Senin, 21 Agustus 2017

15 Anime Adaptasi Novel yang Disukai Orang Dewasa

Tidak sedikit anime populer yang diadaptasi dari novel dan kebanyakan dari mereka memang laris dipasaran. Hal ini dikarenakan kepopuleran dari novel itu sendiri yang sudah dikenal banyak orang.

Tahukah kalian kalau ternyata ada beberapa anime adapatasi novel yang sangat populer dikalangan orang dewasa? Ini terjadi bukan karena cerita animenya yang vulgar tetapi karena memiliki pesan moral yang membuat banyak orang dewasa kagum.

Dan berikut ini 15 anime adaptasi novel ayang disukai oleh banyak orang dewasa.

1. Welcome to the N.H.K.


Genre: Black Comedy / Drama / Romance
Studio: Gonzo
Episodes: 24

NHK merupakan anime psikologi populer karangan Tatsuhiko Takimoto. Dia membuat anime ini berdasarkan pengalamannya menjadi seorang hikikomori (penyendiri).

Alur cerita Welcome to the N.H.K adalah tentang perjuangan seorang pemuda bernama Satou melawan kehidupan sosialnya dan sudut pandangnya sebagai seorang penyendiri.

2. Kiki’s Delivery Service


Genre: Fantasy
Studio: Studio Ghibli
Episode: 1 Movie

Kebanyakan anime dari studio Ghibli diambil dari cerita novel. Begitu pula dengan Kiki’s Delivery Service yang diadaptasi dari novel dengan judul yang sama dan telah memenangkan penghargaan luar biasa.

Ceritanya mengisahkan tentang seorang gadis bernama Kiki yaitu seorang penyihir kecil. Dia harus pergi meninggalkan rumahnya demi berlatih sihir.

Pada suatu hari,  dia menerima pekerjaan menjadi seorang pwngantar roti demi mendapatkan tempat tinggal. Saat itulah dimulai kisah keseharian Kiki yang dipenuhi oleh pesan moral.

3. Howl’s Moving Castle




Genre: Fantasy
Studio: Studio Ghibli
Episode: 1 Movie

Kisah anime ini diambil dari novel Inggris karangan Wynne Jones, dan Howl’s Moving Castle ini dianggap sebagai salah satu karya terbaik dari studio Ghibli.

Plot ceritanya berpusat pada karakter utamanya yaitu seorang gadis bernama Sophie yang berubah menjadi nenek berumur 90 tahun setelah dikutuk oleh seorang penyihir. Dan satu-satunya  yang bisa menyelamatkannya adalah dengan bantuan Howl.

Miyazaki memberikan pesan moral yang kuat dalam anime ini, ditambah dengan visual gambar yang memukau.  Dia bahkan mengatakan kalau Howl’s Moving  Castle merupakan anime favoritnya.

4. Subete ga F ni Naru: The Perfect Insider


Genre: Mystery
Studio: A-1 Pictures
Episode: 11

Atau dalam bahasa Indonesia berarti “semuanya berubah menjadi F. “ Anime ini bergenre misteri dengan tekanan psikologis yang tinggi.  Terlebih lagi, cerita yang disampaikan lumayan berat sehingga tidak mudah dimengerti oleh kebanyakan orang.

Ceritanya diadaptasi dari novel tua tahun 1996 karangan Hiroshi Mori tentang pertualangan seorang profesor muda bersama muridnya ke sebuah pulau yang terisolasi.

Awalnya mereka ingin menemui seorang programer jenius yang tinggal di sana.  Tetapi,  mereka tiba-tiba dihadapkan dengan misteri pembunuhan ruangan tertutup yang sangat sulit untuk dipecahkan.

5. Monster


Genre: Psychological Thriller
Studio: Madhouse
Episodes: 74

Dokter Tenma adalah seorang dokter asal Jepang yang bekerja di rumah sakit ternama, Jerman. Dia memiliki karir yang cemerlang sehingga banyak orang iri kepadanya.

Akhirnya, banyak pemimpin dan para aktor politik mulai mencampuri pekerjaannya sebagai seorang dokter. Permasalahan hidupnya dimulai ketika dia menerima pasien anak laki-laki yang kritis.

Ketika dia ingin menyelamatkannya, pemimpin rumah sakit memintanya untuk mengurusi pasien yang lebih penting karena berasal dari keluarga kaya.

Karena merasa muak, dr. Tenma mengabaikan perintah tersebut dan lebih memilih menyelamatkan pasien yang lebih dahulu diterimanya.

Akan tetapi, pilihan tersebut menjadi awal nasib buruk yang menghantuinya setiap hari karena anak yang diselamatkan tersebut adalah seorang "Monster."

Baca Juga: Daftar Genre Anime Terpopuler dan Penjelasannya

6. From the New World




Genre: Drama / Horror / Science Fiction / Supernatural
Studio: A-1 Pictures
Episodes: 25.

Atau dalam bahasa Jepang dikenal dengan judul Shinsekai yori. Novel adaptasi ini ditulis oleh Yusuke Kishi dan memenangkan penghargaan pada tahun 2008 silam yang kemudian diadaptasi menjadi manga dan anime.

Anime ini dibagi menjadi 3 bagian dan pada setiap bagian menceritakan tentang Saki yang berpetualang menuju dunia yang penuh misteri.

Saat masih kecil, Saki dan teman-temannya mengembangkan kemampuan psikokinetikdan masuk ke sekolah khusus.

Tetapi, kemunculan iblis karma merubah sudut pandang mereka tentang dunia tempat mereka berada.

Anime ini juga saya ketegorikan sebagai salah satu dari 40 anime terbaik dari 8 genre yang berbeda.

7. Moribito – Guardian of the Spirit



Genre: Action / Adventure / Fantasy
Studio: Production I.G.
Episode: 26

Guardian of the Spirit adalah novel pertama yang ditulis oleh Nohako Uehashi.

Balsa adalah seorang pengawal yang selalu melindungi putri Chagum, terutama dari percobaan pembunuhan oleh ayahnya sendiri. Chagum dikaruniai oleh roh air, yangbisa mengancam kerajaan Yogo.

8. The Tatami Galaxy


Genre: Comedy / Drama / Mystery / Psychological / Romance
Studio: Madhouse
Episode: 11

Nama Tomiko Morimi sudah tidak asing lagi karena banyak karyanya diadaptasi menjadianime. Dan Tatami Galaxy merupakan karya terbaiknya yang dibuatkan anime oleh studio Madhouse.

Pusat perhatian anime ini adalah seorang pemuda kuliahan tahun ketiga yang merasa kalau hidupnya sudah tidak berarti lagi. Setelah bertemu dengan “god of matrimony”, dia mendapatkan kesempatan untuk merubah kehidupan kuliahnya dan bisa menjalin hubungan fengan Akashi.

9. Joker Game



Genre: Drama / Mystery
Studio: Production I.G.
Episodes: 12 + 2 OVAs

Quick Pitch: Joker Game is an award-winning mystery novel series written by Koji Yanagi.
Novel Joker Game pernah mendapatkan penghargaan sebagai salah satu novel misteri terbaik yang ditulis oleh Koji Yanagi.

Jepang membangun sebuah organisasi mata-mata saat perang dunia kedua. Letnan Yuuki menjadi pemimpin organisasi tersebut dengan melatih 8 mata-mata profesional untuk menjalankan misi yang berbahaya.

10. Gankutsuou: The Count of Monte Cristo



Genre: Drama / Fantasy / Mystery / Science Fiction / Thriller
Studio: Gonzo
Episode: 24

Selanjutnya adalah Genkutsuou yang diadaptasi dari novel karangan Alexandre Dumas.

Albert de Morcerf dan Franz d’Épinay mengunjungi Luna saat sebuah festival besar diselenggarakan. Saat tiba di sana,  mereka bertemu dengan seorang bangsawan.

Setelaha berkenalan,  Albert mulai tertarik dengannya. Jadi,  dia pun mengajaknya ke Paris dan dimulailah awal konflik dari anime ini.

Baca Juga: 10 Lagu Terbaik Anime dengan Lirik Bahasa Jerman

11. Shiki



Genre: Horror / Mystery / Supernatural / Thriller
Studio: Daume
Episode: 22 + 2 Bonus Episode

Pada tahun 1998, Fuyumi Ono menulis sebuah novel yang terbagi menjadi 2 bagian yang terkenal dengan judul Shiki.

Di sebuah desa terpencil dan damai, Sotoba,  tiba-tibq terjadi kematian misterius menimpa para penduduknya. Awalnya dokter Toshio mengira kalau kematian tersebut diakibatkan oleh penyakit tetapi dia mulai menemukan kejanggalan aneh dengan gejala-gejala pasiennya.

Sampai suatu saat dia menyadari kalau ternyata ada vampir yang membunuh para penduduk yang dikenal dengan nama Shiki. Namun saat dia menyadari fakta itu, semuanya telah terlambat.

12. Legend of the Galactic Heroes


Genre: Action / Drama / Science Fiction / Space Opera
Studio: Artland / Madhouse / Magic Bus
Episodes: 110 + 3 Movies + 52 OVAs

Jumlah episode untuk anime yang satu ini lumayan banyak yaitu 110 episode. Dengan jumlah sebanyak itu tentu ceritanya penuh dengan pertualangan terutama di luar angkasa.

Seri anime ini menceritakan tentang perang apik antara kerajaan Galactic dengan The Free Planets Alliance. Adapun pemeran utamanya adalah seorang admiral bernama Reinhard (Galactic) dan Yang Wen-Li (Alliance)

13. Sound! Euphonium



Genre: Drama / Music / Slice of Life
Studio: Kyoto Animation
Episodes: 26 + 1 Movie + 1 OVA

Seri novel yang ditulis oleh Ayano Takeda terdiri dari 3 buku, koleksi cerita pendek, dan novel spin-off.

Sound! Euphonium sendiri merupakan salah satu karya terbaiknya tentang drama kehidupan yang dibumbui dengan musik.

Kisahnya dimulai dari sebuah klub musik SMA Kitauji, sebuah klub musik yang bermimpi tinggi namun harus menemui kegagalan yang menyakitkan.

Kumiko pernah berniat untuk berhenti bermain musik, tapi karena banyak desakan dari temannya, sekali lagi, dia bergabung dengan klub musik SMA.nya.

Di klub tersebut dia memutuskan untuk memainkan musik Euphonium yaitu sebuah musik tiup berbentuk trompet.

Sebagai tambahan, anime ini mendapatkan banyak penghargaan karena ceritanya yang luar biasa.

14. Hyouka


Genre: Mystery / Slice of Life
Studio: Kyoto Animation
Episodes: 22 + 1 OVA


Hyouka mungkin sudah tidak asing bagi para otaku karena anime ini merupakan salah satu anime school yang paling populer, diadaptasi oleh studio Kyoto Animation.

Oreki adalah seorang siswa yang selalu menghemat energinya dan hanya melakukan hal yang menurutnya penting saja.

Tapi suatu hari, dia menerima surat dari kakak perempuannya yang berisi desakan untuk masuk ke sebuah klub sastra.

Tentu saja dia tidak mau, tapi tetap dia tidak bisa menolak permintaan kakaknya. Akhirnya setelah masuk klub, dia bertemu dengan seorang gadis cantik bernama Chitanda Eru.

Bersama Chitanda dan teman temannya, kehidupan Oreki yang semula membosankan menjadi penuh warna.

15. The Eccentric Family



Genre: Comedy / Drama / Fantasy / Slice of Life
Studio: P.A. Works
Episodes: 25

Anime yang masih asing bagi kebanyakan orang ini, ditulis oleh Tomohiko Morimi dimana ceritanya dibagi menjadi 2 seri.

Latar waktu ceritanya adalah era modern di kota Kyoto dimana manusia, tanuki, dan tengu hidup berdampingan.

Yasaburou adalah anak ketiga dari keluarga Shimagamo Tanuki. Dia memiliki jiwa yang bebas dan tidak ingin terikat dengan aturan yang ada.

Tapi, kehidupannya menjadi berantakan ketika dia tahu kalau orang yang dicintainya adalah anggota dari Friday Fellows, yaitu sekelompok manusia yang membunuh Tanuki demi kesenangan semata.


Penutup

Untuk kalian yang masih berusia remaja atau anak-anak juga bisa menikmati anime-anime di atas. Meskipun ceritanya agak berat, tapi benyak pesan moral yang dapat kita petik.

Terlebih lagi, beberapa anime diatas memiliki rating yang tinggi dan novelnya pun banyak yang sudah mendapatkan penghargaan. Jadi tidak perlu lagi meragukan kualitasnnya.

Bagi kalian yang sudah menonton daftar anime di atas, manakah yang menurut kalian terbaik?

Sumber: goboiano


EmoticonEmoticon