Minggu, 31 Desember 2017

30 Anime Romance School Terbaik Khas Remaja Sekolahan

Apapun genre animenya, kisah romantis menjadi salah satu bumbu wajib di dalamnya. Jadi tidak salah jika anime bergenre romance selalu menduduki puncak anime populer setiap tahunnya. Oleh karena itu, kali ini saya menyajikan sebuah artikel rekomendasi anime romance school terbaik sepanjang masa, dari anime beberapa tahun yang lalu sampai akhir musim gugur 2017 (fall 2017).

Tentunya, list anime berikut ini saya kumpulkan berdasarkan pengalaman pribadi jadi kualitas ceritanya saya jamin bagus. Meskipun mungkin ada beberapa yang tidak sesuai selera kalian. Untuk lebih jelasnya, kalian bisa membaca sinopsis cerita yang sudah saya tulis berdasarkan pengalaman selama menonton dan review dari situs lain.  Dan berikut ini adalah 30 rekomendasi anime romance school terbaik versi otamegane. Selamat membaca!

1. Yahari Ore no Seishun Love Comedy wa Machigatteiru


Hikigaya Hachiman adalah seorang siswa SMA yang memiliki sudut pandang yang berbeda dengan remaja seusianya. Dia sangat pemalas, antisosial, dan selalu menganggap kalau menikmati masa muda itu adalah hal yang sia-sia. Meskipun tidak banyak aktif dalam bersosialisasi, dia termasuk anak yang cerdas dalam menyelesaikan masalah sosial sesulit apapun. Akhirnya, suatu hari salah satu gurunya memaksanya untuk bergabung ke klub relawan. Mau tidak mau dia harus menurutinya. Di sana dia bertemu dengan gadis yang tidak jauh aneh dengan dirinya, namanya adalah Yukinoshita. Hubungan antara keduanya terbilang aneh karena tidak banyak bicara, namun entah kenapa anime ini sangat tidak membosankan untuk ditonton. Bahkan saya pribadi sudah mengulangnya sampai berkali-kali. Bagi kalian yang tertarik tantang seperti apa karakter Hikigaya, lebih baik menontonnya langusng. 

2. Gosick


Kazuya Kujou adalah seorang siswa dari sekolah Saint Marguirate, sebuah sekolah khusus orang kayak yang terletak di sebelah Selatan Eropa, Sauville. Karena aslinya berasal dari Jepang, dengan rambut dan mata hitamnya, dia sering dijuluki  "Black Reaper", yang diambil dari legenda tentang pembunuh yang membawa kematian di musim semi. Suatu hari, Kujou mengunjungi sebuah perpustakaan megah untuk mencari buku tentang cerita hantu. Tapi di sana dia lebih tertarik dengan sosok gadis berambut pirang yang duduk di atas tangga. Dia pun mulai mendekati gadis tersebut yang terkenal dengan nama Victorique de Blois, seorang gadis yang memiliki kemampuan untuk meramalkan masa depan. Seiring dengan berkembangnya alur cerita, Victorique dan Kujou menjadi terikat dengan takdir terlebih karena keduanya memiliki kemampuan yang unik. Dengan menggabungkan kedua kemampuan tersebut, mereka mencoba memecahkan misteri aneh yang terus bermunculan.

3. Suzumiya Haruhi no Yuuutsu


Kyon adalah seorang siswa SMA biasa yang tidak percaya dengan kekuatan supernatural. Tapi, setelah bertemu dangan Haruhi Suzumiya, dia terseret ke dalam imajinasi Haruhi yang memiliki ketertarikan dengan hal-hal berbau supernatural seperti alien, penjelajah waktu, esper dan lain-lain. Saat Haruhi mencoba untuk membuat klub, Kyon memberinya saran untuk membuat klub baru yang memiliki anggota yang sesuai dengan minatnya. Akhirnya klub SOS pun terbentuk, sebuah klub yang terobsesi dengan semua fenomena supernatural. Setelah beberapa lama, beberapa anggota baru pun masuk dimana ada Yuki Nagoto yang kutu buku, Mikuru Ashina, dan juga Itsuki Koizumi. Meskipun terdengar biasa saja, karakter Haruhi yang telalu terlihat ceria memiliki sisi yang menakutkan yang akan muncul ketika keceriaannya tersebut menghilang.

4. Kokoro Connect


Ketika 5 orang siswa sekolah Yamaboshi menyadari kalau tidak ada klub yang cocok dengan minat mereka, mereka memutuskan untuk membentuk klubbaru tentang sosial budaya. Klub tersebut beranggotakan Taichi Yaegashi, seorang yang suka dengan gulat, Iori Nagase, gadis yang optimis, Himeko Inaba, pendiam namun berbakat dalam bidang komputer, Yui Kiriyama, dan Yoshifumi Aoki yang suka melakukan kehebohan di kelas. 

Suatu hari, Aoki dan Yui mengalami sebuah gejala aneh dimana tubuh keduanya tertukar salama beberapa saat. Fenomena aneh ini, secara acak, terus terjadi antara kelima anggota klub tersebut. Awalnya mereka menikmatinya sebagai hiburan dan lelucon. Tapi bersamaan dengan itu, mereka mulai menyadari tentang rasa sakit dan emosi terpendam dari diri masing-masing, yang membuat hubungan persahabatan mereka mulai goyah. Mereka pun berusaha untuk mencari jalan keluar untuk mengetahui kebenaran di balik fenomena aneh yang mereka alami.

5. Clanned

Tomoya Okazaki awalnya adalah seorang anak berandalan dan pesimis akan hidup yang dijalaninya. Bersama dengan teman dekatnya Sunohara, dia bolos sekolah dan lebih memilih menghabiskan waktu untuk bermain. Suatu ketika saat dia sedang berjalan ke sekolah, Tomoya melihat seorang gadis muda yang terlihat kebingungan. Gadis tersebut bernama Nagisa Furukawa. Nagisa mengajak Tomoya untuk berteman namun dia meningalkan gadis tersebut bergitu saja. Tapi, Tomoya mulai menyadari kalau dia semakin sering melihatnya berkeliaran di sekolah. 

Karena tidak bisa menghindarinya, Tomoya pun memutuskan untuk menjadi temannya. Dengan kedekatan tersebut, Tomoya semakin mengenal Nagisa yang ternyata tidak pernah masuk sekolah selama setahun karena penyakit parah yang dideritanya. Nagisa memiliki harapan untuk bisa menghidupkan kembali klub drama di sekolahnya. Setelah mengetahui alasan kuat Nagisa, Tomoya berusaha untuk membantunya dan bersamaan dengan itu, dia kembali menemukan tujuan masa mudanya. 

Mulai sejak itu, dia bertemu dengan banyak gadis dengan latar belakang dan masalah yang berbeda. Dari usahanya untuk membantu masalah orang lain, dia mulai sadar kalau kehidupan itu tidaklah seburuk yang selama ini dia bayangkan. Anime ini dianggap sebagai anime romance tersedih sepanjang masa, jadi kalau kalian tertarik dengan cerita yang sedih sebagaiknya menonton anime Clanned season 1 dan 2 sampai selesai.

6. ReLIFE


Kaizaki Arata merupakan pemuda berusia 27 tahun yang beru saja dikeluar dari perusahaan dimana dia bekerja. Kehidupannya semakin memburuk karena dia kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan baru. Tapi pada suatu malam, dia bertemu dengan seorang pemuda misterius bernama Ryou Yoake yang menawarkannya untuk menjadi bagian dari eksperimen ReLIFE. Karena membutuhkan uang, Kaizaki menerima tawaran tersebut yaitu dengan meminum pil yang membuatnya menjadi 10 tahun lebih muda. 

Selama eksperimen, dia diminta untuk masuk ke sebuah sekolah SMA dan menjadi siswa tahun ke 3 di sana. Awalnya, Kaizaki mengalami kesulitan berhubungan dengan remaja yang jauh lebih muda darinya. Tapi perlahan-lahan, Kaizaki mulai menikmati eksperimen tersebut sampai dia melupakan tentang masalahnya saat masih berumur 27 tahun. Di sana, dia berteman dengan banyak orang dan menjalani masa SMA yang normal dan dibumbui oleh kisah cinta ala remaja.

Baca Juga: TOP 25 Anime Series Terpopuler Sepanjang Masa

7. Kimi ni Todoke


Kuronuma Sawako sering dianggap sebagai gadis yang aneh di sekolahnya mulai dari sikap maupun cara bicaranya. Bahkan namanya, Sawako, sering dihubungkan dengan nama hantu populer di Jepang yaitu Sadako. Meskipun demikian, Sawako sebenarnya adalah seorang gadis yang baik dan normal, tapi karena banyak gosip buruk beredar tentangnya, banyak orang yang salah paham dengannya.  

Dari semua teman kelasnya, hanya Kazehaya Shouta yang memperlakukan Sawako dengan normal. Dia juga memperlihatkan perhatian lebih kepadanya. Dari kedekatannya dengan Kazehaya, Sawako mulai terbiasa dengan keadaan sekitarnya dan mulai berteman dengan yang lainnya. Dari sanalah, terjalin kisah romance dan persahabatan dengan latar sekolah..

8. Tonari no Kaibutsu-kun


Shizuku adalah tipe cewek yang cuek kepada teman-temannya. Di sekolah, ranking merupakan prioritas utamanya daripada hubungan cinta atau pertemanan. Tapi kehidupan SMA-nya yang dingin seketika berubah saat bertemu Haru, seorang pelajar yang suka berkelahi dan membuat onar. Anehnya, sejak berkenalan dengan Shizuku, Haru langung tertarik dan menyatakan perasaan kepadanya. Karena tidak penya banyak teman dan hubungan dengan orang lain, Shizaku kesulitan untuk memahami hubungan yang dia jalani dengan Haru.

9. Kaichou-wa Maid-sama


Cewek menjadi seorang ketua osis bukanlah sesuatu yang mudah, terutama di sekolah yang hampir semua siswanya adalah cowok. Tapi itulah yang dijalan oleh seorang cewek cantik bernama Misaki Ayuzawa. Untuk mengontrol semua siswa laki-laki, dia terkadang melakukan kekerasan supaya mereka takut kepadanya. Dia juga ahli dalam bela diri, jadi para siswa laki-laki enggan untuk berkelahi dengannya.

Tapi siapa yang menyangka kalau di balik sifatnya yang tomboi dan menakutkan, dia memiliki rahasia yang dia sembunyikan. Misaki ternyata bekerja di sebuah kafe maid yang memaksanya berpenampilan imut dan dengan sifat yang super feminim. Suatu hari, rahasianya terbongkar saat secara tidak sengaja bertemu dengan seorang siswa dari sekolahnya bernama Takumi Usui. Takumi dikenal sebagai siswa paling keren di sekolahnya bahkan banyak gadis yang mengejarnya. Tapi, dia selalu menolak siapa saja yang mendekatinya. Sejak pertemuan mereka tersebut, Tatsumi mulai tertarik dengan kepribadian Misaki. Karena dia mengetahui rahasia Misaki, dia memanfaatkan hal tersebut untuk mendekatinya. Perlahan tapi pasti, sikap keras dari Misaki perlahan-lahan menjadi berubah karena kehadiran Tatsumi.

10. Hyoka


Oreki Houtarou tidak jauh berbeda dengan Hikigaya yang mimiliki sifat pemalas. Dia bahkan memperhitungan berapa energi yang mungkin dihabiskannya jika melakukan sesuatu. Meskipun dikenal sebagai siswa yang pintar, dia tidak suka bersosialisasi atau mengikuti klub apapun. Akhirnya, kakak perempuannya khawatir dengan keadaannya yang kemudian memaksa Oreki untuk masuk ke klub sastra yang ditutup gara-gara kekurangan anggota. Karena tidak berani menolak permintaan tersebut, Oreki pun terpaksa masuk ke klub sastra.

Setibannya di sana, Oreki melihat seorang gadis bernama Chitanda Eru. Seorang gadis yang cantik, imut, dengan rambut panjang yang terurai. Siapa menyangka kalau Chitanda adalah gadis yang cerewet jadi tidak butuh lama untuk mereka berdua akrab satu sama lain. Chitanda dan Oreki dianggap sebagai salah satu pasangan anime terbaik sampai sekarang. Tidak hanya tentang romance, anime ini juga menyuguhkan cerita misteri ala anak sekolahan. Jadi kalian tidak akan bosan saat menontonnya karena anime memiliki beberapa genre yang berbeda.

11. Toradora!


"Jangan menilai seseorang dari sampulnya!", mungkin itu kalimat yang paling menggambarkan cerita dalam anime yang satu ini. Kisahnya tentang Ryuuji Takasu yang memiliki penampilan seperti preman. Ada banyak rumor buruk menyebar tentangnya sehingga tidak ada yang berani menentangnya. Nyatanya, Ryuuji adalah seorang siswa biasa. Dia bahkan sifat feminim lebih mencolok daripada maskulinnya. Dia suka membersihkan rumah, memasak makanan, dan membantu orang kesusahan.

Di sisi lain, Aisaka Taiga yang merupakan tetangga dan teman Ryuuji memiliki penampilan loli nan imut. Tapi, seperti namanya Taiga, dia tidak jauh berbeda dengan macan yang memiliki sikap yang agresif dan keras. Dia bahkan tidak akan sungkan-sungkan memukul siapa saja yang membuatnya jengkel termasuk juga Ryuuji. Karena banyak kesalahpahaman terjadi, keduanya tidak bisa mendekati orang yeng mereka sukai. Akhrinya, mereka bedua memutuskan untuk bekerja sama untuk mendapatkan orang yang mereka sukai. Siapa menyangka, dari sanalah awal dari kisah romance mereka yang unik.

12. Shigatsu wa Kimi no Uso


Arima Kousei merupakan seorang genius dalam bermain piano. Dia bahkan dikenal dengan sebutan "manusia metronome karena ketepatannya dalam bermain nada. Tapi ketika ibunya meninggal, dia memutuskan untuk berhenti bermain piano. Saat masuk SMA, kehidupan Arima sangat membosankan tapi pada suatu hari, dia diperkenalkan dengan seorang gadis bernam Kaori Miyazuno.

Siapa sangka, Kaori menjadi salah satu orang yang membuat hidupnya lebih berwarna. Dengan sifatnya yang aktif dan cerewet, dia sering memaksa Arima untuk menamaninya bermain musik klasik. Meskipun sering ditolak, Kaori tetap berusha untuk membuatnya bermain piano lagi. Tapi dibalik itu semua, Kaori menyimpan banyak kebohongan yang sudah ia lakukan sejak bulan April, awal pertemuannya dengan Arima.

13. Charlotte


Charlotte merupakan salah satu primadona di tahun 2015 karena ceritanya yang tidak biasa. Kisahnya bermula dari Yuu Otosaka, seorang pelajar yang dikenal paling pintar di sekolahnya. Siapa sangka, di balik prestasinya tersebut dia menggunakan kekuatan yang dimilikinya yaitu bisa merasuki tubuh orang lain selama 5 detik. Dengan kekuatannya, dia banyak melakukan tindak kejahatan termasuk mencontek. Kejahatan Yuu tidak berlangsung lama, karena Tomori yang dikenal cerdik langsung menangkapnya. Dia pun diajak bergabung ke dalam kelompok kecilnya yang berusaha untuk mengendalikan para pengguna kekuatan yang memanfaatkan kekuatannya dengan cara yang salah.

Anime ini memiliki banyak adegan kocak, seru, dan sedih. Terlebih lagi karena Yuu yang selalu terlihat konyol di awal ternyata memiliki tanggung jawab yang besar demi menyelamatkan semua orang. Pembuat ini sama dengan Angel Beats! jadi kalian jangan berharap akan mendapatkan akhir cerita seperti yang kalian inginkan.

14. Kyoukai no Kanata


Tidak hanya tentang romance, anime ini juga menyuguhkan action atau pertarungan apik antar para karakternya yang salah satunya adalah Mirai Kuriyama. Mirai merupakan keturunan terakhir dari klan pengendali darah. Dia bisa memanipulasi darahnya sebagai senjata yang mematikan. Suatu ketika, dia diminta untuk membunuh makhluk yang tidak mati bernama "youmu".

Tapi, Youmu yang dianggap menakutkan ternyata hanyalah seorang siswa SMA biasa bernama Akihito Kanbara. Sejak pertemuan mereka, Mirai terus mencoba membunuh Akihito meskipun semua usahanya sia-sia. Lama-kelamaan, keduanya menjadi akrab meskipun memiliki tujuan yang berbeda. Akihito bahkan mengajak Mirai untuk bergabung ke klub sastra dimana Mirai bertemu dengan 2 petarung kuat lainnya bernama Hiroomi dan Mitsuki. Meskipun terlihat seperti siswa pada umumnya, entah itu Mirai dan Akihito memiliki kekuatan yang menakutkan. Bahkan Akihito menjadi salah satu orang yang paling diburu karena kekuatan yang dimilikinya sangat menakutkan.

Baca Juga: 36 Karakter Anime Tercantik yang Bikin Salah Fokus

15. Nisekoi


Anime ini menjadi salah satu penyebab terjadinya civil war antara para otaku dimana 2 karakter utama ceweknya memiliki fans dan hater masing-masing. Mereka adalah Kirisaki Chitoge dan Onodera Kosaki. Kalian yang belum menontonnya mungkin akan cenderung ke salah satu dari dua karakter tersebut. Kalau saya sih masuk ke tim Onodera hehe...

Raku Ichijou adalah siswa tahun pertama di SMA Bonyari. Dia merupakan anak dari ketua geng Yakuza dan suatu hari dia akan mewarisi posisi tersebut. Demi memperkuat kekuasaannya, ayah Raku menjodohkannya dengan gadis yang juga merupakan anak dari geng Yakuza dan gadis tersebut adalah Chitoge. Karena merasa tidak cocok, keduanya sering bertengkar sehingga membuat anime ini penuh dengan adegan kocak. Di samping itu semua, kehadiran Onodera yang di suka sejak dulu dan juga gadis yang pernah berjanji dengannya saat kecil, menjadi penghalangnya untuk bisa serasi dengan Chitoge. Siapakah yang akan memenangkan hati Raku ditambah lagi dengan kehadiran banyak gadis-gadis baru yang membuat persaingan semakin panas? Langsung ditonton ya animenya.

16. Chuunibyou demo Koi ga Shitai!


Chuunibyou adalah nama dari sebuah sindrom yang biasa dimiliki para remaja sekolahan. Mereka berimijanasi menjadi tokoh favorit mereka dengan tingkah atau ucapan-ucapan aneh. Di Indonesia sendiri, banyak sekali orang yang memiliki penyakit ini terutama para wibu yang terlalu fanatik dengan tokoh anime kesukaan mereka.

Dalam anime ini, diceritakan juga tentang seorang remaja bernama Yuuta Togashi yang ingin berhenti menjadi pengidap chuunibyou. Dia pun membulatkan tekadnya setelah masuk SMA dan memulai kehidupan anak sekolah dengan normal. Dia memiliki teman kelas bernama Rikka yang ternyata merupakan chunnibiyou tingkat akut. Sialnya, Rikka mengetahui masa lalu dari Yuuta dan sekaligus merupakan tetangga dari satu apartemen. Niat Yuuta yang ingin berubah pun sirna setelah mengetahui kalau Rikka mengaggumi dirinya yang dulu sebagai 'Dark Flame Master'. Akhirnya, kisah kesaharian Yuuta dijalani dengan banyak hal-hal konyol bersama Rikka dan beberapa teman lainnya.

17. Gekkan Shoujo Nozaki-kun


Kisah romance comedy yang tidak kalah lucunya adalah Gekkan Shoujo Nozaki-kun tentang seorang remaja SMA bernama Nozaki yang berprofesi sebagai mangaka romance. Konyolnya, meskipun ahli dalam membuat cerita romance, Nozaki merupakan laki-laki yang tidak peka pada perasaan gadis. Salah satu gadis yang menyukainya adalah Chiyo. Dia sering memberikan kode kepada Nozaki, tapi Nozaki tidak pernah mengerti maksud dari Chiyo. Cerita laki-laki yang tidak peka dan gadis yang hanya menunjukan perasaannya lewat kode ini disuguhkan dengan adegan-adegan yang konyol. Meskipun demikian, ada juga adegan dan pesan romance yang berikan oleh kedua tokoh di atas.

18. Ao Haru Ride


Anime ini merupakan salah satu anime romance school favorit saya karena banyak sekali adegan romance dengan nuansa sekolah. Terlebih lagi, musik anime ini sangat enak di dengar. Sebenarnya, kisah Ao Haru Ride tidak jauh berbeda dengan anime romance kebanyakan, yang membedakannya mungkin karena romancenya yang jauh lebih terasa karena komedinya yang hampir tidak ada.

Futaba dan Kou merupakan teman saat masih SMP. Mereka sering menghabiskan waktu bersama yang membuat Futaba tidak tahu sejak kapan dia mulai menyukai Kou. Tapi karena beberapa hal, mereka harus berpisah dan tidak pernah bertemu lagi. Mereka kembali dipertemukan di SMA, Futaba berubah menjadi cewek tomboi demi membuatnya dijauhi laki-laki sedangkan Kou terlihat seperti bukan dirinya lagi. Futaba berusaha untuk mendekati Kou lagi, sayangnya Kou yang dia temui tidak seramah dulu. Meskipun jarak terlah mempertemukan mereka, tapi hati mereka sudah jauh berbeda.

19. Sukitte Ii na yo.


Karena depresi di masa lalu, Mei menjadi gadis yang dingin dan penyendiri. Dia tidak ingin berteman dengan siapapun karena baginya, teman hanya akan membuatnya sakit hati. Kemalangannya terus berlanjut semasa SMA sampai suatu hari dia terlibat dalam sebuah konflik yang membuatnya bertemu dengan salah satu siswa paling populer di sekolahnya, Yamato Kurosawa.

Yamato merasa tertarik dengan Mei meskipun Mei sendiri tidak ingin berurusan dengannya. Tapi karena beberapa masalah yang dihadapinya, Yamato berusaha untuk melindunginya. Seiring dengan berjalannya waktu, perasaan Mei yang dingin perlahan-lahan menjadi hangat dengan kehadiran Yamato yang selalu berada di sisinya.

20.Orange


Anime romance yang satu ini lumayan sedih karena mengisahkan tentang perjuangan seorang gadis memperbaiki penyesalannya di masa lalu. Namanya adalah Naho, seorang wanita berusia 26 tahun, yang mengirimkan surat kepada dirinya di masa 10 tahun yang lalu. Di dalam surat tersebut, dia meminta Naho untuk memperhatikan seorang laki-laki bernama Kakeru.

Kakeru adalah siswa yang beru saja pindah ke kelasnya. Dia adalah laki-laki yang periang dan perhatian kepada teman-temannya. Tapi siapa sangka, di balik keceriannya itu, Kakeru memiliki penyesalan yang mendalam setelah kematian ibunya. Karena depresi, dia melakukan bunuh diri yang membuat seolah-olah dirinya kecelakaan. Naho yang berada di masa depan merasa menyesal karena tidak pernah menyadari perasaan Kakeru sebelumnya. Akhirnya, lewat surat, dia meminta kepada Naho di 10 tahun yang lalu untuk menyelamatkan hati Kakeru.

21. Masamune-kun no Revenge


Masamune merupakan siswa dengan penampilan yang keren dan wajah yang tampan. Ketika masih kecil, dia memiliki tubuh yang gemuk sehingga banyak yang memanggilnya 'babi'. Saat itu, dia menyatakan perasaannya kepada seorang gadis cantik bernama Aki namun dia ditolak. Setelah bersusah payah berolahraga demi membentuk tubuhnya, dia pun berencana untuk membalaskan dendamnya saat masih kecil kepada Aki yang pada saat tersebut merupakan gadis idola di sekolahnya. Dengan menggunakan penampilan barunya, tidak ada orang yang menyangka kalau dia dulu adalah berpenampilan buruk rupa. Kini, Masamune mencoba membuat Aki jatuh cinta kepadanya dengan harapan akan menyakitinya di kemudian hari. Apakah Masamune berhasil melaksanakan misi balas dendamnya? Langsung nonton aja ya keseruan anime ini karena menurut saya, Masamune-kun no Revenge adalah anime terbaik untuk musim dingin 2017 silam.

Baca Juga: 12 Anime Movie Tersedih dan Bikin Baper

22. Gamers!


Jika kalian membayangkan anime seperti No Game No Life setelah membaca judulnya maka kalian salah besar. Meskipun berjudul gamers! anime ini sebenarnya lebih condong ke romance dari pada membahas tentang game. Hanya saja para karakternya merupakan para pecinta permainan klasik. Anime ini merupakan salah satu favorit saya pada summer 2017 karena banyak adegan kocak yang bikin ketawa.

Keita merupakan siswa biasa yang tidak bisa hidup tanpa game. Meskipun sering bermain game, dia bukanah pemain pro alias noob. Saat ingin membeli game, dia bertemu dengan Karen Tendou yang merupakan gadis paling cantik di sekolahnya. Sebenarnya Tendou juga menyukai game tapi dia selalu menyembunyikan hobinya tersebut. Dari sanalah hubungan keduanya semakin dekat. Tidak sampai di situ, ada beberapa karakter gamer lainnya dalam anime ini yang tidak bisa saya sebut satu per satu. Intinya, anime ini sangat bagus dengan balutan romance dan comedy yang saya jamin akan menghibur kalian.

23. Isshuukan Friends.


Untuk anime yang satu ini mungkin sudah tidak asing bagi kalian soalnya sudah rilis spring 2014 silam. Bagi kalian yang belum menontonnya, kalian bisa memasukannya ke daftar antrian anime yang harus ditonton. Meskipun alur ceritanya yang lumayan pelan, tapi Ishuukan Friends. sangat digemari pada masanya.

Di sekolahnya, Yuuki berusaha untuk mendapatkan teman dan salah satu orang yang menarik perhatiannya adalah Kaori, seorang gadis yang pendiam dan tidak banyak bergaul. Awalnya, Yuuki bisa akrab dengannya sampai suatu hari dia menyadari kalau ternyata Kaori memiliki sebuah penyakit yang membuatnya melupakan ingatan selama 1 minggu yang lalu. Ingatan yang direset hanya ingatan tertentu seperti teman atau kenangan yang berkesan. Mengetahui kenyataan tersebut, Yuuki terus berusaha menjadi temannya meskipun dia tahu bahwa dilupakan bukanlah hal yang mudah. Bagi kalian yang masokis, anime ini lumayan akan menyakiti kalian. Jadi jangan sampai kelewatan.

24. Angel Beats!


Kalian yang mengaku diri otaku seharusnya sudah menonton anime legend yang satu ini. Tapi untuk kalian yang belum pengalaman masalah anime maka Angel Beats! adalah tontonan wajib bagi kalian. Awalnya saya sedikit enggan menonton Angel Beats! karena tidak terlalu suka dengan karakter-karakter yang memiliki rambut warna-warni. Karena mendapat sering direkomendasikan, saya pun menontonnya sampai selesai. Yup, anime ini memang sangat bagus dan menguras emosi seperti halnya Ano Hana yang meskipun awalnya banyak adegan lucu tapi pada akhirnya nyesek juga.

Otonashi terbangun dan menyadari bahwa dirinya telah meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan. Di dunia tersebut, dia bertemu dengan para remaja sekolah yang seusia dengannya. Dia juga bertemu dengan Tenshi 'malaikat' yang merupakan musuh paling ditakuti di dunia tersebut. Untuk melawan Tenshi, dia bergabung dengan klub bernama SSS yang diketuai oleh Yuri. Di sana, Otonashi mulai terbiasa dengan rutinitas yang ada sampai suatu saat dia mengetahui fakta menyedihkan dibalik kemunculan Tenshi dan keberadaan mereka di dunia tersebut.

25. Tsuki ga Kirei


Walaupun tidak mendapat perhatian banyak, anime ini memperoleh skor yang lumayan yaitu 8.36 versi MyAnimelist. Biasanya, anime dengan skor di atas 8 memiliki cerita yang bagus dan layak untuk ditonton. Kisah romance sekolah ini menceritakan tentang 2 tokoh utamanya yaitu Kotarou dan Akane. Mereka berada pada kelas yang sama dan secara pelahan-lahan tertarik satu sama lain. Hubungan asmara mereka tidak berjalan yang terkadang menyenangkan dan menyakitkan. Meskipun demikian, keduanya tetap berjalan dengan kepercayaan masing-masing demi mewujudkan perasaan yang mereka miliki.

26. Ore Monogatari!!


Dengan melihat karakter utamanya saja, banyak yang enggan untuk menonton anime ini. Di setiap cerita romance, kita semua tahu kalau pemerannya selalu identik dengan wajah yang cantik dan tampan. Tapi Ore Monogatari malah menyuguhkan sesuatu yang berbeda dimana karakter utamanya bukanlah pria yang tampan tapi pria biasa yang bertubuh besar seperti gorila bernama Takeo. Dia menyukai seorang gadis cantik bernama Rinko. Jika dibandingkan dengan temannya yang tampan, Makoto, dia tidak apa-apanya. Satu-satunya kelebihan yang dimilikinya hanyalah hati yang lembut. Kehidupan SMA Takeo bersama teman tampannya, Makoto, berjalan dengan bermacam-macam masalah cerita cinta ala anak sekolah.

27. Fuuka


Judul anime ini diambil dari nama karakter utamanya yaitu Fuuka. Dia adalah seorang gadis SMA yang hobi mendengarkan musik. Suatu hari, dia secara tidak sengaja menabrak seorang remaja laki-laki bernama Yuu. Sejak saat itu, Yuu menjadi dekat dengan Fuuka terlebih lagi karena hobi mereka yang sama yaitu musik. Setelah semakin akrab, mereka akhirnya memutuskan untuk membuat sebuah band musik dengan beberapa anggota lainnya. Di saat keinginan mereka yang masih mengebu-gebu, seorang gadis, teman masa kecil Yuu, kembali ke dalam kehidupan Yuu sehingga membuat hubungan antara Fuuka dan Yuu berantakan. Meskipun Fuuka adalah karakter utamanya, alur cerita anime ini lebih diperlihatkan dari sudut pandang Yuu.

28. Just Because!


Dari semua list anime ini, Just Because! adalah anime romance school yang paling update karena dirilis musim gugur 2017. Bahkan saat menulis artikel ini, anime ini baru berakhir beberapa minggu yang lalu. Jadi bisa dibilang masih hangat.

Kisah romance dalam anime ini lumayan rumit untuk diceritakan karena antara satu orang dengan orang yang lain menyukai orang yang berbeda. Tapi jika dilihat dari posternya, kita bisa tahu kalau ceritanya fokus ke 2 tokoh utamanya yaitu Mio dan Eita. Eita adalah siswa yang baru saja pindah ke SMA dimana Mio dan Haruto sekolah. Keduanya merupakan teman Eita semasa masih SMP jadi sudah lumayan akrab. Di samping itu semua, pertemuannya dengan Mio adalah masalah baru bagi Eita karena dia meyukai Mio sejak SMP. Tapi Eita sadar kalau Mio menyukai laki-laki lain yang tidak lain adalah temannya Haruto. Dan Haruto sendiri sudah menyukai seorang gadis bernama Hazuki. Di sisi lain, ada adik kelas yang tertarik kepada Eita yaitu Ena Komiya. Jadi urutannya adalah sebagai berikut:

Komiya Ena - Eita Izumi - Mio Natsume - Haruto Souma - Hazuki Morikawa

Untuk lebih jelasnya lebih baik langsung tonton aja ya. Soalnya lumayan rumit kalau dijelaskan lewat sinopsis yang singkat.

29. Sakurada Reset


Sakurada merupakan nama sebuah kota yang memiliki kekuatan spiritual. Mereka yang tinggal di sana, umumnya, akan memiliki kekuatan spiritual sesuai dengan pemiliknya. Kekuatan tersebut akan menghilang jika mereka meninggalkan kota tersebut. Haruki adalah salah satu orang yang memiliki kekuatan spiritual dari Sakurada. Dia bisa memanipulasi/mereset waktu sampai 3 hari yang lalu. Sayangnya, ingatannya di masa depan juga akan ikut terhapus. Bisa dibilang kekuatan tersebut tidak berguna.

Tetapi, setelah pertemuannya dengan Asai yang memiliki kekuatan ingatan. Kekuatan dari Haruki menjadi yang sangat ditakuti ditakuti di Sakurada karena Asai mampu mengingat kejadian di 3 hari yang akan datang. Dengan demikian, dia bisa merubah atau menghindari kejadian yang tidak dia inginkan. Gabungan kekuatan mereka bukanlah yang terkuat karena ada kekuatan lain yang paling ditakuti di kota tersebut yaitu kekuatan untuk meramal masa depan. Pemilik kekuatan ini pun sangat jarang ditemukan, tetapi siapapun pemiliknya, dia bisa menulis apapun yang dia inginkan di masa depan.

30. Roku de Nashi Majutsu Koushi to Akashic Records


Dan terakhir adalah anime romance yang anti mainstream karena cerita romantisnya tidak lagi sesama murid tapi antara murid dengan gurunya. Tetapi ceritanya jauh berbeda dengan Kotonoha no Niwa karena latar anime ini adalah dunia yang dipenuhi kekuatan magis.

Glenn adalah guru baru di sebuah sekolah sihir ternama. Dia memiliki penampilan yang biasa dan santai. Meskipun jadi guru, dia sama sekali tidak ada niat untuk mengajar karena kehadirannya di sekolah tersebut karena dipaksa oleh seorang kenalannya. Banyak murid yang merasa kesal kepada Glenn dan salah satunya adalah Sistine. Glenn sendiri tidak pernah menunjukan kekuatan sihirnya entah dia sok keren atau memang tidak bisa menggunakannya. Anime ini sangat layak untuk ditonton terlebih karena adegan actionnya yang keren dan romancenya yang lumayan kocak.

Penutup

Itulah ke-30 anime romance school terbaik versi saya. Meskipun mungkin ada yang tidak sesuai selera, setidaknya anime-anime di atas layak untuk kalian tonton. Dan tentunya masih banyak anime romance lainnya tapi di sini saya hanya fokus ke kisah cinta yang memiliki latar sekolah karena disukai banyak orang khususnya para remaja.

Bagi kalian yang merasa ada anime romance school bagus yang belum dimasukan, kalian bisa menambahkannya di komentar ya. Kalau ada waktu,  nanti saya masukan ke dalam list. Sekian dulu ya. Mata ne!








EmoticonEmoticon