Senin, 04 September 2017

Cara Cepat Screenshot pada HP Samsung

Mengetahui cara screenshot hp android seperti Samsung sangatlah penting. Mengingat, kebanyakan versi Samsung tidak menyedian sistem default untuk melakukan screenshot seperti yang ada dalam hp Xiomi. Dan kali ini, saya akan berbegi cara melakukan screenshot pada Samsung khususnya untuk versi tablet, Galaxy J1, J2, J5, dan J7. 


Sebenarnya Samsung telah menyediakan program untuk melakukan screenshot tapi tidak banyak orang yang mengethuinya. Ternyata caranya hanya menggunakan tombol saja atau lebih tepatnya menggunakan kombinasi tombol yang ada di android Samsung. Jadi tidak perlu heran kalau ada orang yang tidak tahu. Saya sendiri heran kenapa pihak pembuatnya menjadikan tersembunyi. 

Padahal hal tersebut dapat memberikan kesulitan bagi para pengguna yang masih awam. Tapi tentunya, hal ini menjadi daya tarik tersendiri dari Samsung. Setidaknya, dengan kita mengethui caranya, melakukan screenshot pada Samsung akan jauh lebih mudah tanpa harus repot-repot membuka aplikasi.

Dan berikut ini adalah langkah-langkah mudah dan cepat dalam melakukan screenshot pada hp Samsung.

1. Pertama, tekan dan tahan tombol home dan tombol power pada hp Samsung secara bersamaan.
2. Tahan beberapa saat sampai layar memperlihatkan tanda melakukan screenshot.
3. Buka galeri kalian, jika berhail maka hasil screenshot akan terlihat pada folder kalian. Selesai.



Perhatian: Jika terjadi kegagalan, ada kemungkinan cara kalian menekan tombolnya yang salah atau karena tidak menahannya cukup lama. Cobalah ulangi sampai kalian terbiasa.

Bagi kalian yang tidak suka dengan cara di atas karena menganggapnya terlalu sulit atau merepotkan. Maka kalian bisa mencoba untuk menggunakan aplikasi screenshot dari playstore bernama Screenshot Easy.

Cara Menggunakan Aplikasi Screenshot Easy

Screenshot Easy merupakan aplikasi yang dibuat oleh Ice Cold Apps. Aplikasi ini berfungsi untuk mempermudah kalian untuk melakukan penangkapan layar hanya dengan mengklik layar hp  saja. Terlebih lagi, aplikasi ini menyediakan beberapa metode screenshot seperti halnya ikon melayan, sehingga ketika kalian membuka banyak tab, kalian tetap bisa melakukan screenshot dengan mudah. Jadi tidak memerlukan kombinasi tombol seperti cara sebelumnya. Aplikasi ini juga bisa di-install di semua jenis hp android tanpa harus melakuan root. 

1. Pertama, download dulu aplikasinya di sini: Screenshot Easy

2. Jika sudah, install aplikasi tersebut. Apabila diminta akses, izinkan install aplikasi dari sumber tidak tepercaya.

3. Setelah terbuka, kalian akan melihat banyak opsi pada aplikasinya. Di sini, kalian bisa bisa memilih metode screenshot yang paling kalian sukai seperti shake, tombol kamera, Overlay Icon, atau dengan metode default tombol kombinasi. Agar lebih mudahnya, saya menyarankan untuk menggunakan metode Overlay Icon supaya ada ikon melayang di layar anda dan bisa digunakan kapan saja. Jika sudah memilih, tekan Start Capture untuk memulai aplikasi.

4. Setelah aktif, kalian akan melihat ikon melayan pada layar hp. Kalian bisa menekan ikon tesebut untuk melakukan screensot. Selesai.

Penutup

Itulah cara mudah untuk melakukan screenshot. Pilihlah cara yang paling mudah dan nyaman untuk kalian entah itu yang menggunakan aplikasi atau yang manual. Semoga bermanfaat.





EmoticonEmoticon