Senin, 18 September 2017

TOP 25 Anime Series Terpopuler Sepanjang Masa

Berbicara tentang anime populer, kita tidak bisa lepas dari hasil polling atau data yang membuktikan bahwa anime tersebut memang dianggap sebagai salah satu anime paling populer yang dikenal di asia maupun di barat.

Jika sebuah anime dianggap populer maka sudah pasti kalau anime itu juga dianggap sebagai yang terbaik sehingga memiliki banyak fans di seluruh dunia. Bahkan ada beberapa darinya yang memiliki penggemar sampai jutaan orang. Fenomena seperti ini tentu membuktikan bagusnya kualitas animenya entah itu dari segi visual, karakter, dan ceritanya.

List ini kebanyakan saya ambil dari beberapa referensi termasukan juga TOP anime versi myanimelist. Dan berikut ini adalah TOP 25 anime terpopuler sepanjang masa yang berjasa memperkenalkan anime ke seluruh dunia.

25. No Game No Life


Anime brilian yang satu ini mungkin yang paling disukai oleh para gamer berkat plot dan konsep unik tentang dunia fantasi dan game dimana hampir semuanya ditentukan dengan bermain game. Dua protagonisnya adalah saudara kandung bernama Shiro dan Sora, yang tanpa sengaja dibawa ke dunia lain yang penuh dengan permainan, dan akhirnya di sana mereka harus bertahan hidup dengan memenangkan setiap permainan yang ada.

24. Monster


Percaya atau tidak, meskipun Death Note dianggap sebagai anime terbaik, tapi anime Monster berada satu peringkat di atasnya berdasarkan situs myanimelist. Apakah ceritanya lebih baik daripada Death Note? Bisa jadi. Sebenarnya saya menikmati keduanya, tetapi jika dinilai secara keselurahan, Monster saya anggap lebih baik daripada Death Note karena plot cerita yang kompleks tanpa ada cacat sedikitpun sampai akhir. Dibandingkan semua anime, cerita Monster mungkin yang tidak bisa saya kritik sampai sekarang karena saya menganggapnya memiliki cerita yang sempurna tidak seperti Death Note yang memiliki ending kurang memuaskan. Kisahnya dimulai dari seorang dokter Jepang yang bekerja di Jerman, Dr. Tenma. Suatu hari, dia melanggar aturan atasannya demi menyelamatkan seorang anak yang kritis. Tetapi, tanpa disadari, dia telah melakukan kesalahan terbesar karena anak tersebut nantinya akan menjadi seorang 'Monster'. Istilah monster di sini bukanlah makhluk raksasa berpenampilan menakutkan, tapi lebih dari itu, dimana keberadaannya lebih menakutkan dari monster sesungguhnya. Akhirny, Dr. Tenma keluar dari rumah sakit dan menghabiskan sisa hidupnya untuk mengejar 'Monster'. 

23. Steins;Gate

Sampai sekarang, Steins;Gate masih dianggap sebagai anime Science Fiction terbaik yang pernah ada karena anime inilah yang pertama kali menjelaskan tentang cara melompati waktu secara logis. Dimulai dari obsesi seorang ilmuan gila bernama Rintarou Okabe, di episode pertama, kita akan langsung dibuat terkesima dengan plot ceritanya yang apik. Rintarou awalnya mempelajari teori-teori mesin waktu sampai suatu hari dia mengalami sebuah fenomena aneh dimana dia tiba-tiba kembali ke masa lalu. Dari sana, keinginannya membuat mesin waktu semakin kuat dengan menggunakan alat-alat sederhana bersama rekan-rekannya. Tetapi, Rintarou tidak pernah menyadari kalau memanipulasi waktu akan membawa malapetaka kepadanya. Sebuah kisah tentang waktu dan takdir yang tidak bisa terelakan.

22. Gintama


Gintama merupakan satu-satunya anime populer yang bergenre komedi yang berada di list ini. Gintama telah berhasil menjadi anime hiburan terbaik yang pernah ada bahkan saking populernya, 3 versi animenya berada pada 10 besar anime terbaik versi myanimelist. Ceritanya sendiri tidak memiliki plot lurus, asalkan lucu, segala hal dimasukan ke dalamnya mulai dari parodi anime lain sampai hal-hal gila yang akan membuat orang tertawa melihatnya. Kisahnya dimulai dari invasi alien bernama Amanti ke bumi pada masa kerajaan Jepang. Akhirnya, penggunaan senjata dihilanhkan dan para samurai akan dihukum jika menggunakannya. Tetapi, seorang pemuda bernama Gintoki Sakata masih memiliki jiwa samurai yang masih membara. Dia, bersama teman gilanya, Shinpachi Shimura, Kagura, dan Sadaharu, mencoba melakukan pemberontakan yang hasilnya jauh dari ekspektasi para penontonnya. Intinya, cerita anime ini penuh dengan hal-hal kocak.

21. Hunter x Hunter


Hunter x Hunter memiliki latar cerita dimana para pemburu melakukan banyak pekerjaan dan tugas berbahaya seperti pembunuhan, penangkapan, dan menjalajahi tempat-tempat berbahaya. Seperti judulnya, anime ini menyajikan aksi pertarungan antar pemburu untuk mendapatkan keinginan mereka dan salah satu dari mereka adalah Gon. Dia menjadi seorang pemburu hebar diusia 12 tahun demi mencari tahu keberadaan ayahnya yang misterius. Dalam perjalanannya tersebut, dia mengalami banyak hal yang hampir membunuhnya tetapi bersama dengan temannya Kurapika dan Killua, dia terus mencoba menapaki perteluangan menjadi seorang pemburu profesional dan menemukan ayahnya.

20. One Piece


Sangat sulit untuk meringkas seri anime ini karena memiliki ratusan episode, tapi saya dapat menjamin bahwa karakter utamanya, Luffy, akan memberi kalian pelajaran hidup penuh penuh makna. Dia akan mengajari kalian bahwa jika kalian memutuskan untuk mencapai sesuatu, kalian harus mempertaruhkan segalanya dan berjuang untuk mencapai tujuan tersebut sampai saat terakhir dalam hidup kalian. Kisah dengan pesan inspiratif dari si bajak laut dan nakamana-nya membuat anime ini tidak pernah membosankan untuk ditonton.

19. Psycho-Pass


Psycho-Pass adalah seri anime sci-fi dan psikologi yang penuh dengan aksi yang dibumbui dunia kriminal. Pada ceritanya polisi menggunakan sebuah alat bernama Dominator yang berfungsi untuk menganalisa tingkat kejahatan seseorang dan untuk melakukan eksekusi. Banyak kontroversi tentang penggunaan senjata Dominator karena ukuran kejahatan seseorang tidak bisa ditentukan dengan alat. Oleh karenanya, terjadilah konflik di internal polisi juga pertarungan melawan musuh-musuh yang bersembunyi dibalik bayangan.

18. Akame ga Kill!


Menurut beberapa ulasan, sangat mungkin untuk kalian akan menemukan beberapa episode pertama yang membosankan, namun seiring berjalannya cerita, anime ini akan menjadi salah satu anime pertempuran dengan aksi paling hebat yang akan kalian lihat. Ceritanya berfokus pada seorang anak laki-laki bernama Tatsumi yang berangkat dalam perjalanan ke ibu kota untuk bertemu dengan teman-temannya yang lebih dulu ke sana. Sialnya, dia bertemu dengan kelompok pembunuh yang berbahaya yang dikenal dengan Night Raid. Dimulailah pertarungan Tatsumi menuju jalan yang dipenuhi darah.

17. Rurouni Kenshin


Atau dikenal juga dengan judul Samurai X merupakan seri anime populer yang berfokus pada petualangan seorang pendekar samurai muda yang secara kebetulan masuk ke sebuah sekolah bela diri yang ada di era Meiji, Jepang. Dia adalah seorang samurai legendaris namun memutuskan untuk pensiun dan hidup sebagai orang noraml. Tapi sekali lagi, kerasnya kehidupan dan orang-orang yang harus dia lindungi, membawanya kembali menjadi seorang pembantai. Anime ini adalah kisah pertarungan antar para samurai hebat dan juga beberapa pesan tentang bagaimana menjalani kehidupan yang penuh dengan peperangan yang tiada henti.

Baca Juga: 19 Anime Game Terbaik Khusus untuk Para Gamers

16. One-Punch Man


One-Punch Man mengisahkan seorang pahlawan yang bisa mengalahkan semua musuhnya hanya dengan satu pukulan saja, dan itu membuatnya frustrasi karena merasa terlalu kuat. Sekarang kalian mungkin berpikir, apa yang menarik dari anime ini jika karakter utamanya bisa menang dengan mudah? Di sini kalian akan melihat seorang pahlawan dengan kekuatan super berjuang untuk menemukan musuh yang lebih kuat, berjuang untuk merasakan sensasi dan adrenalin dari perkelahian yang pernah ia rasakan saat ia masih lemah.Jika kalin masih ingin tahu dimana letak menariknya, saksikan langsung aksi Saitama supaya kalian tahu keseruan yang diberikan anime unik yang satu ini.

15. Inuyasha


Kagome, seorang gadis modern dari Tokyo, secara tidak sengaja menemukan sebuah portal yang membawanya ke Jepang abad pertengahan, di mana dia bertemu dengan Inuyasha yang memiliki wujud manusia setengah siluman. Dia memutuskan untuk membantunya menemukan kristal ajaib dan melawan setan jahat, Naraku. Dengan perpaduan asmara, komedi, action-adventure, fantasi, dan horor yang luar biasa, Inuyasha telah berhasil menarik jutaan penggemar di seluruh dunia dan dianggap sebagai anime klasik terbaik yang pernah ada.

14. Trigun



Menurut banyak penggemar, Trigun memiliki cerita yang menarik, sedikit di luar nalar, sekaligus cerita mengasah intelektual bersamaan dengan kisah dramatis dan horor dari para karakternya. Ceritanya adalah mengenai, Vash, sang protagonis, yang menjadi salah satu karakter paling kontradiktif dalam anime mana pun yang pernah mungkin pernah kalian lihat. Dia adalah penembak jitu yang benci dengan pembunuhan akan tapi dia tetap melakukannya. Dia memiliki kekuatan untuk untuk membunuh siapapun, tapi dia akan merasa sedih jika ada orang yang mati entah itu manusia atau hanya sekedar serangga. Dengan harga buronan mencapai dua miliar dolar untuk kepalanya, dia menjadi orang yang paling dicari oleh semua orang!

13. Samurai Champloo


Kisah tentang anime yang luar biasa ini adalah tentang Jin, seorang samurai tradisional dan sangat terampil; Mugen, samurai yang inovatif dan terampil; dan Fuu, seorang gadis yang bekerja di sebuah kedai teh. Ketika Jin dan Mugen tertangkap dan akan dieksekusi, Fuu menyelamatkan nyawa mereka dan sebagai balasannya, dia membuat mereka berjanji untuk membantunya menemukan seorang Samurai yang memiliki julukan Who Smells Like Sunflowers (Seorang yang Mamiliki Bau seperti Bunga Matahari). Kalian mungkin berpikir plot anime ini terdengar sederhana dan kekanak-kanakan, tapi percayalah kalau anime ini adalah salah satu anime samurai terbaik yang pernah ada.

12. Soul Eater



Hal yang paling disukai penggemar tentang Soul Eater adalah anime ini memiliki sesuatu yang baru untuk ditawarkan seperti cerita, setting, kepribadian dari karakter utama, dan gaya visualnya. Ceritanya berpusat pada Shibusen, di kota fiksi Death City, Nevada, sebuah sekolah khusus untuk orang-orang berbakat yang bisa berubah menjadi senjata dan orang-orang yang bisa menggunakannya . Mungkin terdengar aneh tapi memang seperti itulah ceritanya, dimana dalam satu kelompok dibagi menjadi 2 orang yaitu orang yang bisa berubah menjadi senjata dan orang yang menggunakan senjata tersebut. Saya sudah menontonnya secara keseluruhan, meskipun terdengar nyeleneh, anime ini sangat layak untuk kalian tonton.

11. Tokyo Ghoul


Ghoul adalah makhluk mengerikan yang memakan daging manusia. Ketika Kaneki hampir terbunuh dalam sebuah serangan, ia berubah menjadi setengah ghoul dan dia dipaksa untuk menyesuaikan diri dengan gaya hidup ghoul agar bisa bertahan hidup. Tanpa diragukan lagi anime ini sangat layak untuk ditonton. Anime in memiliki genre gore, jadi bagi kalian yang tidak tahan melihat darah dan pembunuhan sadis lebih baik menonton versi sensornya.

10. Cowboy Bebop


Pernahkan kalian membayangkan bagaimana jadinya semua hal bagus dari anime-anime yang pernah kalian tonton dibagung ke dalam satu anime? Jika belum, kalian akan melihat banyak hal dalam anime ini karena di dalam ceritanya menggabung banyak genre sekaligus.Cowboy Bebop dianggap sebagai salah satu anime aksi terbaik, Cowboy Bebop adalah anime science fiction dengan sedikit campuran aksi mata-mata, kejahatan, percintaan, tragedi, pertarungan, filsafat, sains, spiritualitas. , fatalisme, optimisme, dan banyak lagi. Meskipun terbilang anime lawas, sampai sekarang, Cowboy Bebop masih dianggap sebagai salah satu anime action terbaik yang pernah ada.

9. Fullmetal Alchemist: Brotherhood



Fullmetal Alchemist menjadi salah satu anime terpopuler di Amerika dan Jepang karena kisahnya yang sangat menyentuh; sebuah cerita yang berkisar tentang dua bersaudara bernama Edward dan Alphonse Elric, yang akan mencoba segala cara demi membuat ibu mereka kembali dari kematian, salah satunya dengan melakukan transmutasi manusia. Jika kalian berpikir bahwa serial anime tidak bisa akan membuat kalian sedih, maka cobalah untuk menontonnya sampai selesai tanpa menangis.

8. Code Geass


Code Geass memiliki latar cerita saat penaklukan Jepang oleh Kekaisaran Britannia Raya dengan senjata robot canggih yang disebut Knightmare Frames. Dengannya, tentara Britannia melucuti Jepang dan warganya dari semua hak dan kebebasan dan mengganti nama negara tersebut menjadi Area 11. Lelouch adalah seorang pangeran Britannia yang menghilangkan identitasnya sebagai seorang bangsawan setelah ibunya dibunuh dan dia bersumpah untuk menghancurkan ayahnya, kaisar, dan Britannia. Dari keadaan yang lemah dan putus asa, Lelouch secara tidak sengaja dipertemukan dengan seorang penyihir yang memberinya kekuatan menakutkan untuk menaklukan dunia.

7. Bleach


Siswa SMA Kurosaki Ichigo tidak seperti anak lainnya karena dia bisa melihat roh yang berada di sekitarnya. Setelah mengalami pertarungan yang membuatnya hampir mati, dia mendapat sebuah kekuatan. Dari sanalah, dia memulai pertarungan yang sengit sebagai seorang Shinigami, Soul Reaper. Tanpa mengetahui bahwa keputusannya menjadi seorang Shinigami akan membawanya ke takdir yang penuh dengan mimpi buruk.

6. Fairy Tail


Jika kita berbicara tentang anime sihir maka Fairy Tail adalah salah satu yang terbaik sampai sekarang. Di dunia Fairy Tail, sihir merupakan hal yang biasa digunakan dan dijual, dimana juga di dalamnya terdapat beberapa kelompok penyihir yang melakukan misi demi mendapatkan uang. Di antara mereka ada Lucy, penyihir roh surgawi, Natsu, pembunuh naga api, dan Happy, seekor kucing bersayap biru.

Baca Juga: 12 Anime Movie Tersedih dan Bikin Baper

5. Sword Art Online



Pada tahun 2022, para gamer di seluruh dunia berkumpul pada hari peluncuran Sword Art Online, sebuah MMORPG yang sangat dinanti, yang memungkinkan pemain terhubung ke dunia maya dengan menggunakan helm khusus yang disebut Nerve Gear. Kirito adalah salah satu gamer yang sekali lagi ingin merasakan sensasi SAO setelah dirilis secara resmi. Tapi tanpa terduga, pembuat game tersebut menghapus tombo log out sehingga ribuan pemain yang online terperangkap di dalamnya.

4. Dragon Ball



Dragon Ball adalah sebuah anime legendaris yang menjadi fenomena global dan mendapatkan jutaan penggemar. Ceritanya berfokus pada petualangan anak muda yang luar biasa kuat bernama Goku saat ia mencari tujuh bola naga. Bola ini, bila dikombinasikan, dapat mengabulkan keinginan pemiliknya, apapun itu. Tapi untuk mengumpulkannya, diperlukan banyak usaha dan pertempuran dengan banyak orang.

3. Naruto


Naruto Uzumaki adalah seorang ninja yang keras kepala dan hiperaktif yang terus berjuang supaya orang desa mengakui keberadaannya, sekaligus bercita-cita menjadi seorang Hokage, yaitu seorang pemimpin penduduk desa dan semua ninja terkuat di desa tersebut. Ceritanya benar-benar indah dan memiliki perkelahian epik yang dikombinasikan dengan emosi yang dalam dan perubahan cerita yang tak terduga. Naruto akan mengajak kalian berpetualang di dunia yang penuh dengan ninja.

2. Shingeki no Kyojin


Anime ini dianggap sebagai anime aksi terbaik menurut situs Ranker, Shingeki no Kyojin atau Attack on Titan benar-benar merupakan thriler yang paling mencekam. Setelah kampung halamannya hancur dan ibunya terbunuh, Eren Jaegar yang masih muda bersumpah untuk membunuh semua Titan yang telah membawa manusia ke jurang kepunahan. Ini adalah anime yang benar-benar fantastis entah itu dari segi cerita, citra, visi, dan suasananya. Sebuah pertarungan antara manusia melawan titan dengan taruhan kematian entah itu dibunuh atau membunuh.

1. Death Note



Anime  dengan tema thriller dan psikologi ini terpilih sebagai anime terbaik sepanjang masa di Jepang. Salah satu hal yang sangat disukai penggemar setia tentang Death Note adalah pemeran utamanya bukanlah seorang protagonis sebagaimana karakter utama pada umumnya. Pertarungan strategi dan kecerdasan antara Light Yagami dan L benar-benar berhasil membius banyak penontonnya. Saking bagusnya, sampai tahun 2017 ini, cerita Death Note masih mendapatkan LA (Live Action) entah itu versi Jepang atau baratnya. Intinya Death Note pantas kita sebut sebagai anime paling populer dan diperbincangkan oleh semua otaku di dunia sampai sekarang.

Penutup

Sebenarnya list di atas bukan pendapat pribadi saya tapi saya ambil dari beberapa referensi. Tetapi, hampir semuanya memang diketegorikan sebagai anime terpopuler. Buktinya anime-anime di atas masuk ke dalam 100 terbaik versi myanimelist.

Tentunya masih banyak anime populer lainnya yang belum saya masukan ke dalam daftar. Oleh karenanya, kalian bisa menambahkan anime yang paling populer dan disukai banyak orang dengan berkomentar di bawah.





EmoticonEmoticon