Apa itu Anime Harem dan NTR?

Baru saja saya mencoba mengecek pertanyaan paling populer di google tentang anime dan beberapa pertanyaan yang paling populer adalah tentang anime harem dan NTR.

Kata harema dan NTR adalah 2 genre yang sedang hangat diperbincangkan belakangan ini karena banyak anime populer, terutama di tahun 2016 dan 2017, memiliki genre tersebut. Untuk lebih mengenal macam-macam genre bisa kalian baca artikel saya yang ini tentang Genre Anime Terpopuler dan Penjelasannya


Di sana saya menjelaskan secara jelas perbedaan hampir semua genre anime yang ada dan pada artikel kali ini, saya akan menjelaskan harem dan NTR dengan lebih detil karena merupakan pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh para otaku se-Indonesia.

Apa itu Anime Harem?

Berdasarkan sejarahnya, kata harem berasal dari bahasa arab yang populer di Timur Tengah pada abad pertengahan. Harem aslinya adalah nama tempat di istana dimana tempat tersebut merupakan ruang khusus untuk para selir-selir raja.

Seperti yang kita ketahui kalau pada saat itu, Islam memperbolehkan selir yaitu wanita yang diperoleh dari hasil peperangan. Dan pada akhirnya, seandainya mereka memiliki anak, secara hukum, anak tersebut akan mardeka. Tentu pada saat itu, cara ini lebih baik daripada menjadikan wanita budak seumur hidup.

Suasana harem yang dipenuhi wanita-wanita inilah yang melahirkan genre harem dalam anime dimana pada anime yang bergenre ini, karakter cowoknya dikelilingi oleh banyak cewek-cewek cantik.Biasanya karakter utama cowok dalam animenya memiliki sifat yang polos dan tidak peka.

Sebaliknya, cewek-ceweknya sedikit lebih agresif dalam memperebutkan hati cowok tersebut.  Komedi, umumnya, menjadi genre tambahan dalam anime harem yang tidak hanya berfokus pada cerita cinta saja tapi juga penuh dengan adegan-adegan kocak yang menghibur.

Anime Nisekoi

Bagi otaku sendiri, tentu dunia harem yang dipenuhi oleh cewek-cewek cantik yang memperebutkannya adalah impian seumur hidup karena di dunia nyata, hal seperti ini tidak mungkin terjadi.

Kadang banyak orang yang sering menghayal di menjadi karakter utamanya terlebih lagi karena kesal melihat karakter utamanya yang sok polos. Normalnya, semua cowok yang berada posisi tersebut pasti bakal embat karakter ceweknya satu-satu, iya kan? Yah, dunia nyata memang tidak seindah di anime.

“Dunia ini memang kejam, jadi biasakanlah dirimu.” –Patrick Star

Contoh Anime Harem: Sword Art Online, Nisekoi, dan Clanned

Baca juga: 40 Rekomendasi Anime Terbaik dari 8 Genre yang Berbeda

Apa itu Anime NTR?

Selanjutnya adalah anime NTR. Melihat perkembangannya, genre ini sebenarnya tidaklah populer karena hanya sedikit saja anime yang bergenre ini. Akan tetapi, di tahun 2017, kata ini semakin populer sehingga masuk ke dalam pencarian favorit di google dikarenakan anime-anime NTR yang anti-mainstream mulai bermunculan.

NTR merupakan singkatan dari kata Netorare. Kata tersebut diartikan berbeda di Indonesia dan Jepang. Dari pengalaman dan tulisan-tulisan yang sudah saya baca, NTR bisa kita artikan sebagai genre anime dimana para karakternya saling tikung memperebutkan kekasih, suami/istri, atau pacar seseorang.

Anime Nagi no Asukara

Di Jepang sendiri, kata netorare bisa menjadi kata kerja yang ditulis menjad netorareru atau netoru. Artinya sendiri tidak jauh berbeda dengan apa yang saya jelaskan di atas. Tapi perlu diketahui, meskipun arti kata tersebut, kurang lebih, mengambil pacar orang, di Jepang kata ini bermakna kasar atau berbahaya karena tidak hanya menikung pasangan orang lain tapi juga menidurinya.

Karena kata 寝取られ = Netorare  sebenarnya gabungan dari 2 kata dalam bahasa Jepang yaitu kata 寝る= neru =tidur dan 取られる = torareru = diambil. Jadi, genre NTR biasanya bercampur dengan genre dewasa lainnya yang tentu saja tidak baik untuk kita tonton.

Tapi tenang saja, karena tidak sedikit juga anime NTR yang ceritanya romance biasa. Meskipun romance biasa tetap saja bikin nyesek karena karakter-karakternya yang saling tikung. Jadi penghianatan, dendam, dan kebencian merupakan bumbu utama dalam anime NTR.

Contoh anime NTR: White Album, Nagi no Asukara, dan Fuuka

Penutup

Seperti yang sudah teman-teman baca dari artikel di atas, makna kedua kata tersebut berubah seiring dengan peruabahan zaman.

Kurang lebih itulah informasi yang biasa bagikan kepada teman-teman tentang anime harem dan NTR. Intinya kedua anime ini lebih menjurus ke cerita yang dikhususkan untuk remaja 18 tahun ke atas (18+).

Tentunya, informasi di atas tidak cukup menggambarkan cerita-cerita di dalam animenya karena jika kalian menonton anime harem dan NTR, kemungkinan kalian akan memiliki definisi dan persepsi yang berbeda.

Jadi, kalian bisa berbagi pengalaman dan pendapat kalian seputar anime harem dan NTR dengan berkomentar di bawah.

Sekian dulu ya, semoga informasinya bermanfaat. Jaa ne!


EmoticonEmoticon