genre action tidak serta merta membuatnya hanya membahas adu kekuatan, tapi pertarungan yang sebenarnya ditentukan oleh strategi berfikir.

Termasuk juga di dalamnya bekerja sama satu sama lain demi menyingkirkan mereka yang dianggap kuat.

Karena anime ini dibuat oleh salah satu studio anime terbaik, Ufotable, jadi kalian tidak perlu lagi mempertanyakan kualitas gambar dari anime ini.

Sejauh ini, Ufotable masih menjadi studio penghasil anime terbaik termasuk dari segi grafik.

Oleh karena itu, tidak hanya karena cerita yang luar biasa, kalian juga akan dimanjakan dengan grafik yang memanjakan mata.

5. Baccano!


Secara keseluruhan, Baccano!, sangat cocok masuk ke dalam list ini karena ceritanya yang memang bisa disebut sebagai action murni.

Berbeda dengan anime-anime sebelumnya, Baccano! Memiliki alur cerita yang tidak jauh dari realita karena menceritakan tentang warna kehidupan kriminal dari beberapa karakter utamanya.

Kalian bisa menyebut anime ini memiliki banyak karakter utama atau tidak memiliki karakter utama karena keduanya benar.

Ceritanya tidak terfokus ke satu karakter saja jadi seolah-olah penontonlah yang akan memilih karakter mana yang paling disukai.

Sama seperti, Durarara, anime yang menurut saya terinspirasi dari Baccano! Juga menerapkan gaya penyajian seperti ini.

Bisa dibilang Baccano! Merupakan versi lama dari Durarara! Yang walaupun beerdasarkan kehidupan realita tapi fiksi dalam anime tersebut juga ada.

Beberapa orang alkemis diberikan sebuah obat yang bisa membuat mereka hidup abadi oleh iblis tapi mereka semua lebih memilih mati bersama dengan rahasi tersebut.

Kecuali satu orang. Dan orang tersebut memproduksi lebih banyak obat keabadian tersebut, yang kemudian jatuh ke tangan orang yang salah.

Dari sanalah konflik-konflik mulai terjadi dari pencuri, alekmis, penipu, dan para kriminal lainnya.

POST-APOCALYPTIC
1. Shingeki no Kyojin



Shingeki no Kyojin pemenang penghargaan anime terbaik tahun 2014 sekaligus menjadi pusat perhatian pada tahun 2013 silam.

Banyak hal yang membuat anime ini pantas disebut sebagai masterpiece karena selain ceritanya yang fresh, plot ceritanya juga sangat epic.

SnK mengambil latar waktu dimana manusia hampir punah karena dimangsa oleh para titan.

Akhirnya, demi menjaga kelangsungan hidup, manusia tinggal di dalam tempat yang dikelilingi tembok dengan tinggi sekitar 50 m.

Di sana, mereka hidup dengan damai dan membangun sebuah komuntias yang memiliki aturan dipimpin oleh seorang raja.

Akan tetapi, pada suatu hari yang tenang, manusia mendapatkan sebuah peringatan. Titan dengan ukuran colossal menghancurkan tembok terluar dan mengakibatkan masuknya titan-titan yang lain.

Sekali lagi, umat manusia terancam dari kepunahan setelah hidup damai di dalam tembok selama ratusan tahun.

Pertarungan antara Titan dan manusia dalam anime digambarkan dengan luar biasa, karena tidak seperti anime lainnya.

SnK seakan-akan tidak segan-segan dalam membunuh karakter penting dalam animenya. Jadi ada banyak kejutan yang memompa adrenalin ketika menonton anime ini.

2. Guilty Crown



Alasan utama kenapa saya memasukan anime ini adalah karena endingnya yang sangat bagus dan mengharukan.

Tidak hanya karena ending, secara keseluruhan alur ceritanya sangat bagus dari awal sampai akhir karena banyak sekali adegan-adegan seru di setiap episodenya.

Terebih lagi anime ini banyak digamari para otaku karena ceritanya yang bikin nyesek dengan cerita roman yang campuran aksi yang menegangkan.

Plot ceritanya memang unik dan berbeda dengan anime kebanyakan. Dimana pemeran utamanya bisa menarik senjata dari dalam tubuh semua orang.

Meskipun terdengar seperti supernatural tapi semuanya tetap dibahas secara ilmiah (Sci-fi).

Guilty Crown, sebuah anime dengan gabungan psikologi, action, sci-fi, post-apocalyptic dan romance merpukan anime selanjutnya yang saya masukan ke dalam daftar.

Setelah sebuah tragedi yang hampir membunuh semua orang, seorang pemuda secara tidak sengaja mendapatkan sebuah kekuatan.

Dan dengan kekuatan tersebut dia berusaha untuk mengembalikan keadaan Jepang seperti sediakala sebelum diambil alih oleh sebuah organisasi bernama GHQ.

Namanya adalah Ouma Shuu, seorang remaja biasa dan memiliki hidup yang biasa. Suatu ketika dia bertemu dengan seorang gadis bernama Inori.

Di awal pertemuan, Shuu mengira Inori adalah gadis biasa sampai dia menyadari semua tentangnya.

Tapi semuanya sudah terlambat, karena tanpa sadar dia sudah terbawa ke medan perang yang kapan saja bisa merenggut nyawanya.

Untuk lebih jelasnya langsung tonton saja ya aksi Shuu yang penuh dengan ketegangan dan perjalanan yang mengharukan.

3. Koutetsujou no Kabaneri



Setelah terjadinya revolusi industri, tiba-tiba kehidupan umat manusia karena munculnya mayat hidup yang di kenal dengan nama Kabane.

Dalam beberapa hari saja, Kabane bisa menghancurkan beberapa kota sekaligus sehingga manusia terpaksa membangun sebuah tembok yang hanya bisa dimasuki melalui jembatan.

Mereka yang digigit oleh kabana akan memiliki nasib yang lebih buruk dari kematian karena pada akhirnya mereka akan berubah menjadi pasukan mayat hidup.

Untuk membunuh kabana sendiri, harus menggunakan senjata khusus untuk menembus jantungnya yang dilapisi oleh kulit sekuat baja.

Ikoma adalah pemeran utama dalam anime ini yang bekerja sebagai teknisi dan dengan kemampuannya dia menciptakan sebuah alat yang  bisa membunuh kabana dengan mudah.

Akan tetapi, setelah alatnya tercipta dia harus dihadapkan dengan nasib buruk karena terkena virus dari kabana.

Pada akhirnya, Ikoma harus berjuang memusnahkan kabana dan menyelamatkan dunia dari kehancuran sembari melawan virus yang ada di tubuhnya.

Tenang saja, ini bukan spoiler karena semua yang di atas terjadi di episode pertama.Jika dilihat dari sinopsisnya anime ini sangat mirip dengan Shingeki no Kyojin.

Kalian yang suka menonton SnK pasti menyukai anime yang satu ini.

4. Owari no Seraph 


Setelah virus mematikan menyebar dan membunuh semua manusia kecuali mereka yang berumur di bawah 13 tahun,

Para vampire mumbawa anak-anak yang masih bertahan hidup ke dalam kerajaan mereka.

Yuuichiro dan Mikaela Hyakuya adalah 2 orang anak yang ikut dibawa bersama dengan teman-teman mereka dari panti asuhan.

Mikaela membuat sebuah rencana untuk kabur dari tempat vampire tersebut tetapi dia dan teman-temannya gagal dan hanya Yuu yang bisa berhasil kabur.

Beberapa tahun kemudian, Yuu bergabung di sebuah organisasi kemiliteran yang bertujuan untuk membasmi vampire yang berkuasa di Jepang.

Sebauh awal pembalasan dendam Yuu atas pembantaian teman-temanya.

Owari no Seraph memiliki seting waktu dimana umat manusia terancam oleh virus dan vampire yang selalu menghantui mereka.

Dan mereka yang bertarung melawan vampire adalah mereka yang sudah kehilangan keluarganya.

5. Ergo Proxy


Di dalam sebuah kota bernama Romdo tinggal komunitas terakhir yang ada di bumi. Ribuan tahun yang lalu, bencana global yang menyebabkan hampir punahnya kehidupan makhluk hidup.

Untuk mempercepat tumbuhnya ras manusia, mereka menciptakan sebuah robot humanoid, Autoreiv, yang menemani dan menjaga manusia dalam setiap kegiatannya.

Suatu ketika Autoreivs mengalami sebuah kerusakan yang menyebabkan mereka mendapakan kesadaran seperti manusia.

Karena masalah tersebut, Re-l diutus untuk menyelidiki fenomena aneh tersebut bersama rekan autoreiv-nya, Iggy.

Tetapi semakin lama dia menyelidiki samakin dalam dia menemukan sebuah rahasia tergelap dari dosa manusia.

Selain bergenre post-apocalyptic, Ergo Proxy juga menyuguhkan genre psikologi yang kuat.

Bahkan anime ini juga menyandang gelar sebagai anime dengan genre psychological terbaik seperti halnya Death Note.

DRAMA
1.  Angel Beats!



Adakah kehidupan setelah kematian? Dan Apakah arti kehidupan? Adalah pertanyaan yang akan dijawab dalam anime Angel Beats.

Pertanyaan filosofis sepeti di atas mungkin akan membuat kalian merenung memikirkan jawabannya,

tapi dengan menonton anime ini tidak hanya jawaban yang akan kalian termukan tapi hiburan dan kesedihan yang mungkin belum pernah kalian rasakan sebelumnya.

Benar, Angel Beats adalah salah satu anime yang berhasil menguras air mata penontonnya dan siapapun yang pernah menontonnya pasti memasukan anime ini ke dalam daftar anime terbaiknya termasuk saya.

Suatu ketika Otonashi terbangun dari tidurnya dan tiba-tiba dia berada di sebuah dunia setelah kehidupan.

Tempat tersebut adalah sekolah tetapi di sana banyak terjadi pertempuran termasuk melawan musuh terkuat mereka yang dipanggil Tenshi (malaikat).

Meskipun dia diajak untuk ikut bertarung melawan Tenshi, Otonashi masih merasa ada sesuatu yang keliru sehingga dia meragukan kepercayaan teman-temannya.

Akhirnya dia lebih memilih untuk berbicara dengan Tenshi tersbut untuk bernegosiasi. Biasa dibilang bunuh diri, tapi siapa juga yang peduli toh dia juga sudah mati.

Di sana Otonashi memulai kehidupan barunya setalah kematian bersama teman-temannya yang ternyata memiliki banyak penyesalan saat mereka hidup.

Itulah kenapa mereka tidak bisa pergi ke surga. Sampai mereka bisa merelakan apa yang sudah terjadi ketika masih hidup.

2.  Anohana



Siapa yang tidak tahu anime ini bukanlah otaku sejati. Saya menganggapnya demikian karena memang anime ini adalah anime terbaik yang paling menguras air mata.

Bahkan beberapa situs menaruh anime ini di posisi pertama sebagai anime paling sedih..

Ceritanya bermula pada musim panas, dimana Jinta tiba-tiba bertemu dengan teman masa kecilnya yang sudah meninggal karena kecelakaan namanya Menma.

Setiap hari, dalam wujud hantu Menma selalu mengganggu Jinta dan menyuruhnya untuk memenuhi permintaanya.

Menma kembali ke kehidupan Jinta karena ingin keinganannya ketika masih hidup dikabulkan bersama dengan teman-temannya yang sudah tidak saling menyapa lagi ketika dewasa.

Jinta akhirnya mencoba untuk memenuhi permintaannya dan yang pertama dia lakukan adalah mengumpulkan semua teman dekat semasa kecilnya yang sudah tidak saling menyapa.

Kembalinya Menma ke kehidupan mereka membawa kebahagian, penyesalan, dan juga kesedihan di antara mereka.

Karena Menma merupakan alasan mereka berpisah dan kembali bersama demi mewujudkan permintaan terakhirnya.

3.  Clannad : After Story


Saya akan merasa berdosa jika tidak memasukan Clanned ke dalam daftar drama terbaik.

Karena dari sekian banyaknya fans anime di forum-forum besar selalu menyebutkan anime yang memiliki cerita paling nyesek dan bikin baper terus.

Clannad : After Story adalah season kedua dari Clanned oleh karena itu lebih baik kalian tonton season pertamanya dulu supaya bisa mengerti alur ceritanya.

Di sebuah kota yang sederhana dan damai, tinggal seroang pemuda bernama Tomoya Okazaki yang memiliki kehidupan yang buruk dan membosankan.

Dia adalah anak yang nakal dan sering bolos sekolah demi melakukan hal yang tidak baik. Tetapi kehidupannya perlahan berubah setelah bertemu gadis bernama Furukawa Nagisa.

Keduanya memiliki sifat yang berbeda tetapi Nagisa akhirnya bisa merubah sifat Okazaki kea rah yang lebih baik.

Mereka pun berteman akrab bersama dengan teman-teman mereka yang lainnya. Menjalani kehidupan sekolah yang sederhana nama bahagia.

Tetapi siapa yang menyangka, ternyata di balik ketenangan karakternya mereka menyembunyikan masalah masing-masing.

Dari sini Okazaki memutuskan merubah hidupnya dan membantu menyelesaikan masalah yang dimiliki.

Hampir setiap saat anime ini akan membuat kalian tersentuh dan siap-siap saja karena di akhir cerita, sekuat apapun kalian tidak akan bisa menahan air mata.

Atau setidaknya tersentuh oleh ceritanya yang sangat mengharukan.

4. Tokyo Magnitude 8.0


Di antara semua anime genre Drama terbaik, mungkin Tokyo Magnitude 8.0 adalah yang paling tidak populer.

Tetapi karena saya sudah menontonnya jadi saya anggap anime ini pantas untuk dimasukan bersanding dengan yang lainnya.

Seperti judulnya, cerita dalam anime ini adalah tentang gempa berkekuatan 8.0 yang menggunacang dan menghancurkan kota Tokyo yang dikenal sebagai ibu kota Jepang.

Karakter utamanya adalah seorang gadis SMP bernama Mirai Onozawa yang berusaha menyelamatkan diri bersama dengan adik laki-lakinya berumur 8 tahun, Yuuki Onozawa.

Tujuan mereka adalah kembali ke rumah setelah berbelanja di kota. Tanpa alat transportasi apapun, mereka berjalan menuju orang tua mereka.

Dan untuk menemukan jalan pulang, mereka mendapatkan banyak sekali rintangan terlebih karena masih dalam keadaan bahaya.

Tokyo Magnitude 8.0 menghadirkan gambaran keputusasaan, ketakutan, kemalangan, dan harapan dari karakter-karakternya.

Cerita di dalamnya benar-benar dramatis dan mengharukan yang membuat saya memasukan anime ini menjadi salah satu yang terbaik.

5.  Shigatsu wa Kimi no Uso



Siapa yang tidak kenal anime yang satu ini, dianggap sebagai salah satu masterpiece dan penuh drama kehidupan yang mengharukan di tahun-tahun dimana anime action dan fantasy sedang meraja.

Judul indonesianya adalah ‘Kebohonganmu di Bulan April’ mengisahkan tentang kehidupan remaja Arima Kousei yang monoton.

Arima dulunya adalah seorang pianis berbakat dan disegani banyak orang tetapi ketika ibunya meninggal dia berhenti bermain piano.

Dan lebih memilih untuk hidup sebagai remaja yang normal dengan menyembunyikan identitasnya.

Tetapi kehidupan monotonnya berubah setelah bertemu dan Kaori yaitu seorang violis dengan pembawaan yang riang dan energik.

Dia membawa Arima ke dunianya kembali, Dunia music dan membuat kehidupannya penuh dengan warna.

Yang paling menakjubkan dalam anime ini adalah musiknya, karena di setiap episode disuguhi dengan alunan musik klasik yang sangat menyentuh.

Terlebih lagi dengan ceritanya yang juga mengharukan.

Bisa dibilang kalau Shigatsu wa Kimi no Uso merupakan anime paling sedih terbaru dan paling menguras air mata.

Jadi jangan lewatkan ceritanya yang dramatis, romantis, dengan alunan musik yang bikin nangis.

PSYCHOLOGICAL
1. Death Note



Tidak diragukan lagi, kalau sampai sekarang belum ada yang bisa menyamai kehebatan dan kepopuleran anime Death Note yang dianggap sebagai anime dengan genre psikologi terbaik sepanjang masa.

Bahkan orang tidak suka genre psikologi akan menyukai anime ini karena ceritanya yang tidak bergitu rumit tapi apik.

Light Yagami adalah seorang siswa yang hidup dengan kesempuranaan, tetapi dia merasa bosan dengan hidupnya terutama dia merasa muak dengan ketidakadilan di sekitarnya.

Suatu hari harapannya terjawab, bukan oleh Tuhan tapi dewa kematian!

Dia melihat sebuah buku yang bertuliskan Death Note di sampulnya. Tentu dia tidak mudah percaya dengan hal bodoh seperti itu.

Sampai dia benar-benar membuktikannya dengan menuliskan sebuah nama dan orang yang ditulis namanya dalam buku tersebut akan mati.

Dia akhirnya menghabiskan hari-harinya untuk membunuh orang yang tidak tersentuh hukum sampai suatu hari dia bertemu dengan seorang detektif hebat yang dikenal dengan nama L.

L adalah penyelidik yang hebat dan setara dengan kepintaran Light sendiri sehingga mereka berdua menjadi lawan yang seimbang.

Bukan adu jontos tetapi pertarungan dengan adu kecerdasan dan strategi karena siapapun yang identitasnya terbongkar pertama kali akan kalah.

Death Note adalah salah satu anime yang menghadirkan 2 karakter utama dengan sisi yang berbeda dan membuat keduanya menjadi pembawa cerita yang luar biasa.

2. Monster



Perasaan mencekam dan cerita yang sangat gelap benar-benar berhasil ditampilkan oleh anime ini.

Walaupun saya belum menonton animenya tapi saya membaca manganya sampai selesai dan jujur saja.

Monster adalah manga pertama yang ceritanya membuat bulu kuduk saya berdiri karena tekanan psikologinya yang menakutkan.

Jadi apa yang kalian bayangkan ketika mendengar nama monster? Raksasa atau makhluk besar yang menakutkan?

Sebenarnya tidak, karena Monster yang dimaksud di sini adalah sebutan untuk karakter antagonisnya yang keberadaanya lebih manakutkan dari makna monster itu sendiri.

Seperti angin yang tidak terlihat tapi bisa dirasakan.

Bermula dari karakter Dr. Kenzo Tenma yaitu seorang dokter ahli bedah yang berasal dari Jepang namun bekerja di rumah sakit Jerman.

Dia memiliki prestasi yang luar biasa dalam dunia kedokteran tetapi suatu hari dia merasa muak karena para atasan dan politikus memanfaatkan kekuasaan mereka untuk mengendalikannya.

Tapi itu bukanlah awal dari masalahnya karena apa yang terjadi setelahnya akan merubah hidup Tenma.

Suatu hari ada seorang anak yang hampir meninggal karena luka tembak di kepala. Tetapi Dr. Tenma dipaksa untuk menyelamatkan orang lain oleh atasannya.

Dia menolak permintaan tersebut dan lebih memilih untuk menyelamatkan anak kecil yang bernama Johan.

Ternyata dia telah membuat sebuah kesalahan terbesar dalam hidupnya karena tanpa sadar dia telah menyelamatkan seorang ‘Monster!’.

Akhirnya, Dr. Tenma membuang semua kehidupan mewahnya sebagai dokter demi menebus kesalahannya dan mencari Johan demi membunuhnya. Membunuh orang yang sudah ia selamatkan.

3. Serial Experiments Lain



Menyebut kata psikologi maka anime yang juga terlintas di benak para otaku adalah anime Serial Experiments Lain.

Wajar jika banyak orang yang belum tau anime ini karena memang ditayangkan sudah lama sekali yaitu tahun 1998.

Tetapi dari sekian banyaknya anime psikologi saya lebih memilih anime lawas ini untuk dimasukan ke dalam daftar ini.

Alasannya sederhana karena memang ceritanya dari awal sampai akhir sangat kental dengan aura psikologis.

Meskipun pembawaan anime ini lambat tetapi ceritanya berhasil disampaikan kepada penonton.

Kalian mungkin akan kesulitan menceri anime ini karen memang sudah lama sekali jadi banyak link download yang mati, tapi masih ada beberapa yang masih aktif sampai sekarang.

Ceritanya bermula dari karakter Lain, seorang gadis yang gaptek dan memiliki kehidupan yang membosankan.

Sampai suatu hari teman sekelasnya mendapat pesan misterius dari seorang gadis yang sudah meninggal.

Karena penasaran Lain, mencoba mengaktifkan kembali Wired-nya (sejenis computer).

Ternyata dia juga mendapatkan pesan yang sama bedanya lain mengartikan dan melihat pesan tersebut dengan cara yang berbeda.

Lain meminta ayahnya membelikan Wired baru untuk menggantikan yang lama dan perlahan-lahan, dari sosok gadis yang gaptek dia berubah menjadi seorang master di bidang tenologi.

Kehidupannya pun mulai berubah dari dunia nyata ke dunia maya.Dan ternyata Lain memiliki rahasia yang besar dalam dirinya yang dia sendiri tidak tahu.

Sampai suatu saat dia menemukannya dengan menghilangkan pembatas antara dunia maya dan dunia nyata

4. Shinsekai Yori



Shinsekai Yori merupakan salah satu anime psikologi dengan rating yang tinggi, hampir menyentuh 9!

Anime ini juga termasuk ke dalam 100 anime terbaik versi Myanimelist dengan peringkat 98 besar di tahun 2017.

Jadi apa sebenarnya kelebihan anime ini sehingga saya memutuskan memasukan ke dalam daftar?

Meskipun tanpa rating yang tinggi sekalipun, saya akan tetap memasukannya karena di dalam daftar yang saya buat ini bukanlah berdasarkan rating.

Tapi bagus tidaknya cerita yang dimiliki dan Shinsekai Yori tidak diragukan lagi kualitas ceritanya yang sangat begus untuk genre psikologi.

Awalnya saya kebingungan mengikuti ceritanya karena anime ini menggabungkan beberapa aspek seperti teknologi, supernatural, psikologi, dan misteri.

Tapi setelah menonton sampai beberapa episode ceritanya pun semakin jelas dan saya benar-benar terkejut dengan ending maupun isi di dalamnya.

Salah satu anime yang sangat saya kagumi jika dilihat dari kompeksitas ceritanya.

Pemeran utamanya adalah seorang gadis bernama Watanabe Saki, dia merupakan salah satu murid di sebuah sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan kekuatan supernatural dari anak-anak.

Karena jika mereka tidak bisa mengendalikannya maka mereka akan berubah menjadi iblis yang mematikan.

Saki memiliki beberapa teman di sekolahnya, tetapi dia mulai merasakan banyak kejanggalan terjadi karena dia merasa ada beberapa orang yang mulai menghilang tetapi dia tidak bisa mengingat siapa saja mereka.

Sampai suatu saat dia bertemu dengan Minoshiro (sebuah makhluk aneh yang tahu segalanya). Dia bertanya tentang asal usul manusia juga peradaban dan dari mana kekuatan mereka berasal.

Minoshiro pun memberitahukan hal yang sangat mengejutkan. Sebuah rahasia yang sangat terlarang diketahui oleh orang-orang.

Di anime ini juga ditampilkan makhluk-makhluk aneh yang bisa berbicara dan memiliki hubungan erat dengan manusia.

Awalnya saya mengabaikan kehadiran mereka, tetapi diakhir cerita mereka memberikan sebuah kejutan yang luar biasa.

Ada banyak yang ingin saya sampaikan tentang anime ini tetapi tidak akan cukup jika dibahas di sini. Jadi lebih baik menonton saja langsung ya, dan jangan sampai ‘gagal paham’ saat menontonnya.

5. Boku dake ga Inai Machi 



Sebenarnya ada beberapa anime lain yang juga pantas menempati posisi ini, tetapi alasan saya menempatkan Boku dake ga Inai Machi adalah sebagai perwakilan anime baru karena anime ini dirilis awal tahun 2016.

Jujur saja, anime genre psikologi sangat jarang ditemukan belakangan ini karena lebih banyak action, romance, dan comedy.

Jadi sangat menyenangkan bisa melihat genre psikologi lagi di tahun-tahun yang dipenuhi genre-genre di atas dan tentunya dengan cerita yang bagus pula.

Kemunculannya diawal tahun menjadi sesuatu huburan tertentu terlebih lagi skornya yang tembus 8.62 dan menempati posisi 56 versi myanimelist! Menjadikan anime ini layak untuk kita tonton.

Karakter utamanya adalah Fujinuma Satoru yang merupakn seorang pegawai biasa pengantar makanan siap saja.

Awalnya, dia memiliki kehidupan yang biasa sampai suatu saat dia tiba-tiba mendapatkan kekuatan supernatural.

Dimana dia bisa kembali ke masa lalu beberapa saat sebelum sebuah kecelakaan terjadi. Sehingga dia bisa terhindar dan menyelamatkan orang lain di sekitarnya.

Tetapi suatu hari dia terjebak dalam sebuah kasus yang menyeretnya menjadi seorang tersangka dan tidak bisa mengulang lagi.

Karena merasa frustrasi, dia tiba-tiba kembali ke masa lalu, bukan beberapa saat, tetapi jauh ke beberapa tahun ke belakang tepatnya ketika dia masih SD.

Di sana dia berusaha untuk menyelamatkan seorang gadis bernama Hinazuki Kayo yang akan menghilang beberapa hari lagi.

Untuk mencegahnya dan merubah masa depan, dia setiap hari memperhatikan dan menjaga gadis tersebut sebelum kehilangannya.

Sampai suatu saat dia terjebak dalam lingkaran waktu dan membuatnya merasa putus asa dengan takdirnya.

Misteri gadis benama Kayo akan dibahas diakhir cerita dan sebelum itu dia hanya akan menjadi seorang gadis misterius yang penuh dengan misteri.

ROMANCE
1. Kimi ni Todoke


Jika ada yang menanyakan tentang rekomendasi anime romance maka judul pertama yang akan saya sebutkan adalah Kimi no Todoke.

Bisa dibilang kalau anime ini adalah mascot dari genre romance karena kisahnya yang sederhana namun menyentuh dengan cerita cinta antara 2 karakter utamanya yaitu Kuronoma Sawako dan Kazehaya Shouta.

Sawako atau di dalam animenya sering dipanggil Sadako karena namanya mirip dengan hantu dalam film the ring (itu lho hantu Jepang yang keluar dari TV, adalah gadis yang polos.

Saking polosnya meski orang sering mengoloknya dan menjauhinya, dia tetap saja bersikap ramah kepadanya. Bisa dibilang dia gadis yang sangat baik.

Sampai akhirnya dia bertemu dengan Kazehaya. Kazehaya adalah penyelamat bagi Sadako karena kehadirannya membuatnya merasa tenang dan memiliki banyak teman.

Terlebih lagi Kazehaya merupakan cowok yang sangat populer di sekolahnya.

Dia juga selalu memperhatikan Sadako yang berbeda dengan gadis biasanya sampai dia jatuh hati melihat kebaikan dan ketulusan dari Sadako.

Kazehaya pun memutuskan untuk membantu Sadako mendapatkan teman, dan meskipun banyak cobaan kisah romantis mereka terus berkembang hari demi hari.

Tidak hanya cerita romance yang dibahas dalam anime ini, ada juga kisah persahabatan, perjuangan, dan ketegaran dari Sadako menjalani hari-harinya di sekolah yang kadang dibenci dan kadang disenangi.

Tetapi satu-satunya orang selalu mempercayainya dan berada di sekatnya adalah Kazehaya. Jadi sangat sulit bagi Sadako untuk tidak jatuh hati kepadanya.

Orang yang selalu membantunya dan dia kagumi.Itulah sedikit gambaran tentang anime ini, untuk lebih jelasnya langsung nonton aja ya.

Ada 25 episode dalam anime ini dan juga season ke-2-nya. Saya juga sebenarnya sedang menerjemahkan anime ini karena terjemahan sebelumnya kurang pas.

Jadi bersama teman saya, kami berinisiatif untuk membuatnya dan karena ini juga saya jadi tahu betul kalau anime ini memang pantas disebut sebagai romance terbaik saat ini.

2. Kaichou wa Maid-sama!



Lebih khusunya, anime ini bergenre romance dan comedy karena tidak hanya cerita romantisa saja yang disuguhkan tetapi juga banyak adegan kocak yang sangat menghibur.

Intinya, kalian tidak akan bosan menontonnya. Awalnya saya agak pesimis dengan anime ini, karena judulnya ada maid-nya, dan agak anti dengan genre seperti itu.

Tetapi setelah melihat ratingnya yang tinggi akhirnya saya pun penasaran dan mencoba menontonnya.

Dan tentunya hasilnya sudah ketahuan kan, itulah alasan saya menaruh anime ini sebagai salah satu yang terbaik di dalam daftar ini.

Kalian pun tidak perlu ragu lagi apakah ceritanya bagus atau tidak karena saya sendiri.

Yang pertamanya menganggapnya tidak bagus malah menjadi sangat bagus setelah menonton semua episodenya.

OK, jadi ceritanya adalah tentang seorang gadis SMA bernama Misaki. Dia adalah seorang ketua osis yang galak dan sering memukul murid cowok di sekolahnya.

Karena sekolah tersebut lebih banyak cowok jadi sering terjadi deskriminasi sehingga Misaki datang sebagai penyelamat para murid cewek di sekolahnya.

Tapi siapa yang sangka, karena hidupnya yang miskin dan serba kekurangan, dia harus bekerja paruh waktu sebagai seorang Maid!

Sudah tahu kan Maid itu kayak gimana, ada manis-manisnya gitu hehe… Maksud saya, ketika dia menjadi Maid prilakunya berbeda 180 drajat dari ketika berada di sekolah.

Dia juga bersusah payah menyembunyikan pekerjaannya karena bisa merusak reputasinya di sekolah yang selama ini dianggap garang dan seperti preman.

Sialnya, ada seorang murid dari sekolahnya yang tahu identitasnya. Dialah Usui Takumi, cowok paling keren dan dikejar-kejar oleh para gadis.

Usui sendiri terlihat tidak terlalu peduli dengan pekerjaannya, tapi dia lebih tertarik dengan Misaki.

Usui pun akhirnya memanfaatkan situasi Misaki untuk bisa menjahilinya dan dekat dengannya. Dan Misaki hanya bisa pasrah karena tidak ingin Usui membongkar rahasianya.

Pertemuannya dengan Usui adalah kesialan terindah dalam hidup Misaki, karena dengan mengenal Usui menambah satu warna baru dalam hidupnya. Warna cinta.

3. Akagami no Shirayuki-hime



Jika kalian sedang mencari anime dengan kisah romantis dengan nuansa kerajaan maka tidak perlu mencari lagi karena Akagami no Shirayuki-hime adalah rekomendasi terbaik yang saya berikan untuk kalian.

Ceritanya pun tidak berbelit-belit karena di semua episodenya menjajikan nuansa roman antara seorang gadis biasa dengan seorang pangeran.

Namanya adalah Shirayuki, seorang gadis biasa yang berprofesi sebagai herbalis dan mempunyai sebuah apotik pribadi.

Keahliannya dalam bidang pengobatan tidak perlu diragukan lagi karena dia bisa menyebuhkan hampir semua penyakit hanya dengan obat-obat tradisional.

Tetapi yang paling menarik darinya adalah rambutnya yang berwarna merah.

Orang yang memiliki rambut merah sangat jarang ada sehingga rambutnya memiliki daya terik tersendiri bagi setiap orang yang melihatnya.

Sampai suatu saat, kabar kecantikannya didengar oleh pangeran sombong di tempatnya benama Raj. Dia pun ingin menjadikan Shirayuki menjadi selirnya dan tentu saja Shirayuki menolaknya.

Akhirnya dia harus kabur dari kerajaan dan meninggalkan rumahnya. Siapa sangka ternyata perjalanannya saat kebur adalah titik balik kehidupannya

Karena, secara tidak sengaja, dia bertemu dengan seorang pangeran tampan dan baik bernama Zen. Dari sanalah awal pertemuan keduannya dan terjalin ikatan yang semakin erat.

Terlebih lagi setelah pengeran Zen memutuskan untuk menyelamatkan Shirayuki dari Raj dengan membawanya dan tinggal di kerajaan dimana dia berada.

4. Lovely★Complex



Lovely Complex mungkin bisa kita golongkan sebagai anime ‘lawas’ karena anime ini sudah dirilis 10 tahun yang lalu  dihitung dari 20017 atau lebih tepatnya 2007.

Dari sekian banyaknya anime romance belakangan ini, tentu bukan tanpa alasan saya memasukan anime ini ke dalam daftar.

Jika membicarakan kata ‘romantis’ pasti yang terbayang di benak kalian adalah ‘cerita tentang keindahan cinta dengan melengkapi satu sama lain’.

Jika demikian maka pantaslah anime ini berada di sini karena Lovely Complex menceritakan tentang kisah cinta

Yang dimana kedua karakternya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing namun saling melengkapi satu sama lain.

Tema yang diangkat dalam anime ini sangat umum terjadi tetapi jarang diangkat ke permukaan karena mungkin ini adalah hal yang tabu dan tidak baik untuk dibahas. Yaitu tentang tinggi badan laki-laki dan perempuan.

Biasanya, yang ideal itu adalah laki-laki lebih tinggi daripada perempuan karena jika sebaliknya keduanya akan merasa minder

Dan pemikiran seperti ini bisa kita temukan di mana saja termasuk Indonesia sendiri. Itulah topik yang diangkat dalam anime ini.

Seakan-akan pembuatnya ingin membuat kita menyadari bahwa cinta itu adalah tanpa syarat.

Remaja SMA yaitu Atsushi Otani adalah seorang cowok yang bertubuh pendek sedangkan Riza Koizumi adalah cewek yang bertubuh tinggi.

Awalnya keduanya sering bertengkar karena menjelek-jelekan kekurangan masing-masing.

Dan tentunya banyak sekali adegan lucu dalam anime ini terlebih lagi ketika mereka memperdebatkan masalah tinggi badan.

Sampai suatu saat mereka menyadari kalau ternyata keduanya memang memiliki kekurangan masing –masing sehingga mereka mulai merasakan perasaan yang sama karena perbedaan yang miliki.

Akhirnya mereka pun saling mengasihi karena memiliki nasib yang sama. Dari pertengkaran menjadi pertemanan. Dan dari pertemanan terjalin kisah romantis yang sangat romantis.

Dimana keduanya, saling menerima keadaan satu sama dan menjadi kekurangan itu sebagai alasan mereka untuk saling melengkapi.

5. Ao Haru Ride



Mungkin Ao Haru Ride adalah anime romance yang paling mendekati realita percintaan anak remaja sekarang ini.

Karena alur ceritanya memang lebih realistis jika dibandingkan dengan animer romance lainnya.

Tetapi poin terpenting yang membuat anime ini masuk ke dalam daftar ini adalah karena ceritanya sangat sarat dengan adegan romantis tanpa merusak alurnya.

Jika kalian lebih menyukai romance yang tanpa basa-basi yang terlalu banyak dengan cerita yang menarik dan tidak membosankan, maka Ao Haru Ride pantas untuk kalian coba.

Terutama bagi kalian yang cewek, saya yakin kalian pasti akan menyukai anime ini karena adegannya memang terlihat lebih untuk membuat hati para gadis meleleh.

Dan memang sudut pandang yang ditampilkan pun dari sudut pandang cewek. Namanya adalah Yoshioka Futaba.

Futaba adalah tipe gadis yang dibenci oleh teman ceweknya yang lain karena wajahnya yang cantik sehingga banyak membuat para laki-laki tertarik padanya.

Faktanya, meskipun dia memliki banyak pilihan tetapi Futaba hanya menyukai satu orang saja yaitu seorang cowok bernama Tanaka.

Di SMP, Tanaka adalah orang yang pemalu dan tidak mencolok, tetapi bagi Futaba dia adalah laki-laki yang sangat baik dan suka membantunya. Sampai semuanya berubah ketika mereka masuk SMA.

Karena sudah bosan menjadi perhatian banyak orang, di SMA, Futaba merubah sikapnya menjadi lebih tomboy dan memakan makanan yang banyak supaya tidak ada laki-laki yang mendekatinya.

Tetapi, tidak disangka-sangka setelah tidak bertemu sekian lama akhirnya dia bertemu lagi dengan orang yang dia sukai ketika SMP, Tanaka.

Tidak, namanya bukanlah Tanaka lagi, karena di SMA dia lebih dikenal dengan nama Mabuchi Kou.

Tidak seperti di SMP, dia benar-benar berubah menjadi orang yang dingin dan tidak peduli dengan apapun, termasuk juga dengan kehadiran Futaba.

Futaba terkejut dengan perubahan tersebut, dia seperti bukan Tanaka lagi. Meskipun demikian Futaba tetap masih menyimpan rasa padanya.

Dan akhirnya dia memutuskan untuk berusaha untuk mendekati Kou demi menemukan Tanaka yang dulu dalam dirinya.

FANTASY
1. Re: Zero Kara Hajimeru Isekai Seikatsu



Apa yang kalian nilai sehingga memutuskan kalau anime yang kalian tonton bagus? Kalau saya adalah bagaimana ceritanya membuat saya berharap kalau anime ini tidak akan pernah habis.

Itulah yang saya rasakan ketika menonton Re:Zero, anime baru yang dirilis tahun 2016 ini mendapatkan posisi khusus dalam hati saya.

Bahkan saya memasukannya ke dalam daftar anime terbaik sepanjang masa yang pernah saya tonton. Jadi tidak mungkin kan kalau saya sampai tidak memasukkannya di sini?

Anime ini adalah adaptasi dari Light Novel yang ternyata juga menjadi novel terbaik dan mendapatkan beberapa penghargaan di Jepang.

Meskipun animenya memiliki cerita yang sedikit berbeda dengan novelnya tetapi hal tersebut memang bukan tanpa pertimbangan.

Karena saya pribadi juga menganggap kalau peniadaan tersebut memberikan efek yang lebih dramatis dan mencekam dalam animenya.

Bermula dari seorang remaja bernama Subaru yang baru saja keluar dari sebuah minimarket, tiba-tiba tanpa sebab apapun, dia memasuki dunia yang berbeda dari dunia asalnya.

Tentu saja dia kebingungan terlebih lagi semua yang ada di sana tampak asing dan tidak mengenal siapapun. Satu-satunya hal berharga yang dimilikinya adalah pakaiain dan hape-nya.

Di sana dia langsung di sambut oleh segerombolan preman tetapi di selamatkan oleh seorang gadis misterius dan cantik tentunya, namanya Emilia.

Karena merasa berhutang, Subaru memutuskan untuk membantu Emilia mencari barang berharga miliknya yang telah dicuri.

Tetapi kebaikan Subaru tersebut adalah awal dari malapetaka yang akan menimpa dirinya nanti. Kematian yang tidak berkesudahan.

Setelah menemukan tempat pencuri tersebut, masih di episode pertama, dia dan Emilia dibantai oleh orang yang tidak dikenal.

Saat itu juga, di episode pertama kedua pemeran utamanya meninggal dunia. Apakah sudah selesai? Tentu tidak.

Ketika Subaru merasakan kematian pertamanya, dia kembali terbangun di tempat dimana dia datang pertama.

Sampai akhirnya dia menyadari kalau, setiap kali dia mati dia akan kembali ke checkpoint dimana dia masih hidup sebelumnya.

Dan mimpi buruk pun menghampirinya, sakitnya kematian yang berulang-ulang dan roda takdir yang terus berputar.

Siapa Subaru? Emilia dan orang yang mengirim Subaru ke dunia itu? Sampai sekarang pun masih menjadi misteri dan kontroversi pun mulai bermunculan.

2. Sword Art Online


Saya menganggap kalau SAO merupakan bapak dari genre fantasy karena sejak kemunculannya, anime genre fantasi khususnya yang bertemakan dunia parallel mulai bermunculan.

Jika kita mengesampingkan season keduanya yang menuai kritik, tapi di season pertamanya ini Sword Art Online adalah sebuah mahakarya yang merubah banyak tatanan di dunia anime.

Tema dalam anime ini memang luar biasa menarik karena mengambil sesuatu yang sangat digemari oleh hampir semua orang di dunia yaitu ‘game’.

Yup, SAO menceritakan tentang sebuah dunia game virtual yang sangat canggih dimana para pemainnya seakan-akan bisa hidup di sana hanya dengan menggunakan sebuah alat yang disebut Nerve-Gear.

Tentunya, ini adalah impian yang diharapkan semua gamer karena tidak ada game yang lebih menyenangkan daripada game yang perankan oleh diri kita sendiri.

Kirito atau Kirigaya Kazuto adalah seorang veteran di dunia SAO karena sebelum dirilis versi resminya, dia sudah lama memainkan versi beta-nya.

Sampai di tahun peresmiannya ada banyak sekali orang yang mengikuti game ini. Tetapi dari sanalah muncul mimpi buruk untuk para pemainnya.

Tiba-tiba tombol log out menghilang sehingga ribuan player yang masih di sana terperangkap dalam game tersebut termasuk Kirito sendiri.

Tentu ini bukanlah sesuatu yang tidak disengaja, karena Game Master-nya ternyata sengaja melakukannya demi memerangkap para pemainnya.

Ini dia lakuakan demi membuat permainan SAO semakin menarik karena orang yang terbunuh dalam dunia itu juga akan terbunuh di dunia nyata.

Jadi tidak ada jalan keluar yang bisa mereka tempuh kecuali menyelesaikan semua lantai yang ada dalam dunia SAO.

4. Magi



Dari  ke-5 daftar anime fantasy yang saya tulis di sini, hanya Magi yang ceritanya tidak menyangkut tentang dunia parallel.

Latar tempat dan waktu dalam anime ini adalah Timur Tengah pada sekitar abad pertengahan dangan karakter yang memiliki ciri khas di zaman itu.

Jika teman-teman melihat nama karakter dalam anime ini seperti Aladin, Alibaba, dan Morgiana. Kalian mungkin akan teringat dengan cerita 1001 malam yang ditulis oleh seorang pujangga wanita bernama Scheherazade.

Bahkan nama Scheherazade sendiri juga diabadikan dalam anime ini. Tapi memang benar sekali kalau anime ini terinspirasi dari karya Scheherazade.

Walaupun demikian ceritanya berbeda dan tentunya lebih menarik.

Pemeran utama dalam anime ini adalah seorang anak kecil bernama Aladin. Dia dikenal sebagai Magi yaitu sebutan bagi para utusan yang diturunkan ke bumi untuk memilih seorang raja.

Aladin sendiri tidak tahu apa-apa tentang dirinya karena semua yang diingatnya hanyalah temannya Gon. Gon adalah jin yang bersemayam dan tinggal bersama Aladin.

Ketika tiba di suatu daerah, Aladin bertemu dengan seorang pemuda berambut kuning bernama Alibaba.

Dia adalah seorang pemuda yang kekanak-kanakan tetapi memiliki jiwa pemberani dan kuat. Pertemuannya dengan Aladin menjadi awal pertualangan menuju dunia baru yang tidak pernah dia bayangkan sebelumnya.

Di tempat itu mereka secara tidak sengaja bertemu dengan seorang gadis berambut merah bernama Morgiana.

Karena merasa kasihan melihat Morgiana diperbudak, Aladin pun menolongnya dan membebaskannya.

Tapi tidak semudah itu, sampai suatu hari mereka bertiga memasuki sebuah dungeon demi meraih kekuatan Jin. Di sana mereka bertiga saling berselisih dan pertarungan pun tidak bisa dihindari.

Jika kalian mencari anime fantasy dengan pertualangan yang seru dan tidak membosankan maka anime Magi sangat cocok untuk kalian tonton.

Karena benyak keseruan dalam anime ini, tidak hanya hal-hal kocak saja tapi aksi dan pertarungan karakter-karakternya yang benar-benar memukau.

4. No Game No Life



Masih menyangkut dunia parallel, anime ini juga membahas tentang game sebagaimana dengan SAO.

Perbedaannya adalaha bagaimana ceritanya disajikan. Biasanya saya tidak suka memasukan anime dengan tema yang sama tetapi saya member pengecualian untuk No Game No Life.

Karena, meskipun sama-sama mengangkat tema game seperti SAO, keduanya benar-benar berbeda dari segi cerita.

Sora dan Shiro adalah 2 kakak beradik yang gemar bermain game. Tidak hanya sekedar gemar, tetapi keduanya tidak pernah sekalipun dan oleh siapapun saat bermain.

Di dunia game mereka dikenal dengan nama Kuhaku. Setiap hari mereka hanya bermain game dengan mengurung diri di dalam kamar.

Sampai suatu ketika mereka mendapatkan sebuah tantangan bermain catur oleh orang yang tidak dikenal.

Tentu saja mereka menerimanya, dan hampir pingsan karena tidak hanya sejam dua jam. Permainan mereka berlangsung sampai berhari-hari.

Sampai akhirnya mereka bisa mengalahkan orang yang tidak dikenal tersebut. Dan tiba-tiba mereka jatuh dari langit menuju sebuah dunia baru yang tidak dikenal sebelumnya.

Ternyata orang yang mereka kalahkan tersebut adalah seorang dewa dari dunia tersebut. Dan mereka mendapat kesempatan untuk bertarung melawannya sekali lagi.

Dengan kapisitas permainan yang jauh lebih besar dan siapapun yang bisa mengalahkan dewa maka dia adalah dewa itu sendiri.

Di dunia parallel tersebut, segala hal ditentukan oleh permainan mulai dari hal sepele sampai yang besar.

Dan bagi Shiro dan Sora, dunia seperti itu, adalah impian dan permaianan adalah nafas mereka. Sejak kedatangan mereka di dunia tersebut, langsung membuat kehebohan yang tiada henti-hentinya.

Yang paling menarik dan poin plus dalama anime ini adalah permaianan yang disuguhkan dengan jenius dan strategi yang luar biasa.

Tentu kalian yang suka dengan anime yang mengasah pikiran akan sangat menyukai anime ini. Permainan yang hebat, karakter-karakter yang jenus, dan plot twist yang mencengangkan,

Itulah yang akan kalian nikmati di setiap episodenya.

5. Hai to Gensou no Grimgar



Untuk peringkat ke-5 ini saya  mengalami masalah karena banyak anime fantasy yang setara dengan Hai to Gensou no Grimgar.

Tapi pada akhirnya, saya memutuskan untuk memasukan anime ini dan membuang anime yang lainnya.

Ada beberapa hal yang membuat saya memasukan anime ini, yang walaupun sama-sama menceritakan dunia paralel.

Tetapi ada hal yang membuatnya lebih menarik dengan anime yang memiliki tema yang sama.

Psikologi. Benar, efek psikologi yang diberikan anime ini lumayan besar karena tema yang diangkat adalah ‘bertahan hidup’.

Cerita yang ditampilkan lebih realistis dimana membunuh bukanlah hal yang sederhana tetapi jika tidak membunuh maka mereka yang akan dibunuh (tot oder toten).

Dan tentunya itu juga bukanlah pilihan yang mudah. Tapi demi bertahan hidup mereka harus berjuang meski itu berarti melakukan sesuatu yang tidak mereka inginkan.

Haruhiro tiba-tiba terbangun di sebuah bangunan yang gelap. Ketika dia keluar, dia melihat dunia yang tidak dia kenal.

Di sana juga, ada beberapa orang asing yang belum pernah dia temui sebelumnya. Dia seperti terlahir kembali karena tidak ada satu pun yang dia ingat.

Satu-satunya yang tersisa dalam dirinya adalah insting untuk bertahan hidup.Di sana dia membentuk sebuah party/kelompok yang memiliki spesialis berbeda.

Dan mereka menjalankan misi untuk membunuh monster di sekitar tempat mereka dan setiap mereka berhasil membunuh, mereka akan mendapatkan bayaran.

Awalnya mereka semua hanya orang biasa dan lemah, tapi perlahan mereka berubah menjadi para petarung yang tangguh. Dengan kekompakan yang kuat antara para anggotanya.

Semuanya tidak jelas ketika mereka datang kedunia tersebut, tetapi mereka mulai membiasakan hidup di sana dengan menyewa tempat tinggal, memasak, dan pergi belanja ke pasar.

Kegiatan keseharian mereka terus berlanjut seperti itu, sampai mereka sadar kalau mereka mulai mengalami krisis keuangan.

Akhirnya, dengan diketuai oleh Minato mereka mulai melakukan perburuan kepada Goblin yang dikenal sebagai monster paling lemah.

Sedikit demi sedikit mereka mencoba meningkatkan level mereka sampai suatu ketika dimana ketakutan yang selalu menghantui mereka akhirnya terjadi.

SUPERNATURAL
1. Code Geass



Jika ada yang bertanya tentang anime terbaik yang pernah saya tonton maka saya tidak perlu memikirkannya dua kali karena tanpa ragu akan saya jawab Code Geass.

Dari dulu sampai sekarang, Code Geass adalah anime terbaik yang pernah saya tonton selama menjadi seorang otaku bukan karena genrenya yang supernatural tetapi karena ceritanya yang tidak bisa saya lupakan.

Jujur saja, sampai sekarang saya masih belum bisa move on dari anime. Setelah 10 tahun sejak penayangannya, pada 2006,

Tahun 2017 ada kabar kalau anime ini akan mendapatkan season ke-3-nya. Mungkin kebanyakan orang merasa senang tapi tidak dengan saya.

Karena saya menganggap melanjutkan ceritanya hanya akan merusak ending sempurna dari season keduanya.

Jadi seperti apakah anime yang saya anggap terbaik ini? Nama pemeran utamanya bernama Lelouch yaitu seorang siswa biasa keturanan Britannia (sekarang Inggris).

Yang pada saat itu sedang menginvasi Jepang. Meskipun berdarah Britannia, dia lebih pro terhadap Jepang dan berangan-angan ingin membebaskan Jepang dari penjajahan.

Hal tersebut tentu tidak mungkin, tetapi pada suatu hari dia mendapatkan kesempatan untuk mewujudkan impiannya.

Ketika mengalami kecelakaan, dia secara tidak sengaja bertemu dengan seorang gadis yang merupakan penyihir, karena telah menyelamatkannya Lelouch diberikan sebuah kekuatan magis bernama Geass.

Kekuatan Geass-nya adalah bisa mengendalikan pikiran orang lain dan memerintah apapun yang dia mau.

Mungkin terdengar mudah dengan kekuatannya yang absolute tersebut, tetapi kenyataannya Lelouch tidak serta merta mengandalkan kekuatannya.

Dia juga pemuda yang cerdas sehingga memutuskan menggunakan kekuatannya dan pikirannya membuat sebuah pasukan dan kerja sama dengan orang lain.

Dia pun mengajak para pemberontak untuk bergabung dengannya. Dengan menggunakan topeng dan lebih dikenal dengan nama Zero, dia pun memulai misinya untuk melakukan pemberontakan paling dramatis sepanjang masa.

Banyak hal yang terjadi, mulai dari kehilangan orang yang dicintai sampai harus bertarung dengan teman sejatinya.

Benar, dia membuang semua perasaannya demi mewujudkan mimpinya. Mungkin terdengar jahat, tapi jika kalian menonton sampai akhir, pada akhirnya kalian akan mengerti semuanya.

“Kalian tidak akan bisa merubah dunia ini hanya dengan kata-kata yang indah.” -Lelouch

2.  Mushishi


Anime tidak hanya terkenal di asia saja, ternyata di belahan bumi bagian barat fans anime juga sangat banyak salah satunya Amerika.

Mushishi menjadi anime kedua kita di bagian ini, salah satu anime yang sangat populer di Amerika.

Kebanyakan orang di sana memang menyukai anime seperti Mushishi dimana plotnya yang agak berat, tapi ada juga yang bilang kalau suasana di anime ini memang menenangkan hati (heartwarming).

Sebenarnya saya sendiri tidak terlalu menikmati anime ini, karena menggunakan alur cerita episodic artinya antara satu episode dan episode yang lain tidak memiliki keterkaitan.

walaupun masih dalam satu cerita yang sama seperti halnya anime doraemon dan Shinchan. Tetapi, tentu saja saya tidak boleh bersikap subjektif.

Oleh karena itu saya memasukan anime ini untuk menghargai orang-orang yang menyukainya.

Yang paling hebat dalam anime ini adalah ratingnya yang sangat tinggi dari semua season dan movienya, semuanya berada pada 50 besar anime terbaik dengan rating tertinggi versi myanimelist!

Jadi tidak perlu lagi diragukan kualitas dan cerita yang akan disuguhkan olehnya.

Mushi adalah nama makhluk yang hidupnya berada diantara benda hidup dan benda mati artinya Mushi bukanlah keduanya.

Dia merupakan sesuatu yang lain. Dan setiap Mushi memiliki bentuk yang berbeda dan ada yang menguntungkan dan merugikan. Bisa dibilang keberadaan mushi seperti halnya keberadaan bakteri.

Ginko merupakan seorang pengembara dan memiliki pengetahuan yang luas tentang Mushi. Dia juga dikarunia kemampuan untuk melihatnya karena tidak semua orang bisa melihat makhluk yang satu ini.

Tujuan Ginko sendiri adalah mengenal Mushi lebih dalam lagi. Dia berkelana dari satu tempat ke tempat yang lain.

Terkadang dia harus berdiam lama di sebuah tempat demi menyelamatkan orang-orang dari Mushi.

Suasana dalam anime ini sendiri agak gelap karena banyak gambaran aneh yang mungkin belum pernah kita lihat sebelumnya di manapun.

Tetapi di samping itu, terkadang susananya benar-benar menenangkan dengan gambaran pantai, rumput hijau, dan suasana pedesaan yang indah.

Juga musik tradisional khas jepang terkadang juga dimainkan di sela-sela ceritanya, menambah kesan yang unik, sehingga membuat para penontonnya terbawa masuk ke dalam alurnya.

Saya menyarankan kalian untuk menonton anime ini karena kalian bisa melihat sesuatu yang berbeda darinya.

Mengajak kalian memasuki sebuah dunia yang baru dan membuat kalian melihat dunia kalian yang sekarang dengan cara yang berbeda.

3. Natsume Yuujinchou



Kalian mungkin sudah tidak asing lagi dengan judul anime yang satu ini mengingat seasonnya saja sudah sampai 5.

Anime ini merupakan adaptasi dari manga oleh Yuki Midorikawa. Biasanya, jarang sekali anime adaptasi manga memiliki season sampai sebanyak itu.

Tentu ini mengindikasikan kualitas dari ceritanya yang tidak membosankan dan disukai banyak orang.

Sebenarnya saya belum menghabiskan semua ceritanya jadi tidak bisa saya review satu-satu. Tapi setidaknya akan saya berikan sedikit gambaran tentang alur ceritanya.

Alasan saya memasukan ini ke dalam daftar tidak jauh beda dengan Mushihi yaitu karena banyak yang menyukainya dan merekomendasikan.

Terlebih lagi, saya sedikit kesulitan mencari anime supernatural untuk dimasukan jadi saya putuskan ambil yang ini saja.

Sejak masih kecil, Takashi Natsume sudah memiliki kemampuan untuk melihat roh, kekuatan yang diwariskan oleh neneknya, Reiko.

Setelah kematian neneknya, Natsume diwariskan sebuah buku yang isinya adalah sekumpulan nama roh yang sudah disegel oleh neneknya.

Buku tersebut meruapakan warisan yang sangat penting sehingga Natsume harus menjaganya dengan hati-hati.

Tetapi, pada suatu ketika, dia secara tidak sengaja melepaskan segel dari roh yang ada di buku tersebut sehingga roh keluar dari sana.

Tetapi ternyata mereka bukanlah roh yang jahat tetapi patuh terhadap siapapun pemilik dari buku tersebut. Salah satu roh yang keluar adalah siluman berbentuk kucing bernama Madara.

Pada akhirnya Natsume menjadikan Madara sebagai teman sekaligus gurunya. Dan mereka bersama-sama berpetualang mencari para siluman yang masih berkeliaran.

Sejak awal perjalanannya dia bertemu dangan banyak sekali siluman dari yang jahat sampai yang baik.

Tapi dari pertemuan-pertemuan tersebut dia banyak mendapatkan pelajaran berharga yang tidak ternilai.

4. Soul Eater



Soul Eater adalah anime kedua dengan episode terbanyak yang memiliki jumlah episode sebanyak 51 episode setelah Monster yang jumlah episodenya 74.

Di tahun-tahun sekarang, kita mungkin agak bosen untuk menonton anime dengan jumlah episode sebanyak itu karena sudah terbiasa dengan episode yang hanya sampai belasan atau dua puluhan.

Saya menonton anime ini saat masih SMA, dan saya sampai tidak sadar kalau episodenya sebanyak itu kareana keasikan nonton.

Anime Soul Eater memang dirilis sudah lama yaitu tahun 2008 dan gambarnya juga tidak terlalu bagus.

Tapi di samping itu semua, cerita dalam anime ini tentu lebih kita utamakan dan itu juga alasan saya memasukan ini menjadi salah satu anime dengan genre supernatural.

Seperti judulnya, anime ini mengisahkan tentang para pemakan jiwa dan pemburu monster. Dan mereka dibagi menjadi 2 jenis yaitu pengguna dan senjata.

Maksudnya, para pemburu ini biasanya memiliki pasangan dimana ada yang berperan sebagai pengguna dan ada yang bisa berubah menjadi senjata.

Mungkin terdengar sedikit ngawur. Awalnya saya juga berpikir demikian tapi tentu pemikiran tersebut berubah setelah langsung menonton animenya.

Pemeran utama dalam anime ini ada satu dua hmmm… 7 orang. Yup, lumayan banyak kan, tapi tentu mereka memiliki bagian ceritanya masing-masing.

Mereka semua entah itu pengguna dan senjata memiliki kepribadiannya masing-masing, ada yang koplak Black☆Star, ada yang perfeksionis Death the Kid, dan ada juga yang serius Maka Albarn.

Ketiga orang di atas  adalah para pengguna dengan rekan mereka masing-masing. Dan Death the Kid adalah satu-satunya pengguna yang memiliki 2 rekan sekaligus.

Terlebih lagi, dia adalah karakter yang paling lucu menurut saya dalam anime ini. Karena sifatnya yang perfeksionias dia sangat mencintai simetris dan membenci sesuatu yang tidak simetris.

Dan karena sifatnya tersebut sering terjadi kejadian-kejadian yang kocak. Tapi tetap yang menjadi favorit dalam anime ini adalah Maka Albarn dengan rekannya yang bernama Soul Eater.

Mereka berdua sedikit mendapat perhatian dan peran lebih dalam ceritanya jadi memang harus ada pemeran utama dalam anime ini maka mereka berdua adalah orangnya.

Untuk lebih kelasnya lebih baik menonton saja aksi seru para karakternya. Dengan awal yang sedikit kocak dan menghibur mungkin kalian tidak akan menyangka kalau banyak adegan dramatis, pertarungan yang seru, dan akhir yang tidak terduga.

5. Noragami



Selanjutnya ada anime Noragami. Bisa dibilang anime ini sangat populer sejak penayangan pertamanya di tahun 2014.

Popularitasnya semakin tinggi setelah season keduanya dirilis karena ceritanya memang lebih menarik di season keduanya.

Sampai sekarangpun skornya  mencapai 8.17 versi myanimelist. Sebenarnya masih ada anime lain yang sama pantasnya dengan Noragami untuk masuk daftar.

Tetapi kebanyakan genrenya bercampur-campur sehingga saya memilih Noragami yang genre supernaturalnya lebih mencolok dari yang lainnya.

Awal ceritanya dimulai dari penampilan karakter utamanya, Yato, dimana Yato adalah seorang dewa yang hidup di dunia manusia.

Tidak seperti dewa lainnya, dia adalah dewa yang miskin dan sibuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga demi mendapatkan uang receh yang nantinya akan dia gunakan untuk membangun kuil.

Penampilan dan gayanya juga lucu, sehingga banyak kejadian dan aksi kocak yang dilakukannya. Tetapi meskipun seorang dewa pengangguran,

Dia juga sering melakukan pembasmian iblis menggunakan senjata suci dari roh manusia yang tidak tenang.

Maksudnya, roh-roh manusia yang tidak tenang akan dia beri nama dan akan menjadi rekan untuk membasmi para siluman.

Suatu hari dia bertemu dengan Hiyori yaitu seorang gadis manusia yang mencoba menyelamatkannya.

Alhasil karena kecelakaan itu, roh dan tubuhnya berpisah sementara sehingga dia bisa melihat para dewa dan siluman yang berkeliaran dimana-mana.

Akhirnya, Yato memutuskan untuk membantu Hiyori ke keadaan awalnya tapi sebelum itu dia meminta Hiyori membantunya melakukan tugasnya sebagai dewa pengangguran.

Mereka juga terkadang harus bertarung melawan para siluman dan menyelamatkan manusia yang dipengaruhi oleh siluman-siluman itu.

Meskipun penampilan dan gaya Yato sangat humoris, tetapi dia ternyata menyimpan sebuah rahasia yang mengerikan.

Dia juga dimusuhi oleh dewa-dewa lainnya. Dan itu bukan tanpa alasan. Untuk mengetahui alasan itu sebaiknya langsung nonton saja ya karena ada sedikit kejutan di akhir ceritanya,

SCHOOL LIFE
1. Oregairu



Anime ini merupakan salah satu anime dengan judul terpanjang karena Oregairu sebenarnya adalah singkatan dari Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru.

Anime ini mendapat posisi khusus di hati saya sehingga saya memasukannya ke dalam salah satu anime terbaik yang pernah saya tonton.

Jadi tidak heran kalau saya meletakan anime ini di posisi pertama sebagai anime dengan genre School terbaik.

Sebenarnya saya tidak terlalu suka menonton sesuatu beberapa kali meskipun anime favorit saya, Code Geass.

Berbeda dengan anime ini, saya tidak pernah bosan dengan ceritanya terlebih lagi karena karakter utamanya Hikigaya Hachiman yang kerennya kelewatan.

Dia selalu saja menjadi karakter utama nomer satu terfavorit di beberapa situs polling anime entah itu di season pertama atau keduanya.

Jadi jika kita membahas anime Oregairu maka kita tidak mungkin bisa lepas dengan  karakter yang satu ini.

Hikki, begitulah orang memanggilnya, seorang remaja yang idalis dengan watak dan pembawaannya yang selalu kontras dengan keadaan di sekitarnya.

Dia juga sering mengucapkan kata-kata bijak yang mungkin akan membuat kalian terpana. Meskipun terdengar apatis tetapi semua  ucapannya ada benarnya.

Dia paling suka mengkritik tentang kehidupan remaja yang membosankan dan melenceng dari apa yang seharusnya. Sehingga membuatnya menjadi seorang remaja laki-laki yang dingin, apatis, dan anti-sosial.

Tapi dibalik sifatnya yang banyak dibenci orang, kita bisa melihat bahwa apa yang dilakukan olehnya adalah bentuk dari kebijaksanaan berfikir.

Untuk lebih mengetahuinya, kalian bisa mencari kutipan bijaksana dari si Hikki ini karena dia merupakan tokoh anime yang menyumbangkan kutipan bijaksana terbanyak.

Suatu hari Hikki, dipaksa oleh gurunya mengikuti klub relawan dan tentu dia menolaknya. Tetapi karena terus diancam akhirnya dia mau ikut bergabung.

Ternyata klub tersebut bukanlah klub yang besar, dan hanya satu orang yang ada di sana namanya adalah Yukino.

Di sana, Hikki untuk pertama kali bertemu dengan Yukino seorang gadis cantik dan pintar. Dengan kesempurnaannya itu, tentu membuat semua cowok tertarik padanya kecuali Hikki.

Dia juga memiliki sifat sedingin Hikki, jadi ketika ada berada di ruang klub mereka tidak banyak bicara dan membaca buku saja.

Sebuah suasana yang aneh tapi memiliki makna yang dalam. Sampai suatu hari bergabunglah seorang cewek dengan pembawaan yang energik dan aktif, Yuigahama.

Dengan kehadiran Yui, terbentuklah klub relawan. Dan kehidupan mereka di sekolah pun di mulai.

2. Great Teacher Onizuka



Tanpa anime ini spertinya genre school tidak akan lengkap karena ceritanya yang memang khas dan fokus pada kehidupan sekolah.

Gimana tidak? Soalnya pemeran utama anime ini adalah seorang guru yang mengajar di sekolah yang murid-muridnya berandalan.

Aslinya Onizuka, pemeran utamanya, juga merupakan mantan preman. Khususnya seorang mantan bos motor jalanan.

Tetapi dia memutuskan untuk berhenti dari kelompok tersebut demi menjadi seorang guru terhebat yang pernah ada.

Tentu bukanlah yang mudah baginya untuk berhenti sebagai anggota geng berandalan, tetapi dia akhirnya menemui tujuan hidupnya yaitu melamar seorang gadis cantik.

Dan untuk melakakun itu, dia harus memenuhi satu syarat yaitu menjadi seorang guru yang hebat.

Sebagai seorang mantan berandalan dan mengajar di sekolah yang penuh dengan anak berandalan, tentu dia menggunakan metode mengajar yang tidak biasa.

Tidak seperti guru pada umumnya yang bersikap formal dia lebih menggunakan metode yang tidak formal dengan gaya berandalan.

Sehingga membuat para muridnya merasa terintimidasi dan semakin menghormatinya.

Meskipun gaya mengajar yang tidak formal tetapi, hasil mengajarnya benar-benar signifikan. Jika guru yang lain lebih berfokus pada perkembangan kognitif  muridnya.

Tapi dia lebih mengutamakan perkembangan afektif dimana para muridnya mulai sadar bagaimana berprilaku yang baik dan bertanggung jawab.

Bagi kalian yang ingin menjadi guru atau sedang melangkah ke jenjang itu, anime ini sangat direkomendaikan karena di dalamnya banyak sekali pesan moral bagaimana seorang guru seharusnya yang tidak kaku dan terpaku pada buku.

Sebenarnya anime ini sudah diadaptasi menjadi live action. Jadi kalau ingin menonton LA-nya juga bisa karena keseruan yang disajikan tidak jauh berbeda.

3. Hyouka



Salah satu anime genre school terpopuler yang juga wajib masuk ke daftar ini adalah Hyouka.

Yang menarik dalam anime ini adalah kedua karakter utamanya Oreki dan Chitanda dimana mereka selalu menjadi pasangan anime terbaik dan disukai banyak orang.

Saya sendiri juga menyukai anime ini karena ceritanya yang enak dinikmati dan tidak membosankan tentunya.

Jika kalian melihat genre selengkapnya dari anime ini maka kalian juga akan melihat genre misteri di dalamnya.

Tidak perlu heran karena anime ini di awal-awal cerita sangat identik dengan genre tersebut.

Nama pemerannya adalah Oreki Houtarou yaitu seorang remaja yang hidupnya penuh dengan kemalasan.

Motonya saja adalah ‘hemat energi’ artinya dia tidak ingin melakukan sesuatu yang tidak perlu ia lakukan dan jika dia harus melakukannya maka dia akan menyelesaikannya dengan cepat.

Seperti itulah Oreki yang tidak jauh beda dengan karakter utama Oregairu, Hikigaya Hachiman yang sudah saya bahas sebelumnya.

Suatu ketika dia menerima surat dari kakaknya supaya ikut bergabung ke klub sastra klasik. Awalnya dia menolak keras,

Tetapi karena menghormati kakaknya akhirnya dia pun bergabung ke klub tersbeut. Ketika memasuki ruangan klub, di dalam dia melihat seorang gadis cantik dan imut bernama Chitanda Eru.

Dan dari sana mereka mulai akrab dan aktif membentuk klub sastra dengan mengajak anggota baru lainnya.

Menariknya, meskipun Oreki adalah cowok yang pemalas tetapi dia adalah cowok yang pintar dan memiliki intuisi yang tinggi.

Kapanpun mereka mendapatkan masalah, entah itu Chitanda atau temannya yang lain mereka akan meminta bantuan kepada Oreki yang terkenal jenius.

Dan dengan kemampuannya yang tinggi meskipun sulit di ajak, dia bisa menyelesaikan banyak kasus misteri.

Sebenarnya yang menjadi poin penting dalam anime ini adalah romance-nya dan genre misteri, menurut saya, hanyalah pemanis belaka supaya tidak membosankan.

Tapi tetap saja anime ini bagus untuk dinikmati oleh kalian yang entah suka atau tidak dengan genre school. Untuk lebih lengkapnya silahkan ditonton saja ya.

4. Toradora


Selanjutnya adalah Toradora anime genre school dengan cerita yang antimainstream. Jika kalian pecinta loli, mungkin ekspektasi kalian akan terpenuhi oleh anime ini.

Tapi loli yang ditampilkan tidak seperti biasanya. Tapi sebelum membahas lolinya, saya ingin membahas pemeran cowoknya lebih dulu.

Namanya adalah Ryuuji Takasu yang merupakan seorang remaja SMA dengan penampilan yang menakutkan.

Di sekolahnya dia dianggap sebagai preman sehingga tidak ada yang berani mengganggunya.

Tidak hanya di sekolah, dimanapun dia berada, dengan mata tajamnya dan wajahnya yang agak seram, membuatnya ditakuti oleh banyak orang.

Yang mengejutkan adalah, Ryuuji tidaklah seperti yang orang-orang bayangkan, karena faktanya dia hanya pemuda biasa dengan hidup yang biasa pula.

Bahkan hobinya adalah memasak makanan dan bersih-bersih rumah. Meskipun agak terganggu dengan orang-orang yang takut di sekitarnya, dia hanya mengabaikannya dan menjalani hidup sebagaimana seharusnya.

Berbeda dengan karakter ceweknya yang bertubuh kecil nan imut. Namanya adalah Asaka Taiga.

Seperti namanya Taiga yang berarti macan, karakter dari memang menakutkan dan suka menghajar orang termasuk juga Ryuuji.

Tetapi keduanya tidak benar-benar bermusuhan karena Ryuuji dan Taiga adalah tetangga. Karena hidup sendirian, Taiga sering bermain ke rumah Ryuuji dan makan di sana.

Ryuuji sendiri tidak keberatan dengan kehadiran Taiga malahan mereka menjadi teman yang akrab dan dekat. Meskipun sering berkelahi dan memperdebatkan hal yang sepele.

Karena kedua memiliki kesamaan yaitu sama-sama memiliki sifat yang berbeda dengan penampilan, membuat mereka kesulitan mendapatkan pacar.

Dimana masing-masing mereka, sudah memiliki seseorang yang disukai tetapi karena banyak rumor yang beredar tentang mereka membuat keduanya sulit mendekati orang yang mereka sukai.

Tapi perlahan-lahan, mereka kahirnya memutuskan membentuk sebuah aliansi dimana keduanya saling memabantu satu sama lain mendapatkan pacar.

Tetapi dari kerjasama yang mereka lakukan membuat mereka menyadari betapa dekatnya hubungan mereka sehingga tidak bisa berpisah satu sama lain.

Sampai pada suatu saat mereka menyadari kalau ternyata mereka memiliki perasaan yang berbeda.

Ada banyak keseruan dan hiburan dalam anime ini. Dengan awal yang penuh kekocakan kemudian permusuhan dan akhirnya cinta.

Mengajarkan kita bahwa tenyata membutuhkan sebuah proses yang lama untuk menunjukan jati dirinya.

5. ReLIFE


Dan iniah anime terakhir dalam daftar dan walaupunyang terakhir bukan berarti tidak bagus. Semuanya bagus sebenarnya tapi yang membedakannya adalah pendapat subjektif dari saya sendiri.

Untuk anime ini mungkin kalian tidak bergitu asing karena anime ini dirilis tahun 2016 lalu.

Tapi bagi kalian yang belum menontonnya maka dengan membaca artikel ini, setidaknya, menambah rasa ingin tahu kalian tentangnya.

Apa yang terbayang ketika membaca judul anime ini? Hidup kembali? Hmm… Tidak sepenuhnya salah tapi kurang tepat karena sebanarnya cerita dalam anime ini lebih futuristik.

Tentang pil yang bisa mengubah seseorang menjadi muda kembali. Sehingga mereka yang meminumnya memiliki kesempatan kedua untuk memperbaiki masa muda mereka.

Tapi obat ini belum dipatenkan dan masih membutuhkan uji coba lebih dulu.

Kaizaki Arata adalah salah satu orang yang menjadi bahan eksperimen dalam pengujian obat ini. Kaizaki adalah pemuda dewasa yang berumur 27 tahun.

Di umurnya yang sudah lumayan tua tersebut, dia mendapat banyak masalah dalam hidupnya. Salah satunya adalah kehilangan pekerjaan yang selalu menghidupinya.

Akhirnya dia harus mencari pekerjaan lain demi bertahan hidup. Sampai suatu malam dia bertemu seorang pemuda misterius bernama Ryou Yoake.

Dia menawarkannya untuk ikut untuk melakukan uji coba dalam program ReLIFE. Ryou juga memberitahunya konsekuensi yang akan dia dapatkan.

Tapi Kaizaki tetap menerimanya karena semua biaya hidupnya akan ditanggung oleh perusahaan.

Akhirnya dia kembali menjadi remaja berumur 17 tahun dan memasuki masa SMA-nya demi melakukan uji coba.

Di SMA, dia berbaur dengan remaja-remaja yang jauh lebih muda dengan umurnya yang sebenarnya.

Di sana, dia diberi kesempatan untuk menemukan semua jawaban tentang hidupnya mulai dari pertemanan dan menemukan seseorang yang bisa ia cintai.

Penutup

Inilah akhir dari perjumpaan kita dalam artikel ini. Meskipun yang saya tulis ini masih kurang mengingat banyaknya anime yang ada, tapi saya tidak mungkin menulis semuanya di sini.

Oleh karena itu, saya berencana untuk menulis bagian keduanya yang mencakup anime dan genre yang berbeda untuk melengkapi daftar ini.

Yup, benar sekali. Masih banyak genre yang belum saya masukan ke dalam daftar ini. Saya juga mengerti bahwa kita semua memiliki pandangan dan kesukaan yang berbeda.

Oleh karena itu, kalian bisa juga menambahkan anime yang menurut kalian harus dimasukan. Tentunya dengan alasannya juga sebagai pertimbangan.

Sekian dulu ya dan terima kasih sudah membaca tulisan saya yang sangat sederhana ini. Dan nantikan juga artikel selanjutnya ya. Jaa ne!


EmoticonEmoticon