Selasa, 12 September 2017

19 Anime Game Terbaik Khusus untuk Para Gamers

Jika kalian termasuk orang yang menyukai anime dan game maka rekomendasi anime terbaik berikut ini sangat cocok untuk kalian simak. Kali ini saya membuat daftar anime game terbaik yang tentunya memiliki alur cerita yang bagus.

Sebelumnya, saya melihat list anime yang dibuat orang lain. Tapi banyak yang salah kaprah tentang anime dengan genre game dan sport (olahraga). Kadang ada yang menganggapnya sama, padahal kedua tema tersebut berbeda.

Oleh karenanya, saya telah memilih dan memilah anime dengan cerita tantang permainan seperti kartu, game online, shogi, dan sebagainya. Dan berikut ini adalah 19 anime game terbaik versi otamegae.

1. Sword Art Online



Sword Art Online menjadi anime game pertama dalam list ini. Anime ini sangat populer pada tahun 2013 silam bahkan ada yang menganggapnya sebagai anime terbaik pada tahun tersebut. Tidak perlu heran, karena SAO telah berhasil mengangkat cerita isekai (dunia alternative) sebagai tema cerita yang paling disukai sampai sekarang. Setelah keberhasilannya, kita bisa melihat banyak sekali anime baru yang mengikuti jejak SAO. Inilah mengapa Sword Art Online begitu populer sampai sekarang.

Anime ini merupakan adaptasi dari light novel dan sudah memiliki 2 season adaptasi anime. Ceritanya sendiri adalah tentang permainan game online dimana kita bisa menjadi karakter dalam game tersebut sehingga membuat permainannya terasa seperti kenyataan. Kisahnya dimulai dari seorang pemuda pecinta game online bernama Kirigaya Kazuto. Dia masuk ke dalam game SAO seperti biasanya, tetapi pada suatu hari ada sesuatu yang aneh dalam game tersebut.

Saat dia mencoba keluar, dia tidak bisa menemukan tombol log out. Kemudian, bersama ratusan orang, dia dipindahkan ke sebuah area dimana dia bertemu dengan GM (Game Master/pembuat game). Di sana diumumkan kalau tidak ada seorangpun yang bisa keluar dalam game tersebut dan jika memaksa keluar mereka akan mati. Alhasil, Kirito bersama ratusan pemain lainnya terperangkap dalam game tersebut. Dan jalan satu-satunya untuk keluar adalah mengalahkan bos akhir yang ada pada lantai atas.

2. No Game No Life




Seperti halnya SAO, anime ini juga merupakan adaptasi dari light novel yang juga mengangkat tema isekai. No Game No Life bisa dikatakan sama baiknya dengan SAO. Kalian bisa menonton keduanya untuk membandingkan mana yang lebih baik. Anime ini menyajikan permainan yang lebih bervariasi dan tidak berfokus pada action.

Sora dan Shiro adalah 2 kakak beradik yang merupakan master dalam bermain game. Bahkan tidak ada yang pernah bisa mengalahkan mereka satu kalipun dalam semua jenis permainan. Saking hebatnya, mereka mendapatkan sebuah surat tantangan dari seorang dewa. Awalnya mereka tidak tahu, tapi setelah bermain catur melawannya selama berhari-hari dan berhasil menang. Mereka dikirim ke sebuah dunia dimana isinya hanya permainan saja. Di dunia tersebut, jika ingin mendapatkan sesuatu haruslah dengan bermain. Tentu saja dunia seperti itu adalah tempat hidup yang cocok untuk Shiro dan Sora.

Saat tiba di sana, mereka akhirnya menyadari kalau si dewa, Tet, yang telah membawa mereka ke sana. Dan dimulailah pertarungan besar antara Shiro dan Sora melawan dewa Tet dan semua ras yang hidup di dunia tersebut. Anime ini tidak hanya akan memberikan hiburan bagi kalian tapi juga tantangan untuk mengasah otak karena game yang disuguhkan sangat luar biasa dengan taktik dan intrik permainan yang memukau.

3. Log Horizon



Log Horizon adalah judul dari novel Jepang yang ditulis oleh Mamare Touno dan diilustrasikan oleh Kazuhara. Novel ini dipublikasikan pada tahun 2011 silam oleh Enterbrain yang kemudian diadaptasi menjadi anime. Tema ceritanya tidak jauh berbeda dengan Overlord dan SAO dimana sama-sama berlatarkan dunia game online. Game MMORPG tersebut bernama Elder Tale yang sukses besar di dunia sehingga memiliki jutaan pemain online.

Tapi ketika gamenya melakukan update versi menjadi Homesteading The Noosphere, 30 ribu gamer Jepang yang sedang login di dalamnya tiba-tiba dipindahkan ke dunia virtual dimana mereka tiba-tiba menjadi avatar dari game itu sendiri. Setelah kejadian aneh itu, seorang gamer aneh bernama Shiroe bersama kedua temannya, Naotsugu dan Akatsuki, memutuskan untuk membentuk sebuah party demi menyelesaikan masalah bersama. Perbedaan anime ini dengan anime tema isekai lainnya adalah, karakter didalamnya tidak hanya berfokus pada satu orang saja seperti halnya Kirito dalam SAO karena di sini digambarkan kerja sama tim dengan kamampuan yang berbeda-beda. Terlebih lagi, anime ini juga berfokus pada game yang mimiliki strategi sehingga tidak ada karakter yang terlalu overpower karena masing-masing karakter memiliki kelebihan mereka masing-masing.

4. Death Parade



Apa jadinya jika setelah kematian bukanlah surga atau neraka yang menunggu kalian tapi seorang bartender? Mungkin terdengar aneh, tapi setelah menonton Death Parade, kalian mungkin akan berubah pikiran karena cerita anime game yang satu ini dipenuhi dengan tekanan psikologis yang besar. Dalam ceritanya, ketika seseorang mati, dia akan memasuki sebuah bar dan bertemu dengan beberapa bartender salah satunya adalah Decim.

Biasanya yang masuk ke dalam bar tersebut terdiri dari 2 orang. Dan di sana, Decim akan meminta mereka melakukan sebuah permainan. Karena mereka kehilangan ingatan, mereka langsung mencoba permainan tersebut supaya bisa keluar dari ruangan seperti yang telah dijanjikan Decim. Tapi saat mereka bermain, perlahan-lahan ingatan mereka pulih kembali dan mulai mengingat apa yang telah mereka lakukan di masa masih hidup.

Tujuan dari permainan tersebut adalah memberika tekanan psikologis untuk keduanya sehingga bisa membuat mereka menunjukan sifat asli mereka. Dari sanalah, Decim akan menentukan siapa yang pantas untuk masuk surge dan siapa yang pantas masuk neraka. Tapi pada suatu saat, keadaan mulai berubah ketika seorang gadis berambut hitam masuk ke dalam bar. Entah kenapa dia tidak bisa dihakimi oleh Decim dan akhirnya Decim memintanya untuk menjadi asistennya. Sampai akhirnya, gadis tersebut memberikan sebuah petunjuk kepada Decim sehingga membuatnya berubah dalam melakukan penghakiman untuk orang lain.

5. Accel World



Saat pertama kali menonton anime, semua orang pasti terfokus pada karakter utamanya terlebih dulu. Terkadang, walaupun ceritanya bagus, orang akan enggan menontonnya hanya karena tidak menyukai karakter utamanya entah karena fisik atau sifatnya yang jelek. Berbicara tentang karakter yang memiliki penampilan jelek, ada beberapa anime yang memiliki pemeran utama seperti itu namun animenya tetap disukai banyak orang seperti halnya Favaro Leone dalam Shingeki no Bahamut dan Takeo Gouda dalam Ore Monogatari!!

Demikian pula juga karakter dalam anime yang satu ini yaitu Haruyuki Arita. Bahkan anime Accel World, sering mendapatkan komentar negatif hanya karena karakter utamanya. Tapi apakah animenya sejelek itu? Tentu saja tidak. Accel World juga saya anggap sebagai anime game yang bagus terlebih lagi skornya di situs myanimelist mencapai 7.57.

Haru merupakan seorang laki-laki bertubuh pendek dan juga gemuk. Karenanya, dia sering diejek dan di-bully oleh teman-teman sekolahnya di SMP Umesato. Merasa tidak tahan dengan penderitaannya di dunia nyata, dia lebih menghabiskan waktunya untuk bermain game online. Penampilannya di dalam game sangat berbeda dimana dia menjadi salah satu player terkuat dan disegani banyak orang. Hal itu membuat seorang gadis, wakil ketua OSIS, tertarik kepadanya.

Gadis tersebut biasa dijuluki Kuroyukihime yang kemudian meminya bantuan Haru demi mencapai level 10 dengan mengalahkan Six Kings of Pure Colour. Tujuannya adalah untuk bertemu dengan pencipta game tersebut dan mengetahui tujuan dari pembuatannya. Dalam dunia Accelerated World, keduanya terus bertarung dan mengumpulkan lebih banyak anggota sehingga menjadi para player terkuat yang pernah ada dan mencapai level tertinggi dalam permainan.

6. Overlord



Overlord merupakan adaptasi dari light novel yang ditulis oleh Kugane Maruyama dan diilutrasikan oleh so-bin. Overlord tidak jauh berbeda dengan anime SAO. Ceritanya pun tentang game online dimana game tersebut akan segera ditutup.

Pada tahun 2126, game DMMORPG (Dive Massively Multiplayer Online Role Playing Game) dengan nama Yggdrasil dirilis. Game tersebut menjadi salah satu permainan online terbaik dimana para karakternya bisa berinteraksi secara langsung. Setelah beroperasi selama 12 tahun, server game tersebut akan segera ditutup. Di dalamnya, terdapat sebuah guild bernama Ainz Ooal Gown yang terdiri dari 41 anggota dan mereka menjadi guild terkuat. Tetapi saat server akan dimatikan, semua anggota melakukan log out kecuali Momonga yang merupakan ketua guild. Dia memilih untuk diam sendiri di sana dan tetap tinggal di makam Nazarick.

Dia sadar bahwa dia tidak akan bisa melakukan log out lagi setelah server down. Setelah down, tiba-tiba para NPC bertingkah aneh seolah-olah mereka memiliki jiwa sendiri. Akhirnya, Memonga mulai mengumpulkan kekuatan lagi bersama para NPC tersebut yang menjadi bawahannya. Tapi prilaku NPC yang semakin mirip dengan manusia mulai membuatnya penasaran tantang apa yang sudah terjadi.

7. Chihayafuru



Chihayafuru aslinya adalah sebuah manga seri karya Yuki Suetsugu dan dipublikasikan oleh Kodansha. Manga ini sudah diadaptasi menjadi anime yang ditayangkan di Nippon Television (NTV) dan Crunchyroll pada bukan oktober tahun 2011 sampai maret, 2012. Season keduanya dirilis antara bulan Januari dan Juni 2013. Cerita Chihayafuru juga telah dibuat live action-nya dengan judul Chihayafuru: Kami no Ku yang ditayangkan pada 19 Maret, 2016, dengan film keduanya pada 29 April, 2016.

Chihaya Ayase adalah seorang gadis yang hampir menghabiskan semua waktunya demi medukung saudarinya menjadi seorang model. Keadaan itu pun berubah saat dia bertemu dengan seorang pemuda bernama Arata Wataya yaitu seorang pemain Karuta berbakat. Karuta merupakan permainan kartu bergambar asal Jepang yang dimainkan oleh minimal 3 orang (sudah temaruk orang yang membacakan kartu). Setelah berteman dengannya, Arata percaya kalau Chihaya memiliki potensi untuk menjadi pemain yang hebat.

Sampai akhirnya, Chihaya memutuskan jalan hidupnya yang baru yaitu menjadi pemain Karuta terhebat yang pernah ada. Tapi pada akhirnya, keduanya harus terpisah karena beberapa alasan. Di SMA, dia membentuk sebuah klub bernama Misuzawa Karuta bersama teman masa kecilnya, Taichi Mashima.  Chihaya pun terus berjuang keras menjadi pemain kartu terbaik sampai suatu hari, dia bisa bertemu dengan Arata lagi.

Baca Juga: Top 10 Studio Anime Terbaik Jepang

8. Yu-Gi-Oh!



Jika dibandingkan dengan anime game lainnya, menurut saya Yu-Gi-Oh! Adalah game dengan cerita yang paling kompleks. Anime ini adalah adapatsi dari manga karangan Kazuki Takahashi. Saking populernya, cerita dalam anime ini diadaptasi menjadi game yang kita kenal sampai sekarang entah itu yang ada di PS atau android.

Tingkat kerumitan pembuatan cerita anime ini sunggu luar biasa karena kita tahu sendiri bahwa dalam permaianan kartunya, kita bisa melihat puluhan bahkan ratusan jenis kartu dengan kekuatan dan efek yang berbeda. Jenis kartunya juga bermacam-macam seperti spell, magic, dan monster. Klafikasi kartu-kartu tersebut sangat rinci sehingga bisa dimainkan dengan sistematis. Jadi, pembuatan cerita anime ini sangat luar biasa dan penuh dengan ketelitian.

Alur cerita Yu-Gi-Oh! Bermula dan seorang pemuda bernama Yugi Mutou, seorang laki-laki yang culun dan suka bermain game.  Dia juga sering dibuli oleh teman-temannya karena lemah. Tapi suatu hari, dia berhasil menyelesaikan sebuah Millennium Puzzle yang membuat tubuhnya dirasuki oleh roh misterius. Ketika dalam bahaya, roh itu akan mengambil alih tubuh Yugi sehingga membuat kepribadiannya jauh berbeda. Dengan kata lain, dalam satu tubuh ada 2 jiwa. Yugi dan roh dari mesir kuno tersebut mulai melakukan pertandingan kartu dan menjadi duet yang ditakuti banyak orang.

9. Gyakkyou Burai Kaiji



Kaiji merupakan anime adapatasi dari sebuah manga dengan tema perjudiian yang dibuat oleh Nobuyuki Fukumoto. Manga tersebut dipublikasikan oleh Kodansha dari tahun 1996 sampai 2013.

Setelah lulus SMA pada tahun 1996 di Jepang, Ito Kaiji pindah ke Tokyo untuk mendapatkan ekerjaan, namun dia gagal karena keadaan yang sedang kacau. Karena depresi, dia mulai memasuki dunia hitam dengan menghabiskan waktunya dengan minuman dan judii. Karena obsesinya dengan uang, dia tidak menyadari kalau perbuatannya akan membawa malapetaka yang lebih besar lagi padanya.

Kaiji terus menghabiskan uangnya dengan bermacam-macam permainan sampai suatu saat dia terlilit hutang yang sangat besar. Akhirnya dia harus berurusan dengan orang-orang yang menakutkan dan siap untuk menghabisinya. Dia pun mencoba segala cara untuk dapat melunasi hutannya. Sampai kejadian terburuk menimpa hidupnya.

Anime dengan tema perjudiian tidak terlalu banyak dibuat, bahkan manga sebagus Liar Game pun tidak mendapatkan adapatsi. Tentu Kaiji memiliki kelebihannya sendiri sehingga bisa mendapatkan adapatasi. Tapi yang jelas, cerita Kaiji tidak semata-mata tentang perjuudian tapi juga tentang sisi kehidupan tokoh utamanya.

10. 3-gatsu no Lion



Permainan yang disuguhkan dalam anime ini adalah Shogi yaitu permainan sejenis catur dengan bidak yang bertuliskan huruf kanji di atasnya.  Permainan ini adalah permainan asah otak khas dari Jepang. Dan tentunya, kalian yang sering menonton anime pasti tahu tentang Shogi. Sebagai gambaran, game ini juga game favorit dari Akashi Seijuro dalam Kuroko no Basuke.

3-gatsu no Lion tidak sepenuhnya berbicara tentang Shogi tapi malah lebih ke sudut pandang karakter utamanya dan kehidupannya yang dijalaninya. Semuanya dijelaskan bersamaan dengan permainannya dalam Shogi.

Ceritanya memiliki latar tempat di Tokyo, mencritakan tentang seorang pemuda bernama Rei yaitu pemain Shogi professional. Rei tinggal sendirian karena sudah tidak memiliki orang tua, dia diadopsi ke dalam sebuah keluarga. Karena marasa tidak nyaman tinggal bersama, dia meminta izin untuk tinggal sendiri. Dia memiliki beban hidup yang sulit untuk dipahami banyak orang, dia bahkan tidak memahami dirinya sendiri sehingga selalu merasa kesepian. Tapi dibalik itu semua, hanya Shogi yang bisa menghiburnya. Bukan hanya pemain Shogi professional, Rei juga merupakan pemain yang tidak terkalahkan bahkan oleh orang dewasa sekalipun. Hanya dengan bermain Shogi, Rei belajar banyak hal tidak hanya tentang kemenangan tapi juga pelajaran hidup dari lawan-lawan yang dihadapinya.

11. Summer Wars



Summer Wars merupakan sebuah film fiksi ilmiah (Sci-Fi) yang dirilis tahun 2009 dan disutradarai oleh Hosada Mamoru. Film ini diproduksi oleh Madhouse yang kualitas gambar animenya tidak perlu diragukan lagi.  Tidak seperti judulnya, perang yang dimaksud di sini adalah perang dalam dunia virtual jadi bukan perang sungguhan dengan background cerita yang menarik.

Kenji Koiso merupakan seorang siswa SMA yang memiliki kepintaran luar biasa dalam bidang matematika dan bekerja menjadi seorang moderator di sebuah simulasi computer terkenal bernama OZ. Di sana, dia bekerja bersama temannya yaitu Takashi Sakuma. Pada suatu hari, Kanji bersama Natsuki Sinohara pergi ke tampat neneknya untuk merayakan ulang tahun ke-90, Sakar Jinnouchi. Di sana, Kanji bertemu dengan beberapa keluarga dari Natsuki dan mengetahui kalau keluarga tersebut merupakan keturunan dari seorang samurai yang melakukan pemberontakan melawan klan Tokugawa, 1615. Dia juga bertemu dengan paman Natsuki yang ahli dalam bidang computer.

Suatu malam, Kenji mendapatkan sebuah email yang berisi kode matematika dan dia berhasil menjawabnya. Tapi ternyata itu hanya perangkap, karena Love Machine, sebuah IA (Artificial Intelligence), berhasil mencuri akun Kenji dan menggunakannya untuk meretas sistem dari OZ sehingga menyebabkan kerusakan yang parah. Akhirnya, Kenji dianggap sebagai seorang penjahat dan dicari banyak orang. Dia pun harus berusaha secepat mungkin mencari orang yang telah menjebaknya demi membersihkan namanya.

12. C: The Money of Soul and Possibility Control



C adalah anime seri yang dirilis pada tahun 2011 dan diproduksi oleh Tatsunoko Production. Cerita utama dalam anime ini adalah tentang pelajar jurusan ekonomi bernama Kimimaro Yoga yang diperkenalkan ke sebuah dunia baru dimana uang adalah segalanya.

Saat itu, Negara Jepang sedang mendapatkan sebuah krisis ekonomi sehingga membuat Jepang terancam mengalami keruntuhan. Ekonomi mengalami ketimpangan yang mencolok sehingga tingkat kriminalitas, pengangguran, dan bunuh diri terus meningkat. Kimimaro yang merupakan seorang pelajar tahun kedua jurusan ekonomi sangat paham dengan situasi yang menimpa negaranya tersebut. Terlebih lagi, kedua orang tuanya telah meninggal dunia dan tinggal bersama neneknya sehingga memaksanya untuk hidup lebih mandiri.

Dia termasuk pelajar yang pintar dan mendapatkan beasiswa sekolah. Demi mewujudkan mimpinya untuk menstabilkan ekonomi demi memperbaiki kehidupan moral di sekitarnya, dia terus belajar dengan giat. Sampai suatu hari, dia bertemu dengan seorang pemuda misterius yang menawarkan uang yang cukup besar dengan syarat, dia harus menggadainya dengan masa depan yang dia impikan. Setelah menerima tawaran, dia dikirim ke sebuah dunia bernama Financial District dimana segala hal dilakukan dengan taruhan uang. Di sana, Kimimaro hanya punya satu jalan yaitu menang dan mengontrol semu uang yang ada. Jika kalah, dia harus kehilangan masa depannya.

13. WIXOSS



WIXOSS atau dalam bahasa Jepang wikurosu merupakan singkatan dari ‘Wish Across’ yaitu sebuah permainan kartu dimana para pemain yang biasa disebut selector bertanding dengan kartu dalam rangka supaya keinginan mereka dikabulkan. Seri animenya diproduksi oleh J.C. Staff dengan judul Selector Infected WIXOSS yang dirilis pada bulan april dan juni 2014. Diikuti dengan season kedua degan judul Selector Destructed WIXOSS yang dirilis pada tanggal 13 Februari 2016. Juga ada sekuel anime seri dengan judul Lostorage Incited WIXOSS yang dirilis Oktober 2016. Tidak berehenti sampai disitu, WIXOSS juga memiliki versi Spinn-off, novel, dan aplikasi yang ada di samrtphone.

WIXOSS adalah permainan kartu populer dimana pemain bertarung bersama dengan petarung yang dimilinya yang disebut LRIGs. Kata tersebut jika dibalik akan menjadi GIRLs. Di sini, para LRIGs bisa melakukan komunikasi dengan Selector-nya dan bekerjasama untuk memenangkan pertandingan. Jika mereka menang maka Selector akan diberikan kesempatan untuk mewujudkan impiannya. Sebaliknya, jika dia kalah sampai 3 kali maka keinganannya tersebut akan berubah menjadi kutukan.

Pada seri anime utamanya, Selector Infected WIXOSS, menceritakan tentang Ruko Kominato yang menjadi seorang Selector setelah mendapatkan seorang LRIG bernama Tama. Setelah bertarung bersama Tama untuk mewujudkan keinganannya, Roku mulai menyadari dan terbawa ke dalam sisi gelap dari permainan tersebut dimana antara menang atau kalah, aka nada harga yang harus dia bayar.

Dalam Lostrage Incited WIXOSS, Suzuko Homura, seorang gadis yang baru saja kembali dari kampung halamannya, tiba-tiba terbawa ke dalam arus permainan WIXOSS bersama dengan LRIG bernama Raru.  Dalam seri anime yang ini, permainan tidak hanya diikuti oleh wanita tapi juga laki-laki. Taruhan dalam permainan dalam seri ini bukanlah kutukan saja tapi juga sesuatu yang sangat berharga bagi mereka yaitu ingatan. Karena jika kalah, mereka akan kehilangan ingatan yang dimiliki.

14. Phi Brain: Kami no Puzzle



Phi Brain: Kami no Puzzle adalah anime yang diadaptasi 2 studio sekaligus yaitu Sunrise dan Sentau Filmwoks. Ceritanya adalah seputar permainan puzzle dengan karakter utamanya, Daimon Kaito, yaitu seorang remaja pemalas namun cerdas dan lebih menyukai memecahkan puzzle daripada sekolah. Kisahnya juga fokus ke sebuah organisasi bernam Orpheus Order yang di dalamnya ada para Phi-Brain yang memiliki Orpheus Armlet.

Di dalam dunia puzzle, terdapat 2 tipe manusia yaitu Solver (orang memecahkan puzzle) dan Giver (orang yang membuat puzzle. Kaito sendiri digolongkan sebagai solver karena suka menjawab puzzle yang sulit sekalipun. Suatu hari, dia tidak sengaja memasuki sebuah tempat bernama Kenja Puzzle yang berisi harta karun. Di sana, dia berhasil memecahkan teka-teki yang ada dan mendapatkan sebuah armlet emas yang dinamakan Orpheus Armlet. Armlet tersebut memiliki kekuatan yang luar biasa yaitu bisa meningkatkan kinerja otak sampai ke batas yang diluar akal manusia normal dan orang yang bisa mencapai batas tersebut di sebut ‘Phi-Brain’.

Setelah mendapatkan kekuatan itu, Kaito harus berhadapan dengan sebuah organisasi bernama POG. Dulunya, POG menciptakan puzzle demi melindungi dan menyembunyikan harta karun di dalamnya. Tapi, setelah pergantian kepemimpinan, POG menjadi organisasi yang jahat, menciptakan Gusha puzzle, sebuah pazzle yang tidak ada harta karun di dalamnya dengan tujuan demi membunuh mereka yang memasukinya sehingga dapat memicu perkembangan otak orang-orang yang diharapkan mendapatkan Phi-Brain. Oleh karena itu, POG berusaha untuk menangkap Kaito demi mendapatkan sesuatu yang seharusnya tidak ia miliki.

Baca Juga: 12 Anime Movie Tersedih dan Bikin Baper

15. Hikaru no Go



Meskipun terbilang lawas, anime game yang satu ini mungkin tidak akan mengecewakan kalian karena ceritanya yang apik dan tidak membosankan. Bahkan, skor anime ini lumayan tinggi yaitu sampao 8.04 versi myanimelist. Padahal, sangat jarang anime yang menyentuh angka 8, untuk satu musim pun paling hanya 3-5 anime saja. Hikaru no Go merupkan judul dari sebuah manga populer yang mengangkat cerita tentang permainan papan, Go.

Sejak pertama kali dirilis, Hikaru no Go pada tahun 1998, langsung mendapatkan sukses besar dan membuat banyak orang menyukai permainan yang ada dalam ceritanya. Animenya sendiri mulai dirilis pada tahun 2001 sampai 2003 dengan jumlah total episode mencapai 75.  Angka ini tentu lumayan besar untuk otaku yang sekarang. Tapi karena dulu jumlah anime yang sedikit jadi beberapa studio lebih suka menghabiskan adaptasi tanpa membaginya menjadi beberapa season.

Pemeran utama dalam anime ini adalah seorang anak berumur 12 tahun bernama Shindou Hikaru. Suatu hari, saat dia berkunjung ke rumah neneknya, dia menemukan sebuah papan silang tua. Ketika dia menyentuh papan tersebut, dia tiba-tiba dirasuki oleh roh misterius yang dijuluki Fujiwara no Sai. Setelah mengalami kejadian itu, Hikaru terus dihantui dan diikuti oleh Sai. Sai dulunya adalah seorang pemain papan Go yang hebat, sayangnya dia melakukan bunuh diri dan memilih untuk hidup sebagai roh demi bermain Go sekali lagi. Karena merasa empati kepada Sai, Hikaru mengizinkannya untuk merasuki tubuhnya. Dan untuk pertama kalinya, dia bermain lagi melawan seorang pemuda bernama Touya Akira.

16. Quanzhi Gaoshou



Untuk anime yang satu ini mungkin tidak pas jika kita sebut anime karena bukan diproduksi oleh studio jepang. Akan tetapi, karena judulnya ada pada myanimelist, jadi saya putuskan untuk memasukannya. Tema dari anime Quan Zhi Gao Shou adalah tentang game MMORPG dan merupakan animasi garapan Cina. Meskipun sering dipandang sebelah mata, Quan Zhi Gao Shou setahu saya adalah animasi terbaik buatan Tencent Animation dengan skor mencapai 8.1. Bahkan tidak sedikit orang yang sering membandingkan animasi yang satu ini dengan SAO-nya Jepang.

A King’s Avatar, dalam bahasa Inggris, memiliki latar tempat sebuah dunia dimana sebuah game MMORPG bernama Glory sedang mengalami kepopuleran dan menjadi salah satu bagian dari E-Sport. Di dalam game tersebut, ada seorang karakter yang sangat hebat dan mendapat julukan One Autumn Leaf . Karakter tersebut dimiliki oleh seorang player bernama Ye Xiu dengan menggunakan nama samarannya Ye Qiu. Ye Xiu memiliki kemampuan hebat dalam bermain game online. Dia juga pernah membuat klubnya yang bernama Excellent era mendapatkan kemenangan fantastis 3 kali berturut-turut. Tapi suatu hari, dia mendapatkan masalah sehingga klubnya memaksanya untuk keluar dari permainan game online dan kemudian akunnya diberikan kepada orang lain bernama Sun Xiang. Akhirnya, dia kehilangan semua reputasinya dan berakhir menjadi seorang penjaga warnet.

Dari sinilah kisah sebenarnya dari animasi ini dimulai, dimana Ye Xiu mulai membangun reputasinya dari nol dengan menggunakan karakter baru bernama Lord Grim dan mulai kembali terjun ke game Glory. Dari segi cerita, animasi ini sangat menghibur yang walaupun sudah banyak anime yang bertema MMORPG tapi A King’s Avatar menyajikan jalan cerita yang jauh berbeda dengan yang lainnya. Jika dari segi kekurangan sih, karena animasinya menggunakan dubbing bahasa Mandarin. Saya pribadi tidak terbiasa dan suka mendengarnya karena sudah terbiasa mendengar bahasa Jepang. Tapi untuk lebih tahu pastinya, lebih baik kalian langsung saja mencoba animasi buatan Cina yang satu ini.

17. D-Frag!



D-Frag! Merupakan singkatan dari D-Fragments yang diadaptasi dari manga karya Haruno Tomoya dengan judul yang sama, Anime ini dibuat dan dirilis oleh studio Brain’s Base. Ceritanya adalah tentang seorang remaja berandalan yaitu Kenji Kazama. Keserharian dari Kazama adalah melakukan hal-hal yang nakal tapi kebiasaannya tiba-tiba mulai berubah ketika dia bertemu dengan para gadis dari sebuah klub pembuat game.

Awalnya Kazama dipaksa ikut ke dalam klub supaya klub game tersebut tidak dibubarkan. Akan tetapi, dia mulai terseret oleh gadis-gadis melakukan hal-hal konyol seperti diancam oleh klub game yang lain, dipaksa berpenampilan aneh, juga diminta bermain battle royale demi membuktikan siapa paling kuat di sekolah tersebut. Lebih parahnya lagi, adiknya juga harus terseret ke dalam kehidupan Kazama yang penuh dengan kekonyolan.

Anime ini sebenarnya tidak terlalu berfokus pada jalan cerita tapi ke komedinya. Jadi, game yang ditampilkan dalam anime ini tidaklah kaku karena ada hal-hal kocak yang akan membuat kalian tertawa. Terlebih lagi, D-Frag tidak terlalu banyak dialog seperti dalam anime K-ON, tapi komedinya langsung ditunjukan dengan aksi-aksi yang konyol.

Pada setiap episodenya, kita bisa melihat aksi dari para karakter-karakternya yang memiliki sifat dan kepribadian yang berbeda-beda, membuat hiburannya jadi lebih hidup dan berwarna. Banyak juga aksi-aksi yang tidak masuk akal dan terkesan memaksa, tapi yang pasti semuanya sangat menghibur. Ceritanya tidak selalu bahagia sampai akhir, karena ada juga bagian sedih dari anime ini yang biasanya di sampaikan di akhir ceritanya.

18. .hack//Sign



Seperti halnya dengan Monogatari Series, .hack juga memiliki seri anime yang banyak sekali dan kalau tidak salah ada 11 seri. Serinya tersebut dirilis secara acak tanpa mengikuti alur di manganya. Tapi untuk lebih mudahnya, kalian bisa mencicipi seri pertamanya yaitu .hack//Sign. Anime ini sedikit berbeda dengan anime game sebelumnya karena alur ceritanya yang lebih gelap dengan mempertimbangkan banyak aspek psikologis. Menariknya, ada 2 maestro yang berkontribusi dalam pembuatan anime ini yaitu pembuat dari Anime Evengelion dan Ghost in The Shell. Mengingat keduanya merupakan karya yang luar biasa, setidaknya bisa menjadi jaminan kalau anime .hack memiliki kualitas yang tidak akan jauh dari kedua karya anime di atas.

.hack//Sign mengisahkan tentang Tsukasa yang terperangkap dalam game. Tidak seperti anime game lainnya yang identik dengan adventure, anime ini lebih berfokus pada genre misteri dan psikologi sehingga kita dipaksa untuk fokus ke pribadi dari para karakternya. Identitas dari pemaran utamanya dan kenapa dia tidak bisa keluar dari game menjadi misteri utama dalam ceritanya. Di dunia tersebut, Tsukasa bertemu dengan 2 orang misterius bernama Morganna dan Aura dimana keduanya muncul tanpa alasan dan tujuan yang jelas.

Seiring dengan jalan cerita, kita juga akan diperkenalkan dengan beberapa karakter baru lainnya, ada yang datang untuk menolong Tsukasa dan ada juga yang memiliki motif tersembunyi. Pertanyaan pun mulai bermunculan tentang apa yang sebenarnya terjadi pada dunia game tersebu, kenapa Tsukasa ada di sana, dan apa tujuan sebenarnya dari ceritanya pada Tsukasa. Saat, dia mulai mencoba untuk memahami situasinya, Tsuakasa mulai mengalami banyak hal mulai dari hubungan sosialnya dengan orang lain dan tekanan batin lainnya. Meskipun karakternya awalnya tertutup, dia perlahan terbuka dengan pemain lainnya dan mulai membangun hubungan yang kuat. Anime ini mungkin tidak menjanjikan kalian sebuah aksi yang seru dan menantang, tapi bagi kalian yang suka dengan tema psikologi maka cobalah anime yang satu ini.

19. Gamers!


Anime ini adalah anime tema game terbaru yang dirilis pada musim panas 2017. Pertama saya berfikir kalau anime ini akan penuh dengan kejadian-kejadian yang mencekam seperti pertarungan seru antar gamer. Tapi nyatanya, anime ini lebih fokus ke romance comedy dimana kisahnya adalah tentang percintaan dari para gamer yang penuh dengan hal-hal kocak. Saya pribadi tidak bergitu kecewa dengan ceritanya karena sangat menghibur dan tidak membosankan. Terlebih lagi banyak adegan tidak terduga yang membuat saya tertawa.

Gamers! membahas tentang para murid sekolahan yang memliki hobi yang sama yaitu bermain game. Amano Keita adalah pemeran utamanya yang memiliki sifat penyendiri dan hanya menghabiskan waktu bermain game dengan teman virtualnya. Meskipun terbilang anti sosial, ketika membahas game dia tidak bisa berhenti bicara dan pemahamannya tentang game sangat luar biasa. Lucunya, Keita tidak memiliki bakat sama sekali dalam bermain alias noob. Kisahnya yang penuh dengan kekocakan dimulai saat pertemuannya dengan Karen Tendou yang terkenal sebagai gadis paling cantik di sekolah. Tapi aslinya, Tendou juga adalah seorang gamer yang kemudian mengajak Keita bergabung ke sebuah klub. Dari awal ajakan tersebut, terjadilah romance comedy  antara mereka dan karakter lainnya. Dan tentunya semuanya dibalut dengan nuansa game.

Penutup

Anime lainya yang pantas masuk daftar di atas adalah Let's & Go, Bakugan dan Bakuten Shoot Beyblade  tapi karena terlalu lawas jadi saya tidak memasukannya. Banyak juga yang menganggap kalau anime isekai seperti Re:Zero dan Hai to gensou no grimgar bertema game, padahal tidak ada penjelasan resmi tentang apakah keduanya berada pada dunia game online seperti SAO dan dll.

Jika kalian ingin menambahkan list di atas, silahkan tulis di kolom komentar. Siapa tahu ada orang yang tertarik dengan rekomendasi anime game yang kalian berikan. Ja ne!


EmoticonEmoticon