9 Anime Basket Terbaik dari Tahun ke Tahun

Anime yang bertemakan sport memang sangat  Populer di kalangan para pecinta anime. Dari anime yang bertema sepak bola,Tenis,Atletic Voli,Renang,American Football dan masih banyak genre sport lainnya . Salah satu Anime genre sport yang paling di minati sejak dulu hingga saat ini adalah anime basket (Basketball). Apalagi bagi kalian yang ngakunya pecinta Basket, Atau ingin belajar tentang olahraga basket .



Penyajian film  yang unik, menarik dan penuh tantanganlah yang membuat para Anime lovers terpikat dengan anime sport tersebut.

Tak jarang anime-anime bergenre olahraga ini, membuat  Jiwa sport  kita bangkit. Rasanya ingin sekali kita belajar olahraga tersebut dan menjadi expert (ahli) di dunia nyata seperti halnya tokoh-tokoh anime sport yang kita idolakan.

Tentu kalian tidak boleh melewatkan  List Anime Bertemakan Basket yang telah mimin rangkum dengan selengkap-lengkapnya ini yak ^^

Baiklah,  Kali ini mimin akan membahas tentang 9 Anime Keren Bertema Basket yang Sayang Banget jika Dilewatkan.

BACA JUGA : Daftar Genre Anime Terpopuler dan Penjelasannya

1. Dash Kappei (1981)

Anime yang satu ini adalah anime jadul yang di tayangkan ditahun 80-an. Wah film animenya hampir setara dengan generasi emak-bapak kita nih ^^ .walaupun anime jadul, namun alur ceritanya cukup menarik.

Anime Dash Kappei ini menceritakan tentang seorang anak SMA bernama Kappei Sakamoto yang memiliki kemampuan luar biasa dalam beermain basket.

Hebatnya, meskipun tinggi badannya tak mencapai 1 meter, namun ia bias dengan cepat menjadi pemain terbaik berkat kemempuan bermain basket yang dimilikinya.

Keunikan dari film ini adalah,  Kappei sakamoto yang terobsesi dengan celana dalam wanita yang berwarna putih.

Bahkan, ia bergabung dengan tim basket SMAnya karena pelatih tim basket putri yaitu Coach Natsu yang juga memakai celana dalam warna putih.

2. Slam Dunk (1993)

Ini nih anime bertema Basket yang paling bersejarah sepanjang masa. Siapa sih pecinta anime basket, yang gak tau film yang di sebut-sebut sebagai masterpiece ini.Alur cerita anime ini sangatlah seru dan dipenuhi kompetisi yang sengit, namun tak jarang juga menimbulkan gelak tawa karena pemeran utamanya yang konyol dan kocak.

Tak seperti anime basket  kebanyakan yang menggunakan kekuatan-kekuatan fantasi sebagai senjata utama saat bermain basket. Anime ini pure (murni) mengadaptasi permainan basket yang ada di dunia nyata dimana tekhnik,

dan senjata utamanya yaitu : fisik,mental,insting,kecepatan,ketepatan dan keahlian. Anime ini menceritakan tentang perjalanan hanamichi sakuragi si preman sekolah yang bergabung dengan tim basket  shohoku, dalam rangka merebut hati seorang wanita yang ia sukai.

Anehnya sakuragi tak mengerti apapun tentang basket dan dengan PDnya mengagap dirinya jenius.  Namun berkat usaha dan kegigihannya, ia berhasil menjadi shooter hebat dan raja rebound.

Wah pokoknya anime ini  kereen dan kocak abiss, sayang banget kalo ga nonton loh.. Mimin aja ngevens berat sama sakuragi dan tim shohoku ^^  yoo “ike ike shohoku” .Recommended banget buat kalian yang baru belajar main basket.

3. I’ll/ CKBC (2002)

Berbeda dengan anime basket kebanyakan,  I’ll /CKCB lebih banyak memunculkan drama-drama antar karakternya.

Anime yang satu ini menceritakan tentang seorang pemain basket yang berbakat bernama Hiiragi Hitonori.

Walaupun ia adalah pemain yang berbakat, namun ia tidak dapat lepas dari bayang-bayang kakaknya yang juga merupakan pemain basket bertalenta di tingkat perguruan tinggi.

Hiiragi adalah anggota dari tim basket Kouzu,ia memiliki seorang teman yang sekaligus saingannya bernama Tachibana Akane.

Banyak tekanan-tekanan yang di dapatinya dalam atmosphir tim, namun ia tetap berusaha bertahan dan terus bermain basket.

Suatu hari, tim basket terbaik bernama Tsurugizaki mencoba untuk merekrut hiiragi. Dan kisahnya pun semakin menarik.Penasaran dengan lanjutannya?? Yuk,langsung saja download dan tonton filmnya ^^

Baca Juga: 40 Rekomendasi Anime Terbaik dari 8 Genre yang Berbeda

4. Dear Boys (2003)

Anime ini menceritakan tentang tim basket dari SMA Mizuho yang tak memiliki ketertarikan dan gairah untuk meraih kemenangan.

Ditambah lagi mereka sedang berada dalam masalah,karena timnya hanya beranggotakan 4 orang.

Mereka terancam akan dibubarkan jika tidak segera menemukan satu orang lagi yang dapat melengkapi tim mereka, agar menjadi 5 orang .

Untungnya masalah mereka bisa terbantu oleh seorang murid pindahan bernama Aikawa Kazuhiko.Tanpa diduga-duga, ternyata Aikawa memiliki skill yang luar biasa dalam bermain basket.

Disinilah di mulai perjuanganya untuk membangun team yang solid serta membangkitkan kembali tim mereka dari keterpurukan.

Anime ini menceritakan bagaimana perjuangan mereka untuk menjadi pemain yang hebat dan Profesional.

Ayo ayo yang pengen banget jadi pemain Pro, tonton nih anime yang satu ini. Kali aja kalian terinspirasi semangat juang mereka ^^

5. Buzzer Beater (2005)

Nah bagi kalian yang bosen, nonton anime basket yang udah mainstream yang lawannya cuma dari 1 dunia aja.

Ininih anime basketball yang anti mainstream, yang dimana ceritanya tentang pertandingan basket dari  dunia lain.

Eiits jangan salah,,, dunia lainmaksud mimin di sini bukan dunia para hantu yak.. hehe. Maksud mimin di sini yaitu pertandingan basket antara dunia manusia (bumi) dengan para penghuni dunia lain yaitu “Alien”.

Sungguh aneh tapi nyata,cuma di anime ini saja kamu dapat melihat para alien bermain basket. Anime ini menceritakan tentang seorang anak tunawisma yang bernama Hideyoshi yang tinggal di New York.

Kemampuan Hideyoshi dalam bermain basket sangatlah Amazing.Ia hidup dengan mengandalkan uang taruhannya dari hasil bermain basket dengan orang-orang disana.

Namun, hidupnya pun berubah seketika sejak ia di rekrut menjadi pemain basket professional dengan tujuan yang tak biasa.

Disinilah perjuangannya untuk mengalahkan pemain-pemain basket dari  dunia lain di alam semesta dimulai.

6. Mitsu x Mitsu Drops (2006)

Dan list anime yang terakhir adalah Anime Mitsu x Mitsu drops ini.Anime ini sangat cocok bagi pecinta anime Shoujo.

Anime ini bertemakan basket dan romance,namun mungkin lebih menekankan pada kisah romancenya. Anime yang hanya bejumlah 2 episode ini,

Mengisahkan tentang seorang siswa bernama Hagino Yuzuru yang bersekolah di   Hojo HighSchool .Hojo High School memiliki dua tingkatan social, yaitu kelas tingkat normal dan kelas tingkat Kuge (high level) /Tajir 7 turunan.

Hagino Yuzuru yang termasuk dalam kelas tingkat normal harus rela menjadi seorang “Honey”( asisten)  dari seorang siswa di  tingkat kuge yang bernama Renge Kai dikarenakan suatu masalah.

Renge Kai adalah murid jenius,dan merupakan salah satu dari siswa kelas Kuge.  Setiap anak dari kelas kuge, memiliki “Honey” mereka masing-masing.

Selama menjadi seorang honey, yuzuru sering mendapat masalah dari perlakuan teman-teman yang tidak suka keberadaannya, dari perlakuan mesum Kei,

Hingga game honey drops yang sangat aneh. Game ini merupakan permainan basket antar siswa dan para honey mereka.

Bagi siapa saja yang berada di urutan terbawah, maka mereka harus rela membuang honey mereka. Untuk itulah Yuzuru berusaha untuk tidak dipecat sebagai honey dan berusaha berlatih basket dengan kai.

Baca Juga: 10 Anime Movie Terbaik yang Dirilis Tahun 2016 Versi Otamegane

7. Basquash! (2009)

Nah, anime yang satu ini hampir sama dengan anime Buzzer Beater yang anti mainstream. Dimana permainan basket di dalam anime ini dimainkan oleh para robot dan manusia.

Basquash adalah permainan basket 3 lawan 3 menggunakan Bigfoot.Di cerita ini Bigfoot ialah robot besar yang dikendalikan manusia tapi tidak sebesar Gundam.

Alur cerita anime ini terjadi di masa depan dimana terdapat dua planet yaitu Earthdash dan Mooneyes,

Seperti bumi dan bulan, akan tetapi mereka yang hidup kaya bertempat tinggal di Mooneyes(bulan) sedangkan yang tinggal di Earthdash(bumi) hanya orang-orang biasa.

Lingkungan Earthdash kumuh dan gersang tidak seperti di Mooneyesyang megah dan mewah.Anime ini mengisahkan tentang seorang anak bernama JD yang harus dipenjara dan membayar denda karena melakukan kekacauan di ajang BFB (Bigfoot Basketball) championship.

Setelah JD keluar dari penjara, ia bertemu dengan Haruka Gracia, si  Pembuat sepatu dari Mooneyes. Dia membuat liga BFB baru dengan konsep streetball, lalu mereka menjadi 1 tim.

8. Ro-Kyu-Bu (2011)

Jika biasanya tim basket di perankan oleh cowok-cowok sporty dan gantle, berbeda halnya dengan anime yang satu ini.

Anime ini diperankan oleh cewek – cewek moe dan kawai yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Wah sepertinya anime ini, cocok banget buat para pecinta loli ya,..

isinya anak kecil semua sih.  Anime ini menceritakan tentang seorang laki-laki bernama Subaru Hasegawa, yang merupakan mahasiswa semester pertama yang bergabung dengan tim basket dikampusnya.

Namun karena Kapten basketnya dicurigai sebagai seorang lolicon, tim basket merekapun akhirnya vakum. Ajaibnya, setelah vakum dari tim basketnya,

Subaru langsung mendapatkan pekerjaan sampingan sebagai seorang pelatih tim Basket di di sebuah SD. Kisahnyapun berlanjut dengan keseruan-keseruan yang menarik.

9. Kuroko no Basuke (2012)

Kuroko no Basuke adalah anime basket terbaru dalam daftar ini. Dibagi menjadi 3 sekuel dan tahun rilis yang berbeda pula.

Season 1 dirilis pada tahun 2012, season 2 dirilis pada tahun 2013 dan ditayangkan sampai 2014, dan season terkahirnya dirilis pada tahun 2015 silam.

Anime yang satu  ini juga sangat popular di kalangan anime lovers dan para pecinta basket.  Anime garapan penulis Tadatoshi Fujimaki ini ,sukses membuat para anime lovers terpukau karena keunikan-keunikan karakternya .

Anime ini bercerita tentang  sekelompok anak yang tergabung dalam tim basket Smp. Mereka disebut sebagai “generasi keajaiban” karena mereka memiliki kekuatan yang sangat hebat dalam bermain basket.

Setiap karakter memiliki kekuatan special masing-masing.Salah satu anggota generasi keajaiban yang juga merupakan peran utama dari film ini adalah Tetsuya Kuroko. Ia memiliki kekuatan yang membuat keberadaannya tidak disadari orang disekitarnya ,dan membuatnya dikenal dengan sebutan pemain bayangan.

Ketika masuk SMA, para pemain digenerasi keajaiban memutuskan untuk tidak bersekolah di tempat yang sama, karena mereka sudah bosan dengan kemenangan. Mereka memutuskan untuk bergabung di tim basket SMA mereka masing-masing.

Singkatnya, anime ini menceritakan tentang pertarungan para generasi keajaiban yang berkompetisi untuk menentukan siapa yang terbaik diantara mereka.“Tuh jangan ngaku pecinta anime kalo belum nonton yang satu ini”.

Penutup

Anime yang bertema basket tidak hanya menghibur tapi juga sangat informatif sehingga kita juga bisa belajar aturan-aturan dan teknik dalam bermain basket.

Bagi kalian yang yang memiliki nilai jelek dalam penjaskes teruatama yang tidak paham sama sekali tentang dunia ini.

Maka cobalah menonton pilihan anime bertema basket di atas terutama nomer 1 dan  2. Ini juga berlaku untuk anime genre sport lainnya yang mungkin akan kita bahas lain kali.

Oke cukup sekian dulu list anime yang telah mimin rangkum dengan usaha dan upaya mimin. Semoga bisa menambah wawasan dan pengetahuan kalian.

Serta dapat membantu kalian dalam menentukan film basket yang ingin ditonton maupun film basket yang bisa kalian jadikan arahan/pencerahan dalam bermain basket. Sankyu.


Penulis: Dewi Kuchiki


EmoticonEmoticon