Sabtu, 02 September 2017

Cara Aman Mengganti Nama Facebook (Update 2017)

Mengganti identitas pada akun media sosial seperti mengganti nama atau alamat adalah hal yang lumrah dilakukan banyak orang. Mengganti nama akun facebook (FB) tentu lebih mudah daripada harus membuat akun baru.



Hal ini biasanya dilakukan karena sudah bosan dengan nama sebelumnya atau cuma iseng-iseng belaka. Apapun alasannya, penggantian nama merupakan hal yang diperbolehkan oleh pihak facebook selama nama yang digunakan tidak bertentangan atau melanggar aturan yang sudah ada. Adapun aturan dalam pembuatan nama akun facebook adalah sebagai berikut ini:

Nama yang Diizinkan oleh Pihak Facebook

Facebook merupakan media sosial terbesar saat ini dan menduduki peringkat 3 di dunia berdasarkan peringkat Alexa dengan pengguna aktif sampai miliaran orang di dunia. Jadi sudah wajar apabila kalian diminta untuk tidak menggunakan identitas palsu demi kenyamanan pengguna lain dan menghindari tindak kejahatan. Hal ini dilakukan demi menciptkan komunitas yang aman antar para pengguna facebook.

Hal yang tidak boleh digunakan:

  • Menggunakan angka, simbol, huruf yang tidak sewajarnya, pengulangan, dan tanda baca
  • Menggunakan karakter dari berbagai bahasa
  • Menggunakan gelar apapun di awal maupun akhir nama
  • Frasa atau kata di bidang nama
  • Kata yang mengandung unsur SARA atau kata negatif lainnya

Hal lain yang perlu diperhatikan:

  • Gunakanlah nama yang merupakan nama asli anda dan yang biasa digunakan oleh teman-teman atau keluarga untuk memanggil kalian. Nama tersebut juga sebaiknya telah tercantum dalam kartu identitas pengenal seperti SIM atau kartu KTP.
  • Kalian boleh mengacak nama selama kata dalam nama tersebut ada dalam nama lengkap kalian misalnya Agus Gunawan menjadi Gunawan Agus.
  • Kalian juga bisa menambahkan nama lain seperti nama panggilan sehari-hari, nama professional, atau nama remaja kalian.
  • Profil yang sudah jadi hanya diperbolehkan digunakan oleh satu individu dan tidak dilarang keras berpura-pura menjadi orang lain dengan menggunakan nama samara.
Perhatian: Pada tahun 2017, facebook telah meningkatkan keamanannya sehingga akun facebook semakin rawan blokir. Demi mencegah blokir permanen, gunakanlah nama sesuai yang tertera pada kartu identitas sehingga saat pemblokiran terjadi, kalian bisa mengajukan banding.

Langkah-Langkah Mengganti Nama Facebook

1. Pertama, masuk/login ke akun facebook kalian.
2. Setelah itu, pilih pengaturan yang ada pada pojok kanan atas


3. Pada opsi umum/general, pilih sunting nama


4. Pada 3 kolom di atas, isi nama dengan nama baru sesuai aturan
5. Setelah itu, tinjau perubahan

Perhatian: Jika nama yang kalian buat tidak sesuai dengan aturan maka facebook secara otomatis akan menolak permintaan kalian. Tapi jika berhasil, kalian tidak bisa lagi mengganti nama baru tersebut dalam waktu 60 hari atau 2 bulan. Jadi pilihlah nama yang tepat supaya tidak menyesal setelah melakukan perubahan.

Penutup

Aturan mengganti nama facebook ini ditulis berdasarkan aturan facebook yang berlaku pada tahun 2017. Mungkin akan ada perubahan aturan ke depannya, tapi cara mengganti nama akun fb tidak akan jauh berbeda dengan di atas.

Jika kalian menemukan masalah atau sesuatu yang kurang jelas, bisa ditanyakan dengan menulisnya di kolom komentar.








EmoticonEmoticon